Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Obat Anyang Anyangan pada Wanita Paling Ampuh

ads

Anyang-anyangan merupakan gangguan medis yang membuat seseorang merasakan rangsangan untuk selalu ingin buang air kecil, namun ketika buang air kecil volume urin yang terbuang hanya sedikit dan biasanya menyebabkan rasa sakit. Adapun rasa sakit tersebut merupakan akibat dari infeksi saluran kencing (ISK). Kebanyakan anyang-anyangan diderita oleh wanita. Penelitian menunjukkan bahwa wanita 50% lebih beresiko untuk terkena anyang-anyangan dibandingkan pria.

(Baca juga: penyebab anyang-anyangan)

Adapun penyebab utama infeksi saluran kencing adalah uretra atau saluran kencing yang meneruskan urin dari kandung kemih ke bagian luar tubuh yang terletak dekat dengan anus. Saat membilas dari belakang ke depan akan membuat bakteri dari usus besar seperti bakteri E.coli bisa keluar dari anus dan masuk ke dalam saluran kencing. Bakteri tersebut kemudian menginfeksi saluran kencing dan menyebabkan anyang-anyangan. Jika kondisi tersebut tidak segera ditangani bukan tidak mungkin infeksi akan menyebar hingga ke ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal.

Gejala Anyang-anyangan

Anyang-anyangan adalah salah satu penyakit yang tidak terlalu menunjukkan gejala yang spesifik. Berikut ini beberapa gejala anyang-anyangan yang bisa dialami oleh wanita maupun pria:

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anyang-anyangan sangat rentan dialami oleh wanita. Karena itu bagi Anda para wanita hendaknya hati-hati dan selalu waspada terhadap munculnya penyakit ini. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas segera lakukan pengobatan melalui beberapa metode berikut ini.

Obat Anyang-anyangan pada Wanita

Dibandingkan pria, wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan. Bagi Anda para wanita yang sedang mengalami anyang-anyangan dan gejala yang Anda rasakan sangat mengganggu aktivitas anda maka beberapa metode pengobatan berikut ini bisa Anda coba di rumah.

1. Sirsak

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati anyang-anyangan adalah buah sirsak. Buah sirsak yang bisa Anda manfaatkan untuk obat anyang-anyangan adalah sirsak yang belum matang. Pilihlah sirsak yang setengah matang agar kandungan nutrisinya lebih tinggi. Untuk mengobati anyang-anyangan, Anda cukup merebus buah sirsak setengah matang tersebut dengan 2 gelas air. Untuk menambahkan rasa agar lebih manis maka Anda bisa menambahkan gula pasir. Saringlah air rebusan tersebut kemudian minum secara rutin 3 kali setiap hari. Kandungan antioksidan dan juga vitamin C dalam buah sirsak dipercaya efektif untuk mengatasi anyang-anyangan dan juga perlu Anda tahu, kandungan nutrisi dan senyawa dalam buah sirsak ternyata bersifat mengatasi infeksi sehingga gejala infeksi saluran kencing Anda akan segera sembuh.

2. Jeruk Nipis

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati anyang-anyangan adalah jeruk nipis. Untuk mengobati anyang-anyangan, peraslah satu butir jeruk nipis. Campurkan air jeruk nipis bersama dengan air hangat dan gula pasir. Minumlah ramuan tersebut hingga anyang-anyangan Anda sembuh. Kandungan senyawa kimia dalam jeruk nipis yaitu minyak atsiri yang meliputi sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linani lasetat, aktilaldehid, dan juga nildehid memiliki peran penting untuk menyembuhkan anyang-anyangan.Penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri merupakan jenis senyawa yang berperan erat sebagai penyembuh infeksi dan dapat meredakan nyeri. Selain itu, jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C sehingga meningkatkan proses penyembuhan.

(Baca juga: bahaya jeruk nipis bagi penderita maag)

Sponsors Link

3. Tingkatkan Asupan Air Putih

Salah satu penyebab anyang-anyangan adalah dehidrasi. Dehidrasi bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti kram otot, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasi anyang-anyangan yang disebabkan oleh dehidrasi Anda cukup memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi banyak air putih. Secara otomatis gangguan dehidrasi akan hilang seiring dengan pemenuhan kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi banyak air putih juga akan meningkatkan rangsangan untuk buang air kecil sehingga gangguan sulit buang air kecil Anda bisa teratasi. Mengkonsumsi banyak air putih juga terbukti akan menghindarkan resiko ginjal dari berbagai macam gangguan. Mengkonsumsi banyak air putih akan membantu proses metabolisme dalam tubuh sehingga proses filtrasi oleh ginjal akan terbantu dengan kata lain kinerja ginjal menjadi lebih ringan.

(Baca juga: bahaya dehidrasi)

4. Daun Kumis Kucing

Siapa yang tidak kenal daun kumis kucing? Bisa jadi daun kumis kucing merupakan daun seribu manfaat di mana daun ini adalah salah satu tanaman herbal yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengobati anyang-anyangan Anda cukup menyiapkan 30 gram daun kumis kucing dan 30 gram meniran. Keduanya dicuci bersih kemudian direbus menggunakan 600 ml air. Rebuslah hingga air yang tersisa hanya separuhnya. Saring ramuan tersebut kemudian minum 3 kali sehari agar khasiatnya optimal. Beberapa kandungan senyawa di dalam kumis kucing seperti orthosipon glikosida, zat samak, minyak atsiri, saponin, sapofonin, dan myoinositol merupakan beberapa senyawa yang berguna meningkatkan proses penyembuhan anyang-anyangan. Kandungan minyak atsiri dan juga saponin merupakan senyawa yang efektif untuk mengatasi infeksi pada saluran kencing. Selain itu, berbagai kandungan senyawa seperti yag baru saja disebutkan merupakan zat yang berguna sebagai antioksidan alami sehingga mencegah terjadinya infeksi berulang.

5. Alang-alang

Selama ini alang-alang hanya sering digunakan untuk mengobati panas dalam. Nyatanya, alang-alang juga berguna untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan. Untuk mengatasi anyang-anyangan, Anda cukup menyediakan 60 gram alang-alang segar, 2 buah kulit semangka yang masih segar, serta 60 gram rambut jagung. Ketiga bahan tersebut kemudian direbus menggunakan 400 ml air bersih. Rebuslah bahan alami tersebut hingga air yang tersisa hanya 200 ml saja. Setelah dingin, saring airnya kemudian minum secara rutin setiap hari. Adapun beberapa kandungan dalam alang-alang yang berguna untuk menyembuhkan anyang-anyangan adalah malic acid, citric acid, coixol, arundoin, dan juga fermenol adalah zat yang efektif untuk meluruhkan air seni sehingga air kencing yang keluar tubuh menjadi lebih lancar.

6. Daun Keji Beling

Bahan herbal lain yang berguna untuk mengobati anyang-anyangan pada wanita adalah daun keji beling. Untuk mengobati anyang-anyangan Anda cukup menyediakan 30 gram daun keji beling dan 30 gram daun belimbing manis. Keduanya kemudian dicuci hingga bersih. Rebus kedua bahan tersebut bersama dengan 600 ml air hingga air yang tersisa hanya 300 ml.

sponsored links

Minumlah air rebusan ramuan tersebut hingga gejala anyang-anyangan tersebut sembuh. Daun keji beling memiliki kadar kalium yang tinggi, asam silikat, kalsium, natrium, dan juga berbagai macam senyawa lainnya seperti saponim, flavonoid, glikosida, sterol, kelas terpen, dan juga lemak. Kalium memiliki sifat sebagai diuretik yang kuat untuk membubarkan batu garam yang terbentuk dari kalsium oksalat dan kalsium karbonat dalam kandung kemih dan juga ginjal. Kandungan asam silikat di dalam keji beling juga berkhasiat sebagai analgesik alami untuk meredakan nyeri pada saluran kemih.

7. Daun Semanggi

Daun semanggi sering dianggap sebagai hama tanaman. Padahal tanaman yang seringkali diabaikan ini justru mengandung berbagai macam senyawa untuk mengatasi penyakit anyang-anyangan. Untuk mengobati anyang-anyangan Anda harus menyiapkan daun semanggi, daun sawi segar, serta gula pasir masing-masing sebanyak 30 gram.Rebuslah ketiga bahan tersebut bersama dengan 600 ml air hingga air yang tersisa hanya setengahnya. Saring ramuan tersebut kemudian minumlah hingga gejala anyang-anyangan Anda reda. Adapun kandungan nutrisi dalam daun semanggi meliputi minyak atsiri, saponin, serta zat samak. Ketiganya berfungsi sebagai analgesik alami, anti inflamasi, serta antioksidan alami. Dengan kata lain, konsumsi semanggi untuk mengobati anyang-anyangan akan mengurangi gejala nyeri, mencegah radang, serta mencegah infeksi semakin parah.

8. Daun Alpukat

Bagian dari pohon alpukat ternyata tidak hanya bisa diambil buahnya saja, daun alpukat ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Untuk mengobati anyang-anyangan, Anda cukup merebus 7 lembar daun alpukat bersama dengan segenggam daun cocor bebek. Gunakan air sebanyak 700 ml. Rebuslah ramuan tersebut hingga air yang tersisa hanya setengahnya. Minum ramuan tersebut setiap pagi dan sore. Kandungan zat aktif di dalam daun alpukat seperti alkaloida, flavonoid, dan juga saponin merupakan senyawa yang berguna menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain menyembuhkan anyang-anyangan, daun alpukat juga berguna untuk meredakan rasa nyeri dan juga sakit punggung. Bahkan ramuan tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan tekanan darah rendah.

9. Jahe

anda bisa membuat minuman penghangat tubuh menggunakan jahe sekaligus untuk menyembuhkan anyang-anyangan. Efek hangat dari jahe berguna untuk meredakan nyeri pada saluran kemih. Selain karena efek hangat dari jahe, bisa dijelaskan bahwa jahe mengandung senyawa minyak atsiri yang berperan penting sebagai anti inflamasi untuk meredakan nyeri. Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti bakteri. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab anyang-anyangan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Jahe yang memiliki sifat anti bakteri efektif untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kandung kemih sehingga gejala anyang-anyangan segera reda.

(Baca juga: efek samping jahe)

10. Cuka Apel

Untuk mengatasi gejala anyang-anyangan Anda harus menyiapkan satu sendok teh cuka apel dan dua sendok teh madu. Keduanya dicampurkan kemudian diminum. Kombinasi antara cuka apel dan madu merupakan antioksidan yang sangat ampuh sekaligus sebagai pembunuh bakteri yang sangat efektif. alhasil bakteri penyebab infeksi di kandung kemih akan mati dan gejala anyang-anyangan segera reda.

11. Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan alami untuk mempercantik kulit dan rambut. Namun khasiat lidah buaya ternyata tidak berhenti di situ saja. Lidah buaya juga berguna untuk mengobati gejala anyang-anyangan. Caranya, Anda cukup mengambil daging atau gel pada lidah buaya kemudian membuat jus dari daging daun lidah buaya tersebut. Minumlah ramuan jus lidah buaya tersebut untuk meredakan gejala anyang-anyangan Anda. Selain meredakan gejala anyang-anyangan, lidah buaya juga akan membantu mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambungsembelit, dan juga sakit perut.

12. Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang juga memiliki manfaat untuk mengobati anyang-anyangan. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan juga antibiotik alami. Kunyit akan mengurangi gejala nyeri saat Anda buang air kecil dan juga membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih Anda. Minumlah sari kunyit untuk mengurangi gejala anyang-anyangan Anda. Selain mengatasi anyang-anyangan, kunyit juga efektif sebagai cara untuk mengatasi nyeri saat haid dan juga sakit maag.

13. Gunakan Balsam

Balsam merupakan obat luar yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi sakit anyang-anyangan. Oleskan balsam pada area pusar agar perut terasa lebih hangat. Rasa hangat tersebut akan meredakan rasa sakit dan juga meningkatkan rasangan untuk buang air kecil sehingga gangguan buang air kecil Anda akan segera reda.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati anyang-anyangan. Jika setelah melakukan pengobatan menggunakan bahan-bahan di atas gejala anyang-anyangan Anda tidak segera reda atau bahkan bertambah parah maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 27th, July 2016 / 14:25 Oleh :
Kategori : Obat