Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Bahaya Lemak di Perut Bagi Tubuh

ads

Memiliki bentuk tubuh yang indah dan ideal memang merupakan salah satu dambaan dari banyak orang. Namun demikian, terkadang tidak semua orang berhasil memperoleh tubuh yang memiolki berat badan yang ideal dan juga indah. Masih banyak orang yang mengalami obesitas alias kegemukan seringkali mengalami perut yang buncit. Perut yang buncit merupakan salah satu hal yang paling banyak ditemui di kalangan masyarakat modern saat ini. perut buncit tidak hanya dialamai pada mereka yang mengalami obesitas dan juga kegemukan, namun juga pada mereka yang memiliki berat badan yang ideal juga terkadang sering ditemukan kasus perut buncit ini.

Perut buncit pada dasarnya disebabkan oleh adanya kadar lemak berlebihan pada bagian perut, atau yang dikenal juga dengan istilah belly fat. Belly fat alias lemak di perut ini sangat erat juga kaitannya dengan adanya timbunan lemak visceral atau dikenal juga dengan istilah lemak abdominal

Penyebab Lemak Perut

Ada banyak sekali faktor yang mendukung kemunculan lemak di perut dan juga menimbunnya lemak visceral di perut, sehingga menyebabkan perut menjadi membuncit. Berikut ini adalah beberapa faktor yang seringkali menyebabkan perut menjadi membuncit :


Kebiasaan makan

Kebiasaan makan makanan yang mengandung karbohidrat dan juga lemak tanpa diimbangi dengan serat dan juga mineral lainnya sangat berpengaruh terhadap kemunculan belly fat alias lemak di perut. Semua makanan tidak akan langsung dicerna, namun akan ditimbun menjadi lemak, yang salah satunya tertimbun pada bagian perut, sehingga menyebabkan perut anda mengalami buncit, dan menyebabkan banyaknya lemak yang menumpuk pada bagian perut anda.


Pola tidur

Pola tidur juga berpengaruh. Ketika tidur tubuh akan beristirahat namun, anda juga harus memperhatikan tidur anda, jangan sampai langsung tidur setelah anda makan. Bahaya tidur setelah makan ini dapat menyababkan resiko mengalami timbunan lemak di perut menjadi semakin bertambah. Tunggulah beberapa saaat setelah makan, sebelum anda akan pergi tidur.


Gaya hidup yang tidak sehat

Bahaya junk food, alkohol dan jenis makanan tidak sehat lainnya juga sangat berpengaruh terhadap kemungkinan tubuh mengalami timbunan lemak di perut. Cara paling ampuh untuk mencegahnya adalah harus bisa menjaga agar asupan makanan yang mengandung kalori selalu terjaga. Sebisa mungkin menghindari konsumsi junkfood dan juga minuman beralkohol


Kurang bergerak dan olahraga

Gerakan tubuh yang statis, tanpa banyak bergerak, seperti hanya duduk di depan komputer seharian, duduk di pos jaga, dan kegiatan statis lainnya yang tidak membutuhkan gerakan badan juga sangat berpotensi menyebabkan timbunan lemak di perut. Karena itu, usahakanlah agar anda mencari kegiatan yang banyak menuntut gerakan tubuh seperti manfaat olahraga senam, berjalan kaki dan juga berbagai macam kegiatan lainnya.

Faktor usia dan genetik

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan anda mudah mengalami timbunan lemak di perut adalah karena faktor genetic dan juga usia. Faktor genetik sepertinya sudah tidak bisa dihindari dan hanya bisa dijaga, agar tidak berlebihan mengalami obesitas dan juga timbunan lemak perut. Faktor usia biasanya disebabkan karena otot-otot di dalam tubuh sudah tidak dapat bekerja secara maksimal. Hal ini akan menurunkan kecepatan tubuh dalam melakukan metabolisme, yang menyebabkan tubuh akan lebih mungkin mengalami timbunan lemak di perut.


Bagaimana Mengukur obesitas dan belly fat ?

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengukur bahwa anda mengalami obesitas, dan juga perut anda sudah membuncit akibat adanya belly fat atau lemak di perut ini adalah dengan cara melakukan pengukuran secara kuantitatif. Anda bisa mengukur lingkar pinggang anda dengan meteran jahit. Apabila ukuran lingkar pinggang anda lebih besar dari 80 cm pada wanita, dan lebih besar dari 90 cm pada pria, maka anda bisa diindikasikan mengalami obesitas, meskipun apabila dilihat secara fisik, anda tidak gemuk dan berbadan sangat besar.

Sponsors Link

Lemak di perut atau belly fat yang disebabkan oleh timbunan lemak visceral di bagian perut ini ternyata memiliki dampak yang tidak main-main terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ada banyak sekali dampak kesehatan yang membahayakan dan juga dapat memberikan gangguan kesehatan bagi siapapun yang memiliki timbunan dari lemak visceral ini, hingga perut membuncit. Bahaya dari lemak di perut pun tidak berbeda jauh antara pria dan juga wanita. Baik pria dan wanita yang memilki lemak di perut yang berlebihan juga akan mengalami dampak dan bahaya yang sama. Apa saja bahaya dari lemak di perut? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Membuat bentuk tubuh menjadi tidak menarik

Dengan adanya lemak di perut, maka hal ini tentu saja akan sangat mengganggu bagi anda yang sangat concern dengan bentuk tubuh anda. lemak di perut akan sangat mengganggu bentuk tubuh anda secara keseluruhan dan dampaknya adalah bisa saja membuat anda menjadi orang yang kurang percaya diri akibat adanya gangguan lemak di perut.

2. Dapat menyebabkan penyakit jantung koroner

Bahaya lemak visceral dan juga timbunan lemak di perut yang pertama adalah dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner. Jantung koroner merupakan salah satu bentuk penyakit degeneratif yang seringkali menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung, dan pada akhirnya kehilangan nyawanya. Jantung coroner mungkin juga disebabkan faktor lain, seperti genetik dan faktor gaya hidup. Namun mereka yang memiliki timbunan lemak di perut berisiko tinggi mengalami penyakit jantung koroner sama seperti mereka yang memiliki garis keturunan jantung koroner.

3. Beresiko menyebabkan gejala diabetes tipe 2

Jenis diabetes tipe dua merupakan gangguan, dimana insulin yang dihasilkan tidak mampu mengontrol gula darah di dalam tubuh. Adanya lemak visceral di dalam perut dan juga tubuh, hal ini akan menyebabkan insulin memiliki fungsi yang terhambat dan juga kurang efektif, sehingga menyebabkan munculnya penyebab diabetes tipe 2 pada mereka yang memiliki timbunan lemak di perut.

4. Tidur mendengkur

Dampak lainnya adalah dapat menyebabkan gangguan tidur karena bahaya mendengkur saat tidur. Salah satu gangguan tidur yang paling banyak terjadi pada mereka yang memiliki perut buncit akibat banyaknya lemak di perut adalah mendengkur. Mendengkur adalah gangguan tidur yang paling umum, yang banyak terjadi pada mereka yang memiliki perut buncit akibat tumpukan lemak visceral.

Sponsors Link

5. Menyebabkan sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan gangguan pada sistem metabolisme tubuh, yang artinya metabolisme tubuh seseorang bisa saja menjadi tidak lancar. Ketikan seseorang mengalami gangguan metabolisme, yang dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan lainnya.

6. Dapat meningkatkan kolestrol tubuh

Resiko mengalami kolesterol tinggi juga akan muncul pada diri seseorang yang mengalami perut buncit, akibat lemak di perut yang tidak terkontrol. Bahaya kolesterol pada akhirnya dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan juga gangguan kesehatan yang dapat membahayakan diri sendiri.

7. Menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke

Darah tinggi dan juga stroke sepertinya merupakan paket yang ditawarkan pada orang yang mengalami perut buncit akibat banyaknya lemak di perut. Mereka yang memiliki lemak di perut dalam jumlah yang tidak terkontrol beresikio mengalami gangguan darah tinggi, yang dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan,s eperti pusing dan juga sakit kepala, serta dapat menyebabkan resiko terserang stroke, baik stroke ringan maupun stroke yang berat.

Cara Mencegah Timbunan Lemak di Perut

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari dan menghilangkan lemak di perut. Cara yang paling efektif untuk dapat menghilangkan dan mencegah agar lemak di perut tidak muncul adalah dengan olahraga mengecilkan perut. Dianjurkan bagi untuk melakukan olahraga kardio, seperti berenang, berlari, bersepeda, dan jenis olahraga yang membakar kalori di tubuh. Selain itu, gerakan olahraga dan juga senam pada bagian perut juga sangat diperlukan, seperti sit – up, bicycle exercise, yoga, dan sebagainya, untuk membantu pembentukan otot perut.

Selain melakukan olahraga, ada beberapa cara lainnya yang bisa anda laukan untuk menghindari, mencegah dan juga menghilangkan lemak pada perut anda, yaitu :

  • Menjaga gaya hidup sehat setiap hari
  • Menghindari bahaya merokok, junk food dan alkohol
  • Memperbanyak asupan makanan kaya serat, protein, vitamin dan juga mineral
  • Kurangi konsumsi makanan yang tinggi kalori
  • Hindari mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi
  • Jangan langsung tidur setelah makan
  • Lakukan gerakan-gerakan ringan setiap hari, apabila tidak sempat melakukan olahraga secara full time
  • Menjaga pola makan secara teratur, dengan gizi dan juga jumlah yang seimbang

Itu adalah beberapa hal-hal mengenai tumpukan lemak di perut. Pada dasarnya, baik pria maupun wanita memilki resiko yang sama dalam mengalami hal tersebut, karena hal ini dipengaruhi oleh pola hidup yang dijalani oleh setiap orang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 04th, November 2015 / 06:11 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Buruk