Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Cara Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

ads

Penggemar rokok di negara kita, tak terhitung lagi jumlahnya. Para perokok aktif tersebut banyak ditemukan dimana- mana hingga mengganggu mereka yang anti terhadap rokok. Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan mulai dari kanker, gangguan pernapasan, gangguan janin dan lain sebagainya. Banyak sekali perokok yang sadar akan bahaya merokok namun tetap melakukan kegiatan tersebut berulang kali karena merasa nikmat dan kecanduan. Di dalam rokok mengandung zat yang bernama nikotin yang dapat mencandu para pemakainya. Sehingga tidak heran jika perokok gemar sekali merokok secara terus menerus dan susah sekali untuk dihentikan. Peringatan akan bahaya rokok yang banyak diiklankan pada media massa bahkan pada tampilan bungkus rokok sendiri tidak membuat mereka takut ataupun jera.

Banyak sekali orang yang pro terhadap rokok hingga kecanduan, namun sebaliknya banyak pula yang tidak suka pada rokok. Sebagai orang yang tidak suka dengan rokok dan paham betul akan bahaya yang terdapat di dalamnya, tentu anda tidak suka jika ada orang di dekat anda yang merokok. Asap rokok dapat menimbulkan bahaya yang sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan para perokok aktif sendiri. Namun masalahnya adalah terlalu sulit untuk menghindari asap rokok karena banyak sekali orang yang merokok di dekat kita. Para perokok terdapat dimana- mana bahkan pada angkutan umum atau di dalam rumah sekalipun.

Agar tidak terpapar bahaya rokok, tentu anda membutuhkan tips-tips khusus agar dapat menghindari bahaya asap rokok yang bertebaran di udara:

1. Berikan teguran pada anggota keluarga yang merokok

Perlu diingat susah sekali untuk meminta seseorang dalam menghentikan kebiasaan merokok mereka. Bukan hanya berlaku pada orang lain, namun terkadang ada juga anggota keluarga yang merokok dan susah sekali untuk disuruh menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Jika memang demikian, sebaiknya anda tidak memperbolehkan ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah. Mintalah pada mereka untuk merokok di luar rumah pada udara yang terbuka. Hal ini berguna untuk menghindarkan anda serta keluarga supaya tidak terpapar asap rokok. Penggunaan AC serta banyaknya ventilasi di rumah tidak banyak mengurangi dampak buruk rokok, karena asap rokok tidak dapat sepenuhnya bersih dengan AC ataupun ventilasi tersebut.

2. Jadikan mobil anda aman dari perokok

Bukan hanya di dalam rumah, maka mobil yang menemani keseharian anda sehari-hari sebaiknya digunakan sebagai area bersih. Bermacam-macam orang entah dari pihak keluarga ataupun teman yang masuk kedalam mobil, tentu ada beberapa dari mereka yang merokok. Saat berkendara minta pada teman dan keluarga yang merokok supaya tidak merokok di dalam mobil. Jika keinginan merokok tidak lagi dapat ditahan, sebaiknya hentikan mobil dan cari rest area untuk merokok.

3. Jaga jarak dengan perokok

Menjaga jarak tentu merupakan solusi terbaik jika anda tengah berada di tempat umum. Ketika berada di tempat umum tentu anda tidak bisa secara langsung mencegah seseorang merokok karena dapat membuat keributan terlebih pada orang-orang yang memiliki temperamen buruk. Jika memang harus berada di dalam satu ruangan dengan para perokok aktif, sebaiknya anda menghindari duduk berdekatan dengan para perokok tersebut.

4. Buat ruang anda sebagai no smoking area

sponsored links

Sebagai orang yang bekerja, tentu anda tidak ingin ruang kantor anda penuh dengan asap rokok. Untuk menghindari perokok supaya tidak menyalakan rokok ketika berada di ruang kerja anda, maka anda dapat memasang tulisan “no smoking area”. Tulisan ini membantu anda dalam mengatasi perokok yang datang. Dengan adanya tulisan tersebut, para perokok dengan sendirinya akan paham jika anda kurang suka dengan rokok sehingga tidak akan menyalakan rokok saat berada di ruang anda.

Sama seperti saat berada di rumah, AC serta kecukupan ventilasi tidaklah sepenuhnya dapat menghilangkan asap rokok yang telah tersebar di dalam ruangan, untuk itu tanda area dilarang merokok pada ruang kerja anda merupakan salah satu solusi terbaik dalam melarang perokok yang masuk.

5. Dukung mereka yang ingin berhenti merokok

Ada banyak cara berhenti merokok yang dapat diterapkan untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Merokok merupakan kegiatan yang dapat memberi candu bagi para pelakunya. Untuk menghentikan kebiasaan merokok diperlukan niat yang besar serta dukungan dari orang-orang dekat supaya berhasil. Namun walau begitu, ada banyak orang yang tentunya ingin segera berhenti dari kegiatan merokok mengingat bahaya yang ditimbulkan. Bagi mereka yang ingin berhenti, anda dapat menawarkan bantuan berupa dukungan bagi mereka. Akibat berhenti merokok secara tiba tiba juga tidak terlalu membahayakan kesehatan bahkan dapat meningkatkan kesehatan.

6. Langsung tinggalkan mereka yang merokok

INI ADALAH CARA PALING AMPUH !!! langsung tinggalkan saja mereka tanpa basi basi, dari pada mereka memberikan racun pada anda. Begitu juga jika ada anak anda yang akan mereka “racuni” tinggalkan saja.

Kandungan Pada Rokok

Ada banyak sekali bahaya yang ditimbulkan dari sebatang rokok bagi para perokok aktif maupun pasif. Bagi para perokok pasif tentu mereka sadar akan bahaya yang dapat ditimbulkan dari sebatang benda tersebut, namun dengan banyaknya perokok di sekitar, membuat anda tidak dapat menghindari bahaya rokok 100 persen. Merokok dapat menimbulkan beragam gangguan kesehatan dari penyakit kanker hingga jantung.

Di dalam sebatang rokok terdapat banyak sekali zat berbahaya bagi kesehatan mulai dari:

  • Karbon monoksida
  • Benzena
  • Sianida
  • Kromium
  • Lead
  • Toluene
  • Nicotine (Baca : Bahaya nikotin)
  • Tar
  • Cadmium
  • Arsenic
  • Amonia
  • Hexamine
  • Nikel
  • Formaldehyde
  • Polonium
Sponsors Link

Zat-zat di atas merupakan partikel berbahaya yang dapat meracuni tubuh dan berbahaya bagi kesehatan apalagi jika harus dihirup tiap hari. Memahami apa-apa saja yang terkandung pada sebatang rokok membantu anda mengerti betapa bahayanya benda ini. Anda juga dapat mengingatkan orang-orang terdekat anda supaya berhenti merokok dengan menyadarkan mereka bahaya-bahaya zat kimia di atas. Zat kimia pada rokok, dapat bertahan di udara berjam-jam lamanya yang dalam waktu singkat dapat membuat paru-paru iritasi serta mengurangi pasokan oksigen ke dalam darah.

Bahaya merokok bagi kesehatan

  • Meningkatkan resiko penyakit stroke
  • Penyakit jantung
  • Timbulkan asma
  • Penyebab tekanan darah tinggi
  • Menyebabkan sakit paru-paru
  • Menyebabkan diabetes
  • Penyebab penyakit mulut
  • Resiko kelahiran cacat
  • Susah memiliki keturunan
  • Bahaya pada alat reproduksi
  • Dapat mengalami kebutaan
  • Kerusakan tulang dan gigi
  • Menyebabkan radang sendi
  • Penyebab penyakit COPD
  • Penyebab kanker liver, Kanker lidah, Kanker perut, Kanker trakea, Kanker laring, Kanker kandung kemih, Kanker laring, Kanker esophagus, Kanker payudara, Kanker prankeas, Kanker orofaring

Baca ; bahaya perokok pasif – bahaya rokok elektrik

Dengan beragam bahaya tersebut di atas, sudah pasti rokok dapat menyebabkan kematian dini terutama bagi mereka yang pecandu aktif. Bukan hanya dalam bentuk penyakit fisik namun merokok juga membuat anda mengeluarkan biaya hidup yang berlebih. Selain itu, merokok juga dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga terlebih jika pasangan anda anti terhadap rokok.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Sunday 13th, December 2015 / 09:01 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat