12 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Terganggu

Salah satu kebutuhan dasar manusia tentu saja adalah tidur. Dengan melakukan tidur atau istirahat dengan teratur maka sistem metabolisme tubuh serta peredaran darah akan lancar dan berpengaruh positif bagi kesehatan. Namun, bagaimana jika seseorang memiliki pola tidur yang tidak umum? Biasanya beberapa dari mereka tidur hanya dalam waktu kurang dari 6 jam dalam sehari (ingat waktu normal tidur adalah 8 jam per harinya).

Hal ini akan berakibat buruk bagi metabolisme tubuh dan kemungkinan juga akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, memperbaiki pola tidur secara benar adalah cara terbaik sebagai langkah menjaga kondisi tubuh yang sehat.

Artikel Terkait: Makanan Yang Mengandung Albumin, Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam

Seringkali seseorang merasakan kesulitan tidur, tidak mengantuk atau mengantuk justru pada masa yang tidak seharusnya. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain:

  • Kondisi kesehatan bisa menjadi penyebab pola tidur yang abnormal. Seseorang yang sedang menderita penyakit tertentu sangat rentan akan kesulitan tidur terutama saat ia merasakan dampak dari sakitnya. Sebagi contoh seseorang yang terinfeksi virus influenza dan mengalami demam pada malam dan pagi hari akan lebih sering tertidur pada jam yang tidak biasanya.
  • Faktor usia karena biasanya seseorang yang berusia lanjut justru sering mengalami insomnia dan cenderung mengantuk di pagi hari.
  • Pekerjaan juga menjadi faktor penyebab sulit tidur pada malam hari, biasanya terjadi pada mereka yang pekerja keras dan aktif bekerja saat malam.

Baca Juga:

Beberapa kondisi tersebut dapat berakibat buruk bagi kesehatan jika tidak mampu mengatasinya dengan pola tidur yang tepat atau penyerapan nutrisi yang lebih banyak untuk menunjang aktifitas kesehartian mereka. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan saat anda ingin memperbaiki pola tidur untuk hidup lebih sehat.

1. Buat Jadwal Tidur

Membuat jadwal tidur agaknya memang dibutuhkan bagi anda yang kurang disiplin menjalankan pola tidur. Langkah pertama dimulai dengan menjadwalkan jam tidur anda serta jam bangun anda dengan beberapa teknik seperti menempelkannya di cermin atau menyetel alarm anda untuk berbunyi pada waktu tersebut. Pada langkah awal ini kebeerhasilan anda hanya ditentukan melalui niat serta kedisiplinan saja.

2. Konsisten Alarm

Pernahkah anda mematikan atau menunda alarm di pagi hari? Jika iya, maka hentikan kebiasaan tersebut dan letakkan alarm jauh dari tempat tidur anda. Ini berfungsi untuk mencegah anda tertidur kembali usai mematikan alarm. Dengan meletakkan alarm jauh dari tempat tidur maka mau tidak mau anda harus bangun dan berdiri untuk mendekati alarm tersebut. Gerakan ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk yang masih anda rasakan. (baca juga: Kista Ovarium, Penyebab Telapak Kaki Panas)

3. Pola Makan

Mengatur pola makan sangat erat kaitannya dengan pola tidur. Ya, pola makan yang tidak seimbang seperti mengonsumsi makanan berat diatas jam 7 malam bagi orang yang tengah diet mungkin bermasalah. Namun, jika anda adalah orang yang menderita insomnia, ada baiknya mengonsumsi makan malam pada jam tersebut untuk menimbulkan rasa kenyang dan pulas saat tertidur di jam 9 malam. Akan tetapi, pola makan harus tetap seimbang dan wajar ya, jangan terlalu berlebihan.

Artikel Terkait: Tanda Awal Alzheimer, Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

4. Ruang Tidur Nyaman

Ciptakan ruang tidur yang nyaman untuk mendukung istirahat anda agar lebih berkualitas. Ingat! Kualitas tidur tidak hanya diukur dari berapa lama kita tertidur melainkan adalah kualitas tidur yang nyenyak meski hanya beberapa jam saja. Anda bisa menambahkan aroma terapi pada ruang tidur anda serta rajin membersihkannya dari debu dan kotoran akan membuat ruang tidur semakin nyaman.


5. Pencahayaan Kamar

Cahaya dalam kamar sangat berpengaruh pada fungsi tidur anda. Fungsi istirahat adalah untuk menetralkan kemabli berbagai berntuk ketegangan saraf, otot, tulang dan sebagainya dari rutinitas sehari-hari. Oleh sebab itu, usahakan tertidur pad kondisi gelap saat malam hari dan atur pencahayaan lebih terang pada siang hari untuk memancarkan energi yang lebih positif bagi anda.

Artikel Lainnya: Cara Mencegah Kista , Pertolongan Pertama Keseleo

6. Rileksasi Sebelum Tidur

Rileks sebelum anda tertidur dibutuhkan untuk menata kembali segala rutinitas pada keesokan harinya. Melakukan rileksasi tidak harus dengan olahraga yang berat, cukup anda mengatur pernapasan serta meregangkan otot dan tulang persendian akan membuat tidur anda jauh lebih pulas. (baca juga: Obat Suara Hilang, Cara Yoga Untuk Pemula )

7. Sesuaikan Waktu Tidur

Menyesuaikan waktu tidur pentintg untuk menjadikan pola tidur anda sehat. Caranya adalah dengan disiplin waktu yaitu tertidur di malam hari selama 7 jam dan menyisakan satu jam di siang hari untuk tidur siang. Jika tidur siang tidajk memungkinkan bagi anda maka dapat diganti dengan beberapa saat setelah rutinitas kantor anda selesai. Penelitian menunjukan bahwa seseorang yang mengisis waktu siangnya dengan istirahat atau tidur dalam waktu yang singkat akan mampu meningkatkan daya konsentrasi pada waktu selanjutnya.

8.Terapi Khusus

Terapi dapat dilakukan jika beberapa cara diatas belum berhasil mengubah pola tidur anda. Terapi ini biasanya dengan menggunakan olah napas atau meditasi, yoga, atau dengan terapi herbal tertentu, dan akupuntur. Teknik tersebut diyakini mampu merangsang sirkulasi darah agar lebih lancar sehingga dengan sendirinya rasa kantuk akan hadir pada waktu yang tepat.

Baca Juga:

9. Konsumsi Buah dan Sayur

Siapa yang tidak tahu bahwa buah dan sayur sangat besar manfaatnya bagi kesehatan? Rasanya semua pasti setuju dengan hal tersebut. Rajin mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi adalah cara untuk menutrisi tubuh yang sudah kekurangan asupan nutrisi saat pola tidur tidak sehat. Oleh sebab itu, langkah-langkah diatas akan lebih sempurna jika anda juga menyediakan nutrisi yang tepat bagi tubuh anda agar dapat menjadikan perubahan pola tidur anda menjadi lebih sehat.


10. Menghindari Kafein

Kafein yang biasanya ada di dalam kopi merupakan kandungan yang mampu menjadi factor pendukung agar Anda betah melek. Jadi jika ingin gangguan tidur, terutama pola tidur lebih baik, hindari minum kafein, apalagi terlalu banyak. Tak hanya kopi, tapi juga produk apapun yang mengandung kafein tinggi.

(baca juga: Efek Samping Pil KB, Cara Mengatasi Gigi Sensitif)

11. Menghindari Alkohol

Sebagian orang percaya bahwa alkohol sanggup menjadikan seseorang mudah mengantuk. Namun terlalu sering dan banyak minum alkohol juga tidak baik karena ada bahaya minuman keras bagi kesehatan yang cukup mengancam bila dikonsumsi jangka panjang. Tak hanya itu, justru dengan efek diuretik di dalam alkohol, ini malah justru membuat Anda yang telah berhasil tidur nantinya bakal sering buang air kecil sehingga sama saja tak bisa tidur nyenyak.

12. Olahraga Sebentar

Kurang olahraga juga mampu menjadi faktor dari pola tidur yang berantakan. Ingat bahwa olahraga adalah salah satu cara paling baik untuk membuat tubuh bugar dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi bagi yang ingin memperbaiki pola tidur, silakan olahraga 15-30 menit per harinya dan tak perlu harus ke tempat fitness. Di rumah pun Anda bisa melakukan olahraga-olahraga ringan, seperti meregangan otot sederhana.

Artikel Terkait: Makanan Penurun Albumin, Efek Samping Temulawak

Pola tidur yang sehat akan sangat bermanfaat bagi rutinitas keseharian anda. Manfaat yang ditunjukkan sejak kali pertama anda mulai menerapkan pola tidur sehat diantaranya adalah, mudah berkonsentrasi, mudah mengambil keputusan dengan tepat, sehat secara fisik dan mental, serta terhindar dari stres akibat hal yang diluar dugaan. Demikian artikel informatif tentang cara memperbaiki pola tidur agar sehat beraktifitas. Semoga bisa bermanfaat untuk anda!

, , , ,
Post Date: Friday 21st, April 2017 / 05:53 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat