Sponsors Link

14 Efek Samping Vitamin E Kapsul dan Tablet

ads

Vitamin E memang terkenal, selain bisa digunakan untuk kesehatan vitamin E juga bisa digunakan untuk kecantikan. Sayangnya segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tetap tidak bagus untuk kesehatan. Vitamin E merupakan satu set dari senyawa lemak yang bisa dengan mudah dijumpai dalam makanan misalnya saja adalah gandum dan juga pada kacang kacangan. Memang jika dikonsumsi secara cukup, vitamin E tersebut berguna untuk melancarkan sirkulasi darah pada tubuh manusia, menghindarkan dari pembekuan darah, menangkal radikal bebas sebab memiliki kandungan antioksidan yang kuat, menyehatkan kulit seperti melembabkan kulit dan menghindarkan kulit dari penuaan dini. Meskipun sangat bermanfaat bagi kesehatan dana juga kecantikan, mengkonsumsi vitamin E berlebihan bisa menyebabkan beberapa efek samping. Efek samping vitamin E yang dikonsumsi secara berlebihan adalah sebagai berikut ini :

  1. Menyebabkan Penyakit Jantung

Efek samping vitamin E yang harus diwaspadai adalah vitamin E tersebut bisa menyebabkan masalah jantung. Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi vitamin E justru dirinya akan mengalami keracunan vitamin E. Keracunan vitamin E itu bisa meracuni jantung dan menyebabkan penyakit jantung. Salah satu penyakit jantung yang bisa disebabkan oleh vitamin E adalah penyakit jantung kongesif.

Baca : Obat jantung berdebarGejala aritma jantung

  1. Mempengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

Masalah lainnya yang bisa saja muncul karena konsumsi vitamin E yang berlebihan adalah sistem kekebalan tubuh menjaid terganggu. Sistem imun yang ada di dalam tubuh manusia yang dibutuhkan adalah vitamin C. Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi vitamin E justru melemahkan sistem imun. Lama kelamaaan orang tersebut akan mengalami gangguan sistem imun dan kelainan sistem imun yang mengakibatkan orang tersebut akan mudah terkena infeksi.

Baca : Obat infeksi paru paruTerapi Infeksi Saaluran Kemih

  1. Gangguan Psikis

Orang yang sering mengkonsumsi vitamin E khususnya bagi wanita yang mengkonsumsi vitamin E dalam bentuk kapsul atau supplemen bisa mengakibatkan dirinya mudah terkena gangguan psikis. Gangguan psikis yang akan dialami oleh wanita tersebut adalah wanita itu akan mengalami stres berkepanjangan bahkan juga depresi. Jika depresi tidak segera diatasi bukan tidak mungkin wanita tersebut bis mengalami gangguan mental.

Baca : Akibat depresi berkepanjanganMakanan dan minuman yang ampuh usir depresi

sponsored links
  1. Diare

Efek samping vitamin E lainnya adalah orang tersebut akan mengalami diare. Sebaiknya orang yang akan mengkonsumsi vitamin E dalam bentuk kapsul maupun tablet memperhatikan dosis yang disarankan dan dosis yang dianjurkan agar tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Mengkonsumsi vitamin E dalam batas yang tidak wajar bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tersebut akan menyebabkan orang itu mengalami berbagai masalah di pencernaannya misalnya saja adalah diare, tinja berwarna hitam bahkan juga bisa mengalami konstipasi. Tinja hitam bisa terjadi karena beberapa kasus, yang pertama adalah karena mengkonsumsi supplemen zat besi secara berlebihan dan yang kedua adalah terjadi pendarahan gastrointestinal.

Baca : Bahaya diare akutCara mengobati diare

  1. Kecacatan Bayi

Memang vitamin E bagus untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan bukan tidak mungkin vitamin E itu justru tidak bagus untuk kesehatan. Salah satu vitamin E yang tidak bagus untuk kesehatan adalah jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu yang sedang hamil sebaiknya berhati hati dalam mengkonsumsi vitamin dan juga supplemen. Semua yang akan dikonsumsinya sebaiknya memperhatikan kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya. Jika anda sedang hamil alangkah baiknya jika anda mencukupi kebutuhan vitamin E dengan makanan yang kaya akan gizi.

Penelitian menunjukkan fakta bahwa mengkonsumsi vitamin E yang berlebihan justru akan membuat kondisi janin yang ada di dalam kandungan mengalami kerusakan organ. Janin yang  terlalu banyak mengkonsumsi vitamin E bisa menderita kelainan hati, masalah jantung da juga kerusakan otak.

Baca : Ciri ciri gangguan hati yang berbahayaBahaya lemak di hati

  1. Pendarahan Otak

Vitamin E memang bagus untuk kecantikan, namun ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan vitamin E tersebut tidak bagus untuk kesehatan pembuluh darah manusia. Vitamin E yang berlebihan itu bisa menyebabkan orang yang mengalami pendarahan otak. Pendarahan otak ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang ada di otak. Jika pembuluh darah pecah kebocoran aliran darah yang ada di sekitar otak pun tidak bisa terelakkan. Ketika pembuluh darah otak pecah orang tersebut akan mengalami stroke hemoragk. Stroke jenis ini akan menyebabkan penderitanya mengalami gangguan bicara dan juga mati rasa di bagian kaki dan juga lengan.

Baca : Obat stroke herbalKopi bagi penderita stroke

  1. Pendarahan Internal

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi vitamin E akan menyebabkan seseorang mengalami pendarahan internal. Pendarahan internal adalah pendarahan yang ada di jaringan sekitar kulit. Memang mengkonsumsi vitamin E bagus untuk kesehatan kulit namun jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan pendaraan internal terutama di jaringan kulit. Pendarahan yang terjadi itu akan meninggalkan memar dengan warna biru agar kehitam hitaman.

Baca : Obat keseleo lututObat stroke herbal

  1. Penyakit Ginjal

Masalah lainnya yang bisa muncul akibat mengkonsumsi vitamin E yang berlebihan adalah menyebabkan penyakit ginjal. Saat seseorang mengkonsumsi obat atau supplemen yang berlebihan dampaknya akan langsung mengarah ke ginjal. Ginjal terbebani dengan urin di dalam darah yang sudah mengkonsumsi vitamin E tersebut. Jika terus terbebani lama kelamaan ginjal akan kehilangan fungsinya dan gagal ginjal pun tidak bisa terelakkan.

Baca : Pengobatan gagal ginjalCiri ciri gagal ginjal

  1. Gangguan Lambung

Masalah lainnya yang bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsi vitamin E yang berlebihan adalah menyebabkan gangguan lambung. Orang yang memiliki penyakit asam lambung dan juga memiliki penyakit maag sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsmsi vitamin E berlebihan ini. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan bisa menyebabkan pengikisan dinding lambung dan menyebabkan asam lambung menjadi naik. Ketika asam lambung menjadi naik, orang tersebut akan merasakan perih yang teramat sangat. Sangat disarankan bagi yang memiliki penyakit lambung dan maag tidak sembarangan dalam mengkonsumsi obat.

  1. Mual

Salah satu efek berbahaya yang bisa menyerang orang yang overdosis vitamin E adalah mual. Hal itu bisa terjadi ketika vitamin E yang masuk berlebihan menyebabkan refluks asam. Refluks asam itu menyebabkan seseorang merasakan mual bahkan bisa sampai muntah. Asam lambung yang sudah naik ke kerongkongan akan menjadi penyebab seseorang yag overdosis vitamin E mengalami mual dan muntah.

Baca : Penyebab mual di pagi hari

  1. Sakit Kepala

Overdosis vitamin E pun dipercaya bisa mengakibatkan seseorang mengalami sakit kepala. Vitamin E tersebut lambat laun akan mengganggu pembuluh darah manusia, salah satunya adalah pembuluh darah yang ada di otak. Saat pembuluh darah yang ada di otak terganggu, sinyal yang diberikan oleh otak adalah rasa sakit kepala. Sakit kepala ini beragam, ada sakit kepala sebelah, sakit kepala belakang dan masih banyak lagi lainnya. Ciri ciri dari sakit kepala yang disebabkan oleh vitamin E yang berlebihan ini adalah sakit kepala yang berkelanjutan, berdenyut denyut, timbul dan juga tenggelam yang maksudnya adalah kadang terasa dan kadang menghilang begitu saja. Jika anda mengalami sakit kepala tersebut sebaiknya anda mengurangi konsumsi vitamin E anda agar sakit kepala yang anda derita segera menghilang.

  1. Pandangan Kabur

Berhati hatilah mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan, hal itu dikarenakan vitamin E yang anda konsumsi secara berlebihan secara tidak langsung akan mempengaruhi peredaran darah dan juga saraf yang ada di dalam tubuh manusia. Peredaran darah dan juga saraf manusia yang terganggu salah satunya mengarah ke otak. Otak merupakan saraf pusat yaang membawahi organ organ yang ada di bawahnya. Ketika saraf dan peredaran darah yang ada di otak menjaid terganggu salah satu saraf yang terkena dampaknya adalah mata. Mata orang yang overdosis vitamin E akan memiliki pandangan yang kabur. Objek yang ada di depan matanya terlihat ganda dan berkunang kunang.

Baca : Penyebab mata kabur mendadakMata kering

  1. Gatal Gatal

Vitamin E memang bermanfaat untuk melembabkan untuk kulit, namun konsumsi vitamin E yang terlalu berlebihan justru bisa menyebabkan seseornag mengalami gatal gatal di seluruh badan. Hal itu dikarenakan vitamin  tersebut berpengaruh terhadap jaringan kulit yang ada di dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu sebaiknya bagi wanita yang tetap ingin menutrisi kulit tahu batas cukup dalam mengkonsumsi vitamin E tersebut.

Baca : Obat gatal gatal seluruh badanObat gatal tradisional

Sponsors Link

  1. Bengkak

Efek mengerikan selanjutnya adalah mengalami bengkak di wajah dan juga bibir. Hal ini merupakan efek yang sama ketika seseorang menggunakan kosmetik yag berbahaya dengan bahan mekuri maupun hidroquinon. Timbunan vitamn E yang ada di dalam tubuh dan tidak larut dalam darah bisa menyebabkan tubuh seseorang membengkak di bagian wajah dan bibirnya.

Baca : Gejala limpa bengkakPenyebab kaki bengkak

Itulah efek samping vitamin E jika dikonsumsi secara berlebihan. Ingat, mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan itu tidak bagus. Boleh saja anda mengkonsumsinya namun jangan lebih dari 100 IU per hari. Mau cantik dan sehat boleh boleh saja, tapi jangan ssampai ambil resiko yang berbahaya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 26th, September 2016 / 13:24 Oleh :
Kategori : Multi Vitamin