Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Bahaya Berenang di Saat Hujan Bagi Kesehatan

ads

Hujan adalah cairan berbentuk tetesan yang terkondensasi dari uap air yang berada di atmosfer bumi dan kemudian diendapkan. Ketika uap yang diendapkan terkumpul pada tingkat tertentu, uap tersebut akan memiliki berat yang cukup untuk jatuh sesuai dengan gravitasi bumi. Hujan adalah komponen utama siklus air dan bertanggung jawab dalam menghasilkan mayoritas air bersih yang berada di bumi. Hujan menyediakan banyak manfaat bagi berbagai tipe ekosistem. (baca juga: bahaya air hujan bagi kesehatan)

Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara dengan curah hujan yang sangat tinggi yaitu sekitar 2000-3000mm per tahun di daerah Barat Indonesia tak lepas dari kenyataan bahwa Indonesia merupakan Negara tropis yang hanya memiliki 2 musim (musim kemarau dan musim hujan).

Manfaat hujan

Hujan merupakan hal yang sangat penting dalam ekosistem kehidupan makhluk hidup. Di beberapa Negara yang memiliki curah hujan rendah, hujan bahkan dianggap sebagai karunia terbesar oleh Tuhan yang menyokong kehidupan masyarakatnya. Berikut manfaat hujan bagi manusia:

  1. Memenuhi kebutuhan air

Tidak dapat dipungkiri bahwa hujan menyediakan 99% air yang digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan seperti air minum, untuk mandi dan lain lain. Hujan akan memurnikan dan menyebarkan air yang sudah mengendap ke berbagai tempat termasuk mata air sumber air minum. (baca juga: bahaya mandi saat demam)

  1. Pertanian

Di Indonesia, sumber karbohidrat utama adalah beras dan petani padi 100% hanya mengandalkan hujan untuk mengairi padinya sehingga hujan sangat penting bagi pertanian di Indonesia, tak hanya padi, rata rata pertanian dan perkebunan di Indonesia mengandalkan hujan sebagai system pengairannya. (baca juga: bahaya mandi tanpa tidur)

  1. Perikanan

Sumber air perikanan yang ada di Indonesia rata rata berasal dari air tanah (sumur) yang berasal dari resapan air hujan. (baca juga: bahaya bangun tidur langsung mandi)

  1. Sumber energy

Saat ini banyak sekali pembangkit tenaga listrik yang menggunakan sumber tenaga air khususnya melalui bendungan. Sungai yang memiliki bendungan membutuhkan hujan untuk tetap mengalir. (baca juga: bahaya hanis makan langsung mandi)

  1. Manfaat lain

Hujan memiliki banyak manfaat lain seperti menjaga kelangsungan hidup hutan, kebutuhan peternakan, pelestarian lingkungan, dan lain lain. (baca juga: bahaya mandi setelah berolahraga)

Bahaya Berenang di Saat Hujan

Air hujan di perkotaan terdiri dari 99% H20 atau air, dan mengandung sedikit asam sulfat, asam nitrat, karbon. Pada beberapa kasus, air hujan seringkali mengandung alga, itu sebabnya seringkali tumbuh lumut atau jamur di permukaan material yang terkena air hujan. Selain itu, air hujan yang dianggap berbahaya mengandung bakteri coliform jika  terkena kotoran hewan. (baca juga: bahaya mandi air hangat).

Sponsors Link

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat yang berguna bagi ekosistem. Hujan tetap memiliki  akibat buruk bagi manusia. Orang yang memiliki system imun yang lemah atau terlalu lama terpapar hujan dapat terkena berbagai dampak buruk. Ketika sedang berenang, hujan seringkali menjadi hal yang tidak bisa dihindari, banyak orang yang mengacuhkan hujan tersebut dan tetap melanjutkan aktivitas berenangnya. Sebenarnya berenang di saat hujan dapat mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan anda. Apa dampak buruk berenang di saat hujan?

  1. Membawa zat kimia berbahaya

Air hujan seringkali membawa zat kimia yang berasal dari gas pabrik maupun asap mobil yang kemudian diturunkan melalui hujan. Ketika anda berenang dan terjadi hujan, campuran kaporit kolam renang dengan zat kimia pencemaran dapat mengancam kesehatan anda dan dapat menyebabkan kanker kulit. (baca juga: bahaya mandi saat masih berkeringat)

  1. Perbedaan suhu

Berenang akan menurunkan suhu tubuh anda secara drastis, suhu tubuh manusia pada umumnya berkisar 35-37 derajat celcius. Ketika berenang suhu tubuh anda akan  menurun drastic hingga mencapai 30-33 derajat celcius. Dalam kondisi hujan, suhu tubuh anda akan menurun lagi hingga mencapai 27-29 derajat celcius dimana pada kondisi ini dapat membahayakan tubuh manusia. (baca juga: bahaya mandi di kolam renang umum)

  1. Gas beracun

Hujan khususnya gerimis akan membawa gas beracun berupa polusi udara dari atmosfer yang dapat mencemari air kolam renang. (baca juga: bahaya mandi bola bagi anak)

  1. Pergantian musim

Pada pergantian musim, terutama dari kemarau ke musim hujan, kekuatan imun manusia akan berkurang. Jadi jika anda berenang ketika hujan, perbedaan suhu tubuh, kurangnya system imun dan zat berbahaya yang dikandung hujan akan membahayakan kesehatan anda. (baca juga: 7 akibat jarang mandi pagi dan sore)

  1. Flu

Merupakan dampak paling umum yang terjadi jika anda berenang ketika hujan. Gejala awalnya adalah anda akan menggigil, merasa pusing, tidak enak badan dan mulai mengeluarkan ingus.

Sponsors Link

Perlakuan yang tepat jika anda berenang ketika hujan

  1. Berhenti berenang

Langkah pertama yang paling tepat adalah berhenti berenang dan segera mencari tempat teduh.

  1. Keringkan diri

Keringkan diri anda dan bungkus tubuh anda dengan handuk untuk mengembalikan suhu tubuh anda ke tingkat normal

  1. Mandi

Setelah anda merasa cukup hangat segera mandi, seringkali anda merasa bahwa terkena hujan memiliki efek membersihkan yang sama seperti mandi. Kenyataannya anda tetap butuh mandi untuk menghilangkan zat kimia yang menempel

  1. Minum obat

Minum obat flu merupakan langkah opsional, jika anda tidak merasakan gejala flu, tidak perlu untuk minum obat. Namun konsumsilah vitamin untuk meningkatkan system imun tubuh.

  1. Istirahat

Jika anda merasakan gejala flu, segera istirahat untuk menormalkan suhu tubuh, memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan system imun. (baca juga: kaki serng kram saat tidur malam)

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 10:38 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk