18 Ciri Ciri Rumah Sehat Wajib Anda Miliki

Ciri ciri rumah sehat adalah kondisi rumah yang memenuhi sarat kebersihan, Kerapihan dan keindahan yang secara konsisten berlangsung sepanjang hari.
Rumah yang sehat bukan hanya terlihat karena memiliki bangunan yang indah, Mewah, Mempunyai lahan yang luas dan memiliki properti ruangan yang lengkap, Namun lebih kepada gaya hidup dan kebiasaan baik seseorang dalam memperlakukan rumah serta lingkungannya. (Baca Juga: Ciri-ciri Lingkungan Sehat , Ciri Ciri Lingkungan Tidak Sehat)

Ciri Ciri Rumah Sehat

1. Lantai bersih

Membiasakan untuk mempertahankan kondisi lantai yang selalu bersih dari debu dan kotoran lain merupak ciri ciri rumah sehat yang bisa menjadi awal pembelajaran bagi anak anak usia dini agar kerlak terbiasa untuk berinteraksi dengan lantai yang bersih. Lantai yang bersih dapat dilakukan dengan menyapu terlebih dahulu kemudian membersihkan (pel) dengan air khusus pembasmi kuman lantai. Membersihkan lantai tidak puluhan kali tetapi setidaknya 3 kali sehari untuk mencegah munculnya debu yang datang karena radikal bebas. (Baca Juga: Bahaya Tidur Tanpa Kasur di Lantai , Ciri-ciri Rumah Tidak Sehat)

2. Tersedia tempat sampah

Ciri ciri rumah bersih adalah rumah yang memiliki tempat sampah agar sampah yang telah menumpuk nantinya dapat dikendalikan setelahnya misalnya membakarnya atau membuangnya pada dinas kebersihan. Sampah didalam rumah dapat memicu munculnya penyakit yang disebabkan kuman yang telah ada pada benda benda kotor yang membusuk atau telah terkontiminasi dengan udara kotor. (Baca Juga: Bahaya Pengharum Ruangan , Bahaya Air Cooler)

3. Tidak terlalu banyak barang

Bayangkan jika ada rumah mewah tetapi didalamnya sangat banyak barang terpampang. Salah satu ciri ciri rumah sehat adalah terwujudnya Suasana rumah yang membuat kita betah untuk berlama lama didalamnya. Terlalu banyak property ruangan akan terasa pengap dan menekan rasa nyaman sehingga dapat menyerang penghuni rumahnya secara psikologis misalnya penghuni dapat terserang stres dan tidak mampu berfikir secara lapang. Terlalu banyak properti ruangan cenderung menyebabkan rumah menjadi lembab, Mudah kotor dan melelahakan ketika sedang membersihkannya satu persatu. Wujudkan kondisi ruangan rumah yang ringan, Enak dipandang dan nampak luas agar keselarasan, Kenyamanan dan keharmonisan rumah selalu terjaga. (Baca Juga: Penyakit Akibat Tikus Rumah , Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres)

4. Tidak ada barang yang tercecer atau menumpuk

Barang barang yang tidak terpakai sebaiknya dibuang saja karena hanya akan mengakibatkan rumah nampak berantakan dan memicu penumpukan debu yang kasat mata terbawa akibat angin atau kondisi udara tertentu. Barng barang yang tercecer dan menumpuk dapat menyebabkan kualitas kenyamanan rumah berkurang.

5. Ventilasi udara cukup

Pertukaran udara sangat pentiung agar udara pengab dan kotor dapat ditukar dengan udara yang baru, Kondisi dapat mencegah rumah menjadio lembab dan terhindar dari kuman dan pertumbuhan mikroorganisme lain. (Baca Juga: Bahaya Tidur Dibawah AC )


6. Memiliki taman kecil

Rumah yang memiliki standar kesehatan bukan hanya berfokus pada keadaan ruangan yang rapih dan bersih saja tetapi juga memiliki taman kecil atau setidaknya beberapa tanaman yang dipelihara dan dirancang sedemikian rupa hingga terlihat rapih, Indah dan meneduhkan halaman rumah. Rumah yang memiliki taman kecil atau tanaman tanaman yang indah mampu menjadikan suasana halaman kian asri dan memiliki banyak oksigen ketika pagi dan siang hari. Hal ini sangat baik untuk kesehatan penghuninya. (Baca Juga: Tanaman Herbal Alami Untuk Melancarkan Peredaran Darah , Penyebab Tubuh Kekurangan Oksigen)

7. Ketersediaan sarana air bersih

Ketersediaan air bersih sangat diwajibkan untuk mewujudkan ciri ciri rumah sehat yang menjadi idaman banyak orang. Rumah yang mempunyai ketersediaan air tanpa batas misalnya karena ada pompa air, Sumur sendiri yang terawat dengan baik atau mendapat dari Perusahaan air minum (PAM) dapat menyebabkan kegiatan dan aktifitas didalam rumah lebih mudah misalnya mencuci baju, Alat alat dapur dan sebagainya. (Baca Juga: Ciri-ciri Air Bersih Obat Kutu Air Pada Kaki)

8. Pencahayaan yang cukup

Salah satu ciri ciri rumah sehat yang paling utama setelah ketersediaan air adalah adanya pencahayaan yang memadai. Ruangan yang terang dapat mencegah masuknya hewan hewan yang tak diinginkan misalnya anjing, Ular dan sebagaianya. Pencahayaan yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya karena dapat melakuakan aktifitas dengan nyaman dan tanpa ada rasa mengeluh misalnya aktifitas belajar anak anak, Memasak, Membaca buku, Menyaksikan acara televisi, Berkumpul dengan keluarga dan lain lain. (Baca Juga: Gejala Mata Lelah , Jenis Cacat Mata)

9. Bebas dari hewan merugikan

Sedapat mungkin sering seringlah membersihkan selokan, Parit atau kolam jika memang ada untuk mencegah adanya tempat persembunyian dabn memblokir pertumbuhan hewan hewan yang merugikan, Misalnya tikus, Kecoa, Kaljengking, Lipan, Nyamuk dan lain lain. (Baca Juga:  Bahaya Musim Pancaroba , Prospek Kerja Dokter Hewan di Indonesia)

10.Jauh dari situasi dan kondisi yang merugikan

Tahukah anda bahwa ciri ciri rumah sehat yang seringkali diabaikan banyak orang adalah rumah yang seharusnya tidak berdekatan dengan tempat tempat yang dapat menyebabkan penghuninya kesulitan tidur, Tidak tenang dan terganggu ketika anak anak sedang belajar. Tempat tempat yang dimaksud adalah rumah yang berdekatan dengan pembuangan sampah, Berdekatan dengan lokasi yanag rawan banjir, Sungai/Kali yang kotor, Pemukiman kumuh, Dekat dengan pasar atau stasiun yang ramai dan cenderung memberikan kondisi udara yang banyak polusi. (Baca Juga: Penyebab Radang Paru-paru)

11.Memiliki gudang sendiri

Tak dapat dipungkiri jika Ciri ciri rumah sehat adalah rumah yang memiliki ruangan khusus untuk menyimpan barang barang lama tetapi masih bisa dipakai adalah kebiasaan yang baik untuk menghindari barang tercecer dimana mana, Menghindari penumpukan debu dan ketika kelak ingin digunakan lagi maka barang yang diinginkan akan mudah untuk ditemukan. (Baca Juga: Bahaya Gas CFC )

12. Masing masing ruangan memiliki fungsinya

Rumah akan terasa nyaman dan tidak akan menekan perasaan penghuninya secara psikologis misalnya muncul perasaan bosan, Gelisah dan tidak betah untuk berlama lama duduk didalamnya jika rumah memiliki ruangan yang masing masing mempunyai fungsinya dan tidak dicampur campur. Misalnya memiliki ruangan kerja sendiri, Ruana tamu, Ruang keluarga, Ruang dapur, Ruang makan dan sebagainya. Rungan yang memiliki masing masing fungsinya dapat menenangkan pikiran, Menghindari stres dan emosional yang tidak stabil. (Baca Juga: Bahaya Kantong Plastik)

13. Struktur bangunan yang kokoh

Ciri ciri rumah sehat dapat dilihat ketika kita belum masuk kedalam ruangan tamu, Misalnya dengan melihat struktur bangunan ayang kokoh karena terbuat dari batu bata yang baik, Pemasangan pondasi yang nampak kuat dan seimbang. (Baca Juga: Bahaya Logam Berat)

14. Dinding yang dicat

Sebagus apapun rumah yang tidak pernah mengganti warna dindingnya dengan yang baru tetap akan terlihat buruk dan keindahannya justru semakin hilang, Dinding Ynagb jarang dicat ulang dapat menyebabkan lumut tumbuh dengan subur dan mnenjadi tempat berkembang biaknya kuman, Bakteri serta mikroorganisme lainnya yang bisa mengancam kesehatan penghuni rumah. (Baca Juga: Cara Penularan Rabies)


15. Kamar mandi yang baik

Ketersediaan kamar mandi yang bersih, Rapih dan lengkap dengan peralatan mandi adalah salah satu syarat ciri ciri rumah sehat bagi penghuninya. Kamar mandi adalah tempat yang rentan dihinggapi kotoran yang mengandung berbagai macam kuman yang menyebabkan penyakit, termasuk bahaya cacing kamar mandi (toilet) Karena notabennya kamar mandi adalah tempat untuk membuang hajat besar dan kecil serta membuang kotoran yang hinggap dipermukaan tubuh.

16. Langit langit rumah tinggi

Memiliki langit langit rumah yang tinggi dapat meningkatkan sirkulasi udara yang membawa banyak oksigen untuk masuk lebih cepat dan lancar. Langit langit yang terlalu pendek dapat menyebabkan udara sekitarnya menjadi lebih lembab, Pengap dan dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang misalnya kesulitan tidur, Mudah marah atau rasa tidak leluasa untuk beraktivitas. Kondisi seperti itu sangat jauh untuk masuk kategori sebagai ciri ciri rumah sehat . (Baca Juga: Akibat Sering Menghisap Ganja , Efek Ganja)

17. Penyemprotan nyamuk

Penyemprotan dengan insektisida atau racun serangga khusus dari dinas kesehatan 6 bulan sekali sangat penting untuk meminimaliskan perkembangbiakan nyamuk dalam rumah dan lingkunagan sekitarnya agar penyebab demam berdarah dan malaria ataupun cikungunya tidak menyerang . Adanya aktivitas yang konsisten (teartur) untuk penyemprotan serangga dapat masuk kategori sebagai ciri ciri rumah sehat, Karena rumah terbebas dari nyamuk. Sebagai langkah alternatif penyemprotan juga dapat dilakukan dengan keinginan pribadi yaitu membeli alat penyemprot nyamuk dan menyemprotnya ketika malam tiba. (Baca Juga:  Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk , Ciri Ciri Nyamuk DBD)

18. Tidak ada pakaian yang menggantung

Pakaian yang menggantung dibalik pintu atau pada dinding yang terbuka adalah tempat paling subur untuk menjadi persembunyian nyamuk nyamuk dan dapat sebagai penampung debu. Pakaian yang menumpuk atau menggantung dengan jumlah yang banyak dan berhari hari selain menyebabkan pemandangan rumah menjadi tidak menarik dapat memicu nyamuk betina untuk berkumpul lalu mencari lokasi yang ada airnya untuk bertelur dimana lokasi yang dipilihnya cenderung yang tak jauh dari tempat dimana baju baju tersebut menggantung. Ciri ciri rumah sehat yang paling mudah terlihat adalah ketika ruangan manapun dari sebuah rumah terbebas dari beberapa pakaian yang menggantung. (Baca Juga: Penyebab Kulit Bergaris , Penyebab Penyakit Tangan Berlubang)

, , , , ,
Post Date: Tuesday 24th, January 2017 / 13:49 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat