Sponsors Link

99 Cara Mencegah Narkoba dikalangan Pelajar Super Ampuh

ads

Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar lebih bijak jika dilakukan pada saat mereka masih kanak kanak agar ketika dewasa mereka memahami bahayanya.
Narkoba merupakan jenis obat obatan yang bersifat alkoloid analgenik yang jika digunakan secara berlebihan dapat merusak sistem saraf pusat dan pembuluh darah pada jaringan tubuh. Pada dasarnya narkoba adalah jenis narkotika yang biasa digunakan untuk proses bedah operasi dan program penyembuhan penyakit tertentu.

Jenis jenis narkoba
Narkoba adalah jenis narkotika yang digolongan menjadi beberapa jenis, Tetapi memiliki dampak buruk yang sama besar terhadap kesehatan jaringan tubuh. (Baca juga : cara mengatasi kecanduan Narkoba secara alami)

1. Ganja
Ganja atau sering disebut mariyuana merupakan tumbuhan yang dapat menghasilkan kandungan zat alkoloid analgenik yang kuat yang diperoleh dari hasil memnproses bijinya terlebih dahulu.
Baca juga : efek Ganja

2.Kokain
Kokain merupakan jenis narkoba hasil dari tanaman erythoxylon coco yang awalnya berasal dari Amerika selatan kemudian tersebar keseluruh dunia.

3. Morfin
Morfin merupakan alkoloid analgesik yang sangat tajam, Panas, Kuat dan cepat mengendalikan saraf saraf kepala. Morfin ditemukan pada opium dimana azat tersebut dapat dijadikan sebagai obat pereda dan penghilang rasa sakit pada proses pembedahan atau operasi dirumahsakit. Pada pemakaian berlwbihan morfin dapat masuk dan mengiritasi saraf pusat atau otak.

4. Heroin
Heroin adalah proses lebih lanjut dari pembuatan morfin yang dibuat secara kimia dimana aefeknya akan menjadi lebih berbahay jika dikonsumsi , Karena dapat merusak jaringan saraf terdalam dan pembuluh darah menuju otak sehingga seseorang bisa terancam menjadi gila.

5.Kodein
Kodein merupakan obat yang sering dipakai dalaam obat batuk yang bertujuan agar batuk mudah disembuhkan, Namun pada dosis yang terlalu tinggi kodein membuat seseorang menjadi ketergantungan. Dalam pemakaian berlebihan yang bukan ditujukna untuk penyembuhan batuk kronis maka seseorang akan terancam mengalami kebingungan, Kesulitan bicara, Mengantuk berat, Gatal gatal dan Ras senang yang berlebihan. Kodein diproses dengan penggunaan morfin dalam kadar yag telah disesuaikan dengan penyakit batuk.

6. Metadon
Metadon memiliki cara kerja dan resiko seperti heroin jika digunakan bukan untuk pemulihan dan penyembuhan penyakit atau untuyk proses bedah operasi dirumah sakit.

7. Barbiturat
Barbiturat merupakan obat penenang atau iobat tidur yang tujuan penggunaanya adalah untuk menenangan saraf saraf seputar kepala agar seseorang yang terserang insomnia dapat tidur dengan nyenyak. Namun penggunaan obat jenis barbiturat dalam dosis berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan dokter dapat mnenyebabkan gangguan saraf tepi dan pembuluh darah menuju otak.

Sponsors Link

8. Psikontropika
Ekstasi, Sabu sabu, Nipam dan Demerol merupakan narkoba jenis Psikontropika yaitu zat yang memiliki wujug sistetis dan alami yang mempunyai efek Psokontropika yang sama besarnya pada sistem saraf pusat yang dapat merusak pembuluh darah dan mempengaruhi aktifitas otak menjadi lebih aktif tetapi merubah prilaku seseorang menjadi kacau dan berbahaya. Hal ini berhubungan dengan ketidakmampuan seseorang dalam mengendalikan emosinya. Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar biasanya dimulai dari memberikan pengertian dan pemahaman dengan benar tentang obat obatan yang bersifat Psikontropika.

Dampak Buruk
Efek buruk dari penggunaan narkoba

1. Gangguan sistem saraf otak
Gangguan saraf otak yang menyebabkan seseorang menjadi gelisah, Bingung, Berhalusinasi, Sering melamun, Kesulitan bicara, Kesulitan berfikir.
Baca juga : kesehatan sistem saraf otak

2.Serangan Jantung
Gangguan Jantung yang menyebabkan fungsi jantung menurun, Rasa berdebar debar, Denyut jantung tidak beraturan , Infeksi akut otot jantung dan mempercepat seseorang terserang gagal jantung dan serangan jantung mendadak.
Baca juga : gejala serangan jantung

3. Gangguan kulit atau Demartitis
Gangguan kulit berupa Munculnya garis garis halus keriput diseputar wajah. Tampilan wajah kusan dan lebih gelap, Kondisi permulkaan kulit tangan, Kaki dan wajah kering dan memicu ketidak seimbangan minyak almi pada kulit sehingga menyebabkan tumbuh jerawat dalam jumlah banyak.
Baca juga : cara mencegah dermatitis kulit paling efektif

4. Gangguan jaringan paru paru
Gangguan paru paru yaitu menyebabkan kinerja paru paru jadi terhambat, Peredaran darah menuju jantung tersendat sendat sehingga menghalangi oksigen untuk masuk kedalam paru paru.
Baca juga :12 jenis penyakit paru paru – ciri dan gejalanya.

5. Gagal ginjal
Gangguan ginjal yaitu fungsi ginjal menjadi menurun, Ginjal kehilangan kemampuanya untuk mengendalikan cairan dalam tubuh dan berpotensi terserang gagal ginjal.
Baca juga : pengobatan gagal Ginjal

6. Gangguan fungsi hati
Hati akan mengalami pembengkakan karena narkoba telah meracuni pembuliuh darah menuju liver, Sehingga hati tidak mampu lagi membersihkan darah dan mengontrol hormon tubuh secara normal.
Baca juga : Penyakit akibat gangguan fungsi hati

7. Gangguan sistem pencernaan
Penggunaan obat obatan terlarang dapat melukai dan meracuni dinding usus, Lambung dan mengacaukan kinerja enzim pencernaan sehingga seseorang dapat mengalami kelaian dalam pencernaanya.
Baca juga : gangguan pencernaan pada tubuh manusia

8. Gangguan sistem saluran pernafasan
Gnagguan yang terjadi pada saluran pernafasan dapat nenyebabkan aliran darah dan pembuluh darah tercemari oleh kimia dari narkoba yang bersifat panas. Aliarn darah seputar saluraan pernafasan yang iritasi dan timbul peradangan dapat menyebabkan saluran pernafasan menjadi terganggu misalnya mnenjadi sesak nafas, Kesulitan dalam bernafas, Dada berat dan nyeri dan lain lain.
Baca juga : kondisi gangguan pada sistem pernafasan

sponsored links

9. Gangguan hormon dan kesuburan
Pecandu narkoba dapat mengalami ketidakseimbangan hormon dan meracuni alt reproduksi sehingga menyebbakan seorang pria menjadi imponten sedangkan wanita mengalami kesulitan untuk hamil.

10.Beresiko penularan virus HIV Aids

Penularan tercepat dan mudah terjadi adalah melalui penggunaan jarum narkoba yang dipakai secara bergantian dan tidak steril. Baca juga :cara mengetahui terkena Virus HIV/Aids

Tips
10 Cara mencegah narkoba

1. Meningkatkan kreatifitas
Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat diawali dengan membudidayakan dan mengembangkan kreatifitas serta keterampilan individual yang disesuaikan dengan minat, Bakat dan hobi anak.
2. Dukungan moral
Cara mencegah narkoba dapat di mulai dengan adanya dukungan moral yang positif dari orang tua, Kerabat terdekat, Teman teman dan masyarakat untuk selalu memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba bagi masa depan mereka.

3. Dukungan pihak pendidikan
Memberikan penyuluhan, Pengertian dan pemahaman dari para tim penagajar terhadap anak didik tentang bahaya narkoba bagi kualitas otak dan kecerdasan mereka. Lembaga pendidikan yang mendukung penuh cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat menyebabkan anak didik merasa percaya diri untuk melindungi diri mereka dari pengaruh narkoba.

4. Anak usia dini
Memperkenalkan bentuk dan bahaya narkoba bagi kesehatan secara bertahap dengan bahasa yang mudah dimengerti pada anak anak usia dini sangat baik bagi pola pemikiran mereka ketika beranjak remja. Anak anak usia dini dapat diperkenalkan tentang bahaya narkoba dengan menggunakan gambar yang menjadi penunjang mereka agar lebih mengerti dan memahaminya.

5. Memupuk rasa kebersamaan
Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat dilakukan diarea dalam rumah , yaitu mempererat kebersamaan dengan keluarga dan sering menjalin komunikasi antara anak dan orangtua dengan bahasa yang santun dan tidak merasa diri paling benar. Komunikasi yang dilandasi kejujuran dan keterbukaan dapat mencegah remaja untuk terpengaruh dengan pergaulan yang salah.

6. Menghindari keluar malam
Sebaiknya para pelajar tidak kerluar malam jika tidak dengan ytujuan yang positif yang dapat meningkatkan kreatifitasnya. Keluar malam yang tidak perlu berpotensi mempengaruhi cara berfikir seseorang kearah yang lebih buruk. Pergaulan malam identik dengan hal hal yang berbau kriminalitas termasuk penggunaan narkoba.

7. Selektif dan peka dalam mencari teman
Masa remaj adalaah masa dimana seseorang sedang membetuk diri dan mencari jati diri. Usaia remaja sangat mudsah terpengaruh dengan hal hal yang negatif, Karena pada usia tersebut seorang anak masih butuh wawasan seluas luasnya tentang hidup dan kehidupan. Selektif dan hati hati dalam bergaul adalah tindakan yang bijaksana agar diri tidak terjerumus dan terpedaya pada pergaulan salah.

8. Memperkuat keimanan
Mendalami ajaran agama, Rajin menjalankan ibadah dan berkumpul dengan orang orang saleh yang menyukai ibadah dimasjid atau di mushola sangat baik untuk mempertebal keimanan seseorang. Langkah sederhana ini mampu meredam pergaualan remaja pada pergaulan yang tidak baik.

9. Jangan coba coba
hindarilah narkoba dan jangan pernah coba coba. Karena sekali saja mencoba maka diri akan terjerumus pada perbuatan dosa yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Menolak narkoba demi kesehatan adalah salah satu cara mencegah narkoba paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

10.Informasi sebanyak banyaknya
Cara mencegah narkoba dikalangan pelajar dapat dilakukan dalam bentuk pencarian informasi sebanyak banyaknya melalui internet, Buku buku kesehatan, Konsultasi langsung pada dokter terkait, pada badan atau lembaga lembaga tertentu yang bekerja pada penanggulangan narkoba di Indonesia dan sebagainya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 02nd, July 2016 / 01:51 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat