Sponsors Link

15 Khasiat Minum Air Hangat Setelah Makan Bagi Kesehatan dan Pencernaan

Sponsors Link

Khasiat minum air hangat setelah makan bagi kesehatan tubuh dan pencernaan memang harus dijadikan kebiasaan rutin yang dibiasakan. Air hangat tidak hanya berguna untuk menghangatkan tubuh saat udara dingin dan mengusir haus, tetapi banyak manfaat lain dari si air ini. Apa saja manfaat luar biasa dari air hangat, khususnya bila diminum sehabis makan? Cek tulisan di bawah ini, ya. Namun perlu diingat, lebih baik meminum air hangat tanpa campuran gula.

ads
  1. Membantu Sistem Pencernaan
    Minum air hangat, penyerapan makanan di tubuh jadi baik. Lemak-lemak dari makanan yang kita konsumsi juga akan larut ketika kita minum air hangat. Pencernaan pun akan berfungsi maksimal karena air hangat mampu memecah sisa makanan menjadi kecil sehingga memudahkan pembuangan yang dilakukan oleh usus (feses).
  1. Membantu Program Diet (Penurunan Berat Badan)
    Minum segelas air hangat di pagi hari ditambah dengan perasan lemon sangat baik untuk memecah lemak. Setelah lemon dicampurkan ke dalam air hangat, jangan langsung diminum. Diamkan beberapa saat (kurang lebih sepuluh menit) supaya ada reaksi dari si lemon.
  1. Mengurangi Masalah Tenggorokan
    Rasa gatal di tenggorokan disebabkan oleh virus. Air hangat bisa membantu kurangi gatal. Saat batuk berdahak atau batuk disertai flu dan pilek, minumlah segelas air hangat sebagai antibiotik alami.
  1. Membantu Proses Pengeluaran Racun di Tubuh
    Racun banyak tertimbun di usus kita. Karena ususlah tempat menampung bermacam makanan. Minum air hangat dapat membantu proses detoksifikasi. Pengeluaran racun melalui keringat, feses, dan urin. Ingat! Banyaknya racun di usus bisa menyebabkan kanker. Bagus juga ditambah madu dan perasan lemon untuk hasil lebih optimal.
  1. Mengatasi Kram Ketika Menstruasi
    Nyeri menstruasi disebabkan oleh menempelnya darah di dinding rahim dan tidak bisa keluar. Air hangat membantu meleburkan darah di dinding rahim sehingga kram akan berkurang.
  1. Membuat Peredaran Darah Jadi Lancar
    Air hangat dapat memperlebar pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar akan memperlancar peredaran darah.

Baca juga : minum es saat haid – Bahaya makan malam sebelum tidur – Bahaya mandi malam hari – Bahaya ciuman bibir

  1. Kecantikan Kulit
    Radikal bebas membuat kulit rusak dan elastisitas jadi berkurang. Meminum air hangat bisa membantu menghilangkan jerawat dan memperbaiki sel kulit rusak. Minum campuran air hangat dan madu pun ampuh mengatasi jerawat  serta membuat kulit cerah.
Sponsors Link

  1. Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala
    Mengaktifkan ujung saraf di akar rambut? Caranya dengan minum air hangat. Kebiasaan ini dapat membuat rambut lembut, sehat, dan berkilau. Selain itu, konsumsi air hangat pun dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala kering.
  1. Mengatasi Kaki Kram
    Untuk kaki kram dapat minum air hangat dicampur madu atau jika ingin merendam kaki di air hangat, bisa ditambahkan dengan garam sambil memijat lembut telapak kaki. Kram yang perlu diwaspadai adalah kram bersamaan di telapak tangan dan kaki, terjadi berulang dalam waktu yang sama (malam atau pagi).
  1. Relaksasi
    Ketika sedang merasa resah atau sedih, minumlah air hangat di pagi hari lalu tarik nafas dalam-dalam. Nikmati udara pagi. Manfaatnya agar tenang dan rileks.
  1. Penghilang Kantuk dan Penambah Semangat
    Usir rasa kantuk kita dengan air hangat. Minum air hangat hingga berkeringat adalah resep penghilang rasa kantuk. Setelah kantuk hilang, kita akan bersemangat mengawali hari dengan berbagai kegiatan.
  1. Tidur Jadi Nyenyak
    Apabila kita kurang tidur (tidur tidak berkualitas) akan memancing berbagai penyakit kronis menghampiri tubuh, diantaranya hipertensi, Penyakit Jantung, dan diabetes. Disarankan mengkonsumsi air hangat sebelum tidur agar rileks. Atau merendam tubuh di air hangat supaya tidur jadi berkualitas, tanpa bolak-balik bangun di malam hari.
  1. Meredakan Mual
    Bagi ibu hamil muda yang masih mengalami mual, sebelum gosok gigi di pagi hari sebaiknya konsumsi air hangat agar mual berkurang. Air hangat juga bisa dipakai untuk air kumur-kumur.
  1. Penyembuh Sakit Gigi dan Bau Mulut
    Antibiotik yang terkandung dalam air hangat bisa meredakan sakit gigi. Caranya dengan diminum dan rajin kumur-kumur saat sakit gigi. Plak yang ada di gigi dan mulut bisa diatasi dengan minum air hangat.
  1. Imunitas Tubuh
    Air hangat plus madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti batuk, flu, masuk angin, serta berguna untuk membersihkan pencernaan.
Sponsors Link

Kebiasaan yang Harus Dihindari Sesudah Makan

A. Masih minum teh setelah makan? Itu artinya kita memperberat kerja pencernaan. Asam yang terkandung dalam teh akan membuat protein dari makanan yang kita konsumsi menjadi keras dan susah dicerna (Bahaya minum teh).

B. Asap rokok langsung mengepul setelah makan? Jangan dibiasakan! Ini adalah salah satu pemicu kanker. Racun dari rokok yang dihisap akan bercampur dengan makanan yang baru saja kita santap. (Baca : Bahaya asap rokok)

C. Banyak yang langsung makan buah sehabis makan. Buah ini mudah dicerna, tidak akan berkhasiat kandungan dalam buah bila dimakan untuk cuci mulut. Sebaliknya, malah akan menciptakan gas di tubuh.

D. Kebiasaan mandi setelah makan sangat buruk bagi kesehatan. Saat mandi, suhu badan kita pun akan meningkat. Peningkatan suhu badan sampai ke permukaan kulit, menyebabkan proses pencernaan terganggu dan sari dari makanan yang kita konsumsi rusak.

E. Sering melonggarkan sabuk (ikat pinggang) sehabis makan. Hati-hati! Kebiasaan ini pun mempermudah usus untuk berputar dan tidak baik bagi pencernaan.

Baca juga : Bahaya minum air es setelah makan

Nah itulah beberapa manfaat minum air hangat setelah makan bagi kesehatan yang dapat anda coba secara rutin, tidak ada ruginya. Jangan minum air es setelah makan yah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 19th, November 2015 / 12:15 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik