10 Bahaya Kapur Sirih Bagi Tubuh

Salah satu kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan pribadi orang orang tua jaman dulu dalam menggunakan kapur sirih yang ditambahkan buah pinang lalu dikunyah setiap hari seringkali dijadikan alasan untuk menguatkan dan memutihkan gigi. uniknya  hingga saat ini masih digunakan sebagai pemutih selangkangan ibu hamil yang mengalami pigmentasi. Namun bagaimanapun juga kapur sirih memiliki kandungan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan jika menggunakannya dengan cara yang tidak tepat.

Kandungan zat kimia yang ada pada kapur sirih.

Kalsium hidroksida pada kapur sirih mempunyai rumusan kimia akurat berupa Ca (OH)2 dimana kalsium ini diproduksi karena adanya treaksi dari kalsium oksida (CO) bila dilarutkan dengan air. ketika berinteraksi dengan air makankalsium hidroksida dapat membentuk kristal dan pengendapan, peristiwa ini menyebabkan mengapa makanan bisa berubah menjadi keras dan lebih renyah ketika selesai digoreng.

Inilah bahaya kapur sirih bagi tubuh :

1. Memicu munculnya kanker lidah

Kapur sirih yang digabungkan dengan buah pinang sering digunakan orang tua zaman dulu untuk memutihkan gigi namun ternyata kandungan yang ada pada kapur sirih memicu kerusakan sel sel tubuh terutama pada rongga mulut dan mengakibatkan pengendapan dan memicu sel yang rusak bermutasi didalam DNA menjadi sel tumor lalu akan berpotensi menjadi sel kanker pada lidah.  Sebenarnya ada cara lain memutihkan gigi tanpaa harus menimbulkan masalah padaa rongga mulut ana. Ada cara memutihkan gigi secara alami dan cepat.

2. Kapur sirih Memicu sariawan

Mengunyah kapur sirih dalam jangka panjang dapat menyebabkan peradangan lalu infeksi berat disekitar rongga mulut yang diawali dengan munculnya sariawan. ketika mulut terserang sariawan sebaiknya hentikan mengkonsumsi makanan yang mengandung kapur sirih dan lakukan pengobatan pada sariawan anda agar tidak terus menyebar lebih luas lagi. jangan khawatir karena ada cara mengobati sariawan secara alami.

3. Tumbuhnya tahi lalat semakin memburuk

Banyak orang yang percaya bahawa tahi lalat dapat dihilangkan tanpa operasi dengan menggunakan kapur sirih. namun pada kenyataannya kapur sirih bersifat tajam dan merusak jaringan kulit yang ditumbuhi tahi lalat. kondisi tahi lalat akan semakin memburuk karena meradang dan membengkak akhirnya  tahi lalat akan berubah menjadi tumor yang sulit dijinakkan.

4. Menyebabkan dehidrasi

Kapur sirih dapat mengikat air yang ada didalam tubuh lalu membuat tubuh terserang dehidrasi sehingga tubuh mudah kelelahan dalam beraktifitas. hal ini bisa disebabkan makanan yang telah dikonsumsi terdapat tambahan kapur sirih didalamnya. anda harus mengetahui bahaya dehidrasi yang dapat mengganggu aktifitas sehari hari.


5. Kromosom janin mengalami kelainan

Banyak ibu hamil yang mengkonsumsi makanan yang telah dicampurkan dengan kapur sirih dengan alasan agar makanan semakin renyah dan gurih, namun mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kapur sirih selama masa kehamilan dapat mengganggu kualitas nutrisi ke plasenta dan zat yang ada kapur sirih adalah hasil fermentasi yang didalamnya terkandung alkohol yang mampu membuat penyumbatan aliran darah dan pasokan oksigen pada janin sehingga janin bisa mengalami kelaianan kromosom.

6. Rambut rontok secara berlebihan

Kapur sirih tidak dianjurkan dipakai untuk olesan kulit kepala apapun alasanya, karena kapur sirih bersifat tajam dan meregangkan kekuatan akar rambut sehingga kondisi rambut mudah rontok dalam jumlah yang banyak dan rapuh. jaman dulu kapur sirih digunakan untuk merontokkan bulu kaki dan ketiak tanpa menggunakan bahan lain. jika digunakan secara berlebihan maka akan merusak akar bulu dan membuat permukaan kulit menjadi perih atau terasa terbakar.

7.  Selangkangan terjadi pigmentasi

kapur sirih yang ditambahkan dengan air jeruk lemon sangat baik untuk menghaluskan kulit dan memutihkan pigmentasi diselangkangan ibu hamil. karena perubahan hormon maka biasanya ibu hamil akan mengalami pigmentasi disekitar selangkangannya, yaitu berwarna lebih gelap dan tidak merata. namun pemakaian uang berlebihan dan jangka panjang dapat membuat iritasi dan pembengkakan yang nantinya akan mempengaruhi ibu hamil ketika sedang berjalan atau beraktifitas.

8.Dapat memicu diare akut

Kapur sirih yang telah dicampurkan air kunyit dan air lemon dapat meredakan sakit perut, mual , rasa tidak nyaman pada ulu hati dan menyembuhkan diare, tetapi jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan diare sulit untuk disembuhkan karena feses selalu dalam keadaan encer, terlalu banyak mengkonsumsi ramuan kunyit dan kapur sirih justru  kapur akan  menghambat pengerasan feses dan menyebabkan diare akut. namun masih ada cara mengatasi diare secara alami tanpa ada bahan campuran kapur sirih yaitu menggunakan bahan dasr madu asli. inilah khasiat madu untuk penderita diare akut.

9.  pencernaan terganggu

Manisan adalah salah satu makan yang disukai anak anak , namun proses pembuatan manisan selalu disertai pemkaian kapur sirih yang membuat efek renyah, lebih nikmat dan mengendalikan rasa asam pada manisan menjadi lebih manis. manisan yang ditambahkan kapur sirih akan membentuk alkohol dan dapat mengganggu pencernaan lalu mengiritasi dinding pencernaan sehingga bisa menimbulkan sakit perut, mual mual dan pada sebagian orang akan mengalami keracunan. selain  zat yang ada pada kapur sirih ternyata masih ada gangguan pencernaan pada tubuh manusia lainnya.

10. Metabolisme tubuh terganggu

seseorang yang telah terdiagnosa kanker stadium awal sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang didalamnya terdapat kapur sirih, alkohol dan zat kalsium hidroksida dalam kapur sirih dapat mengaktifkan pergerakan dan pertumbuhan sel kanker menjadi lebih luas. jika dibiarkan akan memperburuk metabolisme tubuh secara menyeluruh. jangan khawatir karena ada cara meningkatkan metabolisme tubuh tanpa harus takut akan terserang kanker.

Untuk menjaga kualitas kapur sirih agar tetap bermanfaat hendaknya tidak menggunakan kapur sirih secara berlebihan.

Membuat makanan agar semakin renyah dan gurih sebaiknya tidak memberikan tambahan kapur sirih yang melebihi penggunaan terigu atau tepung beras jika sedang menggoreng sesuatu. efek renyahnya dapat menandakan jika penggunaan kapur sirih sudah terlalu banyak .

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kapur sirih  jika dilakukan setiap hari dan menjadi kegemaran hingga selama bertahun tahun maka seseorang yang mempunyai riwayat keluarga terkena kanker, perlu berhati hati karena seseorang tersebut rentan sekali terserang pertumbuhan sel abnormal yang bermutasi didalam DNAnya yang bewberapa bulan kedepan akan berubah menjadi sel kanker.

Penggunaan kapur sirih ternyata masih dapat dikendalikan bahayanya, diantaranya:

  1. Menggunakan kapur sirih yang ditambahkna air jeruk lemon
  2. Menggunakan kapur sirih dengan aiar kunyit
  3. Menggunakan kapur sirih bersamaan dengan madu
  4. Menggunakan kapur sirih bersamaan dengan minyak zaitun
  5. Menggunakan kapur sirih bersamaan dengan buah pinang dan air jeruk nipis

Berbahayakah kapur sirih terhadap manula?

Kapur sirih lebih berbahaya jika dikonsumsi manula, karena berhubungan dengan menurunnya tingkat kekebalan tubuh secara alami seiring bertambahnya usia. Kapur sirih lebih mudah membuat peradangan pada organ tubuh manula yang memang sudah rentan sekali teriritasi.

Banyak orang yang mempunyai alergi terhadap kapur sirih yanag membuat kulit mereka mengalami ruam dan gatal gatal hingga pembengkakan. biasanya mereka tidak menyadari jika makanan yang sedang mereka konsumsi didalamnya terdapat tambahan bahan kapur sirih. anak anak yang paling sering mengalami alergi terhadap kapur sirih.

Agar alergi cepat hilang sesaaat setelah makan makanan tertentu maka yang harus anda lakukan adalah mengkonsumsi  air kunyit yang telah dicampur dengan madu,  air jeruk lemon atau nipis dan air matang sebanyak banyaknya. zat anti inflamasi, anti alergi dan antibiotik yang kuat dan aktif didalam kunyit madu dan jeruk dapat menetralisir zat dari kapur sirih agar segera didorong kearah kandung kemih yang nantinya dibuang melalui urin daan feses. jika mengetahui bahwa diri sendiri mengalami alergi terhadap kapur sirih sebaiknya hindari makanan yang menggunakan campuran kapur sirih. kondisi itulah sebenarnya menandakan bahwa bahaya kapur benar benar ada.

, ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 06:08 Oleh :
Kategori : Kimia