Sponsors Link

Nitrazepam – Kegunaan, Dosis dan Efek Samping

Sponsors Link

Nitrazepam merupakan salah satu obat yang berfungsi untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia. Selain digunakan untuk mengatasi masalah tidur dan insomnia nitrazepam juga digunakan untuk mengobati berbagai jenis kejang-kejang. Nitrazepam dapat terkandung dalam obat seperti dumolid, mogadon dan obat lainnya. Nitrazepam juga dapat digolongkan sebagai obat tidur yang di mana obat tidur tersebut digolongkan sebagai kelas benzodiazepin. Nitrazepam juga berguna untuk meringankan masalah kecemasan dan masalah insomnia. Obat nitrazepam ini hanya boleh digunakan dalam jangka waktu huyang pendek.

ads

Obat nitrazepam jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan efeksamping yang dimana efek samping tersebut dapat menyebabkan sampai ke kematian. Penggunaan nitrazepam juga harus melalui resep dokter. Karena jika penggunaan nitrazepam tidak menggunakan resep dokter dan dikhawatirkan dapat menyebabkan seseorang yang menggunakan nitrazepam melebihi dosis, jika seseorang menggunakan nitrazepam tidak sesuai dosis dari dokter dan digunakan dalam jangka waktu yang panjang akan menyebabkan berbagai permasalahan. Untuk itu marilah mengenal lebih jauh tentang nitrazepam. Mulai dari kegunaan nitrazepam efek samping nitrazepam dosis yang diharuskan untuk seseorang yang mengkonsumsi nitrazepam dan pembahasan lainnya yang terkait dengan nitrazepam.

baca juga : efek samping obat penenang yang berbahaya

Kegunaan Nitrazepam

1. Sebagai obat Insomnia

Kandungan obat yang memiliki kandungan nitrazepam merupakan salah satu obat yang dapat dijadikan sebagai obat Insomnia. Insomnia merupakan salah satu penyakit tidak bisa tidur. Dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan nitrazepam akan membantu penderita insomnia untuk tidur. Selain digunakan sebagai obat Insomnia masih banyak kegunaan dari kandungan nitrazepam. Namun yang perlu diingat adalah obat-obatan yang memiliki kandungan nitrazepam harus dikonsumsi sesuai resep dokter.

baca juga : ciri-ciri insomia – efek tidak tidur 3 hari – cepat lelah 

2. Sebagai obat kejang-kejang

Selain digunakan sebagai obat Insomnia ternyata obat-obatan yang memiliki kandungan nitrazepam dapat digunakan untuk mengobati kejang-kejang. Namun satu hal yang perlu ditekankan bahwa mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung nitrazepam harus sesuai dengan resep dari dokter. Karena jika penggunaan obat-obatan yang mengandung nitrazepam tidak sesuai dengan resep dokter atau melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter akan membahayakan nyawa si pengguna.

baca juga : kejang-kejang saat tidur –  epilepsi

3. Mengurangi masalah kecemasan

Kandungan nitrazepam dapat bermanfaat untuk mengurangi masalah kecemasan. Jadi bagi Anda yang mengalami masalah kecemasan Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung nitrazepam. Untuk mengkonsumsinya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda. Agar anda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung nitrazepam sesuai dengan dosis yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

baca juga :

Selain mengetahui apa saja kegunaan dari nitrazepam alangkah lebih baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana cara penggunaan nitrazepam. Mengetahui cara penggunaan nitrazepam sangatlah diperlukan supaya kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun cara penggunaan nitrazepam adalah sebagai berikut :

Sponsors Link

Penggunaan Nitrazepam

nitrazepam memang banyak sekali memiliki manfaat. Namun penggunaan nitrazepam harus sesuai dengan dosis dari dokter. Bagi Anda yang mengkonsumsi nitrazepam Jangan sekali-sekali menambah dosis yang dianjurkan oleh dokter. Penggunaan obat-obatan yang mengandung nitrazepam secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan seseorang mengalami kecanduan. Itulah cara penggunaan yang dianjurkan agar kita terhindar dari efek samping dan hal-hal yang mengerikan karena mengkonsumsi nitrazepam. Ketika kita mengkonsumsi nitrazepam dalam jangka waktu yang panjang maka akan terdapat efek samping yang ditimbulkan karena mengkonsumsi nitrazepam. Adapun efek samping yang ditimbulkan karena seseorang mengkonsumsi nitrazepam adalah sebagai berikut.

Efek Samping Nitrazepam

Nitrazepam dapat menimbulkan berbagai efek samping diantaranya efek samping dari nitrazepam adalah

1. Perilaku yang membutuhkan perhatian medis

Seseorang yang mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung nitrazepam secara berlebihan dapat mengalami efek samping yang dimana efek samping tersebut memerlukan perhatian khusus dari medis. Untuk itu konsumsilah obat-obatan yang mengandung nitrazepam secara bijak.

2. Masalah keseimbangan

Masalah keseimbangan juga dapat terjadi oleh seseorang yang mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan nitrazepam. Maka dari itu gunakanlah obat ini sesuai dengan anjuran dokter, atau sesuai resep yang sudah ditentukan. Jangan digunakan secara sembarangan karena dapat mengakibatkan beberapa hal seperti masalah keseimbangna tersebut.

ads

3. Gangguan darah

selain masalah keseimbangan ternyata penggunaan nitrazepam secara berlebihan juga dapat menyebabkan permasalahan gangguan darah.

4. Linglung

Penggunaan nitrazepam secara berlebihan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi linglung. Jika anda mengkonsumsi nitrazepam dan anda mengalami ke linglungan segera tanyakan kepada dokter atau Berhentilah untuk menggunakan obat-obatan yang memiliki kandungan nitrazepam.

5. Kecanduan

Seseorang yang mengkonsumsi nitrazepam dapat memiliki efek samping kecanduan. Jika anda mengalami gejala kecanduan seperti sakit kepala bingung otot lemah gelisah perubahan mood dan lain lain maka segera tanyakanlah kepada dokter. Hal ini dilakukan agar kecanduan tidak berlanjut Dan dapat segera diatasi.

6. Depresi

Depresi merupakan salah satu efek samping dari seseorang yang mengalami kecanduan menggunakan nitrazepam.

baca juga :

7. Vertigo

Meskipun fungsi dari nitrazepam adalah untuk mengurangi dari kecemasan namun mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan nitrazepam secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena vertigo. Untuk itu agar dapat terhindar dari berbagai efek samping yang disebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung nitrazepam maka konsumsilah obat-obatan yang mengandung nitrazepam sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. Adapun dosis untuk penggunaan nitrazepam adalah sebagai berikut

Dosis Nitrazepam

Nitrazepam memiliki bentuk oral yang terdiri dari 5 mg dan 10 mg. Dosis penggunaan nitrazepam berbeda bagi orang dewasa dan anak-anak. Bagi orang dewasa penggunaan dosisnya adalah 5 mg pada malam hari, namun jika diperlukan dapat bertambah menjadi 10 mg pada malam hari. Sedangkan dosis nitrazepam untuk anak-anak adalah 125 mcg per kg dan dapat ditingkatkan menjadi 250 sampai 500 mcg per kg. Bagi lansia atau pasien lemah dapat diberikan dosis kurang dari atau sama dengan dosis normal orang dewasa. Penggunaan dosis ini tidak menentukan dosis yang harus anda minum tetap konsultasikanlah kepada dokter. Agar anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan karena mengkonsumsi obat yang mengandung nitrazepam secara berlebihan. Nitrazepam dapat digunakan baik dari usia muda maupun sampai tua hanya saja dosisnya yang berbeda, jika anda mengkonsumsi nitrazepam alangkah lebih baik Ketika anda mengetahui bagaimana cara penyimpanan obat yang mengandung nitrazepam.

Cara Penyimpanan Nitrazepam

Nitrazepam baik disimpan pada suhu ruangan. Jangan menyimpan nitrazepam pada tempat yang lembab dan terkena cahaya secara langsung. Selain itu jangan menyimpan obat yang mengandung nitrazepam di kamar mandi ataupun di kulkas dengan cara dibekukan. Biasanya obat-obatan yang mengandung nitrazepam juga memiliki aturan penyimpanan tersendiri. Untuk itu agar nitrazepam tetap aman lakukanlah sesuai dengan aturan yang terdapat di dalam obat tersebut.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui tentang nitrazepam. Nitrazepam memang memiliki manfaat untuk insomnia gangguan kecemasan dan manfaat-manfaat lainnya. Namun kegunaan tersebut dapat berfungsi ketika anda mengkonsumsi nitrazepam sesuai dengan dosis dan aturan yang ditentukan oleh dokter. Jangan sekali-sekali mengkonsumsi nitrazepam melebihi dosis yang ditentukan oleh dokter. Karena ketika anda mengkonsumsi nitrazepam tidak sesuai dengan dosis atau aturan yang diberikan oleh dokter akan membahayakan nyawa anda, Selain itu Anda dapat mengalami efek samping yang disebabkan karena mengkonsumsi nitrazepam melebihi dosis atau mengkonsumsi nitrazepam dalam jangka waktu yang panjang. karena nitrazepam termasuk golongan IV maka penggunaan nitrazepam harus dalam pengawasan dokter.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 10th, August 2017 / 02:53 Oleh :
Kategori : Obat