Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Efek Samping Daun Sirsak yang Sangat Berbahaya 

ads

Daun sirsak telah lama digunakan sebagai salah satu bahan alternatif untuk pengobatan kanker. Daun sirsak mengandung berbagai senyawa yang dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan pertumbuhan sel kanker yaitu acetogenins. Bahkan banyak ahli yang mengatakan senyawa ini bisa mengalahkan kemampuan obat kemoterapi. Selain itu daun sirsak yang direbus juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti gejala asam urat, hipertensi, kolesterol dan berbagai penyakit lain.

Namun ternyata pemakaian daun sirsak untuk pengobatan alternatif juga memiliki beberapa resiko. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu efek yang paling sering terjadi pada orang yang minum teh atau rebusan daun sirsak. Kondisi ini disebabkan karena tubuh menerima senyawa dalam daun sirsak yang mengeluarkan semua racun dalam tubuh lewat keringat dan air kencing. Keseimbangan cairan dalam tubuh akan mengalami gangguan sehingga tubuh Anda memerlukan cairan yang lebih banyak. Namun cairan yang masuk dan keluar tidak seimbang sehingga menyebabkan tubuh kekurangan air berlebihan. Jika tidak diatasi dengan banyak minum air putih maka tubuh bisa mengalami kekurangan cairan sehingga lemah dan Anda bisa pinsan. (baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih)

  1. Gangguan Asam Lambung

Lambung memiliki fungsi sebagai salah satu saluran pencernaan dalam tubuh. Dalam bagian lambung menghasilkan asam yang berfungsi untuk membantu pencernaan. Namun kandungan senyawa dalam dari daun sirsak ternyata justru bisa membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Otot yang berbentuk cincin berada di bagian kerongkongan untuk mencegah makanan yang masuk ke lambung kembali naik. Namun ketika asam lambung naik maka semua makanan akan kembali ke bagian kerongkongan kemudian membuat kondisi asam yang berlebihan. Hal ini ditunjukkan dengan gejala asam lambung lambung naik.

Ketika asam lambung naik maka bisa diatasi dengan berbagai cara seperti:

  1. Sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar yang bisa menjadi penyebab wasir biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan bahan makanan yang mengandung serat. Namun bagi orang yang melakukan pengobatan dengan air daun sirsak maka ini kondisi efek samping akan segera terasa setelah terapi. Hal ini disebabkan karena senyawa dalam daun sirsak banyak mempengaruhi lendir pada usus sehingga usus tidak bisa menyerap sari makanan dengan baik. Karena itulah sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat saat terapi dengan air daun sirsak. (baca juga : cara melancarkan buang air besar secara alami)

  1. Tubuh Tidak Nyaman

Efek lain yang paling sering terjadi adalah adanya panas tubuh yang berlebihan. Kondisi ini disebabkan karena senyawa dalam daun sirsak banyak merubah proses metabolisme tubuh. Tubuh sebenarnya memiliki sistem yang sudah sesuai dengan fungsi organ.

Sponsors Link

Namun ketika ada senyawa tertentu yang masuk ke dalam saluran pencernaan kemudian diserap oleh tubuh maka ada gangguan hormon dan enzim. Gejala masalah metabolisme ini ditunjukkan dengan tanda tubuh mengelurkan keringat berlebihan, perut terasa panas, lemah, tidak nafsu makan dan gelisah.

  1. Sakit Otot dan Sendi

Entah ada hubungan antara senyawa daun sirsak atau tidak tapi banyak pengguna air rebusan daun sirsak yang merasakan efek berupa sakit para otot dan persendian. Kondisi ini paling sering dirasakan oleh orang dewasa dan lanjut usia yang sebelumnya sudah memiliki keluhan otot dan nyeri sendi. Jadi senyawa dalam daun sirsak kemungkinan bisa memperparah penyakit tertentu seperti asam urat. Selain itu juga bisa memperparah bahaya rematik tulang pada penderita rematik. Namun ternyata semua efek ini akan hilang jika tubuh juga tidak menerima air rebusan daun sirsak.

  1. Gangguan Fungsi Ginjal

Banyak orang yang telah mencoba mengkonsumsi air rebusan daun sirsak namun mereka mengatakan jika ada beberapa efek yang berhubungan dengan ginjal. Kondisi ini lebih banyak berhubungan dengan fungsi ginjal yang bekerja sangat keras ketika ada banyak air rebusan daun sirsak yang masuk ke dalam tubuh. Ginjal akan menyaring semua cairan yang masuk ke dalam tubuh termasuk bahan kimia dari obat dan berbagai senyawa dari bahan asing. Gangguan fungsi ginjal ini lebih banyak disebabkan karena ginjal terus menyaring semua zat asing dari air rebusan daun sirsak. Jadi minum rebusan daun sirsak bisa menjadi salah satu faktor penyebab gagal ginjal.

  1. Gangguan Fungsi Hati

Konsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan fungsi hati. Hal ini dipengaruhi dari fungsi hati untuk menyaring dan menangkal semua racun dan bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Bagaimanapun konsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan akan membuat hati bekerja sangat keras sehingga fungsinya menjadi tidak maksimal lagi. Jika sudah terjadi gangguan fungsi hati maka bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain.

  1. Memperburuk Komplikasi Penyakit
Sponsors Link

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh. Hal ini bisa mempengaruhi berbagai enzim dan hormon yang seharusnya bekerja dengan baik. Penderita yang sudah mendapatkan gangguan komplikasi seperti diabetes, asam urat, kolesterol, stroke dan jantung berpotensi untuk mengalami komplikasi yang lebih parah. Dalam kondisi ini metabolisme banyak berpengaruh.

Cara Mengatasi Efek Samping Daun Sirsak

Daun sirsak memang banyak digunakan untuk perawatan kanker dan beberapa penyakit lain. Namun efek samping yang muncul setelah minum air rebusan daun sirsak juga membuat rasa takut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi efek samping.

  1. Gunakan daun sirsak yang masih segar atau setelah dipetik dari pohon sirsak.
  2. Jika Anda menggunakan daun sirsak yang sudah diolah menjadi teh celup maka pilih yang baru saja diproduksi atau masih jauh dari tanggal kadaluarsa.
  3. Campurkan air rebusan daun sirsak dengan bahan lain seperti madu dan gula (sedikit saja) agar rasanya tidak terlalu kental.
  4. Jangan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setelah minum obat kimia karena bisa menyebabkan reaksi keracunan untuk tubuh.
  5. Hingga saat ini memang belum ada uji klinis yang menyelidiki tentang manfaat daun sirsak untuk perawatan beberapa penyakit seperti kanker, eksim, asam urat, kolesterol dan penyakit lain, sehingga jika ada efek samping yang langsung terasa sebaiknya hentikan perawatan.
  6. Selama minum air rebusan daun sirsak, maka Anda juga harus minum banyak air putih untuk membuat ginjal bekerja lebih baik dan menghindari tubuh dari efek dehidrasi.
  7. Lebih baik jika selama melakukan perawatan dengan air rebusan daun sirsak juga mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat tinggi untuk mencegah sembelit.

Efek yang dirasakan dari daun sirsak bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Bahkan ada juga yang tidak merasakan efeknya dan bisa sembuh. Jadi setiap orang bisa menerima dampak yang berbeda, namun juga harus tetap waspada untuk menghindari penyakit menjadi lebih buruk

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 28th, September 2015 / 04:43 Oleh :
Kategori : Herbal