Sponsors Link

10 Bahaya Berenang Tanpa Pemanasan Bagi Tubuh

Sponsors Link

Bahaya berenang tanpa pemanasan merupakan efek negatif karena seseorang melakukan olahraga tidak diawali gerakan pelemasan otot tubuh terlebih dahulu. Melakukan olahraga yang terburu buru tanpa pemanasan dapat menjadi salah satu penyebab kram kaki. Banyak yang belum memahami bahwa tujuan pemanasan sebelum melakukan aktifitas olahraga dilakukan untuk upaya peregangan otot otot agar tubuh siap menerima gerakan gerakan yang berbeda, Sehingga tubuh dapat terhindar dari bahaya olahraga tanpa pemanasan.

ads

Gerakan Pemanasan Untuk Berenang

Membiasakan diri untuk melakukan pemanasan 20 – 30 menit sebelum melakukan aktifitas berenang adalah satu satunya solusi terbaik untuk menghindari tubuh terserang masalah nyeri dan pegal pegal seluruh tubuh. gerakan gerakan yang termasuk pemanasan adalah :

  • Gerakan yoga
  • Senam ringan
  • Lari lari kecil
  • Gerakan loncat ringan ditempat
  • Melakukan erobik
  • Melakukan gerakan fitnes yang ringan
  • Melakukan gerakan fitness ringan
  • Jalan perlahan hingga bergerak cepat
  • Melakukan push-up atau sit-up
  • Menggerakan tubuh di dalam air menyerupai berenang

Gangguan cedera ketika berenang dapat muncul ketika tubuh mengalami keterkejutan atau tubuh dalam keadaan belum beradaptasi dengan gerakan gerakan diair serta suhu air itu sendiri yang jika dipaksakan dapat memicu otot tegang. Hal ini berhubungan dengan saraf saraf tubuh yang mengalami perubahan bentuk dan pembesaran pembuluh darah.

Inilah akibatnya dari bahaya berenang tanpa pemanasan :

1 . Otot pergelangan kaki keseleo

Tanpa melakukan pemanasan seseorang yang melakukan renang akan mudah mengalami otot keseleo atau terkilir, Yaitu keseleo karena otot tubuh terkejut atau terpaksa untuk menerima gerakan dan merasa tidak siap untuk melakukan gerakan tersebut.

Baca juga : Cara mengatasi keseleo pergelangan kaki paling ampuh

2. Urat terjepit

Sebelum berenang dianjurkan melakukan pemanasan setidaknya 20 -30 menit agar terhindar dari kekakuan dan menderita urat terjepit yang dapat menyebabkan bagian tubuh tertentu terasa nyeri dan sakit jika digerakan misalnya kaki, tangan dan punggung.

Baca juga : penyebab urat terjepit

3. Saraf tubuh terganggu

Berenang tanpa pemanasan terlebih dahulu dapat menyebabkan saraf saraf tubuh mengalami ketegangan dan pengerutan akibat respon dari keterkejutan saraf yang belum siap untuk menerima gerakaan gerakan renang. Jika saraf tubuh terganggu maka akan menimbulkan nyeri pada semua jaringan tubuh pada malam hari.

4. Sakit kepala

Ketegangan saraf diseputar kepala dan otot tubuh secara bersamaan akibat berenang tanpa pemanasan dapat memicu bagian kepala dan belakang leher menderita sakit kepala yang berulang.

Baca juga : Cara mengatasi sakit kepala

Sponsors Link

5. Pudak kaku dan pegal

Berenang tanpa pemanasan dapat menyebabkan pegal pegal disekujur tubuh secara berulang. Pegal pegal dapat timbul tenggelam dan memicu seseorang menjadi stres dan kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.

Baca juga: Cara mengatasi pundak kaku dan pegal

6. Kelelahan luar biasa

Jika sering melakukan berenang tanpa persiapan pemanasan maka tubuh akan mudah terserang kelelahan dan dada sesak. Mudah lelah tersebut disebabkan seluruh otot dan saraf tubuh dipaksa untuk mengimbangi gerakan gerakan tubuh yang mendadak.

7. Nyeri kaki dan tangan

Tanpa pemanasan yang benar seseorang yang berenang seharian dapat mengalami kaki dan tangan nyeri. Kondisi tersebut dapat dirasakan pada malam hari , Hal itu disebabkan otot kaki dan tangan telah mengami paksaan bergerak selama berenang.

8. Nyeri dada

Berenang tanpa pemanasan juga dapat mengakibatkan ketidaksiapan jaringan pernafasan untuk mengikuti irama gerakan yang mendadak. Dada akan terasa berat dan nyeri karena mendapat tekanan mendadak selama didalam air dengan gerakan gerakan yang mendadak tanpa peregangan lebih dulu.

9. Aliran darah terhambat

Jika berenang dilakukan tanpa adanya pemanasan terlebih dahulu maka aliran darah diseluruh tubuh akan mengalami ketidaksiapan dalam menerima gerakan gerakan yang bervariasi ketika didalam air. Aliran adarah akan tersendat dan tidak lancar yang nantinya dapat menyebabkan rasa nyeri pada tubuh.

10. Nyeri ulu hati

Berenang tanpa pemanasan dapat menyebabkan ulu hati merasa mendapat tekanan berulang ulang ketika seseorang sedang melakuakn gerakan renang yang berubah ubah. Otot disekitar ulu hati belum siap mendapatkan gerakan gerakan yang mendadak tanpa peregangan terlebih dahulu, Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami mual dan ingin muntah karean ulu hatinya terasa tidak nyaman.

Baca juga : Penyebab nyeri ulu hati

Tips Agar Terhindar dari Gangguan Otot Setelah Berenang

  • Oleskan krim otot sebelum melakukan gerakan pemanasan
Sponsors Link

Sebelum melakukan pemanasan sebaiknya oleskan terlebih dahulu krim yang diformulasikan untuyk meregangakan otiot otoit yang tegang . pemakaian krim tersebut berguna mempercepat pelemasan otot dan melancarkan aliran darah seputar kaki agar siap menerima gerakan gerakan didalam air.

  • Penggunaan pakaian renang yang tidak tepat dapat memperburuk kesehatan 

Bahaya berenang tanpa pemanasan dapat semakin berbahaya bagi kesehatan tubuh jika seseorang mengenakan pakaian renang yang terlalu ketat dan mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh. Pakaian yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh mempermudah dan mempercepat seseorang mengalami cedera yang terjadi didalam dan diluar tubuh secara bersamaan ketika melakukan gerakan gerakan menyelam didalam air. kenakanlah pakaian yang terasa nyaman atau sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh anda.

Contoh cedera didalam tubuh yaitu seseorang akan menderita sesak nafas dan dada nyeri karena peredaran darah yang tidak lancar, Sedangkan cedera yang terjadi diluar tubuh adalah munculnya lebam lebam kebiruan dipermukaan kulit karena pengaruh kurang stabilnya aliran darah didalam tubuh selama melakukan gerakan gerakan yang variatif ketika berenang.

  • Tidak melakukan olahraga yang berlebihan

Gerakan gerakan berenang yang dilakukan secara berlebihan tanpa melakukan istirahat untuk beberapa saat dapat memicu gangguan lain terhadap stamina tubuh. Bahaya olahraga yang berlebihan mampu mempengaruhi kelancaran peredaran darah yang seharusnya membutuhkan istirahat setelah berjam jama bekerja keras. Istirahatkan tubuh sejenak agar aliran darah kembali lancar.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 01st, June 2016 / 09:02 Oleh :
Kategori : Aktivitas Berbahaya