Sponsors Link

Bahaya Merokok bagi Alat Pernafasan Manusia

ads

Merokok memang merupakan aktivitas yang mengasyikkan dan tidak membuat bosan penikmatnya sama sekali. Jika merokok merupakan aktivitas yang tidak menyenangkan, orang- orang tidak akan mungkin tidak meninggalkan rokok yang jelas- jelas banyak menimbulkan efek negatif ini. Merokok sudah seperti budaya di Indonesia. Dengan sangat mudah kita dapat menemukan perokok di sudut kota maupun daerah di tanah air. Minat yang sangat tinggi masyarakat Indonesia terhadap rokok ini menjadikan industri rokok tumbuh subur dan berkembang di negara ini. Jika kita amati, beberapa perusahaan yang besar, bahkan sangat besar di negeri ini diduduki oleh perusahaan pembuat rokok.

Perusahaan-perusahaan ini bahkan bisa membagi keuntungannya kepada rakyat dengan mengadakan acara atau event tertentu, serta program yang bermanfaat bagi rakyat seperti pembangunan sarana dan pra sarana dan beasiswa di bidang pendidikan. Bahkan pemilik perusahaan rokok ini menjadi orang yang paling kaya di Indonesia. Industri rokok di Indonesia ini sudah terkenal di mancanegara.

Tahukah penyebab mengapa banyak orang yang mencintai aktivitas merokok ini dan sulit untuk menghilangkan atau hanya sekedar menguranginya? Padahal sudah digemborkan bahwa rokok ini bisa membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Himbauan ini tidak disampaikan oleh pemerintah, namun juga berbagai pihak melalui media umum baik media cetak maupun elektronik. Bahkan di sampul atau bungkus rokok sendiri sudah tertera bahaya apabila merokok disertai dengan gambar yang mendukung, namun tetap saja banyak orang yang tidak mengindahkannya, dan bahkan cenderung mengabaikannya. Orang- orang sulit menjauhi aktivitas merokok ini karena di dalam rokok terkandung zat yang membuat perokok menjadi kecanduan sehingga akan ketagihan terus-menerus. (baca juga: bahaya rokok terhadap otak)

Kandungan Zat yang Terdapat dalam Rokok

Rokok merupakan sebuah benda yang dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia, khususnya laki- laki. Rokok ini dikonsumsi dengan cara dibakar untuk kemudian dihisap. Setelah dihisap ini maka si perokok akan merasakan uap dari kandungan atau bahan yang di dalam rokok, dan kemudian akan meninggalkan sisa penghisapan yang disebut dengan asap rokok. Bahan utama untuk membuat rokok adalah tanaman yang hidupnya di dataran tinggi, yakni tembakau yang dipadukan dengan bahan- bahan lain. Tahukah Anda bahwa dibalik nikmatnya tembakau ini ada berpuluh- puluh zat yang terdapat di dalam rokok dan akan dikonsumsi setiap harinya. Zat- zat tersebut dinyatakan terdapat dalam rokok karena sebuah penelitian. Zat- zat yang terdapat di dalam rokok antara lain:

Sponsors Link

  • Nitrogen Oksida
  • Kromium
  • Naftalena
  • Hidrogen Sianida
  • Timbal
  • kumarin

itulah beberapa zat yang bersifat negatif dan sangat berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Zat- zat tersebut bukan saja pemicu berbagai penyakit datang dan menyerang tubuh manusia, namun juga bersifat merusak organ- organ dalam manusia sehingga mejadi organ yang rusak yang tidak berfungsi dengan baik, bahkan seperti terbakar dan hangus. (baca juga: 3 bahaya rokok bagi jantung manusia)

Efek Merokok Bagi Kesehatan Manusia

Telah kita ketahui bahwasannya rokok mengandung banyak sekali zat- zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Ribuan zat ini dapat menimbulkan banyak sekali banyak sekali efek negatif bagi tubuh manusia, baik penyakit maupun resiko- resiko terkena penyakit, bahkan kematian. Rokok ini yang berbahaya terletak pada asapnya. Maka dari itu si perokok dengan orang yang sring menghirup asap roko (perokok pasif) resiko terkena penyakitnya juga hampir sama. Dari hasil sebuah penelitian diketahui bahwasannya dalam rokok ditemukan setidaknya 4.000 jenis bahan kimia. Dan dari 4.000 bahan kimia tersebut, 40 diantaranya adalah bersifat karsinogenik atau penyebab kanker. Bahkan seringkali yang terkena dampak negatif rokok adalah para [erokok pasif yang ada di sekitar perokok  aktif. Hal ini karena asap yang dikeluarkan dari mulut perokok bersifat lebih berbahaya daripa rokok dengan kandungan yang ada di dalamnya. (baca juga: cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif)

Salah satu zat yang paling berbahaya dan terkandung di dalam rokok adalah nikotin. Nikotin ini paling terkenal membawa dampak buruk, misalnya:

  • Menimbulkan gangguan saraf simpatis
  • Dapat melepas adrenalin
  • Meningkatkan frekuensi dengut pada jantung
  • Menaikkan tekanan darah
  • Mengganggu kebutuhan oksigen jantung
  • Menyebabkan irama jantung menjadi terganggu

Itulah beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan adanya zat dalam rokok yang disebut dengan nikotin. Namun perlu diketahui bahwa bukan hanya nikotin yang mempunyai sifat negatif, tetapi masih banyak zat lain yang tentunya menimbulkan berbagai efek negatif dan berbahaya. (baca juga: penyakit akibat merokok)

Sponsors Link

Bahaya Merokok bagi Alat Penafasan

Diatas dijelaskan bahwasannya merokok dapat membahayakan dan dapat merusak tubuh dengan berbagai organ dalamnya. Hampir setiap sudut dari tubuh kita ini menjadi sasaran bahaya merokok bagi remaja. Organ- organ yang menjadi sasaran merokok juga sangat banyak, seperti jantung, paru- prau, liver, pembuluh darah, serta organ- organ lainnya.

Salah satu sistem atau bagain tubuh yang tidak terbebas dari bahaya atau efek samping merokok ini adalah bagian pernafasan. Hal ini karena orang- orang menghirup rokok juga melewati atau ada campur tangan dari organ pernafasan, maka alat- alat pernafasan bisa menjadi terganggu. (baca juga: cara berhenti merokok)

Bagian pernafasan manusia terganggu karena adanya zat- zat buruk yang dapat menyerang induk dari sistem pernafasan manusia yakni paru-paru. Terlalu sering merokok meyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada paru- paru yang lama kelamaan akan membuat paru- paru tersebut terluka, sehingga kesulitan dalam bernafas dan juga terkadang disertai dengan adanya lendir hijau yang kental. Ada banyak sekali penyakit yang ditimbulkan oleh rokok pada sistem pernafasan dan juga alat- alat pernafasan. Beberapa serangan yang dilakukan rokok terhadap sistem pernafasan atau alat- alat pernafasan antara lain:

  1. Timbulnya Bronchitis kronis
  2. Ciri-ciri asma
  3. Merokok juga menyebabkan perubahan struktur dan fungsi pernafasan dan juga jaringan paru- paru, sehingga terjadi perubahan anatomi pada saluran pernafasan dan menyebabkan perubahan fungsi paru- paru.
  4. Timbulnya gejala batuk TBC– batuk
  5. Timbulnya penyebab emfisema

Itulah salah satu dampak merokok dilihat dari sisi alat pernafasan, terkhusus paru- paru.  Jika sudah seperti ini semoga kita lebih bijaksana dalam menyikapi adanya rokok dan orang- orang mengonsumsinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

artikel lainnya yang berkaitan:

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 03rd, April 2016 / 02:27 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Buruk