35 Khasiat Putri Malu untuk Kesehatan

Putri MaluPutri malu atau Mimosa Pudica merupakan sejenis tanaman perdu dari suku polong-polongan yang memiliki banyak nutrisi bermanfaat seperti mimosin, asam pipekolinat, tanin dan berbagai kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Tanaman putri malu ini terkenal dengan bagian daun yang langsung tertutup saat tersentuh oleh sesuatu yang terjadi karena tingkat kepekaan tinggi terhadap rangsangan dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Tanaman dengan daun unik dan bunga berwarna ungu ini memiliki banyak kegunaan untuk menyembuhkan penyakit serta kesehatan dan pada kesempatan ini akan kami ulas selengkapnya khasiat putri malu untuk anda.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Luka Penderita Diabetes

Tanaman putri malu sangat berkhasiat untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes yakni pada bagian akar dari tanaman putri malu. Caranya adalah dengan menjemur akar tanaman putri malu sampai kering lalu dihaluskan sampai menjadi bubuk dan di rendam dalam methanol selama 3 minggu. Langkah selanjutnya adalah menyaring ramuan tersebut dengan kertas saring, diuapkan dan bisa digunakan sebagai obat oles luka.

  1. Menyembuhkan Batuk

Untuk menyembuhkan batuk berdahak, anda juga bisa menyembuhkan penyakit ini dengan menggunakan tanaman putri malu. Rebus 10 sampai 15 gram tanaman putri malu yang sudah di cuci bersih bersama dengan air secukupnya, jika sudah dingin bisa diminum sampai habis dan lakukan rutin sampai batuk sembuh. Selain menyembuhkan batuk, tanaman putri malu ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan pilek serta mengurangi penyakit pernapasan bagian atas.

  1. Mengatasi Hepatitis

Penyakit hepatitis juga bisa diredakan dengan tanaman putri malu. Air rebusan putri malu ini akan bekerja sebagai penetralisir gejala radang yang terjadi pada organ hati penyebab virus hepatitis tersebut.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur tentunya akan membuat seseorang mengalami gangguan aktivitas serta kesehatan. Kandungan yang terdapat di dalam tanaman putri malu akan membuat tidur anda lebih nyenyak yakni dengan cara merebus 30 gram putri malu dengan air secukupnya lalu minum ramuan tersebut sebelum anda pergi tidur.

  1. Mengobati Rematik

Rematik adalah salah satu masalah radang pada sendi yang bisa terjadi karena masalah autoimun tubuh dan umumnya lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria. Anda bisa meminimalisir rasa nyeri yang ditimbulkan dari rematik ini dengan cara merendam tanaman putri malu dalam arak putih dan biarkan selama 2 minggu. Setelah itu, ambil tanaman putri malu dan tempelkan pada area tubuh yang terasa nyeri.

  1. Menangkal Bisa Ular

Tanaman putri malu juga memiliki sifat anti bisa, bahkan bisa menangkal bisa ular cobra yang sangat berbahaya. Studi yang dilakukan membuktikan jika ekstrak akar putri malu yakni dengan cara merebus akar putri malu yang dikeringkan sangat efektif untuk menangkal bisa ular yang berbahaya. Akan tetapi, pemanfaatan tanaman putri malu ini hanya bisa dilakukan oleh seorang herbalis atau yang sudah berpengalaman.

  1. Mencegah Disentri

Dari penelitian yang sudah dilakukan Universitas Muhammadiyah , Surakarta menemukan jika kandungan dalam ekstrak tanaman putri malu memiliki sifat anti bakteri yang berperan penting dalam menangkal pertumbuhan dan juga perkembangan dari bakteri shigella dysentriae penyebab penyakit disentri.

Artikel terkait:

  1. Menghentikan Pendarahan dan Mencegah Infeksi

Ekstrak dari tanaman putri malu juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung senyawa tanin serta zat antioksidan tinggi. Kandungan ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah resiko infeksi, masalah pendarahan dan juga membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit baru yang sehat.

  1. Mencegah Radang

Kandungan anti inflamasi yang ada dalam putri malu berkhasiat untuk meredakan radang serta pembengkakan yang terjadi pada tubuh. Selain itu, tanaman putri malu ini juga aman untuk digunakan dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya untuk tubuh.


  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Dengan mengkonsumsi tanaman putri malu ini, maka resiko diabetes bisa dikurangi dan ini sudah dibuktikan dari penelitian yang menunjukkan kandungan dalam putri malu sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko diabetes sampai dengan 13 persen.

  1. Menurunkan Demam

Saat anda sedang demam, maka tanaman putri malu ini bisa menjadi solusi mudah dan murah untuk menurunkan demam tersebut. Tanaman putri malu akan mengontrol suhu tubuh sehingga bisa selalu berada dalam keadaan yang normal dan demam tidak akan timbul kembali.

  1. Mengencerkan Dahak

Dahak di tenggorokkan akan lebih mudah dikeluarkan dengan memanfaatkan tanaman putri malu ini. Kandungan dalam putri malu akan mengubah tekstur dahak menjadi lebih encer sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tanaman putri malu juga tinggi akan kandungan mikronutrien serta berbagai mineral penting seperti zat besi, seng, magnesium dan mangan. Beberapa kandungan ini sangat dibutuhkan tubuh agar sistem imun bisa selalu dijaga dan ditingkatkan sehingga akan terhindar dari serangan bakteri, kuman dan polutan berbahaya.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan Saluran Kemih

Untuk anda yang memiliki masalah pada saluran kemih yang tidak lancar, maka anda bisa memanfaatkan air rebusan putri malu ini, sehingga saluran kemih akan lebih lancar dan terhindar dari serangan kuman dan juga bakteri.

  1. Menenangkan Pikiran

Putri malu juga sangat baik dikonsumsi sebab bisa menenangkan pikiran serta berbagai stres dan depresi yang terlalu berlebihan. Mengkonsumsi sari putri malu akan membuat tidak hanya tubuh yang semakin sehat, namun pikiran yang lebih rileks dan tenang.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Ektrak dari tanaman putri malu juga sangat berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah anda. Dengan lancarnya peredaran darah, maka berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke bisa dihindari.

  1. Meningkatkan Stamina Pria

Tanaman putri malu juga sangat berkhasiat untuk menambah stamina pria khususnya untuk berhubungan intim. Caranya, siapkan 10 sampai 15 lembar daun putri malu lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring air rebusan dan saat sudah hangat bisa diminum sampai habis. Khasiat tanaman ini akan terasa sesudah 30 menit meminum air rebusan putri malu ini.

  1. Mengobati Bronkitis Kronik

Bronkitis adalah salah satu penyakit yang menyerang organ paru-paru. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memanfaatkan khasiat dari putri malu yakni dengan merebus 60 gram akar putri malu dengan 600 cc air memakai api yang kecil sampai tersisa 200 cc saja. Setelah cukup hangat, bagi dua air rebusan ini untuk di minum sebanyak 2 kali yakni pagi dan malam hari.

  1. Mengatasi Asma

Untuk penderita asma juga bisa meredakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yakni dengan merebus 10 gram putri malu bersama 100 ml air selama 15 menit. Sesudah dingin, minum air rebusan ini sebanyak 3 kali sehari sebanyak 1 sampai 2 sendok makan setiap kali minum.

  1. Menyembuhkan Penyakit Herpes

Untuk mengatasi salah satu penyakit kulit menular yakni herpes caranya adalah dengan mencuci daun putri malu secukupnya lalu rebus memakai panci stainless sampai mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan ini untuk mandi dan membah bagian tubuh yang terkena virus herpes.

  1. Mencegah Diare

Dari studi yang sudah dilakukan membuktikan jika tanaman putri malu memiliki khasiat untuk mengendalikan diare seperti yang terjadi saat menggunakan minyak jarak atau ekstrak etanol. Konsumsi air rebusan putri malu ini secara teratur sampai diare bisa disembuhkan.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Pendarahan Berlebih saat Menstruasi

Manfaat berikutnya dari tanaman putri malu adalah untuk mengendalikan pendarahan berlebihan yang terjadi saat menstruasi. Campurkan 6 sendok air rebusan tanaman putri malu ini dengan madu dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Cara berikutnya adalah dengan merebus akar putri malu lalu campur dengan madu dan merica bubuk dan minum setiap 2 jam sekali sebanyak 5 ml setiap kali minum.

  1. Mengobati Sakit Perut dan Cacing Usus

Untuk mengatasi sakit perut dan juga membunuh cacing yang ada di dalam usus caranya adalah dengan menghaluskan daun putri malu sampai menjadi pasta dan konsumsi daun tersebut selama 3 sampai 4 hari yang sudah dicampurkan dengan madu.

  1. Menghilangkan Gatal

Untuk menyingkirkan rasa gatal pada area kulit juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan tanaman putri malu, yakni dengan membuat pasta dari akar putri malu lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal atau juga bisa ditambahkan dengan minyak wijen.


  1. Menyembuhkan Masalah Gusi dan Sakit Gigi

Untuk mengatasi berbagai masalah pada area gigi serta gusi juga bisa menggunakan tanaman putri malu, yakni dengan merebus akar tanaman dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sampai masalah pada gigi dan gusi bisa sembuh.

Khasiat Lain Tanaman Putri Malu

Tanaman putri malu yang memiliki sifat anti inflamasi, anti biotik, anti bakteri, anti mikroba, anti kuman, pereda nyeri dan juga penenang ini juga memiliki beberapa khasiat lainnya seperti:

  • Mengobati lepra/kusta
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Mengatasi nyeri pada rahim dan organ kewanitaan
  • Mengatasi kelelahan
  • Leucoderma
  • Mengatasi penyakit kuning
  • Mengatasi wasir dan sebagainya.

Artikel terkait:

Sudah terbukti jika ada banyak khasiat putri malu yang bisa diperoleh untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan. Hal yang harus diingat adalah pada wanita yang sedang berada dalam masa hamil dilarang untuk mengkonsumsi tanaman putri malu ini karena akan mengakibatkan masalah pada janin dan jika terlalu banyak mengkonsumsi tanaman ini juga akan mengakibatkan keracunan serta muntah.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 06:13 Oleh :
Kategori : Herbal