13 Efek Samping Acetaminophen bagi Tubuh

Acetaminophen merupakan jenis obat analgesik atau bisa juga disebut dengan obat penghilang/pereda rasa sakit sekaligus juga obat pereda demam. Pada dasarnya, belum diketahui akan mekanisme dari acetaminophen ini secara tepatnya, namun diketahui bahwa obat ini efektif dalam mengurangi produksi prostaglandin yang ada di dalam otak. Meski sangat membantu dalam meringankan rasa sakit, efek samping acetaminophen tidak boleh diabaikan.

Baca juga:

  1. Tubuh Lemas dan Cepat Lelah

Tubuh lemas atau merasa terlalu mudah lelah biasanya dikarenakan aktivitas yang begitu padat dan memerlukan tenaga fisik. Tapi kalau kondisi ini terjadi tanpa alasan namun Anda tengah mengonsumsi acetaminophen, waspadai akan tubuh lemas dan cepat lelah sebagai akibat atau efek samping dari acetaminophen tersebut.

  1. Bengkak pada Bibir, Lidah dan Wajah

Saat mengonsumsi acetaminophen khususnya yang dalam bentuk tablet, ada pula kasus di mana beberapa pengonsumsinya mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada umumnya terjadi justru di area bibir, lidah, atau wajah atau bahkan semua bagian tersebut. Ini adalah sebagai bentuk dari reaksi alergi terhadap acetaminophen.

  1. Ruam pada Kulit

Ketika menggunakan acetaminophen, ada sebagian orang yang tak begitu cocok dan malah justru mengakibatkan timbulnya reaksi alergi. Contoh kondisi reaksi alergi tidak hanya bengkak di bagian wajah maupun bibir, tapi juga ada yang mengalami ruam di sekujur kulit tubuhnya. Ruam kemerahan biasanya adalah yang paling umum.

(Baca juga: efek samping obat maag)

  1. Perdarahan

Waspadai adanya efek samping perdarahan ketika mengonsumsi acetaminophen. Memang benar bahwa obat ini bertujuan menghilangkan rasa sakit, tapi selalu ada kemungkinan perdarahan terjadi yang bisa saja disebabkan overdosis. Perdarahan bisa terjadi dalam bentuk memar atau bisa juga perdarahan secara langsung tanpa sebab yang jelas, maka segera ke dokter untuk kondisi ini.

  1. Gatal-gatal

Selain ruam pada kulit dan bengkak yang terjadi pada bagian wajah dan bibir, ada pula beberapa kasus di mana pengguna acetaminophen merasa gatal-gatal. Gatal-gatal ini berasal dari ruam yang muncul pada permukaan kulit. Jika memang ruam dan gatal begitu mengganggu, hentikan pemakaian dan segera ke dokter.

  1. Gangguan Pernapasan

Pada kasus konsumsi obat acetaminophen, efek samping yang paling kerap terjadi lainnya adalah sesak nafas yang masih termasuk dalam kondisi gangguan pernapasan. Ketika sudah merasakan kondisi ini, segera hentikan pemakaian, namun jika gangguan masih terjadi, maka sebaiknya langsung temui dokter untuk memperoleh penanganan medis.

(Baca juga: efek samping kolagen)

  1. Demam

Demam selalu identik menjadi salah satu gejala flu dan kerap kali disertai dengan flu dan batuk. Tapi demam juga menjadi kondisi yang menandai adanya kasus demam berdarah dan beberapa kondisi penyakit lain. Hanya saja kalau demam terjadi ketika tengah mengonsumsi acetaminophen, ini adalah salah satu efek sampingnya sehingga sebaiknya penggunaan dihentikan lebih dulu.


  1. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya datang bersama dengan demam dan pada umumnya terjadi karena sedang flu maupun sewaktu akan batuk. Padahal radang tenggorokan dapat juga muncul sebagai efek samping dari penggunaan acetaminophen. Hentikan dulu penggunaannya dan periksakan ke dokter untuk memastikan apa yang menjadi penyebab.

  1. Sakit Kuning

Ketika mengonsumsi acetaminophen pada dosis yang salah, terutama ketika berlebihan, maka imbasnya dapat memengaruhi kesehatan hati. Ketika organ hati mengalami masalah, biasanya akan ditandai dengan sakit kuning, yakni perubahan warna pada kulit serta bagian putih mata yang menjadi kuning. Ini adalah efek samping yang harus segera dibawa ke dokter supaya cepat ditangani.

(Baca juga: efek samping parasetamol)

  1. Kulit Mengelupas

Penggunaan acetaminophen yang sekiranya kurang cocok bagi kondisi tubuh Anda maupun dikarenakan dosis yang salah bisa saja menyebabkan gangguan kesehatan kulit. Pengelupasan kulit dapat dialami oleh pengguna acetaminophen di mana hal ini pun dapat terjadi pada bagian dalam mulut.

  1. Sakit Kepala

Apabila sudah disebutkan serangkaian efek samping di atas yang membutuhkan pertolongan medis, ada juga efek samping yang tak perlu harus sampai diperiksakan ke dokter karena termasuk ringan, yakni sakit kepala. Efek samping ini biasanya tak begitu memerlukan bantuan dokter karena ketika pemakaian dihentikan otomatis sakit kepala akan sembuh.


  1. Mual

Efek samping lainnya yang tak memerlukan bantuan dokter adalah mual. Rasa mual ini bisa terjadi ketika mungkin tubuh Anda tak cocok dengan acetaminophen atau bisa juga karena dosisnya yang agak berlebihan. Namun setelah penggunaan dihentikan, biasanya rasa mual pun akan hilang.

  1. Sakit Perut

Efek lain lagi yang juga akan sembuh dengan sendirinya adalah sakit perut. Ketika sakit perut melanda dan diakibatkan oleh acetaminophen, cukup hentikan penggunaan lebih dulu. Namun apabila gejala-gejala efek samping ringan ini terjadi secara terus-menerus, ada baiknya juga langsung ke dokter karena dikhawatirkan adanya kerusakan dalam tubuh.

Baca juga:

Sebelum menggunakan acetaminophen dan demi menghindari efek samping acetaminophen, hendaknya Anda beri tahu petugas medis jika memiliki kondisi di bawah ini:

  • Penyakit hati
  • Sedang hamil atau berencana hamil
  • Sedang menyusui
  • Alergi obat
  • Alergi makanan
  • Sering mengonsumsi alkohol

Karena mengonsumsi acetaminophen tak boleh sembarangan dan dapat mengancam kesehatan hati, konsultasikan lebih dulu dengan dokter supaya lebih aman.

, , ,
Post Date: Friday 12th, May 2017 / 17:13 Oleh :
Kategori : Obat