Sponsors Link

44 Cara Cepat Gemuk dan Sehat – Makanan, Pola Hidup, Herbal

Sponsors Link

Terlalu kurus? Bermasalah dengan berat badan? Banyak diantara kita pasti punya permasalahan serupa. Ingin tubuh yang sedikit berisi. Terlalu kurus, kan, tidak enak dilihat juga. Kita mungkin dapat mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar (makan berlebihan) agar berat badan cepat naik dan membuat tubuh gemuk. Namun terkadang seiring bertambahnnya berat badan karena makan banyak, juga diiringi munculnya penyakit. Lalu, adakah tips membuat tubuh cepat gemuk dengan cara yang sehat? Info berikut ini dapat membantu kita

ads

1. Sering-Sering Makan

Seseorang yang memiliki tubuh kurus biasanya akan lebih cepat kenyang ketika makan. Untuk menaikkan berat badan, makanlah dengan porsi yang kecil (kurang lebih sebanyak 6 porsi) dalam sehari. Jangan makan langsung porsi besar.

2. Pilih Makanan Bernutrisi Tinggi

Kebutuhan nutrisi manusia yang terkandung dalam makanan bisa mempengaruhi bobot tubuh. Jika ingin gemuk, cukupi konsumsi buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan serta makanan yang mengandung protein tak berlemak. Tak lupa susu rendah lemak (low fat).

3. Konsumsi Smoothies atau Shakes

Menambah berat badan dapat dilakukan dengan minum smoothies atau shakes yang terbuat dari susu rendah lemak dan jus buah-buahan. Hindari bahaya minuman bersoda.

4. Konsumsi Camilan Sehat

Camilan yang disaranan untuk membantu menaikkan bobot tubuh adalah makanan yang kaya kalori seperti : jus alpukat, kacang-kacangan, berbagai buah.

5. Janganlah Minum Sebelum Makan

Minum sebelum makan dapat menurunkan nafsu makan dan membuat kita jadi cepat merasa kenyang.

6. Cukup Olahraga

Yang disarankan adalah push up dan angkat beban. Karena keduanya dapat membuat massa otot meningkat.

7. Menambah Kalori

Tingkatkan kalori dengan berbagai macam minuman dan makanan yang mengandung kalori seperti pop corn, keju, alpukat, roti gandum, dsb.

8. Stop Kebiasaan Merokok

Semua perokok pasti bertubuh kurus. Disebabkan oleh kandungan rokok dapat mengurangi nafsu makan.

9. Gula dan Lemak Harus dikontrol

Lebihnya gula dan lemak di tubuh berakibat pada turunnya berat badan (badan yang kurus). Maka kita harus mengontrolnya supaya dapat menambah berat badan.

10. Konsultasi pada Ahli Gizi

Badan yang terlalu kurus amatlah berbahaya. Maka perlu konsultasi pada ahli gizi mengenai penyebab bobot tidak kunjung naik dan solusi untuk mengatasinya.

11. Tidur Teratur

Jangan sering begadang jika tak ada hal penting yang harus dilakukan. Akibat begadang malam bukan hanya membuat tubuh jadi gemuk malah menyusutkan tubuh kita. Usahakan tidur berkualitas dan teratur untuk meningkatkan berat badan.

12. Jangan Ragu Bertanya

Misalnya ada kerabat yang semula kurus namun kini sudah gemuk. Bisa kita bertanya resep cepat gemuk dan sehat padanya. 

Cara Cepat Gemuk Melalui Makanan Sehat

Bahaya junk food bisa membuat badan gemuk, namun jangan salah! Ternyata selain junk food, ada jenis makanan sehat yang dapat membuat gemuk. Antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Salad – Makanan yang terbuat dari campuran sayuran atau buah ini sehat untuk dikonsumsi, tapi juga dapat meningkatkan berat badan.
  2. Teh Manis – Terutama teh yang mengandung antioksidan (baik untuk kesehatan), namun jangan terlampau banyak gula yang ditambahkan. Sehingga dapat membuat gemuk menjadi tidak sehat.
  3. Kopi – Minuman ini mengandung kafein dan menyumbang sebanyak 300 kalori. (baca juga : bahaya kafein dalam kopi)
  4. Yogurt – Yogurt merupakan makanan yang mengandung kalsium yang tergolong tinggi. Namun ternyata kalorinya tinggi juga, lho.
  5. Jus jeruk atau Jus Apel – Sebotol jus jeruk atau jus apel (16 ons), mengandung 55 gram karbohidrat yang kadarnya sama dengan lima buah roti.
  6. Sandwich – Makanan ini penyumbang 210 kalori, juga lemak dalam satu porsi sandwich.
  7. Anggur Merah – Baik untuk kesehatan jantung, juga penambah berat badan.
  8. Alpukat – Buah ini tinggi kalori dan merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi.
  9. Gluten – Ini juga termasuk salah satu penambah berat badan sehat.
  10. Cokelat Hitam – Makanan ini bagus untuk kesehatan jantung dan penambah bobot tubuh.
  11. Buah Kering – Dalam secangkir buah kering, terdapat kandungan kalori beberapa kali lipat dari satu cangkir buah yang segar.
  12. Smoothies – Mengandung kalori tinggi, dapat meningkatkan berat badan.
  13. Kacang-kacangan – Kacang-kacangan (kacang hijau, almond, dan kacang tanah), termasuk juga kacang kemasan yang mengandung omega 3 adalah penyumbang kalori dan dapat menaikkan berat badan.
  14. Kentang – Bahan makanan yang satu ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Jadi jika banyak orang mengira kentang bagus dimakan saat program diet, anggapan itu tidaklah benar.
  15. Daging Merah – Kandungan lemak dalam daging merah yang banyak dapat menambah bobot tubuh kita. Tapi jangan konsumsi berlebihan, ya. Sebabnya, selain lemaknya tinggi daging merah juga mengandung kolesterol tinggi.
  16. Susu Whole Milk – Susu yang tinggi kalsium sekaligus lemak. Jadi dapat menambah tumpukan lemak di tubuh si kurus.
  17. Nasi Putih – Tingginya karbohidrat dalam nasi putih, bisa menambah pundi-pundi lemak badan.
Sponsors Link

Tambahan dalam Makanan dan Minuman yang Membuat Gemuk

1. Isi dalam Roti

Roti yang dianggap sebagai salah satu menu sarapan sehat (terutama roti gandum) pun dapat meningkatkan berat badan bila konsumsinya tidak tepat. Contohnya menggunakan beragam isian yang kurang sehat seperi cokelat pasta, susu kental manis, keju, kentang goreng, dsb.

2. Jus dengan gula

Jus yang bahan dasarnya adalah buah-buahan dan beberapa jenis sayur memang sehat dikonsumsi. Tetapi jika kita tidak membuat sendiri alias membeli, terkadang penjual menambahkan cairan gula dan susu kental manis yang menyebabkan naiknya berat badan.

3. Yogurt dengan tambahan gula

Yogurt dengan tambahan gula atau yang memiliki beragam rasa terasa lebih enak dimakan bila dibandingkan dengan yogurt tanpa rasa. Namun penambahan rasa tersebut, membuat yogurt jadi salah satu penyebab badan gemuk.

Cara Cepat Gemuk dengan Ramuan Herbal

Sudah melakukan berbagai cara tetapi berat badan tak bertambah banyak? Cobalah konsumsi ramuan herbal yang berkhasiat mengatasi masalah berat badan (terlalu kurus) agar bisa lebih berisi.

  1. Brotowali
    Bahan herbal yang termasuk dalam temu-temuan ini rasanya sangat pahit. Di balik rasa yang kurang sedap ternyata brotowali berguna sebagai penambah berat badan. Cara membuat ramuan ini, rebuslah brotowali memakai kuali tanah atau wadah dari tanah liat sampai matang, konsumsi airnya setiap hari secara teratur.
  2. Temulawak
    Ketika nafsu makan berkurang, temulawak pun jadi andalan. Cara membuat ramuannya adalah dengan menghaluskan temulawak yang selanjutnya dicampurkan dengan beberapa sendok air dan gula aren. Nafsu makan kembali, tubuh bisa menjadi gemuk.
  3. Daun Pepaya
    Ramuan ampuh penambah berat badan selanjutnya adalah daun papaya yang dihaluskan kemudian dicampur air dan garam. Air perasan daun pepaya yang terasa pahit dan sedikit asin bisa rutin dikonsumsi.
  4. Kombinasi Kunyit dan Daun Pepaya
    Siapkan kunyit sebanyak 2 ons,  setengah buah kelapa tua, 2 helai daun pepaya, air 1 liter, dan gula aren sesuai selera.  Kunyit, daun pepaya, dan kelapa semuanya diparut. Air yang satu liter tadi dibagi menjadi dua bagian. Setengah liter untuk parutan kunyit dan daun pepaya, yang setengah lagi untuk parutan kelapa. Saringlah semua bahan, kemudian aduk jadi satu. Selanjutnya direbus dan tambah gula aren. Minum tiga kali sehari.
  5. Kenikir
    Daun kenikir pun mampu membuat berat kita bertambah. Caranya dengan dilalap (jadi lalapan).
  6. Daun Kesumba Keling Plus Madu
    Caranya masih sama yaitu merebus kesumba keling yang kemudian diambil airnya dan ditambahkan pemanis madu.

Olahraga Agar Cepat Berisi (Gemuk)

  1. Anaerobik
    Merupakan jenis olahraga yang tak melibatkan oksigen, berbanding terbalik dengan aerobik. Contoh dari anaerobik : body building, lari jarak pendek. Aerobik contohnya : jogging, jalan cepat. Olahraga tanpa melibatkan oksigen sangat cocok bagi orang yang ingin menambah bobot badan.
  2. Push up
    Melakukan push up secara rutin dapat memperoleh otot dada yang kekar, lengan atas dan bawah, juga bahu. Selain itu push up dapat memperlancar metabolisme tubuh dan peredaran darah.
  3. Angkat Berat
    Efek melakukan jenis olahraga ini adalah jaringan otot jadi terbangun dengan baik dan membuat tubuh gemuk. Yang termasuk angkat beban antara lain : angkat barbell dengan bermacam posisi, diantaranya squats, bent over, bench press, shoulder press.
  4. Train To Failure
    Tekhnik train to failure biasa dipakai oleh para atlet dalam membentuk otot. Melakukan tekhnik pada salah satu bagian tubuh kita hingga otot sampai pada batas maksimalnya (tidak dapat lagi dilakukan oleh otot tersebut). Latihan kekuatan otot sebaiknya tiap dua hari sekali, jangan setiap hari. Karena otot pun perlu istirahat.
ads

Dampak Kegemukan yang Tidak Sehat

Pada kondisi tertentu, dampak memiliki tubuh gemuk juga berbahaya, berikut ini diantaranya :

  • Resiko Terjangkit Penyakit Kronis – Berbagai penyakit kronis dapat bersarang di badan kita apabila terlalu gemuk.
  • Mengalami Gangguan Pinggang Juga Lutut – Beban yang berlebihan dari tubuh bisa berefek pada punggung yang sakit. Tubuh gemuk juga rentan osteoporosis.
  • Penyakit Kanker – Pada pria berpotensi terkena kanker kolon, kanker pankreas, tiroid, dan kanker ginjal. Sedangan pada wanita dengan tubuh gemuk berpotensi terkena kanker ginjal, kanker kantung empedu, dan kanker rahim.
  • Kurang Percaya Diri – Tubuh yang gemuk sangat mempengaruhi penampilan. Orang dengan bobot over cenderung kurang rasa percaya diri. Bagi remaja kemungkinan akan menerima ejekan dari teman sebaya tentang badannya yang gemuk, bahkan mengalami bully.
  • Gangguan Tidur – Sleep apnea merupakan salah satu gangguan tidur berupa napas yang terhenti beberapa saat kala tidur. Kondisi ini mengakibatkan turunnya kadar oksigen di tubuh, dan meningkatkan serangan stroke juga berpengaruh pada jantung. Gangguan yang sangat serius ini perlu penanganan yang khusus.
  • Jantung – Resiko penyakit jantung berpeluang besar menghampiri seseorang bertubuh gemuk. Sudah banyak kasus orang gemuk meninggal mendadak akibat serangan jantung.
  • Batu Ginjal – Lemak dapat menyumbat saluran pembuangan air seni. Jika fungsi ginjal terganggu, maka akan membahayakan kita.
  • Tumit Tampak Pecah – Orang gemuk cenderung memiliki tumit pecah-pecah yang sangat mengganggu penampilannya.
  • Lemah Otot- Otot orang gemuk yang terselubung lemak membuat mereka malas beraktivitas dan lemah.
  • Haid Tidak Teratur dan Mengganggu Kesuburan – Tidak seimbangnya hormon dalam tubuh orang gemuk menyebabkan metabolisma tubuh kurang baik. Dampaknya adalah siklus haid yang tak teratur dan mengganggu kesuburan.
  • Hipertensi – Kolesterol dalam darah orang-orang bertubuh gemuk dapat memicu tersumbatnya pembuluh darah.
  • Arthritis – Tekanan yang terjadi di persendian menyebabkan arthritis atau radang pada sendi.

Faktor Penyebab Kegemukan

  • Konsumsi Obat – Ada beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan efek samping berupa naiknya berat badan. Hal ini dikarenakan obat tersebut mempengaruhi nafsu makan dan metabolisme tubuh.
  • Tengah Depresi – Orang yang depresi akan lebih mudah menaikkan berat badannya. Karena saat seseorang depresi, banyak yang lari pada makanan. Melepaskan beban dengan makan yang banyak dan tanpa kendali. Makanan yang berlemak dan tinggi kalorilah penyebab gemuknya tubuh.
  • Sindrom Cushing – Ini adalah sejenis gangguan pada tubuh di mana hormon kortisol yang diproduksi tubuh terlampau banyak. Sehingga menyebabkan darah tinggi, berat badan naik, osteoporosis, kulit berubah warna khususnya di paha, pipi, perut.
  • Umur yang Kian Tua – Pada usia di atas empat puluh tahun, kemampuan tubuh membakar lemak dan kalori jauh menurun dibanding saat usia belasan. Karena itu agar metabolisme tubuh tetap baik bisa melakukan olahraga teratur dan mengurangi makan.
  • Tumit Nyeri – Nyeri tumit termasuk juga nyeri pinggul pun dapat menaikkan berat badan kita.
  • Nutrisi Kurang – Kekurangan magnesium, zat besi, dan vitamin D dapat berakibat pada gangguan metabolisme, imunitas tubuh, dan lemahnya energi. Gangguan metabolisme akan berpengaruh pada penyerapan nutrisi tubuh.
  • Gangguan Pencernaan – Sebab berat badan naik bisa jadi karena susah buang air besar juga dehidrasi. Maka dari itu banyaklah konsumsi serat dan air agar tidak dehidrasi.


Jenis Minuman pemicu Kegemukan

  • Kurang Air Putih – Kurangnya asupan air putih adalah salah satu penyebab metabolisme tubuh kacau. Proses metabolisme tubuh yang buruk, berpengaruh pada pembakaran kalori dan lemak tubuh yang tidak lancar. Berakibat pada penambahan bobot tubuh.
  • Minum Jus Buah Berlebihan – Konsumsi jus buah tanpa tambahan apapun itulah yang sehat. Akan tetapi jika sudah ditambah banyak gula atau susu kenal manis, jus justru memancing berat badan naik.
  • Berlebihan Konsumsi Minuman Kafe – Minuman kafe? Apa itu? Bagi yang sering nongkrong di kafe pasti tidak asing dengan bubble drink atau latte. Dua minuman dengan kadar gula banyak dan kalori berlebih yang dapat menyebabkan gemuk.
  • Suka Minuman Bersoda – Minuman soda diet atau soda biasa tidak ada bedanya. Keduanya tetaplah minuman bersoda yang tak baik bagi tubuh. Terlalu sering mengkonsumsinya dapat menaikkan berat badan. Pemanis lain sebagai ganti dari gula yang terkandung di dalam minuman soda, membuat hormon penyimpan lemak mengubah responnya terhadap gula.
  • Kopi dengan Tambahan Gula Berlebih – Kopi yang telah dicampur dengan berbagai bahan dan pemanis (gula, susu, dsb) dapat membuat tubuh bertambah beratnya.
  • Gemar Konsumsi Minuman Beralkohol – Kalori dan gula yang terkandung di dalam minuman beralkohol itu kadarnya hampir sama dengan yang ada dalam junk food. Selain itu minum alkohol saat kondisi perut yang kosong dapat mengakibatkan penumpukan lemak di aliran darah.


Makanan Tak Sehat Penyumbang Kegemukan

  • Burger – Junk food ini dapat menyebabkan kegemukan. Terlebih bila konsumsinya berlebihan. Selain tinggi garam, lemak jenuhnya pun melimpah.
  • Gorengan – Camilan favorit ini ternyata berbahaya bagi kesehatan dan dapat menjadi penyebab badan gemuk. Lemak jahat yang terdapat di dalam gorengan merupakan salah satu pemicunya. Ingat! Minyak yang dipakai untuk menggoreng tidak hanya sekali, tapi berkali-kali. Wajar saja jajanan ini tak sehat. (baca juga : bahaya mengkonsumsi gorengan)
  • Nugget Ayam – Bahan makanan praktis yang pasti disukai anak-anak. Dibalik kepraktisan dan rasa lezatnya ternyata dalam nugget ayam lebih banyak terkandung lemak dan karbohidrat dibandingkan proteinnya. Lemak dalam kadar besar bisa membuat gemuk. Apalagi proses penggorengan yang juga menambah jumlah lemak.
  • Es Krim – Peningkatan berat badan ita bisa saja disebabkan konsumsi es krim. Ya, olahan susu ini banyak mengandung lemak dan gula.
  • Kuah Daging – Saat merebus daging, akan kita dapati kuah rebusan yang lezat. Kuah ini pun dapat meningkatkan bobot kita. Terlebih ada kandungan lemak jenuh dan karbohidrat.
  • Roti Gandum
    Tambah berat badan cepat dengan konsumsi roti gandum. Namun tak disarankan bagi orang yang telah memiliki tubuh gemuk.
  • Sereal yang Manis – Sereal baik untuk sarapan pagi. Jangan pilih sereal manis karena dapat meningkatkan kadar gula dan banyak kandungan karbohidrat. Dapati tubuh yang gemuk setelah konsumsi sereal manis terus menerus.
  • Keju – Salah satu olahan susu yang banyak lemaknya ini dapat membuat timbunan lemak tubuh bertambah.
  • Saus Krim – Apabila ingin memakai saus krim, buatlah sendiri dari bahan-bahan yang sehat. Karena krim di pasaran dapat membuat kegemukan. Karena tingginya kandungan lemak dan gula.
  • Mentega – Bahan ini biasa dipakai untuk memasak aneka makanan agar lebih terasa enak. Yang ingin menambah berat tubuh dengan cepat makanlah roti dengan lumuran mentega.
  • Sosis – Olahan daging ini hampir sama dengan nugget. Lemaknya cukup tinggi dan dapat mengakibatkan kegemukan jika sering dikonsumsi.
  • Mayones – Bahan ini terbuat dari telur dan juga minyak. Jadi lemaknya dapat meningkatkan bobot kita.


Anak yang Gemuk Tidak Selalu Sehat

Banyak orang tua yang senang tatkala melihat buah hatinya gemuk. Padahal tubuh yang gemuk itu belum tentu sehat. Anak yang bertubuh gemuk terkadang disebabkan karena banyak makan makanan yang tak sehat yang kalorinya tinggi (fast food contohnya). Seperti ayam goreng (fried chicken), burger, juga penyumbang bertambahnya berat badan. Makanan sejenis ini dapat menyebabkan anak kurang gizi karena kandungan vitamin dan mineralnya rendah. Padahal anak yang masih dalam masa tumbuh kembang perlu sekali nutrisi, vitamin, dan mineral untuk mendukurng pertumbuhan yang optimal.

Jika buah hati kelebihan berat badan, maka bisa memancing penyakit ke tubuhnya. Salah satunya adalah penyakit jantung akibat dari lemak yang menimbun di dalam tubuhnya dapat menyumbat peredaran darah. Orang tua harus dapat memberikan makanan yang bergizi dan kaya nutrisi pada buah hati agar perkembangannya baik. Ada beberapa ciri anak gemuk tapi kurang gizi diantaranya, kulit tak kencang, kurang agresif, tidurnya amat pulas.

Anak-anak yang gemuk namun memiliki permasalahan pada nutrisi dan gizinya akan cenderung tidak peduli, keaktifan kurang, konsentrasinya kurang. Berbeda dengan yang memiliki gizi baik yang aktif bergerak, motorik cepat, perkembangan bahasa baik, analisa bagus, dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar secara cepat.

Dampak Kegemukan Lainnya

Punya berat badan ideal? Siapa yang tidak mau. Semua, baik laki-laki atau perempuan tentunya ingin mempunyai tubuh yang ideal. Seperti apa tubuh ideal itu? Yaitu antara bobot dan tinggi badan seimbang (tidak terlalu kurus dan tidak terlampau gemuk). Terutama bagi kaum hawa yang sangat peduli pada penampilannya, mereka akan berusaha keras untuk senantiasa menjaga berat badan agar penampilannya tetap menarik dan cantik. Terkadang stress juga dialami sebagian wanita karena memikirkan berat badannya yang tak ideal atau kegemukan. Berbagai cara dilakukan, termasuk cara yang instan. Contohnya dengan jalan operasi atau sedot lemak. Meskipun kita tahu bahwa cara-cara tersebut tidak baik atau kurang efektif.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 03rd, December 2015 / 08:06 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat