Sponsors Link

31 Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan

Sponsors Link

Seperti namanya, tanaman ini memang berasal dari Afrika Selatan yang juga sudah bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Akan tetapi, tanaman ini tidak akan berbunga atau berbuah jika di tanam di Indonesia tidak seperti saat ditanam di daerah asalnya. Tanaman ini memiliki rasa yang pahit dengan ciri daun berwarna hijau tua serta tulang daun yang menyirip dan tumbuh secara vertikal.

ads

Bagian batang tanaman ini memiliki kayu warna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi abu-abu agak putih saat sudah tua serta terdapat bercak di bagian kulit. Untuk masyarakat Afrika, tanaman ini di olah menjadi sayuran, jamu serta bumbu masakan. Akan tetapi, masih banyak khasiat daun afrika lainnya untuk kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit yang akan kamu ulas secara lengkap berikut ini.

Artikel terkait:

Kandungan Daun Afrika

Banyak ahli herbal yang sudah sejak lama menggunakan daun afrika ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan sampai berat. Dari penelitian juga ditemukan berbagai nutrisi yang terkandung di dalam daun Afrika, yakni:

  • Asam esensial
  • Mineral
  • Beberapa jenis vitamin
  • Asam fenolat
  • Vernodalol
  • Vernolide
  • Asam lemak
  1. Melawan Virus HIV

Walau sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HIV, namun daun afrika ini bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga penyebaran virus HIV tidak akan semakin menyebar dan menghambat virus tersebut semakin berkembang.

  1. Mengatasi Insomnia

Daun afrika memiliki efek relaksasi sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Caranya, rebus beberapa lembar daun afrika segar dan minum air rebusan tersebut sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin sampai insomnia bisa diatasi dengan baik.

  1. Menurunkan Resiko Kanker Hati

Daun afrika juga sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko kanker hati karena memiliki sifat detoksifikasi racun di dalam tubuh sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk mencegah salah satu penyakit berbahaya ini.

  1. Mengatasi Diabetes

Apabila terjadi resistensi insulin atau tidak diproduksinya insulin di dalam tubuh, maka menyebabkan kadar gula darah akan meningkat dan tidak dapat di kontrol sehingga diabetes dan kencing manis bisa terjadi. Dengan minum air rebusan daun afrika ini, maka kadar gula darah akan kembali normal.

  1. Mengobati Malaria

Malaria terjadi karena bakteri yang dibawa nyamuk anopheles ke dalam darah. Saat bakteri ini masuk ke aliran darah, maka akan masuk ke dalam hati lalu memecah hati dan mengubah sel darah merah atau eritrosit menjadi koloni bakteri yang baru. Untuk menyembuhkan malaria secara alami, anda juga bisa menggunakan daun afrika sebagai solusi herbal. Cukup rebus daun afrika segenggam saja bersama dengan 5 gelas air lalu tunggu mendidih dan sisanya hanya segelas saja; minumlah rutin hingga sembuh.

  1. Mengatasi Asam Urat

Air rebusan daun afrika yang di konsumsi selama 2 minggu berturut-turut akan sangat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Rebus 7 lembar daun afrika segar dengan 5 gelas ir selama 5 menit. Minum air rebusan ini secara teratur 2 kali sehari dengan takaran 1 gelas setiap kali minum dan perubahan akan mulai terlihat sesudah 2 minggu minum air rebusan daun afrika ini.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menstabilkannya

Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh akan menjadi pemicu timbulnya berbagai masalah lain yang berbahaya seperti jantung, stroke dan jenis penyakit lainnya. Untuk menghindari komplikasi dari kadar kolesterol tinggi, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun afrika ini secara rutin. Sedangkan untuk mengurangi rasa pahit bisa ditambahkan lemon agar semakin segar.

Sponsors Link

  1. Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terhadap infeksi. Apabila lambung terinfeksi maka sistem pencernaan akan mengalami gangguan secara menyeluruh. Agar kinerja lambung bisa kembali normal, anda juga bisa memanfaatkan daun afrika ini yakni dengan cara menyeduh daun afrika kering lalu minum air seduhan tersebut dengan teratur.

  1. Mencegah Sakit Jantung

Terjadinya penyakit jantung bisa terjadi karena berbagai penyebab, akan tetapi secara umum disebabkan oleh menurunnya kemampuan jantung dalam mengolah dan mengatur gerakan memompa jantung untuk mengalirkan darah serta oksigen ke seluruh bagian tubuh. Air rebusan daun afrika ini bisa meningkatkan kinerja jantung sekaligus melancarkan peredaran darah serta oksigen ke seluruh tubuh secara alami dan juga menghilangkan plak yang ada di pembuluh darah ke jantung.

  1. Mencegah Stroke

Tidak hanya berguna untuk mencegah penyakit jantung, namun daun afrika juga berguna untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. Kandungan yang ada di dalam daun afrika ini dipercaya bisa memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga penyempitan dan pembengkakan pembuluh darah ke otak yang menjadi penyebab stroke bisa dihindari.

  1. Mengobati Batuk

Daun afrika tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit yang kronis, namun juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ringan seperti batuk. Cara menggunakannya hanya perlu mengunyah daun afrika yang sudah dicuci. Agar rasa pahit bisa berkurang, maka bisa juga di seduh terlebih dahulu dengan air panas dan air rebusan tersebut di minum selagi hangat sampai batuk sembuh.

  1. Mengatasi Demam

Demam yang merupakan gejala saat tubuh mengalami radang atau infeksi yang menyebabkan suhu tubuh jadi meningkat bisa diatasi dengan daun afrika ini. Konsumsi air rebusan daun afrika selagi hangat saat malam sebelum tidur sehingga keesokan paginya demam bisa turun.

Artikel terkait:

ads
  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Saat anda mengalami sakit kepala atau pusing, jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan, gunakan cara lain yang lebih aman yakni dengan mengkonsumsi air rebusan daun afrika. Untuk menghilangkan rasa pahit dari daun afrika, anda bisa tambahkan madu murni saat mengkonsumsi air rebusan ini.

  1. Menghilangkan Kesemutan

Kesemutan umumnya terjadi pada ara kaki dan tangan karena penyumbatan aliran darah. Gejala ini juga bisa menjadi indikator dari asam urat. Anda bisa mencegah kesemutan ini dengan minum air rebusan daun afrika dengan teratur dan dosis yang tepat.

  1. Mengatasi Sembelit

Sembelit yang merupakan salah satu masalah pada pencernaan akan membuat penderita merasa tidak nyaman dan tentunya akan mengganggu kesehatan karena limbah di dalam perut tidak bisa dikeluarkan dengan lancar. Minum air rebusan daun afrika ini setiap malam sebelum pergi tidur sehingga esok paginya buang air besar bisa dikeluarkan dengan lancar.

  1. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena adanya peradangan di area tersebut seperti saat sedang flu dan demam. Penyakit ini bisa diatasi dengan mudah yakni hanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun afrika 1 kali sehari sampai sakit tersebut bisa reda.

  1. Menyembuhkan Infeksi

Apabila beberapa bagian tubuh seperti mulut, tenggorokan atau lambung mengalami infeksi, maka juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun afrika. Daun ini tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan infeksi bagian tubuh luar namun juga bisa menyembuhkan radang pada organ dalam tubuh.

  1. Sebagai Detoksifikasi

Daun afrika juga memiliki efek detoksifikasi alami sehingga dengan mengkonsumsi daun ini akan mengurangi kadar racun di dalam tubuh yang akan dikeluarkan lewat keringat serta buang air kecil.

  1. Anti Radikal Bebas

Radikal bebas akan memberikan efek negatif pada tubuh manusia. Dengan minum air rebusan daun afrika secara rutin, maka tubuh akan dibentengi dari bahaya radikal bebas yang mengancam kesehatan anda.

  1. Memberikan Efek Rileks

Kandungan yang terdapat di dalam daun afrika juga akan memberikan efek relaksasi yang sangat baik dikonsumsi saat anda sedang stress berat karena pekerjaan atau masalah lainnya. Ganti minuman yang biasa anda konsumsi seperti teh dan kopi dengan air rebusan daun afrika yang lebih sehat dari kedua jenis minuman tersebut.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat yang menjadi salah satu masalah kulit mengganggu ini juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun afrika. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa daun afrika segar sampai lembut lalu aplikasikan ke seluruh permukaan wajah sebagai masker. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk mengatasi jerawat yang juga disertai dengan radang.

  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk anda yang sedang menjalani program diet, mengkonsumsi daun afrika bisa menjadi solusi terbaik agar berat badan ideal bisa anda dapatkan dengan cepat. Selain mengkonsumsi daun afrika ini, imbangi juga dengan pola makan sehat serta olahraga yang cukup.

  1. Melawan Kanker Payudara

Dari BreastCancer.org terbukti jika lebih dari 10 persen wanita di Amerika yang menderita kanker payudara, bisa diturunkan resikonya dengan memanfaatkan ekstrak dari daun afrika ini yang juga diimbangi dengan kegiatan fisik aktif serta pola makan sehat.

Sponsors Link

  1. Membersihkan Limfatik

Apabila anda adalah seorang perokok atau sering menghirup asap kendaraan dan juga asap rokok, maka mengkonsumsi daun afrika ini menjadi solusi baik untuk membentengi tubuh dari polutan yang sangat berbahaya tersebut.

  1. Memiliki Kandungan Asam Lemak Esensial

Seseorang yang sedang melakukan diet sangat penting untuk memperbanyak asupan asam linolenat dan juga linoleat dimana kedua zat ini tidak bisa di produksi oleh tubuh. Daun afrika yang memiliki dua jenis kandungan zat baik ini baik untuk dikonsumsi sehingga terhindar dari penyakit kardiovaskular.

  1. Anti Parasit

Daun afrika ini juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh parasit dengan alami dan terbukti ampuh dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan.

  1. Anti Karsinogenik

Dalam daun afrika mengandung sifat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker sehingga sari dari daun afrika sangat baik untuk dikonsumsi dalam mengatasi sel kanker tersebut. Daun afrika ini akan membuat sel kanker lebih peka terhadap kemoterapi sehingga pertumbuhan sel kanker bisa dicegah.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan memberi bukti jika daun afrika bisa menginduksi kesuburan pada wanita sub-subur atau mengalami kemandulan. Dalam daun afrika mengandung karoten sehingga sintetis hormon seks pada wanita bisa diseimbangkan dan membantu wanita supaya tetap sehat dan kuat.

  1. Menyeimbangkan Tingkat Estrogen

Para ilmuwan sudah berhasil mengungkapkan jika ekstrak dari daun afrika bisa membantu untuk mengurangi kadar estrogen di dalam tubuh yakni dengan cara lebih menekan aktivitas dari aromatase.

  1. Laktasi

Saat ibu sedang berada dalam masa menyusui, maka mengkonsumsi daun afrika ini akan sangat disarankan karena akan meningkatkan kualitas sekaligus produksi ASI ibu menyusui.

Artikel terkait:

Daun afrika yang memiliki banyak khasiat ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi berbagai penyakit dan juga masalah pada kesehatan kulit. Konsumsi air rebusan atau daun afrika secara rutin namun tetap dengan dosis yang tidak terlalu berlebihan supaya bisa merasakan khasiat daun afrika secara maksimal

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 04:25 Oleh :
Kategori : Herbal