Sponsors Link
     Sponsors Link

20 Efek Samping Rokok Bagi Kesehatan

ads

Efek samping rokok elektrik merupakan dampak terburuk dari penggunaan rokok konvensional yang telah berubah menjadi rokok lebih modern secara berlebihan.
Rokok elektrik dikenal sebagai rokok yang ramah lingkungan dan lebih nikmat dalam sudut citarasanya. Rokok elektrik awalnya dibuat untuk mengurangi sekaligus menghilangkan kecanduan seseorang terhadap rokok.

Kandungan kimia

Rokok elektrik memiliki kandungan senyawa yang lebih berbahaya dari rokok biasa.

  • Zat nikotin
  • Propilen glikol
  • Gliserin
  • Zat formalin
  • Senyawa asetaldehide
  • Nitro samine
  • dan perasa yang bisa dibuat menyerupain aroma cokelat, Kopi atau buah buahan.

Rokok elektrik memiliki alat pendukung yang unik didalam penggunaanyaa diantara ada tabung berisi cairan tembkau, Pemanas dan batere yang menghasilkan uap tetapi tidak menghasilkan asap yang terlihat oleh mata telanjang.

Resiko
Ada 20 efek samping rokok elektrik jika digunakan secara berlebihan

1.Gangguan ritme jantung
Efek samping rokok elektrik adalah terletak pada nikotin yang ada didalamnya yang ternyata jauh lebih berlimpah ketimbang rokok biasa. Asap racun yang keluar dari rokok elektrik terbukti lebih padat dan tebal masuk dalam arteri menuju jantung sehingga dapat mengganggu ritme jantung. Jantung akan kehilangan kemampuannya dalam memompa darah yang berisi oksigen dengan maksimal.

2. Gangguan paru
Didalam rokok elektrik terdapat zat formalin dan zat asetaldehide dalam bentuk uap yang dihasilkan dari cairan rokok elektrik yang jika dihisap setiap hari dalam jumlah yang berlebihan maka akan tiumbul pengendapan diarea paru paru sehingga fungsi paru menjadi terganggu. Efek samping rokok elektrik yang sering menyerang jaringan Paru paru yang dicemari asap rokok hasil dari rokok elektrik ternyata lebih tinggi dan mampu mencederai dinding paru lebih cepat.

3. Gangguan pernafasan
Asap rokok hasil dari rokok elektrik mampu menyebakan penyempitan aliran darah dan pengerutan saluran pernafasan sehingga seseorang dapat mengalami nafas yang pendek, Sesak nafas, Rongga hidung berbunyi ketika bernafas dan dada terasa nyeri dan berat seperti sedang dihimpit benda berat.

4. Radang selaput otak
Efek samping rokok elektrik cenderung lebih banyak dan padat ketika masuk dalam aliran aliran darah dan saraf disekitar kepala.

Sponsors Link

Nikotin, Zat dectilen alikol dan zat nitrosanin banyak ditemukan pada rokok elektrik atau E cigarete sehingga dapat menyebakan radang selaput otak yang memicu mundurnya motorik dan kecedasan anak anak usia dini. Jauhkan anak anak dari asap rokok.

5. Memicu kanker
Didalam rokok elektrik terdapat senyawa nitrosamine yang bersifat karsinogen aktif yang dapat mempercepat pertumbuhan sel abnormal menjadi sel kanker. Efek samping rokok elektrik yang paling banyak diderita para pecndu tembakau adakah serangan sel abnormal didalam DNA yang memiucu pertumbuhan sel kanker.

6. Memicu munculnya pneumonia
Efek samping rokok elektrik atau Rokok E cigarete adalah dapat memperkuat pergerakan dan perkembangbiakan bakteri serta jamur .Walaupun secara kasat mata rokok elektrik ramah lingkungan karena tanpa asap, Nmaun sesungguhnya asapnya yang tidak nampak jauh oebih berbahaya jika terhisap manusia daripada rokok biasa. Asap rokok yang sering terhisap tanpa sadar dpar memicu munculnya penyakit pneumonia ringan sampi akut.

7. Aliran darah tercemar
Asap rokok elektrik memang tidak terlihat dan nampak ramah lingkungan namun tidak ramah terhadap aliran darah . Aliran darah dapat tersumbat dan mengakibatkan aliran darah terkontiminasi asap yang masuk dan mencederai dinding aliran darah. Darah akaan tercemar dan kotor akibatnya akan mengganggu organ tubuh lain. Efek samping rokok elektrik yang paling berbahaya adalah ketika aliran darah yang terkontiminasi asap nikotin menjadi tersumbat dan terhenti maka seseorang akan mengalami koma.

8.Pembuluh darah tersumbat
Rokok elektrik dapat menyebabkan Pembuluh arteri menuju jantung akan tersendat sendat dan mengakibatkan sumbatan yang bisa memicu tekanan darah meningkat . Efek samping rokok elektrik dapat cepat terjadi ketika seseorang menghisapnya dalam jumlah yang berlebihan setiap harinya selama bertahun tahun.

9. Menjadi ketagihan
Efek samping rokok elektrik adalah karena Rokok elektrik dapat meningkatkan kadar nikotin lebih tinggi dari pada cara merokok biasa.nikotin dengan kadar sangat tinggi dapat bertindak sebagai obat perangsang dan menimbulkan efek kecanduan secar bertahap. selain itu rokok elektrik cenderung mengikat zat anti aditif buruk untuk cepat menyebar keseluruh tubuh.

sponsored links

10.Pencemaran udara
Rokok elektrik secara kasat mata memang tidak mengeluarkan asap seperti rokok biasa, Namun bahaya yang ditimbulkan dari uap yang dihasilkan dari rokok tersebut jauh lebih padat keudara dan mencemari lingkungan tanpa anda sadari.

11.Daya tahan tubuh menurun
Seseorang yang gemar merokok dengan rokok elektrik dalam jangka panjang akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh akan rentan terserang flu dan penyakit lain yang dihasilkan dari penguapan radikal bebas termasuk bakteri yang bercampur dengan debu diudara.

12.Sering mual
Nikotin yang dihasilkan dari rokok elektrik jauh lebih kental dan berat daripada merokok dengan cara yang biasa, Hal ini dapat menyebabkan sam lambung meningkat dan mngiritasi dinding lambung sehingga memicu rasa mual dan ingin muntah. Kondisi ini akan terus berlanjut ketika seseorang memiliki riwayat penyakit lambung.

13. Penuaan dini
Menghisap okok elektrik dapat mempercepat zat anti aditif buruk untuk mencemari kolagen dan minyak alami kulit yang tersimpan dibawah kulit. Akibatnya kekenyalan kulit akan menurun dan mengakibatkan seseorang cepat terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Kondisi penyebab penuaan dini berlaku pada pria maupun wanita.

14. Menyebabkan stroke
Bagi orang orang yang menderita stroke sebaiknya jauhi rokok apalagi dengan cara rokok elektrik karena dapat meningkatkan stroke pada tingkat yang lebih parah.

15.Asma kambuh
Seseorang yang memilki riwayat penyakit asma sebaiknya jauhi rokok karena dapat menyebabkan asma kambuh sewaktu waktu dengan frekwensi yang lebih sering. Nikotin dan zat asetaldehide dalam uapnya mampu mencederai sistem pernafasan hingga memicu sesak nafas dan nafas pendek.

16.Peradangan organ internal
Zat asetldehide dan anti aditif buruk yang dihasilkan darim uap rokok elektrik adalah dapat mengiritasi organ vital lain seperti hati, Tenggorokan dan peredaran darah menuju otak. Perdangan yang terjadi dapt menyebbkan seseorang

17.Keguguran
Asap rokok yang dihasilkan dari uap rokok elektrik dapat menyebabkan wanita hamil keguguran karena zat anti akditif buruknya dapat mengagalkan perkembangan organ tubuh janin yang sedang akan terbentuk.

18. Kerusakan liver
Zat asetaldehide yang terlalu banyak pada jaringan liver dapat melubangi dinding liver secara perlahan dan merusak hati sehingga hati kehilangan kemmpuanya dalam menyaring darah yang berisi oksigen dan gagal mengendalikan racun dalam tubuh sehingga seseorang dpat mengalami keracunan .

19. Infeksi tenggorokan
Uap yang dihasilkan dari rokok elektrik mampu masuk dengan cepat menuju saluran tenggorokan dan menyebabkan peradangan dinding saluran tenggorokan sehingga menyebabkan aras nyeri ketika menelan makanan.

20.Darah tinggi
Seseorang yang memiliki riwayat keturunan hipertensi sebaiknya berhati hati ketika menggunakan rokok elektrik karena penmakaian yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah degan cepat akibat penyumbatan arteri menuju kepala oleh zat asetaldehide yang dihasilkan dari uap rokok. Efek samping rokok elektrik yang paling sering terjadi adalah ketika seseorang memiliki gejala hipertensi

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 29th, July 2016 / 03:26 Oleh :
Kategori : Aditif