20 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Malam Yang Mengejutkan

Kebiasaan baik sebelum tidur malam merupakan gaya hidup dan kebiasaan yang menguntungkan bagi kesehatan dan berguna untuk meningkatkan kualitas hidup .
Pola hidup yang sehat bisa di mulai dari tempat tidur yang tertata rapih dan bersih dengan suasana kamar yang tenang dan tidak gaduh. Gaya hidup dan kebiasaan baik menjelang tidur malam dapat meningkatkan kesehatan tubuh, Meningkatkan imajinasi, Mempertahankan kualitas berfikir dan mampu memberikan banyak kesuksesan dalam meraih apa yang diinginkan.

Kebiasaan baik
Ada 20 Kebiasaan positif yang bermanfaat bagi kualitas hidup untuk sekarang, nanti dan dimasa yang akan datang

1.Bersih dan rapihkan tempat tidur
Rajin membersihkan dan merapihkan tempat tiduer sebelum tidur sangat berguna untuk menghindari tubuh dari gatal gatl akibat debu dan kotoran yang kasat mata.

2. Mandi air hangat
Mandi air hangat yang telah dicampurkan dengan air rebusan daun serteh dan daun sirih mampu menyegarkan tubuh, Melancarkan peredaran darah dan membuat saraf saraf tubuh menjadi lebih santai. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seseorang akan cepat tidur dengan pulas.

3. Menggosok gigi
Membiasakan membersihkan gigi adalah salah satu kebiasaan baik sebelum tidur malam yang wajib diajarkan pada anak anak usia dini agar mereka mengetahui bahwa gigi yang tidak dibersihkan akan mempermudah makanan yang tersisa dan menyelip disela sela gigi akan mengandung bakteri penyebab bau mulut tidak sedap dan kerusakan gigi dimasa yang akan datang.
Baca juga :cara mengobati sakit gigi kurang dari 30 detik

4. Minum air putih
Air putih mamapu melancarkan aliran darah, Saraf saraf tubuh dan arteri dalam tubuh serta melindungi tubuh dari dehidrasi ketika sedang tertidur. Air putih mampu membersihkan tubuh dari racub hasil dari makanan dan dari dalm tubuh.
Baca juga : bahaya akibta kurang Minum air putih

5. Membaca buku
Membaca buku selama 30 menit sebelum berangkat tidur sangat baik bagi kesehatanotak. Membaca buku dapat melatih sel sel otak memperbarui dirinya menjadi lebih aktif, Lebih terkendali dan meningkatkan memori serta kecerdasan seseorang.

6. Mendengarkan musik
Musik adalh energi tanpa batas dan dapat membersihkan tubuh dari racun dan melancarkan peredaran darah menuju otak. Peredaran darah yang lebih rileks dapat mempercepat seseorang akan tertidur tanpa mengalami mimpi yang aneh aneh.

7. Mempersiapkan perlengkapan untuk aktifitas esok pagi



Membiasakan diri mempersiapkan segala sesuatu untuk kebutuhan aktifitas esaok pagi dapat meringankan beban dipagi hari jika ternyata waktu yang ada sangat sempit. Anda tidak akan terburu buru dan panik untuk membereskan segalanya dari awal. Apapun yang dilakukan dengan terburu buru akan berakhir tidak baik.

8. Tidak makan setelah pukul 18.00
Makanan setelah pukul 18.00 yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah jenis buah buahan dan sayuran saja, Tetapi bukan jenis karbohidrat berat misaalnyaa nasi putih, Mie instant atau roti berlemak. Makan pada malam hari cenderung menyebabkan kesulitan tidur karena organ pencernaan sedang bekerja keras menggiling makanan. Seharusnya ketika tidur sistem pencernaan juga harus istirahat. Makan pada malan hari hanya mengganggu pembakaran lemak dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kegemukan.

9. Minum susu hangat
Minum segelas air susu hangat rendah kalori 20 menit sebelum tidur sangat baik bagi tubuh, Karena nutrisi dan aroma pada susu memiliki efek mempercepat seseorang untuk tidur lebih cepat dan pulas.

10.Hindari alkohol
Alkohol memiliki senyawa yang bersifat karsinogen yang dapat merusak peredaran darh dan pembuluh darh diseluruh tubuh terutama jaringan otak. Mengkonsumsi alkohol dalaam jangka panjang memicu munculnya penyakit insomnia, Hal tersebut disebabkan saraf otak telah mengalami perubahan dan penyumbatan.

11.Hindari kafein
Terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein cenderung menekan saraf dan memungkinkan seseorang terus terjaga dari tidurnya, Saraf kepala yang dipaksa untuk terus terjaga dapat mengacaukan peredaran darah menuju jantung dan kepala. Kafein dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur dan penyumbatan aliran darah kepal yang menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa tidur tepat waktu.
Baca juga : kafein

12.Hindari merokok
Merokok terus menerus hinfgga waktu tidur tiba dapat membuat seseorang terus terjaga dan terlambat untuk tidur. Asapa rokok sangat berbahay bagi kesehatan organ pernafasan karena dapat menyebabkan seseorang tidur ngorok dan kehilangan oksigen untuk bisa masuk kejaringan otak.

13.Meditasi
Meditasi selam 30 menit menjelang tidur dapat mengalirkan energi positif pada jaringan otak, Menenangkan pikiran dan membuat saraf saraf kepala lebih santai. Kondisi tersebut menjamin seseorang bisa tidur dengan pulas tanpa harus terbangun ditengah malam karena mimpi buruk. Membiasakan meditasi adalah kebiasaan baik sebelum tidur malam yang cocok dilakukan orang orang yang setiap hari berkutat pada aktifitas rutin yang senantiasa membutuhkan tenaga pikiran yang lebih banyak.
Baca juga : cara melakukan Meditasi untuk kesehatan

14.Mengoleskan minyak kayu putih
Memgoleskan minyak kayu putih pada bagian dad dan punggung dapat mencegah tubuh terserang masuk angin dan mampu melindungi aliran darah serta pernafasan menjadi tetap lancar. Aroma dan kehangatan minyak kayu putih dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh dalam keadaan selalu tenang.

15.Menyalakan lotion atau obat nyamuk elektrik
Memakai obta nyamuk lotion pada tempaat tempat yang kemungkinan disinggahi nyamuk sangat baik untuk pencegahan gigitan nyamuk, Tetapi jika anda alergi terhadap lotion nyamuk maka pakailan obat nyamuk elektrik tanpa asap yang memiliki kemampuan membasmi nyamuk dengan ampuh.

16.Matikan Hp dan semua elektronik
Hp mnemiliki radiasi elektomagnetik yang negatif bagi kesehatn tubuh terutama otak. Matikan hp atau elektronik lain sebelum berangkat tidur. Simpan hp dilaci, Tas atau pada tempat yang jauh dari anda tidur agar radiasinya tidak menembus jaringan tubuh saat tertidur.
Baca juga : bahaya kecanduan Hp (handphone)

17.Pakai krim malam
Membiasakan menkaia krim malam sangat baik untuk kesehatan kulit wajah dikeesokan harinya. Pria dan wanita boleh menggunakan krim ma;am yang didalamnya mengandung nutrisi untuk kulit lebih cerah, Lebih kenyal dan lebih sehat. Padaa saat tidur krim amalam akan bekerja dengan cepat karena saat sedang beristirahat kulit wajah dalam keadaan rileks sehingga aliran darah diwajah mengalir dengan stabil yang menjadikan krim mudah untuk bekerja dengan baik .

18.Remangkan lampu kamar
Tidur dalam keadaan ternag tidak baik bagi kesehatan jantung. Lampu yang terlalu terang dapat membuat denyut jantung menjadi lebioh cepat dan mengganggu aliran darah kepala yang akhirnya bisa memicu munculnya sakit kepal dan rasa tidak nyaman pada tubuh selam tidur. Meremangkan lampu saat tidur merupakan kebiasaan baik sebelum tidur malam yang menguntungkan untuk kesehatan jantung dan saraf otak.

19.Berdoa sebelum tidur
Membiasakan diri berdoa sebelum tidur dapat meningkatkan ketaqwaan kita pada sang ilahi. Berdoa juga samngat manjur untuk perlindungan dari mimpi buru ketika sedang tertidur. Sebagai manusia yang beragama berdoa sebelum tidur merupakan kebiasaan baik sebelum tidur malam yang sudah menjadi kewajiban.

20. Membiasakan tidur tepat waktu
Jangan terlalu sering tidur teralalu malam karena akan memangkas jam tidur anda menjadi semakin pendek. Orang yang sering kurang tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, Tidak mampu berkonsentrasi dan tampilan ewajah menjadi terlihat lebih tua.Kurang tidur dapat menghambat aliran darah diseluruh tubuh dan mengurangi jumlah sel darh merah dalam tubuh yang memicu seseorang terserang kurang darah.

Kebiasaan baik dapat meningkatkan kemandirian anak usia dini
Kebiasaan baik sebelum tidur malam sebaiknya digalakan dan di ajarkan pada anak anak usia dini agar dewasa nanti merewka telah terbiasa melakukan hal hal yang posirtif sebelum berangkat tidur.

, ,
Post Date: Friday 08th, July 2016 / 03:56 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik