Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Penyebab Nafsu Makan Meningkat yang Wajib Diketahui

ads

Makanan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya oleh semua orang. Namun sayangnya, ada banyak orang yang lantas tanpa mengindahkan aturan dan menyantap banyak jenis makanan tanpa pikir panjang. Jika sudah demikian, maka obesitaslah hasilnya. Mengonsumsi makanan yang berlebihan, ternyata bukan hanya dipicu oleh rasa lapar melainkan juga karena nafsu makan yang meningkat. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Hepatitis , Makanan Sehat untuk Ginjal)

Ada banyak sekali penyebab seseorang mengalami nafsu makan meningkat seperti saat selesai melakukan kegiatan atau jenis olahraga yang berat. Selain itu, peningkatan nafsu makan juga bisa dipicu oleh pengaruh hormon di dalam tubuh. Memiliki nafsu makan meningkat seharusnya disikapi dengan baik, karena jika tidak, maka tubuh anda bisa mengalami kegemukan. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Anemia , Makanan Penyebab Batuk )

Penyebab Nafsu Makan Meningkat

1. Pengaruh Hormon

Keberadaan hormon ternyata tidak hanya memantau kehadiran lemak di dalam tubuh melainkan juga membantu kelancaran fungsi proses fisik pada kehidupan sehari-hari anda. Pada jenis hormon tertentu, hormon tersebut mampu menyebabkan kinerja metabolisme dalam tubuh seseorang menjadi terhambat. Sementara di sisi lain, hormon juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. (Baca Juga: Penyebab Hormon Prolaktin Tinggi , Cara Meningkatkan Hormon Progesteron)

Menurut penelitian, melakukan diet setidaknya dalam setahun, dapat membuat hormon memberikan sinyal pada tubuh dalam memperlambat proses metabolisme sekaligus meningkatkan nafsu makan seseorang. Bagi mereka yang melakukan diet ekstrem ternyata dapat mengalami peningkatan nafsu makan yang lebih besar. Penelitian tersebut dilakukan dengan membandingkan tingkat hormon yang dimiliki oleh orang dengan berat badan gemuk dan cenderung mengalami obesitas. Hasilnya  adalah 6 dari 9 orang yang menjadi objek penelitian, memiliki kemungkinan besar mengalami peningkatan rasa lapar pada tubuh mereka. (Baca Juga: Gejala Obesitas , Penyebab Obesitas)

2. Setelah berenang atau aktivitas yang berat

Olahraga berenang ternyata dapat membuat nafsu makan seseorang mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan berenang membuat energi seseorang habis digunakan sehingga memicu rasa lapar dalam tubuh. Saat rasa lapar melanda, maka nafsu makanpun dengan sendirinya akan meningkat. (Baca Juga: Bahaya Berenang Pada Malam Hari , Bahaya Berenang Saat Haid)

Selain berenang, maka kegiatan atau jenis latihan yang keras layaknya spinning atau kardio akan menyebabkan tubuh merasa mudah lapar. Jika lapar sudah melanda, maka banyak orang yang lantas mengonsumsi apa saja untuk meredakan rasa lapar yang ada. Namun ternyata hal ini tidak baik. Mengonsumsi makanan, sebaiknya dipilih jenis makanan dengan banyak kandungan nutrisi di dalamnya. (Baca Juga: Bahaya Berenang Tanpa Pemanasan , Bahaya Berenang di Saat Hujan)

3. Udara yang dingin

Tahukah anda jika ternyata cuaca juga dapat mempengaruhi tingkat nafsu makan seseorang? Ketika udara dingin, maka tubuh akan lebih banyak membakar energi supaya suhu tubuh tetap terjaga kehangatannya. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi lebih mudah lapar.  Menurut sebuah penelitian, saat datang perubahan musim, maka akan ada perubahan makan pula pada seseorang. Banyak orang yang cenderung lebih banyak akan ketika cuaca dingin datang. Penelitian menunjukkan ketika rasa dingin menyerang, maka reseptor tubuh akan melakukan aktivitas untuk meningkatkan hormon tertentu khususnya hormon leptin yang bisa membuat nafsu makan meningkat. (Baca Juga: Penyebab Cepat Lapar)

sponsored links

4. Saat fase penyembuhan penyakit

Nafsu makan seseorang dapat meningkat ketika seseorang tengah berada dalam fase penyembuhan penyakit. Hal ini, bisa terjadi pada mereka yang tengah berada dalam fase penyembuhan infeksi saluran napas, infeksi tifus infeksi diare atau jenis infeksi penyakit lainnya. Dalam hal ini, peningkatan nafsu makan seseorang dapat acapkali digunakan oleh dokter dalam menilai apakah si pasien sembuh atau belum dari infeksinya. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Nafsu Makan)

5. Pengaruh obat

Pengaruh obat antibiotik atau alergi, obat jerawat, obat batuk, peradangan sendi ternyata juga menjadi salah satu alasan naiknya nafsu makan seseorang. Penggunaan obat medis biasanya mengandung steroid ringan seperti prednisone atau bisa pula corticosteroid yang dapat memicu laparnya seseorang. Untuk menghindari rasa lapar akibat penggunaan obat yang bersangkutan, maka anda bisa mengalihkan rasa lapar anda dengan mengunyah permen karet atau bisa pula dengan meminum kopi hangat dan menggosok gigi. (Baca Juga:  Cara Mengurangi Nafsu Makan , Cara Menahan Lapar untuk Diet)

6. Karena kurang tidur

Kurang tidur bukan hanya memicu rasa mudah lelah namun ternyata juga menyebabkan peningkatan nafsu makan. Hal ini dikarenakan kurang istirahat dapat menyebabkan tubuh kehilangan energi sehingga dapat membingungkan hormon nafsu makan. Ketika tubuh kurang energi, maka tingkat hormon yang diproduksi oleh sel lemak dalam mengontrol nafsu makan menjadi turun. Sebaliknya, hormon yang meningkatkan nafsu makan akan meningkat. Jika tidak mau hal ini terjadi, maka ada baiknya anda mencukupi kebutuhan tidur malam anda sebanyak 8 jam dalam sehari untuk menghindari konsumsi makanan yang berlebihan. (Baca Juga:  Penyakit Akibat Kurang Tidur Malam , Bahaya Akibat Kurang Tidur Malam)

7. Dehidrasi

Gejala dehidrasi biasanya mirip saat gejala lapar melanda tubuh. Pada saat-saat tersebut biasanya anda salah tanggap dan mengira jika tubuh anda tengah dalam keadaan kelaparan. Saat kehausan mulut akan lebih terasa kering sehingga rasa lapar akan datang. Jika sudah demikian, maka anda bisa mengonsumsi segelas air putih atau secangkir teh herbal badan tunggu selama kurang lebih 10 menit. Jika rasa lapar yang anda rasakan hilang, maka yang dibutuhkan tubuh anda adalah cairan dan bukannya makanan. Dehidrasi merupakan salah satu gangguan tubuh yang harus segera diatasi karena bisa berakibat fatal dan menimbulkan konsentrasi berkurang. (Baca Juga: Akibat Dehidrasi , Gejala Dehidrasi)

8. Ketika seseorang makan didekat anda

Meski terlihat sepele namun tahukah anda jika ternyata ketika ada teman yang duduk dan makan di dekat anda maka keinginan makanan akan menngkat. Terutama pada wanita, maka kecenderungan tersebut akan bayak ditemukan. Untuk mengatasi hal ini maka anda bisa menghindari teman yang tengah lahap makan di dekat anda. Saat porsi anda telah habis, segeralah beranjak dan hindari keinginan mencicipi makanan milik teman anda.

9. Stres

Stres merupakan salah satu gejala akibat banyaknya tekanan yang tidak segara diselesaikan.  Tekanan bisa berasal dari manapun seperti dari lingkungan, teman atau bahkan dari keluarga sendiri. Banyak orang yang mengnggap makanan merupakan cara terbaik untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Stres juga dapat memicu hormon stres yang membuat anda mencari hiburan dimana salah satunya adalah dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang diminati seperti makanan manis, pahit atau mungkin jenis makanan gurih. Menghindari stres bisa dilakukan dengan banyak cara seperti dengan berlibur menikmati keindahan alam atau mungkin dengan cara yang lebih mudah yakni dengan mencari teman curhat sekaligus meminta solusi atas masalah yang nada miliki. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres , Cara Menghilangkan Stres)

10. Mencium aroma makanan

Ketika mencium aroma makanan, terlebih jika itu adalah jenis makanan yang enak, maka selera anda akan tergugah. Hal ini sering terjadi ketika anda tengah menonton gambar di televisi, atau bahkan saat lewat di depan rumah makan. Untuk menghindari hal ini, anda bisa menganti layar televisi anda dan hindari tayangan memasak atau iklan yang berkaitan dengan makanan.

Cara Menurunkan Nafsu Makan yang Berlebihan

Bagi anda yang mengalami kegemukan akibat nafsu makan yang berlebih, maka anda bisa menurunkan nafsu makan anda dengan cara-cara yang berikut ini.

1. Perbanyak air mineral

Mengonsumsi air memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan terutama supaya terhindar dari dampak dehidrasi. Untuk mengurangi nafsu makan menggunakan air mineral, anda bisa mengonsumsi 1 hingga 2 gelas air sebelum makan. Kebiasaan ini dapat membuat anda cepat kenyang sehingga takaran makan akan berkurang. (Baca Juga: Bahaya Minum Air Garam , Akibat kelebihan air Putih)

Sponsors Link

2. Atur porsi makan anda

Pengaturan pola makan sehari-hari, memiliki pengaruh yang begitu besar pada tingkat nafsu anda. Mengatur nafsu makan, bisa dilakukan dengan cara menghindari mengonsumsi makanan di meja makan. Dalam hal ini anda cukup mengambil makanan sepertlunya saja dengan porsi yang wajar.

3. Hindari telat makan

Mengurangi nafsu makan yang berlebihan juga bisa anda lakukan dengan cara menghindari telat makan. Ketika rasa lapar melanda, anda bisa mengonsumsi makanan secukupnya saja dan hindari konsumsi makanan yang berlebihan karena hanya akan memicu timbulnya kegemukan. (Baca Juga: Makanan untuk Kesuburan)

4. Perbanyak buah dan sayur

Tahukah anda jika ternyata mengonsumsi buah dan sayuran, dapat menekan nafsu makan anda? Air serta serat yang terkandung dalam buah-buahan tersebut dapat membantu perut anda terasa kenyang sehingga nafsu makan dapat berkurang. Kandungan vitamin serta beragam zat baik bagi kesehatan yang ditemukan dalam buah-buahan juga menjadi nilai plus bagi anda untuk menjadikan buah serta sayur sebagai salah satu jenis makanan favorit sehari-hari. (Baca Juga: Bahaya Tidak Rutin Makan Sayur , Bahaya Buah Mengkudu)

5. Sarapan

Sarapan merupakan kebiasaan baik yang harus dilakukan tiap hari di pagi hari. Sarapan bisa diawali dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat serta protein yang tinggi. Kedua jenis kandungan tersebut, akan lebih lama dicerna di dalam perut sehingga anda tidak akan mudah mengalami rasa lapar. (Baca Juga: Gemetar Saat Lapar , Cara Mengatasi Kekurangan Protein)

6. Makan secara perlahan

Dibandingkan dengan cara makan yang terburu- buru maka cara makan yang perlahan merupakan cara makan yang lebih baik. Makan terburu-buru membuat anda makan lebih banyak karena makanan yang masuk ke dalam mulut tidak lagi teratur porsinya. Pastikan mengunyah makanan anda hingga lembut baru kemudian telan setelahnya. (Baca Juga: Dietary Folat , Bahaya Makan Sambil Berdiri)

Bagi anda yang mudah merasa lapar, sebaiknya menyiapkan beragam jenis makanan sehat yang dapat membuat lapar anda tertahan layaknya biskuit atau buah pisang. Camilan tersebut mampu mengganjal rasa lapar anda.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 08th, January 2017 / 00:39 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Buruk