15 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur pada Wanita dan Pria

Ngorok atau mendengkur mungkin merupakan hal biasa yang siapa saja pernah mengalaminya. Ada mengorok karena memang telah menjadi kebiasaan namun ada juga mengorok dikarenakan saat-saat tertentu saja misalnya karena terlalu lelah dan terlalu nyenyak tidurnya. Sayangnya orang yang pernah memiliki kebiasaan mengorok merasa sangat terganggu dengan kebiasaan mengoroknya itu, tidak hanya itu saja banyak yang merasa kebiasaan mengoroknya itu bisa mengganggu seisi rumah atau orang yang ada di sekitarnya. Suara orang yang mengorok berbeda-beda, ada yang pelan namun ada yang keras. Ternyata mengorok ini bukan hanya menjadi kebiasaan buruk saja, ada hal-hal lain yang bisa menjadi penyebab mengorok. Sehingga mencari tahu penyebab mengorok adalah cara tepat untuk menghilangkan kebiasaan mengorok ini.

Berikut ini ada berbagai macam cara menghilangkan ngorok saat tidur paling efektif :

  1. Menggunakan Posisi Tidur yang Benar

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah anda harus menggunakan posisi tidur yang benar. Jika anda suka mendengkur bisa jadi posisi tidur anda yang salah. Untuk menghilangkan mendengkur anda harus meletakkan kepala anda jauh di belakang posisi bantal. Posisi ini berguna dalam pembersih tenggorokan dari penghasil dengkuran.

Posisi yang berpotensi untuk menghasilkan dengkuran adalah posisi telentang. Hal itu bisa sebagai penghasil dengkuran dikarenakan lidah akan tertarik ke belakang sehingga saluran udara menjadi menyempit dan menjadi pemicu getaran atau dengkuran. Dengan tidak membiasakan diri tidur dengan posisi telentang dijadikan sebagai cara mencegah mendengkur saat tidur.

  1. Badan Ideal

Apakah anda suka mendengkur?, sudah idealkah badan anda?, ya memang orang yang suka mendengkur adalah orang yang memiliki obesitas. Bahaya obesitas tidak boleh disepelekan sebab obesitas bisa memunculkan berbagai macam masalah kesehatan dan kebiasaan buruk salah satunya adalah mendengkur. Memang sekilas kita tidak menyadari bahwa mendengkur adalah masalah kesehatan, namun siapa sangka jika mendengkur merupakan salah satu tanda adanya gangguan kesehatan yang serius. Salah satu tanda bahaya dari orang mendengkur adalah adanya gangguan di jantungnya dan juga memiliki amandel yang sudah membesar. Jika terus dibiarkan dia akan mengalami bahaya mendengkur saat tidur  berupa penyakit stroke, penyakit jantung, diabetes dan juga darah tinggi.

Orang yang memiliki perut buncit pun juga beresiko terkena mendengkur, oleh sebab itu bagi anda yang belum memiliki perut buncit sebaiknya anda mengetahui berbagai macam penyebab perut buncit yang bisa terjadi pada siapa saja. Bagi yang sudah memiliki perut buncit segeralah lakukan berbagai macam cara mengecilkan perut buncit dalam waktu 7 hari.

  1. Bersihkan dan Periksa Sinus

Orang yang mendengkur kadang ada yang bermasalah dengan sinus. Oleh sebab itu kita harus tahu apa saja yang menjadi gejala sinusitis. Banyak yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit sinusitis dan menjadi gangguan kesehatan yang serius. Mendengkur yang dialami oleh penderita sinus baru akan menghilang jika disertai dengan cara mengobati sinusitis sehingga mendengkur baru bisa hilang jika sinusnya juga hilang. Kebanyakan orang yang mengalami dengkuran dan tidak kunjung hilang bisa jadi dia bermasalah dengan sinusitisnya.

  1. Tidur yang Cukup

Orang yang tidak memiliki kebiasaan mendengkur pun jika dia kelelahan maka dia akan memiliki dengkuran dengan suara yang cukup keras. Hal ini tidak berlaku bagi orang yang gemuk saja namun orang yang kurus pun akan beresiko mengalami dengkuran saat malam hari. Oleh sebab itu sebaiknya anda berisitirahat dengan cukup dan tidur yang cukup. Kelelahan justru akan membuat anda mendengkur saat tidur. Tidak hanya itu saja, orang yang kurang tidur akan mudah terserang berbagai macam penyakit akibat kurang tidur. Oleh sebab itu tidurlah yang cukup untuk menghindari berbagai macam akibat kurang tidur malam.

  1. Menggunakan Uap Air Hangat

Untuk menghindari ngorok yang terjadi saat tidur anda bisa menggunakan uap air hangat sebelum anda tidur. Hal itu dikarenakan saat ngorok atau mendengkur erat sekali kaitannya dengan bagian hidung. Oleh sebab itu cobalah anda untuk membersihkan hidung anda agar terhindar dari kebiasaan mengorok. Caranya pun bisa dengan menggunakan hirupan uap air hangat selama 10 menit sebelum anda beranjak tidur. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Tampung 400 ml air panas di sebuah wadah.
  • Campurkan dengan 200 ml air kran atau air sumur.
  • Aduk hingga merata kedua air tersebut.
  • Sebelum tidur hiruplah uap air hangat yang muncul secara dalam-dalam. Uap air hangat itu akan melegakan saluran nafas dan juga melegakan tenggorokan.
  1. Handuk Hangat

Untuk menghilangkan masalah mendengkur akibat tersumbatnya aliran nafas di hidung bisa dengan menggunakan handuk hangat. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu degan membasahi handuk dengan air hangat. Setelah dicelupkan di dalam air hangat gunakan handuk tersebut untuk mengompres hidung anda yang mampet. Mengompres hidung menggunakan air hangat bisa untuk melegakan pernafasan sehingga mendengkur atau ngorok bisa diatasi.

  1. Hidup Sehat Tanpa Alkohol

Sudah tidak diragukan lagi bahwa banyak sekali bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial. Minuman beralkohol disini seperti bir, rum, wine dan juga whisky. Miras oplosan pun juga tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selain bisa membahayakan kesehatan, nyawa pun bisa melayang akibat miras oplosan. Pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia  sangat tidak bagus begitupula untuk otot-otot yang ada dibagian belakang tenggorokan. Otot yang ada di belakang tenggorokan harus terus bekerja meskipun sedang tidur akibat meminum alkohol, hal itulah yang menyebabkan seseorang menjadi mendengkur ketika sedang tidur.

  1. Hindari Obat Penenang

Ngorok atau dengkur juga banyak disebabkan oleh pola hidup sehat yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satu dampaknya adalah orang tersebut akan mengalami mendengkur. Kadang orang menggunakan obat penenang ini untuk menghilangkan masalah-masalah yang ada di otaknya sehingga menimbulkan efek ketergantungan. Sebenarnya penggunaan obat ini sangat tidak bagus untuk otak dan juga untuk sistem syaraf yang ada di dalam tubuh. Alasannya adalah obat penenag itu sama dengan minuman beralkohol lainnya yang membuat otot di bagian belakang tenggorokan menjadi tegang. Obat itu justru akan membuat otot tenggorokan tidak bisa bekerja dengan baik.

Jika memang anda benar-benar membutuhkannya sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya saat mau tidur namun dikonsusi 3 sampai dengan 4 jam sebelum tidur. Usahakan pula untuk mengurangi dosis obat penenang secara bertahap agar ketergantungan anda terhadap obat tidur berkurang.

  1. Jangan Merokok

Siapa yang tidak kenal rokok, rokok di Indonesia menjadi hal yang pro dan kontra. Ada yang mendukung rokok dikarenakan bisa meningkatkan pendapatan negara namun ada yang menolak rokok dikarenakan efek buruk yang dihasilkan. Ada berbagai jenis penyakit akibat merokok  yang sangat membahayakan sehingga anda harus berhati-hati ketika anda memutuskan untuk merokok. Tidak hanya itu saja, merokok ternyata bisa menyebabkan seseorang mendengkur ketika tidur. Alasannya adalah zat berbahaya yang ada di dalam rokok mampu mengiiritasi selaput lendir di dalam pernafasan manusia. Dari iritasi, rokok bisa menimbulkan terjadinya pembengkakan di selaput lendir saluran pernafasan manusia sehingga produksi lendir pun menjad lebih meningkat. Ketika produksi lendir semakin banyak akibatnya adalah saluran pernafasan menjadi tersumbat sehingga suara dengkuran akan muncul ketika tidur.

Mengingat banyaknya bahaya merokok sebaiknya anda menerapkan berbagai cara berhenti merokok  agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit akibat rokok dan menghindari ngorok saat tidur.

  1. Yoga dan Rileksasi

Cara selanjutnya untuk menghindari atau menghilangkan ngorok adalah melakukan yoga maupun melakukan rileksasi. Yoga dan rikleksasi yang dilakukan mampu digunakan untuk menghilangkan ngorok. Perlahan namun pasti yoga yang anda lakukan mampu  membantu anda dalam menghentikan kebiasaan anda dalam mengorok.

Sama halnya degan yoga, rileksasi pun bisa digunakan untuk menghilangkan kebiasaan anda dalam mendengkur. Mengapa relaksasi bisa digunakan untuk menghilangkan ngorok?, hal itu dikarenakan relaksasi yang dilakukan mampu digunakan untuk menghilangkan rasa lelah dan penat yang ada di dalam tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya jika mengorok bisa disebabkan oleh kelelahan maka ketika kelelahan itu hilang mengorok pun akan hilang. Otot yang tegang pun bisa dirilekskan menggunakan rileksasi ini. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk rileksasi, misalnya saja adalah jalan-jalan santai, merenung di pegunungan, memasang aromatherapy di kamar, berendam di bath up yang ada aromatherapy nya, mendengarkan musik klasik dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Tidak Makan Malam

Cara menghilangkan ngorok selanjutnya adalah dengan tidak makan malam ketika hendak tidur. Banyak orang yang bergadang dan memakan makanan berat untuk mengganjal rasa laparnya. Sehabis makan berat pun mereka banyak yang menyemil makanan ringan untuk melengkapi bergadang mereka. Kebiasaan makan malam ketika hendak tidur atau menyemil menjadi penyebab seseorang menjadi mendengkur saat malam hari.

  1. Menjaga Kebersihan Udara di Dalam Kamar

Cara menghilangkan mendengkur saat malam hari adalah dengan menjaga kebersihan udara di dalam kamar anda. Udara kotor yang ada di dalam kamar anda bisa menjadi penyebab seseorang menjadi mendengkur. Udara yang kotor bisa membuat terjadinya iritasi di bagian membran tenggorokan dan langit-langit lunak yang ada di dalam mulut seseorang. Hal ini bisa terjadi pada orang yang mengalami alergi. Orang alergi sangat rentan dan sensitif terhadap serbuk sari, bulu binatang dan partikel udara yang kotor. Oleh sebab itu jika anda alergi sebaiknya menjaga kebersihan tempat tidur dan jagalah tempat tidur anda dari debu sebab debu akan membuat anda semakin tidak nyaman berada di dalam kamar. Berikut ini ada kiat-kiat yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan kamar anda agar terhindar dari debu :

  • Mencuci sprei, sarung bantal, sarung guling dan juga selimut beberapa minggu sekali.
  • Jemur bantal, guling dan kasur setiap minggu sekali. Saat menjemurnya anda bisa menggunakan sapu lidi atau menggunakan media lainnya untuk memukul-mukul bantal, guling dan kasur yang anda miliki. Tujuannya adalah agar debu yang ada di dalam bantal, guling dan kasur tersebut bisa keluar secara sempurna sehingga anda tidak akan bersin-bersin ketika menggunakan bantal, guling dan kasur tersebut.
  • Bersihkan debu yang ada di dalam kamar anda menggunakan vacuum cleaner atau sapu, usahakan anda menutup muka anda dan hidung anda menggunakan masker agar tidak ada debu yang masuk ke saluran pernafasan anda.
  • Bersihkan sawang yang menempel di langit-langit ruangan.
  • Hindarkan binatang seperti kucing di dalam kamar anda sebab kucing bisa memicu anda untuk bersin-bersin.
  • Jika anda berada di iklim yang kering anda harus menggunakan pelembab di kamar tidur anda ketika anda hendak tidur. Fungsinya adalah tenggorokan bisa meradang akibat bernafas di udara yang kering saat malam haru sampai dengan pagi hari.

  1. Berolahraga

Penelitian menemukan fakta bahwa dengan berolahraga bisa digunakan untuk menghilangkan dengkuran atau membuat dengkuran bisa dengan mudah diatasi. Tidak hanya itu saja olahraga bisa membuat anda menurunkan berat badan dan merampingkan perut yang buncit. Untuk mengatasi ngorok saat tidur anda bisa berolahraga dengan jenis olahraga aerobik agar badan anda menjadi energik dan lebih bugar. Bonusnya adalah membuat badan anda lebih langsing atau kurus dibandingkan sebelumnya.

  1. Mengkonsumsi Cukup Cairan

Yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah usahakan agar tubuh anda mengkonsumsi cukup cairan. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan menghindarkan anda dari dehidrasi. Seperti yang kita ketahui bahwa bahaya dehidrasi  ini sangat berbahaya dikarenakan organ tubuh banyak terdiri dari air. Otak yang ada di dalam tubuh manusia pun terdiri dari air sehingga jika terkena dehidrasi organ yang ada di dalam tubuh khususnya otak tidak bisa bekerja dengan maksimal. Kenali efek kekurangan air putih bagi tubuh agar anda terhindar dari efek buruknya.

Jika anda dehidrasi, kotoran yang ada di dalam hidung dan juga tenggorokan menjadi lebih tebal dan lengket, hal ini menjadikan saluran nafas terhambat sehingga timbullah dengkuran tersebut. Minum air putih cukup bisa digunakan untuk menghidari pengentalan kotoran hidung dan tenggorokan sehingga nafas menjadi lancar dan tidak terganggu.

  1. Meninggikan Kepala

Cara menghilangkan ngorok saat tidur lainnya yang bisa anda lakukan di rumah adalah dengan meninggikan saluran nafas yang anda miliki saat tidur. Caranya adalah dengan meninggikan kepala anda dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi. Alasannya adalah saat anda meninggikan kepala anda, anda bisa mengubah posisi lidah yang ada di dalam mulut anda dan mebubah posisi rahang. Dengan cara begitu diharapkan saluran napas anda bisa terbuka sehingga kebiasaan mendengkur bisa berkurang.

Untuk meninggikan posisi kepala anda, anda bisa menggunakan bantal lebih satu dengan bantal yang tebal bukan yang tipis. Bantal yang terbuat dari kapas akan bermanfaat bagi anda dibandingkan dengan bantal dakron. Bantal dari dakron akan membuat posisi leher anda tertekuk sehingga mempersempit saluran pernafasan.

Itulah berbagai macam cara mengatasi ngorok saat tidur yang bisa anda coba di rumah. Jika cara tersebut sudah dicoba namun tidak membawa hasil sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter. Hal itu dikarenakan mengorok saat tidur bisa jadi menjadi gangguan tidur yang serius seperti apnea tidur. Apnea tidur merupakan hambatan di saluran nafas ketika tidur dan bisa dialami oleh orang yang gemuk. Oleh sebab itu segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan cara mengatasi ngorok saat tidur yang efektif.

, ,
Post Date: Friday 26th, February 2016 / 07:39 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat