15 Obat Luka Dalam karena Benturan Paling Efektif

Apakah Anda terbentur sesuatu dan kini mengalami luka dalam di mana juga disebut dengan memar? Baik itu dikarenakan benturan keras atau ringan, Anda tak usah khawatir karena Anda dapat mengandalkan beberapa rekomendasi obat luka dalam karena benturan berikut ini. Di bawah ini adalah beberapa obat ampuh yang bisa membuat proses pemulihan luka dalam akibat benturan tersebut lebih cepat.

(Baca juga: penyebab luka tidak cepat kering)

1. Es Batu

Kompresan akan sangat membantu ketika terjadi benturan dan luka dalam. Sebagai pertolongan pertama benturan kepala atau area tubuh lainnya, mengompres es batu adalah cara paling baik dan efektif untuk meminimalisir peradangan maupun pembengkakan. Untuk mengatasi luka dalam, beri es pada luka memar tersebut.

Kompreskanlah 15 menit lamanya, yakni kira-kira 15 menit dan lakukanlah setiap jam selama beberapa hari di awal luka dalam itu timbul. Es batu adalah bahan yang mudah dan murah yang jelas efektif dalam membuat luka dalam atau memar pulih secara lebih cepat tanpa bengkak dan radang.

2. Air Hangat

Sesudah masuk hari kedua, Anda bisa memberikan kompres hangat pada area luka dalam tersebut. Radang akan berkurang setelah mendapatkan penanganan dari kompres es batu sebelumnya, jadi Anda bisa melanjutkan penanganan menggunakan kompresan air hangat. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan menyiapkan handuk yang sudah dicelup ke air hangat.

Tempelkan handuk tersebut pada area yang terkena benturan dan mengalami luka dalam selama 15 menit atau lebih secara berulang-ulang. Kompresan yang baik adalah hangat saja dan bukannya panas supaya membuat aliran darah meningkat ke jaringan dan membuat proses penyembuhan jauh lebih cepat. Sebaiknya memang kompres air hangat dilakukan sesudah kompres es batu.

3. Parasetamol atau Ibuprofen

Untuk mengobati luka dalam yang muncul akibat benturan, sebaiknya Anda juga mengambil dan mengonsumsi ibuprofen atau parasetamol bila ada. Pereda rasa sakit ini bakal menurunkan potensi bengkak dan radang menjadi lebih parah. Hanya saja, lebih baik tidak mengonsumsi aspirin dan pilih saja salah satu dari ibuprofen atau parasetamol ini.

Sifat anti-inflamasi di dalam kedua obat akan membantu Anda dalam mengurangi rasa nyeri dan tingkat peradangan. Sementara itu, aspirin bukanlah obat yang tepat ketika terjadi luka dalam karena efeknya yang dapat mengencerkan darah. Ini bakal membuat luka memar semakin memburuk.

(Baca juga: obat luka bernanah)

4. Lintah

Apabila Anda mencari obat bengkak memar alami, lintah adalah obat yang juga tepat untuk luka dalam Anda. Sebagian dari kita mungkin tak biasa dan menganggap bahwa lintah cukup mengerikan karena mampu menghisap darah. Namun justru itulah manfaatnya dari penggunaan lintah di mana ia akan menghisap luka Anda; cara ini bisa dicoba kalau Anda berani.

Carilah toko obat holistik karena biasanya di toko tersebutlah dijual lintah hidup-hidup. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan lintah, silakan Anda meletakkannya ke atas luka memar atau luka dalam akibat benturan. Lintah tersebut bakal berada di lapisan atas luka dan menghisap darah; selama proses ini tak akan sakit berkat bahan pada air liur lintah membuat Anda mati rasa.

5. Salep atau Gel Arnica

Untuk mencegah peradangan maupun pembengkakan pada luka dalam yang terjadi karena benturan, salep arnica boleh menjadi solusi tepat. Gel arnica pun sama saja dan bisa menjadi obat ampuh untuk menyembuhkan luka dalam tersebut secara maksimal.

Anda bisa mendapatkan salep atau gel ini karena sebagian besar apotek menjualnya. Arnica sendiri merupakan sebuah jenis tanaman yang mampu membuat radang mereda dan luka memar bisa hilang dengan cukup cepat. Cara penggunaan pun sederhana, yaitu cukup dengan mengoleskannya ke area luka dalam tersebut sehari 2 kali setiap hari sampai luka benar-benar sembuh.

(Baca juga: salep untuk luka bakar)

6. Kulit Pisang

Bila sebelumnya kita sudah membahas beberapa obat kimia ampuh, Anda pun dapat menjadikan bahan sederhana sebagai obat luka dalam ketika terjadi benturan. Kulit pisang yang biasanya Anda buang ke tempat sampai setelah selesai memakan habis daging buahnya ternyata memiliki kemampuan besar untuk menyembuhkan luka dalam tersebut.

Sangat sederhana, Anda bisa menggosokkan bagian dalam kulit pisang langsung ke area yang terluka. Jika pisang adalah buah kegemaran Anda dan selalu mengonsumsinya, kulitnya akan sangat berguna untuk dijadikan obat alami nan efektif bagi yang mengalami luka memar. Asalkan memakainya rutin setiap hari, pemulihan akan menjadi lebih cepat.

7. Minyak Witch Hazel

Ada lagi bahan alami yang dapat dijadikan obat luka dalam yang terjadi karena benturan, baik itu di lengan atau kaki. Witch hazel ini merupakan obat yang akan membuat penyembuhan menjadi lebih cepat. Kemampuannya dalam menurunkan risiko peradangan pun juga sangat efektif sehingga Anda bisa mengandalkan bahan ini.

Cukup dengan menyiapkan minyak witch hazel dan ambil secukupnya, Anda bisa mengoleskan langsung ke area yang terkena luka dalam tersebut. Setelah dioles dan dipijat ringan, tunggu beberapa jam supaya minyak terserap. Ulangi kembali metode pengobatan ini sehari beberapa kali sampai luka memudar dan sembuh secara total.

(Baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

8. Cabe Rawit

Kalau biasanya cabe rawit adalah bahan yang mampu memberikan rasa pedas pada makanan dan menjadi kegemaran banyak orang saat menyantap makanan, kali ini jadikanlah cabe rawit obat luka dalam Anda. Tak sulit untuk memakainya karena Anda bisa mencampur langsung cabe rawit yang sudah dihaluskan ke dalam pelembab kulit yang biasa Anda gunakan.

Campuran cabe rawit dan pelembab ini bisa Anda oles langsung ke bagian yang terluka secara merata. Biarkan beberapa jam lalu ambil tisu untuk mengelap bagian tersebut. Setiap harinya, Anda hanya perlu melakukan metode pengobatan ini 1 kali supaya luka memar cepat memudar dan sembuh secara total.

9. Jahe Segar

Jahe banyak digunakan untuk obat beragam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga yang cukup serius. Tak masalah akan adanya efek samping jahe asalkan Anda menggunakannya dengan benar tanpa berlebihan. Jahe segar bisa Anda konsumsi sebagai obat luka dalam akibat benturan karena sifat anti-inflamasi yang ditawarkannya cukup besar.

Selain anti-inflamasi, mengonsumsi jahe juga akan menjadikan tubuh Anda lebih kebal dari penyakit apapun. Untuk menggunakannya, cukup dengan mencincang jahe, lalu merendamnya ke dalam air panas beberapa menit. Airnya bisa Anda minum selagi masih hangat. Atau, Anda bisa juga tinggal membeli kapsul jahe. Alternatif lainnya, jahe bisa Anda haluskan untuk kemudian dibalurkan ke permukaan kulit yang terkena luka dalam.

10. Peterseli

Daun peterseli memiliki sifat dan kandungan yang kurang lebih sama dengan jahe, yakni terdapat sifat anti-inflamasi di dalamnya. Untuk luka dalam supaya cepat sembuh, Anda bisa mencoba menghaluskan daun yang sudah Anda siapkan secukupnya. Lalu hasil daun yang telah dihaluskan bisa dioles ke bagian luka.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka di wajah)

11. Ekstrak Bilberry

Antosianin ada di dalam ekstrak bilberry ini di mana kandungan ini begitu baik dan merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Dengan ekstrak ini diminum rutin, akan ada hasil efektif yang ditunjukkan di mana tampilan warna memar pada luka dalam akan berkurang.

Ini semua berkat antosianin yang mampu membuat kadar dan produksi kolagen lebih stabil. Bahkan pembuluh darah kapiler pun juga menjadi lebih kuat. Banyak orang yang masih belum mengenal baik ekstrak bilberry ini dan mengira sangat sulit mendapatkannya. Biasanya, ekstrak bilberry ini dijual di apotek-apotek dalam nentuk tablet sehingga Anda akan gampang menemuinya.


12. Vitamin C

Ada 2 cara untuk mendapatkan asupan vitamin C, yakni dengan menjadikan tablet vitamin C sebuah adonan pasta. Hancurkan lebih dulu tablet tersebut dan beri sedikit air supaya adonan pasta vitamin C terbentuk. Setelah jadi, pasta ini Anda bisa oles ke area yang terkena luka dalam, lalu tunggu mengering sebelum akhirnya dibasuh dengan air biasa.

Cara lainnya untuk mendapatkan vitamin C adalah dengan memakan makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi. Buah-buahan seperti mangga dan jeruk sangat penting untuk Anda konsumsi. Begitu pula dengan ubi, paprika dan brokoli yang juga kaya akan vitamin C. Minum suplemennya juga boleh bila Anda merasa masih kurang.

(Baca juga: proses pembekuan darah manusia)

13. Nanas

Enzim digesti yang disebut dengan bromelain ada di dalam buah nanas. Mengonsumsi nanas bisa menjadi obat luka dalam yang ampuh karena kemampuannya yang hebat dalam menghancurkan protein penyebab cairan serta darah terjebak pada jaringan Anda. Nanas bisa Anda konsumsi setiap hari apabila Anda tak memiliki penyakit lain di mana nanas adalah pantangannya.

14. Pepaya

Bromelain di dalam buah berwarna oranye ini juga tinggi sama seperti nanas, jadi mengonsumsi pepaya pun bisa menjadi obat mujarab. Selain dapat menjadi cara mengobati luka memar, pepaya ini dapat melancarkan buang air besar bagi yang menderita sembelit. Saluran pencernaan pun tetap ikut terjaga kesehatannya.

15. Akar Comfrey

Satu lagi yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar obat luka dalam yang dipicu oleh benturan, yakni akar comfrey. Kedengarannya agak sulit untuk menemukannya, tapi Anda bisa mencobanya bila Anda bisa menjumpainya dengan mudah. Cukup dengan menghaluskannya, lalu ditambah sedikit air, jadilah adonan pasta.

Pakai kapas untuk mengoleskan pasta tersebut ke area luka dalam dan tempelkan di sana selama beberapa jam. Melakukan metode pengobatan ini sehari 1 kali saja sudah cukup asalkan setiap hari dan rutin. Luka dalam pun akan cepat pulih dan hilang kalau Anda dengan rajin merawatnya.

(Baca juga: pertolongan pertama kena minyak goreng panas)

Itulah sejumlah obat luka dalam karena benturan yang Anda dapat andalkan secara maksimal, baik itu obat alami maupun kimia. Umumnya luka dalam karena benturan cepat sembuh, tapi bila tak hilang juga dalam waktu 2 minggu, segera periksakan ke dokter.

, , ,
Post Date: Thursday 03rd, November 2016 / 15:22 Oleh :
Kategori : Obat