Sponsors Link

8 Bahaya Ngorok Bagi Kesehatan

ads

Bahaya ngorok merupakan dampak buruk akibat gaya hidup dan kebiasaan seseorang yang tidur dengan posisi kurang benar yamg terjadi secara terus menerus.

Tidur ngorok atau biasa disebut mendengkur pernah dialami oleh hampir semua orang, Pria dan wanita, Usia muda maupun tua. Seseorang yang tidur ngorok bisa merugikan orang lain yang tidur disebelahnya, Karena suara ngorok yang terlalu bising dapat menyebabkan orang lain kesulitan tidur dan terserang stres.

Faktor pemicu
Pemicu seseorang tidur ngorok atau mendengkur

1. Tubuh merasa kelelahan akibat aktifitas
2. Posisi tidur terlentang dengan bantal yang terlalu rendah
3. Mempunyai penyakit polip
4. Memiliki penyakit asma
5. Kegemukan
6. Akibat tonsil yang mengalami pembesaran
7. Adanya pertumbuhan kanker dirongga hidung
8. Karena pilek
9. Karena Mengkonsumsi alkohol
10. Faktor usia

Solusi
Ada solusi terbaik agar terhindar dari tidur ngorok atau mendengkur

1.Tidak tidur terlentang
Tidur terlentang sebenarnya baik bagi kesehatan karena terlentang adalah posisi yang ideal dimana saluran pernafasan tidak dalam keadaan terhimpit, Namun ternyata posisi terlentang dengan penggunaan bantal yang terlalu rendah menyebabkan leher seseorang menyentuh lehernya sehingga ada penekanan disaluran tenggorokanya.

2. Mengurangi berat badan
Obesitas merupakan salah satu penyebab bahaya ngorok yang sering dialami oleh orang orang yang tidak mau menurunkan berat badanya yang sudah dibatas kewajaran. Lemak berlebih pada tubuh dapat memicu sulitnya oksigen masuk dengan lancar kedalam aliran darah pada sistem pernafasan sehingga seseorang terserang tidur ngorok.

3. Mandi dengan air hangat
Mandi air hangat sebelum tidur dapat menyegarkan badan dan melancarkan seluruh peredaran darah ditubuh serta menyehatkan saluran pernafasan. Mandi air hangat mampu mencegah seseorang terserang tidur mendengkur dengan suara keras bahkan dapat tidur terbebas dari mendengkur.

4. Mengkonsumsi minuman kunyit
Untuk mencegah tidur ngorok sebaiknya sebelum berangkat tidur mengkonsumsi minuman herbal buatan sendiri yang dapat melancarkan sistem pernafasan dan mencegah tubuh terserang pilek. Minumlah minuman kunyit yang telah ditambahkan dengan madu dan asam jawa.

5. Mengkonsumsi minuman jahe

Sponsors Link


Agar kualitas tidur semakin baik dan terhindar dari mendengkur minumlah ramuan tradisional jahe yang telah ditambahkan denga asam jawa dan gula aren. Minuman segar ini mampu melindungi tubuh darai masuk angin dan melancarkan saluran hidung agat ketika tidur oksigen dapat terhirup dengan baik.

6. Hindari alkohol
Minuman alkohol bersifat panas dan menyumbat peredaran darah pada sistem pernafasan dan dapat menghambat penyebaran oksigen menuju pembuluh darah otak. Alkohol yang berlebihan dapat memicu seseorang tidur mendengkur dan kesulitan untuk bernafas dengan normal. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan seseorang tersedak tiba tiba.

7. Bantal tidak terlalu tinggi
Bantal yang terlalu tinggi bisa menjadi penyebab masuknya oksigen dari rongga hidung menjadi terganggu. Dada akan terasa berat saat jantung memompa darah, Hal ini menyebbakan seseorang akan mendengkur saat tidur bahkan terserang batuk batuk.

8. Hindari rokok berlebihan
Nikotin dan tar pada rokok mampu menyumbat aliran darah menuju jantung, Mengganggu pernafasan dan memperlamabat masuknya oksigen keseluruh tubuh akibatnya ketika tidur seseorang akan mendengkur dengan keras dan diiringi dengan batuk batuk. Zat berbahaya pada rokoklah yang menyebabkan seseorang batuk ketika tidur dan mempercepat seseorang mendengkur kembali.

9. Membatasi kafein sebelum tidur
Sebelum tidur sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan. Kafein dapat menekan dan menghambat jalanya darah yang berisi oksigen ke saraf bagian kepala dan pembuluh darah organ pernafasan serta mengakibatkan aliran darah menjadi menyempit sehingga memicu seseorang tidur dengan mendengkur.

10.Tidak makan makanan berat sebelum tidur
Sebelum tidur sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berat misalnya yang mengandung karbohidrat tinggi atau berlemak. Ketika tidur organ pencernaan harus dalaam keadaan santai bukan terus bekerja menggiling makanan. Sistem pencernaan yang terus bekerja ketika kita tertidur dapat menyebabkan pasokan oksigen yang masuk melalui ronggan hidung menjadi tersendat sendat.

Dampak buruk
Bahaya ngorok perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan munculnya keluhan kesehatan tubuh, Diantaranya:

1.Menyebabkan stroke

sponsored links

Bahaya ngorok sering diakibatkan karena posisi bantal terlalu rendah dan tidur dalam keadaan terlentang . Kondisi ini dapat menyebabkan masuknya oksigen menuju otak menjadi sangat berkurang , Jika berlangsung setiap hari dan jangka poanjang maka seseorang akan terserang stroke.

2. Tekanan darah naik
Tidur ngorok yang terus menerus terjadi setiap hari dapat mengakibatkan aliran darah menuju otak menjadi terhambat dan pasokan oksigen menjadi berkurang, Kondisi dapat menekan peredaran darah dan memicu tekanan darah mengalami peningkatan.

3. Memicu penyakit jantung
Tidur ngorok dapat menyebabkan denyut nadi menjadi tidak teratur dan suhu tubuh menjadi tidak stabil, Kondisi tersebut memicu munculnya penyakit jantung jenis kongestif dan koroner.
Baca juga :penyebab penyakit jantung pada manusia yang mematikan

4. Penyakit diabetes tipe 2
Tidur ngorok yang berlangsung betahun tahun dapat menyebabkaan kekacauan metabolisme tubuh sehingga tubuh kehilangan kemampuanya mengontrol kadar glukosa dan meresisten insulin secara normal . Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit diabetes tipe 2 .
Baca juga : diabetes tipe 2

5. Menyebabkan otak rusak
Jangan biarkan tidur terus menerus ngorok apalagi dialami oleh anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan karena ketika mereka tidur ngorok pada saat itulah oksigen yang masuk pada rongga hidung menuju pembuluh darah otak mengalami hambatan. Keadaan ini rentan menyebabkan kerusakan jaringan otak pada anak anak.

6. Menyebabkan depresi
Seseorang yang selalu ngorok ketika tidur maka segala saraf saraf sekitar kepak dan sistem pernafasanya mengalami ketidaklancaran, Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental dan perubahan psikologis secara bertahap. Bahaya ngorok akibat tidur dengan posisi terlentang karena kelelahan dapat mengakibatkan seseorang terserang depresi ketika terbangun dari tidurnya.
Baca juga : cara mencegah depresi pada diri sendiri

7. Tersedak
Seseorang yang tidur ngorok dan memiliki peradangan berat pada saluran pernafasanya maka ketika ngorok oksigen yang masuk melalui rongga hidung akan terhenti sejenak dan akibatnya akan menimbulakan batuk karena tersedak. Bahaya ngorok yang sering terjadi pada orang orang yang mengkonsumsi kafein berlebih sesaat sebelum tidur dapat menyebabkan seseorang tersedak.

8. Kematian mendadak
Seseorang yang terbiasa tidur ngorok harus segera membiasakan diri untuk tidur menyamping karena sedikitnya pasokan oksigen yang masuk dalam pembuluh darah keotak dan jantung secara berlebihan dapat menyebabkan otot jantung mengalami penegangan lalu mengalami pengerutan serta penyempitan yang akhirnya menyebabkan jantung berhenti mendadak.

Waspada tidur dengan mulut terbuka
Tidur ngorok biasanya menyebabkan seseorang tidur dalam kondisi mulut teebuka. Menghirup udara dengan mulut terbuka saat tidur sangat berbahaya karena dapat menyebabkan tidur menjadi mendengkur dan mempermudah bakteri yang ada diudara masuk kemulut karena tidak mendapat penyaringan terlebih dahulu, Sedangkan pada rongga hidung udara yang masuk akan disaring terlebih dahulu oleh rambut rambut halius yang tertanam didalam hidung sehingga bakteri dan kotoran dapat dihambat agar tidak masuk kedalam tubuh. Bahaya ngorok paling sering menimpa orang orang yang kelelahan akibat kerja rutinitas yang membutuhkan banyak gerak adalah ketika mereka tidur dengan mulut terbuka.
Baca juga : penyebab mulut terbuka saat tidur

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, July 2016 / 19:45 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk