Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Cara Menjaga Kesehatan Kuku dan Perawatannya

ads

Kuku merupakan bagian tubuh yang berada di ujung kaki. Kuku memiliki bentuk yang keras karena merupakan bagian dari tulang namun bukan dari protein. Kuku sendiri memiliki fungsi yaitu melindungi ujung jari yang lembut, rawan dan kaya akan saraf, supaya tidak mudah rusak karena terbentur dengan benda yang keras. Kuku juga berfungsi untuk menguatkan indra peraba yang dimiliki oleh kulit terutama jari. Kuku ini memiliki kulit ari di bagian ujungnya yang berfungsi sebagai pelindung kotoran yang bisa masuk ke dalam kuku. Di bagian kuku juga terdapat pembuluh kapiler yang banyak pada ujung kuku sehingga kuku akan terlihat lebih merah dibagian ujungnya sedangkan di bagian pangkalnya bewarna putih susu.

Kuku merupakan bagian yang kuat di tubuh manusia sama halnya dengan gigi dan tulang karena memiliki sedikit kandungan mineral dan air. Kuku tangan lebih cepat tumbuh sekitar 0,5 mm hingga 1,5 mm dalam satu minggu, dan jumlahnya 4 kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku kaki. Sebenarnya setiap orang memiliki pertumbuhan kuku yang berbeda satu sama lain hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk panas tubuh dan kesehatan tubuh itu sendiri.

Kuku meskipun terlihat sepele sebagai bagian tubuh manusia, namun juga perlu dirawat dengan baik supaya bisa menghasilkan kesan bersih kepada siapa saja yang memandang dan juga untuk menghindari terjadinya penyakit yang ada di dalam kuku. Berikut beberapa cara merawat kesehatan kuku :

1. Jangan gigit kuku

Sebaiknya anda menghindari menggigit atau menarik kuku karena bisa membuat kuku menjadi trauma dan infeksi. Selain itu hal ini merupakan kebiasaan yang tidak baik dan tidak patut dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat.

2. Potong kuku secara rutin

Teratur memotong kuku baik kuku tangan maupun kuku kaki. Jangan lupa juga untuk membersihkan kuku dari kotoran yang menempel.

3. Gunakan gunting kuku yang tajam

Jika anda ingin memotong kuku sebaiknya gunakan gunting kuku yang tajam dan dilakukan saat setelah habis mandi karena saat itu kuku menjadi lebih lunak. Menggunting kuku yang salah juga bisa menjadi penyebab cantengan pada kuku.

4. Kuku berjamur? Gunakan cuka

Jika anda mengalami kuku yang berjamur dintandai dengan rasa gatal di kuku anda bisa merendam kuku dalam larutan cuka. Biasanya terjadi pada kuku kaki Karena memang aktivitasnya yang sangat padat dan bisa menginjak berbagai kuman. Atau anda juga bisa menyemprotkan cuka kepada kuku yang gatal dan biarkan beberapa saat. Larutan cuka yang asam dipercaya bisa membuat kuman dan bakteri mati lebih cepat.

5. Oleskan tea tree oil

Anda juga bisa mengoleskan tea tree oil pada kuku baik kuku tangan maupun kuku kaki. Pastikan kuku dalam keadaan bersih dan kering saat dioleskan tea tree oil. Di dalam tea tree oil terdapat kandungan antiseptik dan anti bakteri yang bisa menghindarkan kuku dari berbagai jamur dan bakteri.

sponsored links

6. Menggunakan minyak zaitun

Supaya kuku tetap bersih dan mengkilap anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai cara untuk mencegah kuku kehilangan kelembabannya. Minyak zaitun juga menghindarkan kuku dari berbagai bakteri, kuman dan jamur.

7. Konsumsi makanan yang bergizi

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, tentunya akan membuat tubuh menjadi sehat termasuk bagian kuku. Konsumsilah makanan yang memiliki gizi seimbang.

8. Gunakan pelapis kuku

Jika perlu anda bisa menggunakan cat pelapis kuku yang bisa digunakan untuk melindungi kuku dari benturan.

Cara Merawat Kuku dengan Manicure dan Pedicure

Salah satu perawatan kuku yang banyak dilakukan adalah dengan metode pedicure dan manicure. Berikut ini ulasannya.

1. Manicure

Manicure dilakukan untuk membersihkan dan melakukan perawatan kepada kuku tangan, caranya sangat mudah.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunting kuku dan membersihkan kotoran yang terlihat. Sebaiknya anda hindari memotong bagian kutikulayang merupakan pelindung kuku dari infeksi.
  • Kemudian siapkan air hangat di dalam baskom atau ember yang sudah diberi minyak zaitun, garam dan air perasan jeruk nipis.
  • Setelah itu rendamlah jari tangan selama kira-kira 10 menit saja sambil dipijat dan disikat pelan
  • Setelah kuku terlihat mengkilap dan bersih kemudian keringkan dengan handuk dan bila perlu gunakan pelembab khusus kuku.

2. Pedicure

  • Pertama guntinglah dan bersihkan kuku kaki sampai bersih dan rendam telapak kaki di air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk lemon, kelopak mawar dan garam secukupnya sambil disikar untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati.
  • Anda juga bisa menambahkan scrub khusus untuk kuku kaki dan gunakan hingga pangkal kaki juga ya.

Setelah seselai keringkan dengan handuk dan jika anda ingin memberik kuteks sebaiknya tunggu hingga beberapa hari untuk menghindari kuku menjadi kuning.

Cara Melakukan Diagnosa Penyakit Melalui Kuku

Tahukah anda bahwa kuku bisa memberikan sinyal atau tanda bahwa ada penyakit di dalam tubuh anda? Ya, cara ini sudah dilakukan sejak zaman kekaisaran yunani. Media melihat penyakit melalui kuku ini dilakukan bukan hanya dengan melihat dari mata, kulit dan nafas saja. berikut macam-macam tanda penyakit yang bisa anda lihat melalui kuku.

  • Ketika kuku berwarna kuning

Hal ini ditandai dengan kuku yang mulai bewarna kuning pucat dan kuku menjadi tidak tumbuh secepat biasanya atau bahkan berhenti tumbuh bahkan bisa jadi sampai kuku tersebut lepas dari jarinya. Keadaan tersebut bisa jadi karena di dalam tubuh anda terdapat limpedema atau pembengkakan pembuluh darah tangan, gangguan pada saluran pernafasan seperti asma, sinusitis dan bronchitis yang sudah akut serta gangguan pada selubung paru-paru.

  • Jari tabuh (clubbing)

Gejalanya meliputi ketika ujung kuku jari membulat dan mengeras. Hal ini disebabkan karena rendahnya kadar oksigen yang ada di dalam darah atau gangguan pernafasan lainnya, AIDS, gangguan kardiovaskular, gangguan hati, penyakit peradangan organ usus dan gangguan pada paru-paru.

  • Garis mees

Gejalanya dapat dilihat ketika ada garis melintang di tengah kuku. Jika anda menemui orang yang demikian sebaiknya segera ambil tindakan karen,  bisa jadi orang tersebut keracunan arsenic. Segera panggil dokter untuk melakukan penanganan yang tepat dan sesuai.

  • Koilonikia

Kondisi dimana kuku menjadi melengkung hingga lengkungannya keluar dari jari kuku dan sulit dibersihkan. Hal ini bisa mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki penyakit lupus, anemia, gangguan jantung, kekurangan zat besi atau hipotiroidisme. Untuk memastikannya sebaiknya segera lakukan pemeriksaan oleh dokter yang terpercaya.

Sponsors Link

  • Leukonikia

Merupakan adanya bintik-bintik di permukaan kuku yang tidak teratur biasanya disebabkan karena tubuh atau kuku mengalami benturan. Ini tidak berbahaya bagi tubuh anda.

  • Pitting nails

Pitting nails atau kuku berlekuk merupakan kondisi dimana biasanya tubuh mengalami psoriaris. Dimana penyakit tersebut merupakan penyakit yang berkaitan dengan kulit bisa jadi kulit kering, memerah dan juga terkena iritasi.

  • Kuku terry

Kuku terry biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia karena sudah kekurangan gizi sehingga ujung kuku menjadi hitam gelap. Namun hal ini juga bisa mengindikasikan bahwa di dalam tubuh mungkin memiliki penyakit diabetes, gangguan jantung dan juga gangguan organ liver.

  • Onychia

Keadaan ini bisa ditandai dengan terjadinya peradangan pada ujung atau daerah kuku karena sebuah infeksi yang terjadi karena luka. Nah, infeksi tersebut terjadi karena adanya bakteri patogen yang masuk ke dalam jaringan kuku sehingga menyebabkan nanah atau penggumpalan darah.

  • Onychocryptosis

Onychocryptosis atau juga dikenal dengan istilah unguis incarnates merupakan keadaan dimana kuku tumbuh ke dalam. Proses ini terjadi karena biasanya terlalu sering memotong kuku dengan cara yang salah sehingga, menyebabkan kuku tidak tumbuh ke luar. Orang yang merasakannya akan merasa kesakitan.

  • Onychoctyphosis

Berbeda dengan unguis incarnates yang disebabkan karena terlalu sering memotong kuku, untuk yang satu ini justru terjadi karena tidak memotong kuku dalam waktu yang lama sehingga terjadi penebalan pada daerah lengkungan kuku. Hal ini terjadi karena terjadi kesalahan dalam pembuluh perifer yang mengalir ke bagian kuku.

  • Onycholysis

Kondisi yang satu ini sangat mengerikan dan menyakitkan karena merupakan proses dimana kuku lepas dari ujung jarinya. Hal ini dipicu oleh berbagai hal misalnya karena sering mengalami trauma, kecelakaan atau karena tirotoksikosis.

  • Onychomadesis

Merupakan kondisi dimana kuku juga terlepas dari jarinya namun tidak sistemis. Hal ini bisa terjadi karena penderita sedang menjalani terapi kemoterapi untuk kanker karena penyebab lainnya belum diketahui. Dicurigai karena ada kerusakan sistemik pada jaringan tubuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 19th, November 2015 / 08:03 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat