Sponsors Link

5 Bahaya Lampu Menyala Saat Tidur Malam

Sponsors Link

Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur dengan lampu menyala terang? Banyak orang tetap menyalakan lampu ketika tidur malam dengan alasan takut. Menghadapi rasa takut sering menyebabkan kualitas tidur tidak baik dan mereka merasa tidur dengan lampu menyala akan lebih baik. Namun apakah Anda menyadari bahwa tidur dengan cahaya masih menyala justru menyebabkan dampak kesehatan yang sangat serius.

ads

Tidur dengan lampu menyala justru sebenarnya menyebabkan masalah kesehatan. Anda mungkin merasa tidur menjadi lebih baik namun sebenarnya tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat yang baik. selain itu juga bisa menyebabkan dampak kesehatan yang serius seperti:

  1. Resiko Tinggi Depresi

Depresi bisa terjadi akibat tidur larut malam, Tidur dengan lampu menyala dapat menganggu penekanan produksi melatonin. Melatonin berperan sangat penting dalam pengaturan fungsi zat kimia otak yang bisa membuat otak menjadi lebih santai. Sementara semua orang selalu membutuhkan tidur malam untuk mendapatkan istirahat terbaik setelah melakukan aktivitas pada siang hari. Depresi ini bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti tidak nafsu makan, mudah emosi, gelisah dan selalu berpikir buruk. (Baca juga : Ciri Ciri Kurang Tidur )

  1. Peningkatkan Resiko Kanker Payudara

Wanita yang sering tidur dengan cahaya terang pada malam hari juga bisa terkena kanker payudara. Hubungan antara kanker payudara dengan lampu saat tidur adalah ketika tubuh tidak bisa mendapatkan istirahat sehingga metabolisme tubuh berjalan tidak baik. Gangguan sistem metabolisme ini akan menyebabkan peningkatan berat badan pembakaran kalori yang lemah. Akibatnya mendorong masalah hormon dan sel reproduksi yang memicu pertumbuhan tumor payudara. (baca : makanan untuk menurunkan berat badan)

  1. Gangguan Reproduksi Perempuan

Terkena eksplorasi cahaya pada malam hari saat tidur juga bisa menyebabkan masalah kesehatan reproduksi. Masalah yang paling sering terjadi adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Dengan melihat semua faktor ini maka perempuan memiliki resiko yang sangat tinggi seperti gangguan hormon dan gangguan kesuburan dalam jangka panjang. Jika hal ini terjadi dalam waktu terus menerus maka bisa meningkatkan resiko kanker yang berhubungan dengan sistem reproduksi. (baca : 7 penyebab telat datang bulan)

Sponsors Link

  1. Resiko Obesitas

Banyak hal yang terjadi ketika Anda tidur dengan lampu yang menyala. Salah satunya adalah masalah metabolisme yang bisa memicu kegemukan. Masalah berat badan terjadi karena tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup dan sistem metabolisme telah mengacaukan kerja organ tubuh. Pembakaran kalori menjadi lebih lambat dan pada siang harinya tubuh memberikan respon yang lebih lambat. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka bisa menyebabkan obesitas. (baca : bahaya obesitas & Akibat begadang)

  1. Merusak Kestabilan Tekanan Darah

Gangguan penyakit tekanan darah baik tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi paling sering terjadi pada orang yang tetap tidur dengan lampu menyala. Hal ini berhubungan dengan kemampuan pembuluh darah dan jantung lebih lambat dalam mengedarkan darah. Ketika tidur dengan lampu menyala maka tubuh tidak bisa beristirahat dengan baik, bahkan paparan sinar ini akan merusak kerja pembuluh darah. Hal ini menyebabkan masalah kesehatan serius yang berhubungan dengan tekanan darah.

Cara Merubah Kebiasaan Tidur dengan Lampu Menyala

  • Nyalakan lampu redup di luar kamar tidur namun dengan nyala yang bisa sampai ke tempat tidur Anda. Anda bisa meninggalkan lampu redup yang tetap menyala dan kamar Anda menjadi tidak terlalu gelap.
Sponsors Link

  • Buka sedikit jendela kaca yang terlindungi ketika sedang tidur jadi Anda bisa menghadapi rasa takut atau takut bangun terlalu siang.
  • Jangan beraktifitas dengan semua jenis perangkat yang bisa menyebarkan cahaya ke ruangan saat Anda akan tidur.
  • Jika Anda memiliki fobia dengan kegelapan maka jangan lupa untuk mengurangi intensitas cahaya saat tidur. Pengurangan bisa dilakukan secara berkala hingga Anda bisa mengatasi rasa takut.
  • Gunakan lampu redup dengan cahaya merah atau oranye saat Anda tidur. Namun pilih jenis lampu yang dilengkapi dengan kap dan jauh dari tempat tidur Anda sehingga tidak menganggu kesehatan.

Merubah kebiasaan tidur dengan lampu menyala menjadi lebih gelap bisa dilakukan secara bertahap. Dampak lampu menyala saat tidur memang sangat besar terutama bisa menyebabkan masalah kesehatan. Mulai sekarang Anda bisa berusaha untuk menghilangkan kebiasaan tidur dengan lampu menyala.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, September 2015 / 11:38 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk