Sponsors Link

109 Akibat Kelebihan Multivitamin (# Sangat Mengerikan)

Sponsors Link

Multivitamin berguna untuk pemenuhan asupan gizi sehari hari agar kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat dan tidak mudah mengalami keluhan penyakit. Banyak orang mengkonsumsi multivitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa orang yang sering mengkonsumsi multivitamin biasanya sangat sibuk dan memiliki aktifitas yang padat. Namun konsumsi multivitamin harus berdasarkan aturan agar tidak melebihi dosis. Namun  jika menggunakan multivitamin secara berlebihan maka akan terjadi berbagai macam gangguan kesehatan yang justru bisa mengancam pada kesehatan.

ads

Berikut ini adalah efek buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh jika multivitamin digunakan secara sembarangan:

  1. Vitamin A

Vitamin A dapat membantu memperbaiki kesehatan  jaringan mata dan meningkatkan kesehatan sel kolagen yang ada dibawah kulit agar terhindar dari serangan virus atau bakteri yang dihasilkan dari radikal bebas. Vitamin A sangat disarankan untuk semua umur termasuk bayi dan orang lanjut usia. Beberapa sumber vitamin A bisa didapatkan secara alami maupun suplemen. Sumber vitamin A yang sangat disarankan termasuk daftar buah yang mengandung vitamin A tertinggi dan makanan yang mengandung vitamin A super tinggi. Jika vitamin A tidak terpenuhi maka ada efek bahaya akibat kekurangan vitamin A.

Dampak buruk kelebihan vitamin A, yaitu:

  1. Vitamin B1 atau Thiamin

Vitamin B1 besar perannya dalam meningkatkan kesehatan pembuluh darah, kesehatan jantung, mampu memperbanyak produksi sel darah merah, mampu memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak dan melindungi kolagen kulit sehingga dapat dijadikan anti aging alami. Vitamin B1 dapat diperoleh secara alami dari sayuran, buah dan daging. Sumber makanan yang sangat disarankan termasuk seperti ikan, biji bunga matahari, kacang-kacangan, roti gandum, kacang hijau, labu, asparagus, kacang kapri dan kacang kedelai.

Dampak buruk akibat kelebihan multivitamin, yakni vitamin B1, yaitu:

  1. Vitamin B2 atau Riboflavin

Vitamin B2 sangat berperan besar dalam peningkatan imunitas tubuh agar tidak mudah jatuh sakit, mampu mengatur cadangan energi bagi tubuh yang terserang kelelahan dan dapat melindungi organ reproduksi pria dan wanita dari serangan radikal bebas. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B2 adalah seperti kacang almond, biji-bijian, beras merah, gandum, kedelai, susu, telur, yogurt, brokoli, bayam dan brussel sprout.

Dampak buruk kelebihan vitamin B2, yaitu:

  1. Vitamin B3 atau Niacin
Sponsors Link

Vitamin B3 dapat bermanfaat untuk membangun jaringan otak, perlindungan terhadap sirkulasi darah, meningkatkan daya ingat dan memiliki kemampuan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar selalu berada pada tingkat yang seimbang. Sumber makanan yang mengandung vitamin B3 tinggi yaitu ikan tuna, daging ayam, daging kalkun, hati sapi dan ayam, kacang tanah, daging sapi, jamur, alpukat, dan kacang hijau.

Dampak buruk kelebihan vitamin B3, yaitu:

  1. Vitamin B5 atau Asam Pantotenic Acid

Vitamin B5 dapat berfungsi untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan organ hati, dapat meningkatkan produksi hemoglobin atau sel darah merah dan mempunyai kemampuan dalam memperlambat proses penuaan dini. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B5 antaralain hati ayam, biji bunga matahari, ikan salmon, alpukat, jeli tomat, jagung, brokoli, berbagai jenis jamur, yogurt dan kembang kol.

Dampak buruk kelebihan vitamin B5, yaitu:

  1. Vitamin B6 atau Piridoxine

Vitamin B6 sangat baik untuk kesehatan ibu hamil karena dapat meregulasi hormon tubuh agar tetap stabil, menjaga kesehatan saraf , pertumbuhan janin dan dapat meningkatkan produksi sel sel darah merah. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B6 bagi tubuh adalah seperti biji bunga matahari, kacang pistachio, ikan tuna, daging kalkun, daging ayam, kurma, bayam, alpukat dan pisang. Ada berbagai keuntungan pada kandungan vitamin B6 pada makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh.

Dampak buruk kelebihan vitamin B6, yaitu:

  1. Vitamin B9 atau Asam Folat

Manfaat vitamin B9 adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah serangan stroke pada penderita tekanan darah tinggi dan mampu menyembuhkan gangguan mental pada seseorang yang sedang depresi berat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat super tinggi sangat disarankan untuk ibu hamil. Fungsi asam folat untuk tubuh memang sangat lengkap termasuk untuk balita, orang dewasa dan ibu hamil.

Dampak buruk kelebihan vitamin B9, yaitu:

Baca juga: efek kelebihan asam folat bagi tubuh

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 sangat bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel sel kanker dan dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas serta dapat melindungi jaringan otak agar tetap kuat dan sehat. Semua usia sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 super tinggi. Beberapa orang yang kekurangan vitamin B12 juga bisa mengkonsumsi multivitamin dalam jumlah tertentu.

Dampak buruk kelebihan vitamin B12, yaitu:

Baca juga: makanan yang mengandung vitamin B kompleks – buah yang mengandung vitamin B tinggi dan fungsinya bagi tubuh – akibat kekurangan vitamin B kompleks bagi tubuh – jenis jenis vitamin B kompleks dan manfaatnya.

ads
  1. Vitamin C

Vitamin C berperan besar untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan resiko serangan radikal bebas dan penyakit menular, dapat menyeimbangkan kolagen yang bisa memperbaiki jaringan sel sel kulit, mencegah sariawan, gusi berdarah dan mempercepat proses penyembuhan luka. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi dan buah yang mengandung kolagen super tinggi bagi tubuh sangat disarankan untuk semua orang. Kekurangan vitamin C dapat meningkatkan resiko penyakit akibat kekurangan vitamin C. (baca juga: buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya)

Dampak buruk kelebihan vitamin C, yaitu:

  1. Vitamin D

Vitamin D bisa kita dapatkan secara gratis dan melimmpah dari cahaya matahari pagi. Selain baik untuk kesehatan paru paru, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang, persendian dan otot seluruh tubuh. Selain dari sinar matahari, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D super tinggi untuk mencegah bahaya akibat kekurangan vitamin D pada tubuh.

Dampak buruk kelebihan vitamin D, yaitu:

  1. Vitamin E

Vitamin E sangat bermanfaat untuk meningkatan kecantikan kulit, produksi kolagen, menstabilkan minyak alami yang ada di bawah kulit, dan mampu meningkatkan kesuburan organ reproduksi pria dan wanita agar cepat memiliki keturunan. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E Anda bisa melihat pada daftar 25 buah yang mengandung vitamin E tinggi. (baca juga: makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya).

Dampak buruk akibat kelebihan multivitamin, yaitu vitamin E, yaitu:

  • Diare
  • Sakit kepala
  • Kulit menjadi ruam dan mudah kusam. (baca juga: makanan sehat untuk kulit wajah dan tubuh)
  • Gangguan penglihatan.
  • Mual dan muntah.
  • Pendarahan
  • Gangguan reprosuksi pada ovarium (wanita) dan testis (pria).
  1. Vitamin K

Vitamin K sangat baik untuk proses pengeringan dan penyembuhan luka. Vitamin K mampu membekukan darah atau mengendalikan pendarahan dan peradangan pada luka terbuka yang parah. Orang yang memiliki luka dan pendarahan sulit membeku sering disebut dengan gangguan hemofilia. Penderita hemofilia harus sering mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin K. (baca juga: makanan yang mengandung vitamin K tinggi dan manfaatnya – cara mencegah hemofilia bagi orang dewasa dan anak-anak – penyebab hemofilia paling utama).

Dampak buruk kelebihan vitamin D, yaitu:

Tips Bijak Mengkonsumsi Multivitamin

  1. Konsumsi vitamin atau multivitamin secara wajar dan bijak yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehari hari.
  2. Pilih jenis multivitamin yang aman dan telah direkomendasikan dari dinas kesehatan atau badan kesehatan terkait.
  3. Konsumsi jenis multivitamin yang telah disarankan oleh ahli kesehatan yang merawat Anda.
  4. Tidak berlebihan saat mengkonsumsi multivitamin yaitu sesuai kesehatan, kondisi tubuh, usia, dan saran dari ahli kesehatan.

Penggunaaan multivitamin yang berlebihan selalu memiliki konsekuensi yang harus diterima dikemudian hari yaitu berupa kerugian kesehatan. Karena itu sebelum masalah kesehatan datang sebaiknya kendalikan kebutuhan multivitamin Anda. Vitamin yang diperoleh secara alami dari makanan sangat disarankan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 07:18 Oleh :
Kategori : Multi Vitamin