Sponsors Link

22 Khasiat Petai Cina untuk Tubuh dan Kulit

Sponsors Link

Biji dari tanaman petai cina atau sering disebut dengan lamtoro ini sudah menjadi makanan yang umum disantap masyarakat Indonesia seperti diolah menjadi botok, menjadi lalapan mentah dalam nasi pecel dan berbagai olahan makanan lezat lainnya. Namun perlu anda ketahui jika lamtoro yang biasanya dijadikan lauk ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan bermanfaat untuk mengatasi segala macam penyakit. Tanaman petai cina ini juga sering digunakan untuk tanaman peneduh, pencegah erosi, penghasil kayu bakar, sumber pakan ternak dan juga peneduh tanaman kopi.

ads

Pada tanaman perdu yang memiliki bongkol bunga berwarna putih ini memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh yakni protein, zat besi, kalsium, fosfor, lemak nabati, vitamin B1, vitamin A, vitamin C, karbohidrat, leukanol, leukanin dan juga mimosin sehingga khasiat petai cina sangat besar. Petai cina atau petai selong ini juga memiliki banyak nama berbeda seperti pelending, peuteuy selong [Sunda], Lamtoro [Jawa], Kalandhingan [Madura], petai belalang [Malaysia], ipil-ipil, elena [Filipina], krathin [Thailand], white leadtree [Inggris], faux mimosa [Perancis] dan juga Leucaena Leucocephala untuk nama ilmiahnya.

Artikel terkait:

Khasiat Petai Cina untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat petai cina yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan sudah terbukti secara klinis ataupun empiris, berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai manfaat petai cina selengkapnya.

  1. Mengatasi Penyakit Herpes

Herpes yang merupakan salah satu penyakit kulit dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderita ini bisa diatasi dengan cara alami yakni dengan memanfaatkan petai cina. Haluskan 30 gram petai cina bersama dengan 1 siung bawang putih dan balurkan ke area kulit yang bermasalah. Diamkan selama 20 menit baru dibilas bersih dengan air hangat.

  1. Sebagai Obat Cacing Alami

Apabila anak anda menderita cacingan seperti cacing gelang atau cacing cincin, anda bisa menggunakan biji petai cina ini untuk mengobati cacingan tersebut. Caranya, silahkan anda seduh 5 gram petai cina yang sudah dibuat menjadi bubuk bersama 1 cangkir air panas dan diamkan beberapa saat. Minum air seduhan tersebut setiap hari.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan yang terkandung di dalam petai cina sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Anda hanya perlu mengkonsumsi petai cina ini secara rutin agar penyakit berbahaya ini bisa dicegah.

  1. Menyembuhkan Disentri

Untuk mengobati penyakit disentri secara alami, anda bisa membuat ramuan tradisional berbahan dasar petai cina. Rebus 15 gram biji petai cina bersama dengan 30 gram krokot serta 400 ml air sampai tersisa setengahnya atau 200 ml. Minum air rebusan ini saat pagi dan malam hari sampai disentri bisa disembuhkan.

  1. Mengobati dan Mencegah Diabetes

Siapa bilang penyakit gula darah tinggi atau kencing manis tak dapat diobati? Untuk penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi petai cina karena salah satu manfaat yang benar-benar diunggulkan dari tanaman ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Cara kerja dari tanaman ini untuk menurunkan gula darah tinggi adalah dengan meningkatkan kinerja pankreas sehingga bisa menghasilkan hormon insulin lebih baik.

Cara menggunakan atau meramunya tak begitu sulit dan seperti kebanyakan pengolahan ramuan herbal saja. Seduh 5 gram petai cina yang sudah dibuat bubuk bersama dengan 1 cangkir air panas. Minum air rebusan ini 30 menit sebelum anda makan dan lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Agar menstruasi bisa berjalan dengan lancar dan teratur, maka bisa memanfaatkan tanaman petai cina yakni pada bagian akarnya. Bagian akar tanaman petai cina ini mengandung manfaat untuk mengatasi gangguan pada menstruasi, rebus akar petai cina dengan air sampai mendidih selama beberapa menit. Minum air rebusan ini secara rutin sebanyak 1 gelas setiap pagi dan 1 gelas saat malam.

  1. Menyembuhkan Patah Tulang

Petai cina juga bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan tulang yang patah. Caranya adalah dengan menghaluskan petai cina, kunyit, jahe, daun katuk, bawang merah dan bawang putih lalu rebus dengan air sebentar saja. Gunakan rebusan ini sebagai obat baluran kemudian bungkus dengan perban atau kain kasa. Ganti ramuan ini 1 kali sehari.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan Gairah Seksual

Petai cina ini tidak hanya berguna untuk menyembuhkan penyakit, namun juga bisa meningkatkan gairah seksual atau libido. Campurkan 2 butir kuning telur dengan 1 sendok makan bubuk biji petai cina dan 1 sendok bubuk lada hitam serta 1 sendok madu. Minum campuran ramuan ini sebanyak 1 kali dalam sehari.

  1. Menyembuhkan Luka Tertusuk

Luka tertusuk kayu, bambu atau beberapa benda lainnya juga bisa diatasi dengan daun petai cina yakni dengan cara menghaluskan daun petai cina tersebut lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

  1. Meredakan Nyeri

Untuk meredakan nyeri pada otot, anda bisa minum jus yang terbuat dari kulit pohon petai cina dan sudah sejal lama dilakukan oleh banyak orang diseluruh dunia. Kulit petai cina ini biasa digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri di otot dan juga kram yang sudah digunakan di berbagai negara di dunia.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Radang Ginjal

Untuk mengatasi radang ginjal dan juga bengkak atau oedem, maka juga bisa memanfaatkan petai cina ini sebagai pengobatan alami dan cara membuat ramuannya sama dengan cara membuat ramuan cacingan.

  1. Sebagai Analgesik

Kulit dari pohon petai cina sudah lama digunakan khususnya oleh orang Meksiko sebagai solusi menghilangkan rasa sakit pada bagian otot dan juga bisa mengatasi nyeri pada saat haid.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau masalah sulit tidur ini juga bisa diobati dengan mudah yakni dengan merebus daun lamtoro dan di konsumsi seperti teh. Minum ramuan ini sebelum anda pergi tidur agar bisa tidur dengan lebih nyenyak.

ads
  1. Mengatasi Abses Paru dan Bisul

Untuk mengatasi abses paru dan juga bisul, maka anda bisa merebus 10 gram biji petai cina beserta daunnya dengan air sebanyak 750 ml. Rebus sampai tersisa 250 ml saja dan jika sudah agak dingin minum pada pagi hari secara rutin sampai penyakit sembuh.

Artikel terkait:

Khasiat Petai Cina untuk Kecantikan

Selain berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh, tanaman petai cina juga bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit anda.

  1. Melembutkan Kulit

Untuk anda para wanita yang ingin memiliki tekstur kulit lembut, halus dan bersinar, maka bisa menggunakan daun petai cina sebagai lulur. Remas-remas daun petai cina dan gunakan sebagai scrub kulit. Lakukan cara ini secara rutin pada saat mandi sebanyak 2 kali dalam seminggu. Akan tetapi untuk anda yang memiliki alergi dan menimbulkan rasa gatal saat menggunakan petai cina ini, maka hentikan pemakaian ini.

  1. Menyembuhkan Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu gangguan kulit yang menimbulkan rasa gatal, warna kulit kemerahan, kulit kasar, gatal dan juga tekstur kulit yang kering. Untuk mengatasi gangguan kulit ini, anda bisa menghaluskan biji petai cina dan aplikasikan pada bagian kulit yang bermasalah.

  1. Mengatasi Jerawat

Daun petai cina memang sudah digunakan sejak lama untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit termasuk mengatasi jerawat. Caranya, remas-remas 3 lembar daun petai cina dengan sedikit air lalu usapkan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit baru di bilas dengan air dingin.

  1. Sebagai Toner Kulit

Daun petai cina mengandung enzim alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen. Kolagen ini akan melawan berbagai masalah kulit seperti kerutan, kulit kusam , kering dan juga warna kulit yang gelap. Daun petai cina ini akan bekerja sebagai toner kulit yang akan melembabkan kulit sekaligus membuat kulit terlihat bercahaya.

  1. Menghilangkan Bulu Pada Tubuh

Untuk menghilangkan pertumbuhan bulu pada tubuh, anda bisa menggunakan getah yang berasal dari pohon petai cina tanpa menimbulkan efek samping apapun juga. Kulit akan terlihat mulus bebas bulu namun tidak akan tampak kemerahan dan gatal pada kulit.

  1. Mengatasi Ketombe

Untuk mengatasi salah satu masalah pada rambut yakni ketombe alias masalah pada kulit kepala, anda bisa menggunakan minyak yang diambil dari ekstrak biji petai cina. Cara pemakaiannya sangatlah sederhana, yakni tinggal mengoleskan minyak tersebut tepat di kulit kepala agar masalah ketombe bisa hilang secara alami.

  1. Mengatasi Eksim

Daun dan juga biji petai cina juga memberikan efek menenangkan dan melembutkan kulit kasar yang meradang sekaligus mencegah gatal serta pendarahan pada kulit. Beberapa gejala dari eksim adalah kulit yang sangat kering ditambah kemerahan, terkadang bersisik, disertai pula dengan gatal-gatal yang akhirnya bisa menjadi luka. Karena tak nyaman, bila Anda mengalami eksim silakan gunakan tanaman ini sebagai obat efektif untuk mengatasi eksim.

  1. Mencerahkan Kulit

Tanaman petai cina atau lamtoro ini juga bisa digunakan untuk membuat kulit terlihat lebih cerah yakni dengan meremas-remas beberapa daun petai cina lalu balurkan pada permukaan kulit dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Artikel terkait:

Khasiat petai cina ini sangatlah lengkap dan bisa digunakan pada semua bagian tanaman petai cina ini mulai dari daun, biji, akar bahkan sampai kulit pohon. Anda bisa menggunakan tanaman petai cina atau lamtoro ini sebagai pengobatan dan perawatan kecantikan kulit alami dan juga aman. Pastikan anda tidak mengkonsumsi petai cina terlalu berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 15:29 Oleh :
Kategori : Herbal