Sponsors Link

13 Cara Menghilangkan Bau Keringat Pada Ketiak

Sponsors Link

Keringat adalah suatu zat yang keluar dari pori-pori kulit sebagai hasil dari metabolisme tubuh manusia dan efek dari adanya suhu pada tubuh. Dalam keringat terdapat dari beberapa komponen yaitu:

ads

1. Urea

seperti yang kita tahu bahwa komponen urea ini merupakan produ dari limbah lain. (Baca Juga:  penyebab tangan sering basah)

2. Air

dalam pembentukan keringat yang paling utama adalah air,karena air sebagai penyumbang besar dari adanya air, hampir 99% keringat berasal dari air. (Baca Juga:  penyebab tangan berkeringat)

3. Garam

ialah sebagai bahan dari eskresi atau pembuangan sampah dari fungsi kulit. Dalam keringat juga terdapat kandungan natrium klorida, Karena sebab itulah pada saat kita merasakan keringat berasa asin, karena keringat terdapat kandungan garam. (Baca Juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh)

Keringat ini terbagi menjadi dua jenis kelenjar yaitu kelenjar keringat ekrin dan kelenjar keringat apokrin. Kelenjar keringat ekrin berada diberbagai tempat diseluruh bagian tubuh namun lebih banyak pada daerah telapak kaki,telapak tangan dan wajah dimana fungsi dari kelenjar ini adalah sebagai pengatur suhu tubuh sehingga pada saat kita merasakan suhu udara yang panas kita akan banyak mengeluarkan keringat,dimana keringat ini berasal dari air yang mengandung garam dalam tubuh manusia. Sedangakan kelenjar apokrin berada pada bagian tubuh manusia di bagian elamin dan bagian ketiak. Keringat yang dikeluarkan dalam kelenjar ini mengandung lemak sehingga eringat yang keluar bisanya berbau dimana efek dari aktifitas bakteri yang memecah cairan organic dari keringat yang dikeluarkan dalam kelenjar apokrin. Ada banyak penyebab keringat tubuh maupun penyebab keringat berlebihan di wajah

Dalam kenyatannya keringat memiliki dampak positif serta negative bagi diri sendiri maupun untuk orang lain,berikut akan dijabarkan dampak negative serta dampak positif adanya keringat pada tubuh.

Dampak Positif

1. Membakar kalori

pembakaran kalori ini sangat dimanfaatkan bagi seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan,sehingga karena adanya aktifitas yang lebih keringat beserta kandungan lain seperti lemak akan keluar dan berat badan akan turun. (Baca juga: daftar contoh menu makan sehat sehari-hari)

2. Membuang racun dari tubuh

dalam tubuh terdapat berbagai racun tubuh atau darah kotor,racun tersebut biasanya akan keluar bersamaan dengan keringat maka orang yang bisa mengeluarkan keringat secara normal bisa dikategorikan sebagai orang yang sehat. Sejatinya banyak makanan untuk mendetok racun termasuk pada air putih juga dapat digunakan untuk mendetoknya. itu sebabnya air putih juga dapat digunakan untuk diet air putih

3. Menurunkan suhu tubuh

keringat akan menurunkan suhu tubuh saat menguap dari kulit,saat berada dalam proses penguapan biasanya kulit akan merasakan dingin dan mengembalikan tubuh pada suhu yang normal. (Baca Juga: ciri-ciri jantung sehat)

ads

Dampak Negatif

1. Menyebabkan kulit dan baju menjadi basah

karena keringat berasal dari air dan berbentuk cairan maka jika keringat keluar akan membuat kulit serta baju menjadi basah. (Baca Juga: Pencegahan Biang Keringat , Keringat Berlebih)

2. Mengakibatkan tumbuhnya beberapa mikroorganisme

akibat adanya berbagai mikroorganisme membuat tumbuhnya berbagai jamur,hal ini terjadi karena adanya kulit yang basah dan tertutup sehingga udara tidak bisa masuk dan membuat kulit yang lembab sehingga jamur akan tumbuh. (Baca Juga: Penyebab Tangan Selalu Basah Berkeringat)

3. Adanya bercak keputihan dan kekuningan

karena keringat mengandung garam maka dalam baju yang terkena keringat terlalu sering lama kelamaan akan membuat warnabaju menjadi kekuningan dan bercak putih, apalagi jika terjadi pada baju putih tentu akan membuat kita malu dan akan menurunkan rasa percaya diri. (baca juga : gaya hidup sehat agar awet muda , Cara Cepat Gemuk dan Sehat)

4. Menimbulkan bau yang tidak sedap

biasanya adalah dikenal dengan bau badan. Bau badan atau bromhidrosis ialah bau yang tidak sedap dikarenakan karena adanya keringat yang keluar dari tubuh walau sebenarnya keringat itu tidak bau,keringat bisa bau karena terdapat bakteri yang memecah keringat menjadi asam. Bau badan bisa terjadi apabila terdapat bakteri yang banyak pengurainya,selain itu bau badan juga bisa muncul karena efek kita memakan rempah-rempah atupun obat-obatan. Banyak dari orang yang sangat tidak nyaman adanya bau badan ini,karena selain menimbulkan bau sehingga membuat orang diseikitarnya tidak nyaman,selain itu juga bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Sehingga banyak orang yang mengandalkan segala cara untuk menghilangkan bau badan ini. (baca juga : kebutuhan nutrisi manusia berdasarkan akg resmi , Penyebab Malnutrisi)

Kali ini akan dibahas tentang salah satu dampak negative adanya keringat yaitu menimbulkan bau badan. Berikut akan dijelaskan tentang bagaimana cara kita untuk menghilangkan bau badan.

Cara Menghilangkan Bau Keringat

1. Menggunakan deodorant

banyak orang yang ingin menghilangkan bau badan dengan deodorant karena deodorant bisa dipercaya sebagai pencegah bau badan. Saat ini juga sudah banyak produk-produk deodorant dalam pasaran sehingga anda dapat memilih deodorant yang mana yang cocok dengan kulit anda. Sayangnya dodorant ini hanya bisa sebagai pencegah bau,tidak bisa mengontrol keluarnya keringat. Jika anda ingin mengurangi keringat anda bisa menggunakan antiperspirant namun tida semua bisa cocok menggunakan antiperspirant ini.

2. Daun kemangi

Daun kemangi merupakan daun yang sangat dikenal oleh masyarakat,hampir sebagian masyarakat mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan pada ayam bakar,nasi goring dll. Mengkonsumsi daun kemangi ternyata bisa mengurangi bau badan,caranya pun sangat mudah karena hanya memakannya secara biasa atau bisa memakannya dengan lalapan. (baca juga: efek samping daun kemangi)

3. Cengkeh

Cengkeh merupakan obat tradisonal yang mengandung antibacterial selain itu cengkeh juga mengandung senyawa anti-inflamasi.Karena bau badan terjadi akbibat adanya bakteri tentu cengkeh bisa mengobatinya,caranya hanya dengan merendam dengan air hangat dan meminum air rendamannya sebanyak 3x sehari selain itu anda juga bisa membasuh badan dengan air rendaman cengkeh ini agra bau badan hilang secara maksimal. Cengkeh juga merupakan salah satu sumber mangan terbanyak. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Gelisah)

4. Daun jambu biji

daun jambu biji merupakan daun yang juga mengandung mineral dan anti bacterial dimana kandungan anti bacterial tersebut dapat membunuh kuman-kuman pada bagian ketiak sehingga bau badan akan hilang. Cara penggunaanya hanya dengan menumbuk atau memblender daun jambu biji kemudian oleskan pada bagian ketiak. ada beberapa manfaat jambu biji lainnya seperti obat lambung luka, dan cara mengobati tungkak lambung

5. Ganti pakaian secara rutin

sering kali kita melupakan akan kebersihan diri kita kadang kita tidak mengganti baju setelah baju kita basah oleh keringat,padahal baju yang basah akan keringat bisa menyebabkan sarang kuman sehingga menimbulkan bau badan. Maka dari itu jika kita menginginkan tidak adanya bau badan kita harus rajin untuk berganti pakaian dan diimbangi dengan mandi secara rutin minimal 2x sehari.  (Baca Juga: Penularan Hepatitis Lewat Keringat)

6. Jahe

jahe dikenal oleh kalangan masyarakat di Indonesia sebagai tanaman yang kaya akan manfaat,biasanya jahe digunakan sebagai bumbu masak ataupun dikonsumsi sebagai wedang jahe. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu bahwa jahe bisa digunakan sebagai penghilang bau badan. Cara penggunaanya bisa dengan mengkonsumsi dengan bentuk wedang jahe dan diminum sebelum tidur,jika anda tidak suka dengan rasa wedang jahe anda bisa mengkonsumsi dengan gula jawa. Perlu diingat bahwa jahe memiliki efek samping jahe bagi kesehatan. (Baca Juga: Cara Mempercepat Menstruasi )

7. Hindari makanan yang berbau rempah-rempah

terkadang kita tidak menyadari bahwa saat kita mengkonsumsi yang berbau rempah-rempah,alcohol ataupun tembakau bisa memicu adanya bau badan. Jika kita ingin mengurangi ataupun menghilagkan bau badan kita harus menghindari makanan yang berbau dengan makanan diatas. (Baca Juga: Penyakit Akibat Kekurangan Serat , Ciri Ciri Penyakit Autoimun)

8. Penganghancuran saraf keringat

untuk menghilangkan bau badan dengan metode medis ataupun opersi bisa menggunakan cara ini,cara ini menggunakan bantuan dokter yaitu dokter akan menyanyat kecil pada bagain ketiak kemudian akan memasukkan alat untuk menghancurkan saraf keringat,sehingga prosuksi keringat akan berkurang pada bagian ketiak namun sayangnya cara ini menimbulkan efek samping yaitu terjadi peningkatan produksi keringat pada bagian tubuh yang lain dan bisa mengakibatkan kerusakan saraf yang terdapat pada sekitar ketiak tersebut.  (Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres Pikiran , Cara Menghilangkan Stres Belajar)

Sponsors Link

9. Daun sirih

salah satu daun yang mengandung antibacterial dan antiseptic yaitu daun sirih sehingga daun sirih bisa digunakan sebagai penghilang bau badan,caranya dengan meminum air rebusan dari daun sirih ataupun dengan tumbukan daun sirih dan dioleskan pada bagian ketiak kemudian dibilas dengan air hangat. (Baca Juga: Diabetes Penyakit Keturunan )

10. Mencukur rambut ketiak

dengan mencukur rambut ketiak kita bisa mengurangi bau badan ataupun menghilangkan bau badan yang sangat tidak sedap itu,dengan mencukur rambut pada ketiak kita akan membuang tempat bakteri unutk berkembang dan kita juga akan membiarkan ketiak kita untuk mendapatkan sirkulasi udara dengan baik karena pada saat ketiak kita terdapat bulu yang lebat keringat dan bau akan terperangkap pada ketiak sehingga menimbulkan bau badan yang tidak sedap. (baca juga : akibat kekurangan vitamin)

11. Menggunakan toksin

toksin yang digunakan ialah toksin botollinum atau yang sering dikenal dengan botox, cara ini berguna untuk mengurangi produksi keringat dengan cara kerja memblokir sinyal pada otak untuk mengurangi memproduksi kelenjar keringat,penggunaan toksin bottollinum ini bisa dilakukan selama 2-8 bulan. (Baca Juga: Bahaya Merkuri Pada Kosmetik , Ciri Ciri Mata Tidak Sehat )

12. Perbanyak konsumsi buah

seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa keringat bisa bau akibat cara konsumsi kita yang salah atau jenis makanan yang ita konsumsi tidak terlalu tepat karena bisa membuat keringat bau. Untuk menghilangkan bau badan berarti kita harus mengontrol jenis makanan yang kita makanan,salah satu jenis makanan yang tepat dimakan adalah buah. Buah merupakan jenis makanan yang menyehatkan dan mudah dicerna sehingga saat kita memperbanyak makan buah keringat yang diprodukdi pun tidak akan berbau karena dalam buah tidak terdapat kandungan yang memicu adanya keringat yang bau. (Baca Juga: Khasiat Asam Jawa  , Cara Melancarkan Peredaran Darah)

13. Cuka putih

walaupun cuka mengeluarkan bau yang tidak sedap tapi cuka bisa mengurangi ataupun menghilangkan bau badan caranya dengan meneteskan cuka pada kapas kemudian oleskan pada ketiak,sehingga bau badan anda akan berkurang.  (Baca Juga: Cara Meningkatkan Hormon Serotonin)

Sekian merupakan cara-cara untuk menhilangkan bau badan pada bagian ketiak sehingga kita bisa kembali percaya diri lagi baik saat berada didalam rumah ataupun diluar rumah.Semoga bermanfaat.Terima kasih.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 11th, May 2017 / 23:44 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat