Sponsors Link

13 Cara Berhenti Merokok yang Ampuh dengan Cepat

ads

Apakah anda memiliki kebiasaan merokok? Merokok memang banyak dilakukan oleh remaja, dewasa hingga orang tua. Meskipun merokok bisa menimbulkan masalah kesehatan yang sangat serius namun hal itu tidak menjadi halangan. Banyak orang yang tidak bisa berhenti merokok karena sudah kebiasaan dan sulit untuk berhenti. Namun jika memang Anda berniat untuk berhenti merokok maka Anda benar-benar bisa melakukannya. Sudah banyak orang yang berhenti merokok dan menjalani gaya hidup sehat bebas asap rokok bersama teman dan keluarga.

Mengapa Harus Berhenti Merokok?

Larangan akan bahaya merokok tidak hanya didorong oleh pemerintah dan instansi kesehatan tapi juga oleh semua orang. Termasuk bahaya perokok pasif atau orang yang tidak merokok dan menghirup asap rokok dari orang lain. Ada berbagai alasan yang sangat kuat ketika seorang peroko harus segera berhenti dari kebiasaan buruk ini. Alasan yang paling kuat adalah masalah kesehatan.

Rokok mengandung nikotin yang bisa tertinggal dalam paru-paru dan organ tubuh. Zat ini akan terus menumpuk dalam perokok dan sulit untuk keluar dari tubuh. Selain itu, nikotin menimbulkan kecanduan yang berarti bahwa berhenti merokok membutuhkan usaha yang sangat keras. Setelah nikotin tertinggal dalam tubuh maka bahaya kesehatan yang harus dihadapi sangat besar seperti serangan jantung, liver, kanker, tekanan darah tinggi, impotensi dan penyakit lainnya. Jadi, pikirkan untuk berhenti merokok sekarang.

Cara Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok bisa menimbulkan kecemasan dan depresi yang buruk. Artinya bahwa perokok yang tidak mendapatkan rokok dalam waktu tertentu bisa mengalami kecanduan. Akibatnya maka menjadi depresi, mudah marah dan berbagai sikap buruk lainnya. Selain itu masalah kesehatan menjadi masalah yang sangat besar di masa depan.

Dibawah ini adalah berbagai jenis cara untuk berhenti merokok :

1. Buat Rencana Berhenti Merokok Jangka Pendek

Berhenti merokok memang tidak bisa dilakukan secara mendadak dan tanpa rencana yang baik. ketika Anda memiliki kebiasaan merokok yang parah maka cobalah untuk berhenti merokok untuk sementara waktu. Anda bisa membuat rencana jangka pendek dengan berhenti merokok selama dua hari, empat, hari, satu minggu, dua minggu dan waktu yang lebih panjang.

Pada awalnya mungkin kondisi tubuh akan membentuk reaksi penolakan. Tapi Anda bisa memberikan prioritas yang terbaik untuk pilihan masa depan Anda.

2. Tanyakan Alasan, Mengapa Anda Merokok?

Banyak orang yang merokok tanpa alasan dan ini berarti bahwa sebenarnya rokok tidak penting untuk hidup mereka. Ketika ingin berhenti merokok maka Anda bisa mencoba untuk bertanya pada diri sendiri. Apakah Anda merokok karena gengsi, ingin terlihat menonjol, untuk kebiasaan setelah makan, atau Anda merokok karena merasa lebih tenang. Setelah Anda bertanya tentang alasan pribadi maka pikirkan kembali bahwa sama sekali tidak memiliki alasan untuk merokok.

sponsored links

3. Buat Pengumuman, Jika Anda Berhenti Merokok

Memberikan sebuah kebanggan khusus ketika bisa berhenti merokok akan menjadi prestasi yang sangat baik. Cara berhenti merokok setelah menetapkan target waktu untuk berhenti merokok, maka harus memberi tahu teman atau keluarga. Langkah ini akan mengingatkan diri pribadi bahwa Anda sudah membuat komitmen untuk berhenti merokok. Orang yang sudah Anda beritahu juga pasti akan memberikan dukungan.

4. Cari Teman untuk Berhenti Merokok

Mencari teman untuk berhenti merokok akan membuat program berjalan lebih baik. Seorang perokok harus memiliki kebiasaan untuk saling mengingatkan dan mendapatkan dukungan dari orang dengan visi yang sama. Anda bisa mencari teman atau keluarga untuk berhenti merokok. Setelah itu Anda bisa mencari berbagai cara atau kebiasaan baru sebagai pengganti rokok.

5. Lawan Keinginan Merokok

Banyak orang yang sudah berhasil berhenti merokok namun hanya bertahan pada tahap pertama saja. Hal ini biasanya disebabkan karena tidak ada cara lain untuk melawan keinginan merokok. Merokok terlihat seperti panggilan jiwa namun jika setelah berhenti merokok dan mulai untuk merokok lagi maka itu akan memberikan reaksi yang berbeda pada tubuh. Jadi, buat rencana cara berhenti merokok lainnta seperti pergi dengan keluarga dan melupakan keinginan untuk merokok lagi.

6. Buang Rokok dari Lingkungan Anda

Melihat rokok akan membuat anda tertarik kembali untuk merokok. Jadi, setelah menetapkan program untuk berhenti merokok maka buang semua rokok, bungkus rokok dan korek api dari rumah dan tempat kerja. Buat lingkungan baru menjadi lebih sehat. Selain itu, hilangkan semua bekas bau rokok atau asap yang tertinggal karena bisa membuat kembali ingin merokok. Bersihkan semua pakaian dari bau asap rokok, bersihkan mobil, dan semua bagian rumah dari sisa asap rokok.

7. Hindari Lingkungan Perokok

Jika Anda memiliki lingkungan sosial yang selama ini menjadi dorongan kuat untuk merokok, maka bisa menghindari untuk sementara waktu. Anda tidak harus menghindari persahabatan atau jenis hubungan lain tapi yang dihindari adalah dorongan untuk merokok lagi karena melihat teman atau keluarga merokok. Cara berhenti merokok ini, bisa sangat halus seperti tidak masuk ke lingkungan ketika mereka sedang merokok atau katakan bahwa anda berusaha untuk berhenti merokok.

8. Mengunyah dan Membuat Mulut Nyaman

Banyak perokok yang berusaha untuk berhenti merokok namun tidak bisa mempertahankan keinginan ini. Alasan yang paling sering terdengar adalah mulut yang kurang nyaman seperti asam atau pahit. Untuk mengatasi hal ini maka bisa membuat mulut tetap nyaman dengan mengunyah sesuatu seperti permen yang mengandung mint, kacang, kuaci, atau wortel. Apapun jenis makanan yang bisa dikunyah dan membuat sibuk untuk tidak memikirkan rokok.

9. Olahraga

Olahraga bisa menjadi cara yang sangat baik untuk mendukung usaha Anda agar bisa berhenti merokok. Rokok akan membuat kemampuan fisik berkurang dan tidak sehat.

Sponsors Link

Manfaat olahraga bagi kesehetan bisa dimulai dari berbagai olahraga ringan seperti jalan pagi, jogging, atau renang. Anda juga bisa bergabung ke sebuah klub kebugaran untuk mendapatkan lingkungan yang lebih sehat dan penuh dukungan.

10. Mengikuti Program Terapi

Saat ini sudah banyak rumah sakit atau klinik yang menyediakan program terapi bagi perokok aktif yang ingin berhenti. Cara berhenti merokok ini sangat efektif untuk membantu perokok aktif yang ingin berhenti baik yang sudah mencoba dengan berbagai metode yang dilakukan sendiri atau yang sama sekali belum pernah mencoba. Tujuan terapi ini adalah untuk membantu perokok aktif bisa meninggalkan nikotin dan meninggalkan gaya hidup tidak sehat.

Tips untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang sulit untuk dilakukan, bahkan lebih sulit daripada ketika belajar merokok untuk pertama kalinya. Langkah ini memang seperti kebalikan dari proses mengenal rokok. Bahkan ada beberapa dampak yang muncul setelah berhenti merokok. Berikut ini adalah beberapa tips untuk orang yang ingin berhenti merokok :

  1. Beritahu orang di sekitar Anda terutama keluarga dan teman agar memahami situasi perubahan emosi dan fisik Anda.
  2. Dapatkan dukungan dari teman atau keluarga sangat penting untuk membuat proses berjalan dengan baik.
  3. Ketika mulai berhenti merokok maka tubuh akan membentuk reaksi seperti ingin merokok, marah, depresi, cemas, gugup, sulit berkonsentrasi, nafsu makan yang lebih baik, sakit kepala dan sulit untuk tidur. Jadi langkah yang paling baik untuk mengatasi berbagai gejala ini adalah dengan mencari teman atau keluarga untuk berbagi.

Usaha untuk berhenti merokok memang sangat baik untuk dilakukan. Semua orang baik termasuk dalam perokok berat maupun perokok pemula memiliki resiko kesehatan di masa depan. Jadi, langkah untuk berhenti merokok bisa memberikan harapan yang lebih baik untuk kehidupan di masa mendatang.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 10th, August 2015 / 08:47 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat