Sponsors Link

9 Obat Herbal Beri beri Paling Ampuh

ads

Beri-beri merupakan penyakit yang menyebabkan gangguan pada sistem saraf atau kardiovaskuler. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B1 atau thiamin. Nama penyakit ini sendiri diambil dari kata “biri-biri” yang berarti domba, karena penderita penyakit beri-beri yang mengalami gangguan saraf akan berjalan seperti biri-biri.

(Baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan vitamin B1 – jenis-jenis kelainan saraf)

Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang berbahaya. Untuk mengobati penyakit ini bisa dilakukan tindakan medis dan juga tradisional (herbal). Bagi anda yang ingin menghindari efek samping maka anda bisa mencoba metode pengobatan dengan bahan herbal. Berikut beberapa bahan herbal yang bisa anda gunakan untuk mengobati beri-beri.

1. Beras Merah dan Minyak Kesambi

Bahan herbal pertama yang bisa digunakan untuk mengobati beri-beri adalah minyak kesambi dan beras merah. Yang perlu anda siapkan adalah secangkir beras merah yang sudah ditumbuk beserta 6 sendok makan minyak kesambi. Keduanya kemudian dicampur sambil diremas-remas. Untuk langkah pengobatan anda bisa membalurkan ramuan tradisional tersebut pada area tubuh yang mengalami pembengkakan akibat beri-beri. lakukan metode tersebut setiap malam.

(baca juga: bahaya makan beras mentah)

2. Akar Bunga Matahari dan Kulit Tanaman Labu

Akar bunga matahari dan kulit tanaman labu merupakan dua bahan alami yang sangat kaya akan kandungan vitamin B1. Untuk mengobati penyakit beri-beri anda cukup menyiapkan 15 gram akar tanaman bunga matahari dan 25 gram kulit tanaman labu. Keduanya kemudian dicuci bersih dan direbus bersama dengan 500 ml air. Tunggu hingga air yang tersisa hanya separuhnya. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

3. Daun Sirih dan Lempuyang

Daun sirih dan juga lempuyang merupakan dua bahan yang bisa anda gunakan sebagai obat luar pada penyakit beri-beri. Yang perlu anda siapkan adalah 10 lembar daun sirih, 6 buah cabe hitam, 3 ruas jari lempuyang, dan juga satu cangkir beras merah. Keempat bahan tersebut kemudian ditumbuk dengan menambahkan sedikit air bersih. Ramuan tersebut selanjutnya bisa anda gunakan untuk dibalurkan pada bagian tubuh yang membengkak akibat beri-beri.

4. Daun Singkong

Salah satu asupan bergizi dan sangat kaya akan kandungan vitamin B1 adalah daun singkong. Untuk mengobati beri-beri anda cukup merebus daun singkong hingga matang kemudian mengkonsumsi rebusan daun singkong tersebut. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan daun singkong sebagai lauk ketika makan. Selain kaya akan kandungan vitamin B1, daun singkong juga kaya akan kandungan zat besi yang efektif untuk mengatasi anemia.

(Baca juga: khasiat daun singkongbahaya daun singkong bagi penderita hipertensi)

Sponsors Link

5. Ketumbar, Kunyit, dan Pangi

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengobati beri-beri adalah ketumbar, kunyit, dan juga pangi. Yang perlu ada siapkan adalah 7 biji ketumbar, 25 gram kunyit, 5 gram kulit tanaman pangi, dan juga satu lembar daun pangi yang sudah tua. Semua bahan tersebut selanjutnya ditumbuk hingga halus dan tidak lupa tambahkan juga sedikit air ke dalam ramuan tersebut. Ramuan tersebut selanjutnya bisa anda manfaatkan sebagai obat oles pada bagian tubuh yang membengkak atau terasa nyeri akibat beri-beri.

6. Akar Pohon Jati

Ramuan herbal selanjutnya yang berguna untuk mengobati beri-beri adalah akar pohon jati. Yang perlu anda siapkan adalah 15 gram akar pohon jati yang sudah dikeringkan. Rebuslah akar pohon jati tersebut bersama dengan 4 gelas air hingga air yang tersisa hanya 2 gelas saja. Minumlah air rebusan akar pohon jati tersebut 2 kali sehari pagi dan sore, 1 gelas setiap kali minum.

7. Buah Nanas dan Mengkudu

Ada banyak buah-buahan yang mengandung banyak vitamin B1, beberapa di antaranya adalah buah nanas dan juga buah mengkudu. Keduanya juga efektif untuk mengobati penyakit beri-beri. Untuk mengobati penyakit beri-beri yang perlu anda lakukan adalah dengan membuat jus dari kedua jenis buah tersebut. Minumlah airnya saja, sedangkan ampas dari jus tersebut bisa anda aplikasikan pada kulit luar tubuh yang membengkak.

(baca juga: efek samping mengkudu)

Sponsors Link

8. Daun Dewa dan Sembung

Kedua jenis tanaman semak yakni daun dewa dan daun sembung ternyata juga efektif untuk mengobati penyakit beri-beri. Siapkan daun dewa dan daun sembung masing-masing 15 gram. Rebuslah kedua bahan tersebut bersama dengan 3 buah cabe jawa dan juga 600 ml air. Tunggu hingga air yang tersisa hanya 300 ml saja. Minumlah air ramuan tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore, 150 ml setiap kali minum.

9. Kacang Hijau

Siapa yang tidak kenal dengan kacang hijau. Kacang-kacangan yang satu ini juga sangat kaya akan kandungan vitamin B1. selain itu kacang hijau juga kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk pembentukan sel darah merah. Untuk mengobati penyakit beri-beri yang perlu anda lakukan hanya merebus kacang hijau bersama dengan santan dan gula merah hingga lunak. Bubur kacang hijau tersebut bisa anda konsumsi 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

(Baca juga: kacang hijau bagi penderita kista)

Dari 9 bahan alami untuk mengobati penyakit beri-beri di atas semuanya bisa anda dapatkan di sekitar anda. Selain itu bahan herbal tersebut juga relatif tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Lakukan pemeriksaan medis sesegera mungkin jika penyakit beri-beri dirasa semakin parah.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 21:43 Oleh :
Kategori : Herbal