Sponsors Link

23 Khasiat Keji Beling untuk Kesehatan

Sponsors Link

Keji BelingTanaman keji beling atau pecah beling atau sambaing ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh. Bagian dari tanaman keji beling yang paling sering digunakan adalah pada bagian daun dan sudah digunakan sejak lama sebagai solusi herbal menyembuhkan berbagai masalah pada tubuh.

ads

Penggunaan daun keji beling untuk pengobatan juga terbilang aman dan tidak menghasilkan efek samping yang merugikan bagi tubuh anda. Untuk lebih lengkap mengenal khasiat keji beling, bisa anda simak selengkapnya berikut ini.

Kandungan Daun Keji Beling

Dalam tanaman keji beling khususnya pada bagian daun, mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga menyembuhkan berbagai penyakit.

  • Vitamin C: Berguna untuk menangkal banyak penyakit berbahaya seperti kanker.
  • Vitamin B1: Vitamin B1 atau Thiamin berguna sebagai metabolisme tubuh.
  • Vitamin B2: Vitamin B2 atau Riboflavin bermanfaat untuk membakar lemak, karbohidrat dan protein.
  • Glikosida: Berguna sebagai obat sembelit, jantung dan menghilangkan rasa nyeri.
  • Fosfor: Bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi.
  • Tanin: Mengandung rasa pahit yang berfungsi untuk mengumpulkan protein dan senyawa lainnya seperti asam amino dan alkaloid.
  • Ferum: Berguna untuk membantu produksi hemoglobin dan komponen sel darah merah di dalam tubuh.
  • Natrium: Berguna untuk mengatur keseimbangan cairan yang membungkus sel dan cairan ekstraseluler di dalam tubuh.
  • Kalium: Berguna untuk menjaga keseimbangan cairan intraseluler tubuh sehingga tetap baik.
  • Kalsium: Berguna untuk membantu proses pembentukan gigi dan tulang, kontraksi pada otot, pembekuan darah, transmisi sinyal saraf dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Artikel terkait:

Daun keji beling sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai penyakit dari mulai yang ringan sampai berat dengan cara alami tanpa menimbulkan efek samping berbahaya untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa macam jenis penyakit yang bisa diatasi dengan memanfaatkan daun keji beling selengkapnya.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Untuk anda yang memiliki masalah susah buang air kecil atau merasa sakit saat buang air kecil, maka bisa memanfaatkan daun keji beling ini untuk melancarkan buang air kecil. Caranya, rebus 25 lembar daun keji beling bersama 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa separuhnya saja. Tunggu sampai agak dingin dan minum ramuan ini sebanyak 1 kali sehari sampai penyakit bisa sembuh.

  1. Menghancurkan Batu Empedu

Kegunaan dari daun keji beling berikutnya adalah untuk menghancurkan batu empedu yang disebabkan penggumpalan atau pengkristalan pada organ ginjal secara alami. Caranya adalah dengan merebus 5 helai daun keji beling serta 7 helai daun wungu bersama 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas saja. minum larutan ini selagi hangat maksimal 2 kali dalam sehari dengan takaran 1 gelas setiap kali minum.

  1. Mengatasi Nyeri Ambeien

Ambeien atau wasir bisa terjadi karena hemoroid yakni pelebaran di area pembuluh balik vena atau pembengkakan submukosa di bagian anus serta rektum yang dimana nantinya akan semakin tertekan karena aliran darah dan membuat pembuluh darah di sekitar anus akan semakin melebar dan bahkan ada yang sampai pendarahan.

Untuk mengatasi wasir atau ambeien yang seringkali menimbulkan rasa sakit juga bisa menggunakan daun keji beling sebanyak 35 gram yang direbus bersama 6 gelas air dalam panci stainless. Sesudah mendidih, saring dan tunggu sampai dingin lalu minum secara berkala.

  1. Menyembuhkan Sakit Kuning

Sakit kuning  yang merupakan sakit pada organ liver ini juga bisa diatasi dengan mudah dengan memanfaatkan daun keji beling ini.

  1. Menyembuhkan Kencing Batu

Kencing batu bisa terjadi karena adanya batu ginjal yang kemudian akan menyebabkan penyakit tersebut. Orang yang menderita kencing batu umumnya akan merasakan sakit dan nyeri saat sedang buang air kecil bahkan juga ada yang sampai mengeluarkan darah.

Sponsors Link

Dalam daun keji beling ini mengandung banyak senyawa bermanfaat sehingga bisa mengobati kencing batu yang terjadi pada saluran kencing anda.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Batu Ginjal

Penyakit berikutnya yang bisa diatasi dengan daun keji beling adalah batu ginjal. Batu ginjal atau nefrolitiatis ini merupakan kondisi seperti material keras yang terjadi pada ginjal. Material tersebut adalah sisa zat limbah yang ada di dalam darah yang akan di saring ginjal lalu mengendap disitu.

Salah satu penyakit yang menyerang organ ginjal ini bisa disembuhkan secara mudah dengan memanfaatkan daun keji beling tersebut.

  1. Mengatasi Sembelit

Daun keji beling juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan juga baik untuk pencernaan dengan cara alami. Sembelit merupakan keadaan seseorang yang kesulitan saat ingin buang air besar yakni kurang dari 3 kali dalam seminggu

  1. Mencegah Tumor

Dalam pengertian secara umum, tumor merupakan jaringan dari sel liar berbentuk benjolan atau pembengkakan abnormal pada bagian tubuh tertentu. Sedangkan dalam arti yang lebih khusus, tumor merupakan benjolan yang bisa terjadi karena neoplasma.

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes bisa terjadi di saat tubuh tidak lagi bisa untuk menghasilkan insulin atau hormon yang bertugas mengatur gula darah atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi dan tidak bisa bekerja dengan optimal.

  1. Mencegah Kolesterol

Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia bisa terjadi karena tingkat kolesterol di dalam darah sudah terlalu berlebihan. Kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar di produksi pada organ hati dan sebagian lagi berasal dari asupan makanan.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Dalam daun keji beling juga mengandung fosfor yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi agar selalu kuat dan tidak mudah berlubang untuk gigi dan tidak mudah keropos untuk tulang sehingga sangat baik untuk di konsumsi secara rutin.

  1. Mengatasi Gatal Pada Kulit

Terjadinya gatal pada permukaan kulit bisa terjadi karena infeksi jamur atau bakteri, kondisi kulit yang kotor, berkeringat dan berbagai masalah lainnya.

Artikel terkait:

ads
  1. Mengobati Diare

Diare atau dalam bahasa Inggris disebut dengan diarrhea merupakan penyakit yang terjadi saat tinja atau feses akan berubah menjadi cair dan lembek dan bisa terjadi hingga 3 kali dalam sehari. Diare yang terdengar sepele ini ternyata juga menjadi penyebab kematian paling umum pada balita dan mengakibatkan kematian.

  1. Mengatasi Kanker

Daun keji beling juga sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker sekaligus mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit kanker tersebut.

  1. Menyembuhkan Penyakit Lever

Kegunaan dari daun keji beling berikutnya adalah untuk mengobati penyakit lever atau lebih sering disebut dengan sakit kuning. Warna kuning yang terjadi pada penyakit ini disebabkan oleh pengaruh empedu dan hati yang kemudian cairan tersebut akan masuk  ke darah lalu keluar melalui urine.

  1. Mengatasi Penyakit Maag dan Asam Lambung

Maag yang merupakan salah satu masalah pencernaan bisa terjadi karena produksi asam berlebih di area lambung yang kemudian akan membuat lambung mengalami iritasi. Untuk mengatasi penyakit maag ini, anda bisa minum air rebusan daun pecah beling secara teratur setiap pagi dan sore hari.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Tidak hanya mengandung banyak vitamin serta mineral, dalam daun keji beling juga memiliki zat antioksidan yang akan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas ke dalam tubuh, sumber berbagai penyakit berbahaya. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan dari tanaman ini, silahkan anda rebus daun keji beling secukupnya dan minum air tersebut secara teratur.

  1. Mengobati Kencing Manis

Kencing manis menjadi salah satu penyakit kronis yang terjadi karena metabolisme karbohidrat yakni pankreas yang tidak bisa menguraikan insulin dengan baik untuk diubah menjadi energi. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa merebus 3 lembar daun keji beling bersama dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Sesudah dingin, saring dan minum air tersebut secara teratur.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Disentri

Penyakit disentri merupakan penyakit yang membuat usus menjadi infeksi sehingga bisa menyebabkan diare disertai lendir dan juga darah. Untuk menyembuhkan penyakit ini, anda juga bisa memanfaatkan daun keji beling sebagai pengobatan alami, yakni dengan merebus 3 lembar daun keji beling bersama dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja dan minum air rebusan ini secara teratur 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

  1. Menyembuhkan Masalah Kulit dan Alergi

Berbagai masalah pada kulit seperti alergi juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun keji beling sebagai pengobatan alami. Rebus 3 lembar daun keji beling bersama 1 gelas air dan setelah dingin, basuh air tersebut pada bagian kulit yang alergi sampai rata. Diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur sampai alergi bisa sembuh.

Daun keji beling yang memiliki kandungan nutrisi lengkap ini bisa anda jadikan solusi untuk menyembuhkan penyakit yang sedang anda derita, khususnya jika anda memang menghindari penggunaan berbagai jenis obat yang  mengandung bahan kimia berbahaya. Karena ada beragam obat kimia yang berefek samping cukup serius, daun ini bisa dipakai sebagai obat alami Anda. Pastikan untuk mengkonsumsinya sesuai dosis dan tidak berlebihan supaya bisa mendapatkan khasiat daun keji beling dengan baik.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 16:46 Oleh :
Kategori : Herbal