Sponsors Link

Jatuh Terduduk – Pemicu, Ciri Khas Gejala, Penanganan

Sponsors Link

Jatuh terduduk atau jenis trauma kecelakaan yang menyebabkan kita terjatuh pada permukaan dengan posisi duduk alias bokong membentur permukaan dataran bisa berakibat membahayakan bagi anggota tubuh kita utamanya pada bagian tulang ekor. Nah jika muncul beberapa keluhan kendala yang menyerang area sekitar tulang ekor akibat dari cidera tersebut maka biasanya akan berakibat pada munculnya manifestasi penyakit bernama coccydynia. Untuk lebih tahu mengenai beragam uraian info mengenai penyakit yang erat kaitannya dengan cidera tulang ekor kala kita tanpa sengaja jatuh dalam kondisi terduduk ini mari langsung saja simak uraiannya di bawah ya: Baca juga: Kelainan Tulang Akibat Posisi Duduk Yang Salah , Bahaya Duduk di Bawah Pohon Malam Hari)

ads

Pemicu Terjadinya Coccydynia:

  1. Selain karena terjatuh pada posisi terduduk, penyakit satu ini umumnya juga bisa saja disebabkan lantaran kebiasaan individu untuk duduk dalam kondisi yang tidak nyaman bagi daerah pinggang dan bokong sebagai penyangga utamanya. Hal ini bisa terjadi semisal kala harus duduk dengan tegang saat bekerja, belajar maupun tengah berkendara dalam jangka waktu panjang dan berkesinambungan yang bersebab pada menumpuknya beban pada anggota penyangga duduk pada tubuh kita. (Baca Juga: Bahaya Duduk Bersila)
  2. Berat badan tak ideal semisal terlalu kurus juga semakin meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami penyakit satu ini. Hal ini tak terlepas akibat pada individu cenderung kurus maka bantalan lemak pada area pantat teramat kurang jumlahnya sehingga saat mengalami cidera ataupun jatuh terduduk maka tulang ekor bisa sangat rentan mengalami kerusakan dan menimbulkan nyeri berkepanjangan. (Baca Juga: Bahaya BAB Duduk)
  3. Masalah berat badan tak ideal pada penderita obesitas juga tak kalah mengancam kesehatan tulang ekor itu sendiri. Berat badan berlebih akibat dari adanya tumpukan lemak menggunung tersebut juga berperan untuk memberi beban berlebih pada area tulang ekor terlebih jika terbiasa duduk dalam waktu yang lama maka nyeri tulang ekor pun bisa saja mengintai kapan saja untuk mendera. (Baca Juga: Penyebab Obesitas pada Anak)
  4. Secara usia, penuaan juga berpengaruh terhadap cidera pada tulang ekor. Karena sejatinya seiring dengan bertambahnya umur maka tekanan pada tulang ekor pun juga bisa bertambah dan menyebabkan timbulnya serangkaian sakit dan nyeri tulang ekor pada penderitanya. (Baca Juga: Bahaya Retak Tulang Belakang)
  5. Rasa nyeri pada tulang ekor juga dapat mendera seseorang yang cenderung terbiasa memberi tekanan pada area tersebut. Semisal saja bagi orang-orang yang emar bersepeda secara rutin maka bukan tak mungkin gejala nyeri tulang ekor juga bisa menyerang.
  6. Seperti yang telah dijelaskan dalam pokok bahasan topik kali ini bahwa trauma atau kecelakaan juga menjadi kontributor yang bisa menyebabkan munculnya keluhan sakit tulang ekor. Semisal jatuh terduduk saat berolahraga atau juga saat tengah mengalami kecelakaan kendaraan dan seterusnya.
  7. Sakit coccydynia ini sendiri umumnya berasal dipicu dari ragam cidera yang menimbulkan nyeri khusus pada area tulang pinggul dan juga tulang ekor. (Baca Juga: Pertolongan Pertama pada Patah Tulang)
  8. Pada wanita riwayat kehamilan dan juga melahirkan dapat menjadi salah satu pemicu adanya keluhan nyeri pada area tulang ekor. (Baca juga: Angin Duduk Mematikan)
    ads
  9. Kebiasaan duduk yang tidak sehat seperti pada permukaan keras yang cenderung sempit dalam waktu yang lama juga dapat memicu timbulnya sakit pada bagian tulang ekor.
  10. Beberapa keadaan medis abnormal atas status kesehatan pasien juga dapat menjadi penyebab sakit tulang ekor mulai adanya infeksi yang mendera ataupun pertumbuhan sel abnormal semisal tumor atau juga kanker. (Baca Juga: Cara Mengobati Angin Duduk)
  11. Posisi duduk yang kuat dan tiba-tiba saja kita terjatuh dengan begitu kerasnya menghantam permukaan datar juga menjadi penyebab cidera tulang ekor yang paling dominan sering dialami oleh para penderita secara umumnya. (Baca Juga: Tanda-tanda Angin Duduk)
  12. Kecelakaan kala berolahraga semisal melayangnya pemukul bola atau terlemparnya bola besar pada area pantat dengan sangat keras juga berpotensi untuk menyebabkan cidera tulang ekor yang berakibat pada timbulnya rasa nyeri yang akan sering melanda penderita (Baca juga:Bahaya Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer)

Ciri Khas Gejala Coccydynia:

  1. Rasa nyeri yang berpusat pada area tulang ekor biasanya akan semakin menjadi kala penderita merubah posisi utamanya dari duduk menjadi berdiri atau juga sebaliknya. (Baca Juga: Kaki Sering Kesemutan Saat Duduk Bersila)
  2. Kala penderita duduk dan menyandarkan diri pada sandaran duduk bagian belakang maka sudah barang tentu rasa nyeri yang timbul juga akan semakin menjadi lagi mengalami kambuhan yang lebih serius. (Baca Juga: Obat Nyeri Otot Bahu)
  3. Sakit coccydynia juga ditandai dengan munculnya serangan nyeri saat penderita duduk dalam jangka waktu lama dan frekuensi sakit tersebut akan terus meningkat seiring dengan semakin lamanya penderita tersebut duduk dalam posisi sama. Bahkan jika penderita menyelinginya dengan sejenak berhenti duduk ataupun berdiri maka rasa nyeri tersebut juga masih saja mendera sebagai efeknya. (Baca Juga: Akibat Duduk Terlalu Lama)
  4. Jika anda iseng melakukan cek memegang area tulang ekor anda bahkan hanya dengan sentuhan lembut jari anda maka rasa nyeri akan datang menyergap begitu saja saat itu juga.
  5. Tak peduli gender baik bagi pria ataupun wanita maka nyeri tulang ekor akan semakin menyiksa kala tengah melakukan hubungan suami istri. Hal ini lantaran area cidera yang mengalami nyeri tersebut mengalami tekanan berarti pada aktifitas tersebut. (Baca Juga: Bahaya Duduk Terlalu Lama)
  6. Rasa nyeri yang berpusat pada tulang ekor tersebut juga dapat menjalar sampai juga menyebabkan gangguan dan keluhan nyeri pada bagian punggung penderita. (Baca Juga: Bahaya Kelamaan Duduk)
  7. Rasa nyeri juga akan semakin menjadi kala penderita tengah menunaikan hajat untuk buang air. (Baca juga: (Baca Juga: Sering Buang Air Kecil)

Penanganan Coccydynia:

  1. Untuk mengurangi rasa nyeri yang mendera penderita bisa memilih menggunakan beberapa obat pereda nyeri semisal aspirin, ibuprofen atau juga golongan asetaminofen. (Baca Juga: Penyebab Kelainan Tulang Belakang)
  2. Pijatan perlahan pada area tulang ekor juga bisa dicoba demi usaha untuk rileksasi area yang mungkin mengalami ketegangan berlebih paska terjadinya trauma yang mendera.
  3. Kala penderita ingin duduk maka ada baiknya beralaskan dengan bantal empuk yang jika bisa berbentuk semisal letter V atau juga bundaran layaknya donat demi menjaa kenyamanan dan terhindar dari serangan nyeri yang bisa menyerang kapan saja. (Baca Juga: Penyebab Kaki Ngilu)
  4. Jika tengah duduk maka ada baiknya juga penderita mengarahkan tumpuan ke bagian depan tubuh bukan justru ke belakang pada sandaran layaknya individu normal tanpa keluhan nyeri tulang ekor. (Baca Juga: Penyebab Terjadinya Lordosis, Kifosis, dan Skoliosis)
  5. Kompres menggunakan pilihan air dingin atau air hangat juga disarankan demi semakin membuat nyaman penderita dan mengurangi keluhan nyeri yang mungkin saja timbul. (Baca Juga: Bahaya Mandi Air Hangat)
  6. Penanganan lanjutan juga dapat diberikan pada penderita keluhan nyeri tulang ekor kronis dengan menggunakan bantuan jasa ahli fisoterapi. Para ahli ini akan mengajarkan penderita beragam gerakan maupun juga latihan pernapasan yang bisa membantu mereka merasa lebih nyaman dan pastinya berkuranglah rasa nyeri yang biasa mereka derita secara berangsur seiring dengan jalannya waktu.
    Sponsors Link

  7. Pijatan manipulatif juga bisa dijadikan opsi yakni dengan prinsip teori serta praktik memijat daerah otot sekitar tulang ekor yang cidera demi memberikan rasa nyaman dan juga mengurangi serangan nyeri yang mendera pada penderita.
  8. Pemberian beberapa jenis obat semisal antidepresan atau juga anti epilepsi yang bisa diguankan sebagai bius lokal pada area nyeri yang bertahan beberapa hari dengan melalui cara pemberian obat suntikan. (Baca Juga: Efek Samping Brotowali)
  9. Dapat juga diterapkan pada teknik pembedahan area tuloang ekor jika memang segala opsi yang telah dicoba tak juga memberikan kemajuan berarti terhadap pasien yang artinya tindakan pembedahan ini merupakan opsi terakhir atau final yang juga memungkinkan terjadinya beberapa efek sampingan pada kesehatan penderita. (Baca Juga: Obat Sakit Tulang)
  10. Penderita juga bisa sesekali jika menghendaki untuk melakukan mandi atau lebih tepatnya berendam dengan air hangat sambil merilekskan suasana tubuh dan meredam rasa nyeri yang kemungkinan tengah menyerang. (Baca Juga: Khasiat Minum Air Hangat Setelah Makan)
  11. Pemijatan maupun usapan halus secara rutin juga bisa dicoba untuk dilakukan dalam waktu-waktu santai demi mengurangi keluhan dari efek trauma yang mendera pada bagian tulang ekor.(Baca Juga: Cara Menghilangkan Trauma Kecelakaan)
  12. Sebaiknya kala trauma tulang ekor menimbulkan serangan rasa nyeri pada penderita janganlah penderita melakukan kegiatan-kegiatan berat yang justru semakin memperparah kondisinya dan memberi ancaman akan terjadinya sakit yang semakin parah di waktu selanjutnya. Demikianlah semoga dapat menjadi pembelajaran, menambah wawasan semoga dapat bermanfaat. Baca juga: Penyebab Sakit Tulang Belakang)

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 21st, January 2017 / 04:48 Oleh :
Kategori : Aktivitas Berbahaya