Sponsors Link

29 Bahaya Tar pada Rokok

ads

Tar adalah bentukan dari senyawa kimia berbahaya yang ada pada asap rokok. Dimana zat ini akan mengendap didalam paru paru dan mengganggu fungsi rambut rambut kecil yang melapisi permukaan paru-paru. Rambut rambut kecil ini sangat berperan dalam menyaring bakteri dan kuman serta menghambat berbagai racun yang berusaha masuk kejaringan paru paru agar segera dilepaskan keluar tubuh.

Jenis-jenis Senyawa Tar

Bayangkan! Ada 4000 jenis senyawa beracun yang ada pada tar, inilah beberapa contohnya :

  • Berupa Toluen semacam cairan beracun yang biasa digunakan untuk kebutuhan aktivitas industri,
  • Berupa cairan Aceton yang sering digunakan untuk pembersih cat pada kuku
  • Berupa Cobalt yaitu sebuah senyawa yang dapat merusak jaringan tubuh bagian dalam manusia yang dihasilkan dari kepulan asap knalpolt kendaraan, lalu kepulan asap kanlpolt itulah yang terdapat pada tar yang dapat masuk melalui ronga hidung dan mulut yang akan terlihat dampak buruknya setelah berberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Misalnya Penyakit pernafasan, penyakit jantung , penyakit kanker paru paru dan sebagainya.

Jumlah konsentrasi pada tar yang ada pada rokok mempunyai tingkatan yang berbeda , diantaranya :

  • Tar kadar tinggi atau berat dapat dikategorikan setidaknya mengandung 25 miligram dari tar
  • Tar kadar sedang dapat dikategorikan setidaknya mengandung 15 sampai 20 miligram dari tar
  • Tar rendah dapat dikategorika setidaknya mengandung 7 miligram dari tar (atau kurang dari 7 mg)

Tar memang berbahaya dan mampu membuat kerusakan pada organ tubuh secara sitematik tetapi jika tar sudah bergabung dengan zat berbahaya lain dari komponen pembuatan rokok misalnya nikotin, Acetol, Hydrogen sulfide, Methyl chloride, Pyridine dan lain lain maka kekuatan bahaya yang dihasilkan terhadap tubuh menjadi tiga kali lipat.  Zat yang ada pada rokok akan mempercepat kerusakan dan keluhan kesehatan yang tidak mudah untuk disembuhkan, seperti batuk batuk, sesak nafas atau nyeri pada dada.

Inilah bahaya tar pada rokok yang perlu anda waspadai !

1. Kesulitan bernafas dengan normal – Tar pada bahaya asap rokok masuk melalui kerongkongan dan masuk melalui aliran darah. Kemudian pembuluh darah menuju alat pernafasan dan mulai meracuni pernafasan hingga menyebabkan kesulitan untuk bernafas dengan normal.

2. Dapat menyebabkana dada terasa berat dan nyeri – Jika asap rokok sudah memenuhi ruangan pernafasan maka, dalam hitungan detik akan melekat dan mengiritasi dinding alat pernafasan yang menyebabkan dada terasa berat dan nyeri.

3. Menyebabkan mudah lelah – Tubuh yang sudah di penuhi asap rokok maka tar akan mengambil alih menguasai keadaan di dalam sistem pernafasan dan aliran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah.

4. Menyebabkan dehidrasi tubuh – Tubuh yang telah terkontiminasi tar dari asapa rokok selama bertahun tahun akan menyebabkan tubuh dalam keadaan dehidrasi, sehingga organ tubuh selalu bekerja keras dan kelelahan. Hal ini mengakibatkan anda akan mudah sakit.

5. Dapat menyebabkan batuk yang tidak kunjung sembuh – Tar pada asap rokok dapat menyebabkan racunnya mengendap pada tenggorokan dan jaringan par- paru hingga menyebabkan penyumbatan  pembuluh darah. Kemudian akan mengakibatkan batuk-batuk yang tak kunjung sembuh dan dada sangat nyeri.

6. Meningkatkan stres – Pada orang yang kecanduan merokok dapat membuat stres berkurang karena tar cenderung membuat kecanduan. Tetapi ketika anda tidak menghisap rokok dalam waktu satu hari maka, tingkat stres anda akan meningkat drastis. Hal ini hanya akan mempengaruhi kesehatan jaringan otak dan kekebalan tubuh.

7. Memicu timbulnya kulit yang kusam dan tidak bercahaya – Racun yang ada pada tar rokok mampu menyerap minyak alami yang ada di dalam kulit dan merusak jaringan dan fungsi kolagen secara bertahap. Jika hal ini terus berlanjut hingga berbulan-bulan, maka kulit akan terlihat kusam dan nampak tua.

8. Memicu timbulnya bentukan selulit pada bagian tubuh – Racun pada bahaya tar rokok sanggup mengacaukan keseimbangan minyak alami dan menyerap lemak baik yang ada dibawah kulit. Kondisi ini menyebabkan kulit cepat membentuk selulit.

9. Dapat menurunkan kekebalan tubuh – Tar yang ada pada rokok dapat mengacaukan sistem metabolisme dan menurunkan kekebalan tubuh sehingga, dapat mempercepat tubuh menjadi mudah lelah dan jatuh sakit.

Sponsors Link

10. Dapat menurunkan kualitas sperma pada pria – Pria yang bertahun-tahun merokok akan mengalami penurunan kualitas sperma. Sperma tidak kental dan tidak mampu membuahi sel telur yang matang secara normal.

11. Mengganggu keseimbangan hormon esterogen pada wanita – Asap rokok mampu mengendalikan hormon esterogen pada wanita yang menyebabkan haid tidak lancar dan kesulitan untuk tidur malam.

12. Dapat mengganggu kesuburan sel telur wanita – Asap rokok dapat menggagalkan proses pembuahan karena sel telur yang telah matang dan siap dibuahi tiba tiba hancur atau mati karena teracuni tar.

13. Menyebabkan asam lambung naik – Tar dapat menyebabkan asam lambung naik karena asap rokok dapat mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan lambung teras nyeri dan mual.

14. Dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada paru-paru – Asap rokok yang telah masuk lewat pembuluh darah menuju paru paru dapat mengiritasi dan mengendap di dalam paru-paru. Sehingga paru paru keracunan dan memicu tumbulnya sel kanker.

15. Dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada hati – Hati sangat berperan dalam mengendalikan racun dalam tubuh agar bisa keluar dari tubuh lewat keringat dan urin. Tetapi jika racun tar telah masuk menguasai jaringan hati maka, hati tidak mampu lagi menyaring tar yang memiliki kemampuan menghambat kinerja pembuluh darah pada hati yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

16. Menyebabkan kanker testis pada pria – Pria yang kecanduan merokok akan beresiko terserang kanker testis karena tar pada rokok mampu merusak jaringan otot dan pembuluh darah disekitar testis.

17. Dapat menyebabkan pria menjadi impontensi – Bahaya tar rokok dapat menghambat daya tahan ereksi dan merusak pembuluh darah sekitar alat kelamin yang menyebabkan hormon pria tidak mempunyai kemampuan lagi untuk mempertahankan ereksi dan ejakulasi secara normal. Pria akan mudah mengalami kelelahan sebelum mampu mempertahankan libido normalnya.

18. Memicu penyakit stroke – Asap rokok dapat meningkatkan darah tinggi dan memicu serangan stroke mendadak karena tar telah merusak pembuluh darah kearah jantung dan jaringan otak secara bersamaan.

19. Menyebabkan gigi berwarna keruh – Bagi perokok aktif sisa tar yang terdapat pada asp rokok cenderung melekat pada enamel gigi dan sanggup merusak enamel hingga kedalam dan menyebabkan gigi terlihat keruh dan kuning. Noda ini sulit dihilangkan jika anda tidak rajin menggosok gigi atau jarang makan buah-buahan setiap hari.

20. Memicu serangan jantung secara mendadak

Asap rokok yang telah memasuki pembuluh darah kea rah jantung dapat mengiritasi dinding jantung dan menghambat  jantung untuk memompa darah dengan cepat. Jika terus menuerus terjadi keadaan ini dapat memicu serangan jantung mendadak.

sponsored links

21. Menyebabkan penuaan dini, kerutan halus sekitar sudut mata dan bibir – Asap rokok bersifat merusak dan menyerap kolagen dibawah kulit dan memicu timbulnya garis halus sekitar mata dan bibir. Jika berlanjut selama betahun-tahun pada wanita yang perokok aktif akhirnya akan membuat aura wajah terlihat lebih tua dan banyak kerutan ketika tertawa.

22. Menyebabkan gangguan jaringan otak – Jika asap rokok telah memenuhi jaringan otak berarti akan menghambat aliran darah kearah otak. Kondisi ini akan menyebabkan otak tidak mampu lagi menganalisa informasi dengan baik dan akan mengalami kesulitan dalam mengingat sesuatu dalam jangka panjang.

23. Menyebabkan timbulnya putih mata (katarak) – Asap rokok dapat melekat dan mengiritasi pada permukaan lensa mata dan membuatnya menjadi keruh dan lensa mata mempunyai kesulitan dalam menangkap cahaya dengan baik.

24. Menyebabkan munculnya penyakit bronkitis – Bronkitis selalu dikaitkan kemunculannya karena infeksi dan peradangan pada saluran pernafasan karena plak dari tar selama bertahun tahun.

25. Menyebabkan munculnya penyakit Emfisema – Tar pada asap rokok secara sistematik dapat merusak kantung udara diparu paru dan membentuk rongga yang mengakibatkan nafas menjadi pendek dan tersendat sendat. keadaan ini membuat si penderita cepat lelah dan dada terasa  berat serta nyeri

26. Dapat menyebabkan hamil muda keguguran – Tar pada asap rokok mampu menembus jaringan organ tubuh janin yang baru akan terbentuk. Lalu mengikat jaringannya dengan racun yang mampu mengahncurkannya menjadi darah kembali. Hal ini yang sering disebut pendarahan hebat atau secara medis disebut keguguran

27. Menyebabkan bayi lahir cacat – Bahaya tar rokok bisa meracuni tubuh janin dan menggagalkan pertumbuhan organ yang belum sempurna hingga, bayi mengalami kecacatan ketika dilahirkan.

28. Menyebabkan bayi lahir prematur – Tar dapat memasuki plasenta dan meracuni tubuh bayi yang telah usianya cukup tua sekitar 7 bulan. Racun tar memaksa dan memberi mendorong bayi secara bertahap untuk membentuk pergerakan yang lebih sering disebut kontraksi rahim. Jika racun telah masuk pada rahim secara keseluruhan maka bayi akan lahir lebih awal.

29. Menyebabkan bayi gugur dalam kandungan – Pada ibu hamil yang masih aktif merokok, tar pada asap  rokok dapat menghambat dan menyumbat pergerakan serta  pernafasan bayi melalui plasenta secara bersamaan, Jika ini terus berkelanjutan bayi akan mengalami ketegangan, mengejan lalu pergerakan pun terhenti. Bayi akan gugur dalam kandungan yang sudah dipenuhi tar yang bercampur dengan bahaya nikotin dan zat lainnya seperti acetol, karbon monoksida dan lain lain.

Bagaimana dengan Konsumsi Rokok Elektrik atau Digital ??

Banyak yang menganggap merokok dengan menggunakan merokok Digital dapat meminimalisir dampak buruk dari tar. Ini adalah kesalahan besar!

  • Apapun bentuk dan cara merokok kandungan tar dalam rokok sama bahayanya dan tidak akan mendapat pengurangan dampak buruknya.
  • Pada teknik rokok digital memang asap yang dikeluarkan tidak sebanyak pada perokok biasa, tetapi sari dari racun tar tetap utuh atau penuh dan tidak berkurang sedikitpun. Ketika masuk melewati rongga mulut dan hidung menuju paru-paru dan area aliran darah menuju katub jantung.
  • Merokok secara biasa dinilai lebih baik ketimbang harus memakai alat bantu seperti rokok digital, karena efek buruk dari nikotin tidak akan berkurang dan tetap menyebabkan kecanduan. Tak heran jika rokok digital tidak terlalu menjadi pilihan utama bagi para perokok aktif. Intinya apapun yang mengandung bahaya dari hasil pembakaran asap rokok tetap akan berdampak buruk bagi kesehatan walaupun teknologi rokok digital dinilai mampu mengurangi bentuk asap yang keluar menjadi lebih ringan dan tidak terlihat menyebar ke seluruh ruangan.
  • Cara terbaik untuk menghindari asap rokok atau ketertarikan pada bau tembakau yahg membuat kecanduan kembali. Sebaiknya mulailah mengurangi rokok bagi yang telah kecanduan berat dan belajar berhenti merokok bagi yang belum kecanduan. Awalnya memang sangat sulit tetapi jika tekad dan kejujuran untuk tetap sehat selalu konsisten maka anda bisa mengurangi rokok secara bertahap atau tidak merokok sama sekali.
  • Membiasakan diri untuk mengunyah permen dan memperbanyak minum jus buah mampu menghilangkan ketertarikan pada bau tembakau. Jika ingin benar-benar menjauhi rokok setidaknya menjauhi dahulu orang orang yang aktif merokok. biarkan organ tubuh anda bersih dan lebih sehat. Anda akan merasakan perubahan jika dalam sebulan tidak merokok, tubuh menjadi lebih ringan, nafas semakin lapang dan stamina akan selalu berada pada kondisi terbaiknya. Walaupun selalu terjebak melakukan aktivitas rutin yang menyita banyak energi anda.
Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 25th, January 2016 / 04:20 Oleh :
Kategori : Kimia