Sponsors Link

5 Bahaya Kecanduan HP (Handphone)

Sponsors Link

Handphone merupakan alat elektronik yang penting bagi kehidupan manusia. Handphone meskipun bentuknya kecil, namun manfaatnya sangat besar. Handphone digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada di jarak yang jauh maupun dekat. Handphone sangat bermanfaat untuk mendekatkan hubungan persaudaraan atau persabahabatan dengan orang- orang istimewa, sehingga jarak yang jauh bukanlah menjadi kendala sulitnya berkomunikasi.

ads

Handphone dan Kemajuan Zaman

Seiring dengan kemajuan zaman, handphone diciptakan dengan fitur- fitur yang semakin lengkap dan canggih. Sekarang ini handphone tidak hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi berupa telefon atau bekirim pesan singkat saja, namun juga bisa digunakan untuk berinternet dan digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi sosial media. Bahkan handphone juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti pemutar video hingga televisi. Seiring dengan kemajuan zaman, handphone ini diciptakan dengan berbagai macam tipe. Banyaknya produsen handphone berlomba- lomba menciptakan berbagai tipe handphone dengan berbagai macam ciri khas masing- masing. Produsen handphone ini masing- masing berlomba- lomba untuk merebut perhatian masyarakat, sehingga mereka bisa memasang harga yang dapat dijangkau masyarakat.

Karena keberadaan handphone yang marak dimana- mana dengan berbagai macam fiturnya yang canggih serta harganya yang terjangkau ini, membuat hampir semua orang memiliki handphone. Namun tahukah Anda bahwa ternyata handphone ini juga bisa membawa dampak buruk bagi manusia? Handphone membawa dampak buruk bagi manusia salah satunya ketika orang itu menjadi kecanduan handphone tersebut. Terlebih ketika kehadiran internet dan sosial media sudah mendunia, banyak orang yang terlena dengan handphone ini. Hanphone pintar yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih lebih dikenal dengan smartphone. Nah, smartphone ini yang seringkali menjadi penyita perhatian masyarakat, sehingga banyak orang sering menghabiskan waktunya sehari- hati bersama dengan smartphonenya dan menjadi pecandu smartphone.

Bahaya Kecanduan Handphone

Sudah dikataan sebelumnya bahwasannya menjadi pecandu handphone maupun smartphone itu tidak baik. Kecanduan penggunaan handphone ini seringkali disebut sebagai Gadget Freak atau Generasi Menunduk. Jika kita hanya melihat dampak jangka pendeknya saja, sepertinya tidak terlalu berbahaya. Namun ketika jangka panjang, kecanduan ini lama- lama akan berbahaya bagi orang tersebut, baik untuk kesehatan maupun kehidupan sosialnya. Lalu, apa saja bahaya kecanduan HP atau smartphone ini?

  1. Menyebabkan Penyakit Kanker

Salah satu dampak pemakaian handphone yang berlebihan dilihat dari sisi kesehatan adalah dapat menimbulkan penyakit kanker. Pemakai handphone yang berlebihan lebih mudah terserang kanker atau mempunyai resiko terserang kanker yang jauh lebih tinggi daripada orang yang membatasi dirinya dalam menggunakan handphone.

Sponsors Link

Berdasarkan laporan dari International Agency for Research on Cancer, pada tahun 2011 jumlah penderita kanker tidak sebanyak tahun- tahun belakangan ini. Hal ini kemungkinan karena jumlah pecandu handphone lebih banyak daripada tahun 2011. Ditengarai bahwa frekuensi gelombang elektromagnetik yang ada di dalam handphone dapat memicu berkembangnya sel kanker pada tubuh.

Penyebab kanker antara lain juga karena:

  1. Menurunkan Jumlah Sperma

Salah satu dampak dari pemakaian handphone yang berlebihan dari sisi kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan jumlah sperma yang diproduksi. Lalu bagaimana bisa? apakah ada hubungannya antara pemakaian handphone dengan jumlah sperma? Hal seperti ini sudah menjadi penelitian bertahun- tahun oleh para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada penurunan jumlah sperma pada laki- laki yang kerapkali menyimpan handphone nya di dalam saku celana atau di sekitar pinggang. Bahkan kabarnya hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas sprema yang hidup dan aktif. Tentu saja kualitas sperma ini dapat menurun. Sehingga Anda para laki- laki harus waspada terhadap hal seperti ini. Karena bagaimanapun juga sperma ini sangat penting kebedaraannya.

Baca juga : Efek samping, kandungan gizi dan khasiat sperma

  1. Menimbulkan Sindrom Nyeri pada Pergelangan Tangan

Sindrom nyeri yang terjadi di pergelangan tangan atau di sekitarnya, kerap kali menyerang mereka yang kesehariannya beraktivitas menggunakan handphone lebih dari tiga jam sehari. Sindrom ini ditandai dengan adanya rasa nyeri di pergelangan tangan yang cukup mengganggu apabila tidak segera ditangani. Padahal sekarang ini orang yang kecandungan handphone maupun smartphonenya dapat dipastikan selalu memegang handphone atau smartphonenya lebih dari tiga jam setiap hari, sehingga penyakit sindrom nyeri ini dapat dengan mudah menyerang pada pecandu handphone atau smartphone ini.

  1. Menurunkan Kesehatan Mata

Kebiasaan buruk yang selalu menatap layar handphone setiap saat akan sangat berdampak pada kesehatan mata kita. Terlebih model smartphone zaman sekarang yang mempunyai layar yang cukup besar sehingga memancarkan sinar yang lebih banyak. Sinar tersebut yang dapat menurunkan kesehatan mata dalam waktu yang berangsur- angsur. Sehingga tidak heran kita menemui banyak orang yang berkaca mata pada zaman sekarang, bahkan anak- anak usia SD pun sudah banyak yang memakai kaca mata.

ads

Beberapa dampak buruk pada kesehatan mata:

  1. Meningkatkan Angka Kecelakaan

Alasan klasik dari dahulu terkait dengan penyebab kecelakaan di jalan raya salah satunya adalah karena handphone. Banyak orang yang menggunakan handphone ketika di jalan raya, entah itu untuk bertelefon, berkirim pesan, memainkan sosial media, atau bahkan bermain game. Alasan apapun yang menyebabkan orang ini kehilangan sebagian konsentrasinya untuk mengendalikan dirinya di jalan raya, sehingga mudah terjadinya kecelakaan. Kecelakaan yang terjadi inipun mulai dari kecelakaan yang ringan hingga kecelakaan berat yang dapat menghilangkan nyawa orang tersebut.

  1. Nyeri leher

Nyeri leher juga merupakan salah satu dampak yang dapat terjadi karena kebanyakan pemakaian handphone. Rasa yang timbul adalah adanya nyeri dan kaku pada leher maupun pada punggung yang seringkali menyerang pemakai handphone secara berlebihan. Bahkan nyeri tersebut kerap kali disertai dengan sakit kepala. Hal ini diakibatkan karena posisi saat mengetik memunculkan postur baru yang dapat mencederai punggung dan juga leher apabila dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akibat nyeri leher diantaranya:

  1. Membuang waktu yang berharga

Orang yang asyik menggunakan handphonenya setiap saat selalu asyik dengan dunianya sendiri. Baik asyik berkomunikasi dengan orang lain di dunia maya, ataupun asyik dengan permainan game yang ada di handphone atau smartphonenya. Terkadang orang yang terlalu asyik seperti ini bisa dengan mudah membuang waktunya yang berharga, sehingga tidak terasa berjam- jam berlalu hanya untuk bermain dengan handphonenya.

  1. Kurang interkasi sosial dengan orang lain

Salah satu dampak penggunaan handphone secara berlebihan bagi kehidupan sosial adalah membatasi diri dalam pergaulan di masyarakat. Orang yang keasyikan menggunakan handphonenya setiap saat dan sibuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya akan lemah dalam kehidupan sosialnya di masyarakat. Orang seperti ini hanya akan berada di dalam kamar atau dirumah saja tanpa bersosialisasi secara langsung dengan orang- orang di sekitarnya.

Demikianlah beberapa dampak penggunaan handphone atau smartphone yang terlalu berlebihan yang dapat dilihat dari sisi kesehatan maupun kehidupan sosialnya. Sebagai orang yang sudah mengetahui dampak negatif dari penggunaan handphone atau smartphone yang berlebihan, tentu saja kita akan membatasi diri dalam penggunaan handphone atau smartphone ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 21:12 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk