Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Bahaya Berenang Pada Malam Hari

ads

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat efektif dan banyak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Ya, olahraga yang di lakukan di dalam air ini merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari dan juga banyak ditekuni oleh para pecinta olahraga. Baik untuk ditekuni sebagai latihan rutin, olahraga menurunkan berat badan atau dilakukan hanya sekedar untuk melakukan hobi saja.

Meskipun memiliki keunggulan, namun demikian melakukan olahraga berenang harus mengikuti beberapa aturan dasar yang harus dipahami, yaitu :

  • wajib melakukan pemanasan sebelum berenang, untuk menghindari bahaya olahraga tanpa pemanasan
  • tidak boleh makan pada saat berenang dan tepat sebelum akan berenang
  • selalu gunakan peralatan keselamatan, seperti kacamata renang
  • lakukan olahraga berenang pada waktu yang tepat, yaitu antara pagi dan siang hari
  • Berenang pada malam hari

Banyak orang yang mungkin tidak memiliki waktu yang pas untuk melakukan olahraga berenang pada pagi dan siang hari, karena sibuk bekerja dan juga beraktivitas. Hal ini pun memicu kebiasaan melakukan olahraga berenang pada saat malam hari. Saat ini sudah banyak sekali orang yang melakukan olahraga berenang pada malam hari, namun ternyata, olahraga berenang pada malam hari ini tidak disarankan untuk dilakukan. Apalagi dilakukan secara rutin, hampir setiap hari.

Beberapa penelitian sudah menyatakan bahwa berenang pada malam hari ternyata berbahaya dan memiliki dampak bagi kesehatan tubuh anda. Apa saja bahaya berenang pada malam hari? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mengurangi daya tahan tubuh

Bahaya pertama yang dapat muncul akibat dari kebiasaan melakukan olahraga berenang pada malam hari adalah dapat menyebabkan daya tahan tubuh menjadi berkurang dan juga menurun. Hal ini dapat terjadi karena tubuh akan merasa sangat lelah, dimana setelah seharian melakukan aktivitas masih harus melakukan olahraga berenang pada malamnya, karena renang merupakan salah satu jenis olahraga yang berat dan menguras energi. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan kita akan mudah mengalami kelelahan dan juga keletihan.

Hal inilah yang dapat berakibat buruk dan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh kita. Kondisi ini malahan bukan membuat badan kita menjadi segar dan sehat, namun malah menimbulkan berbagai macam penyakit.

Hal-hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yakni :

2. Mudah merasa lelah karena oksigen di udara lebih sedikit

Dampak bahaya lainnya yang muncul ketika kita melakukan olahraga berenang pada malam hari adalah mudah merasa lelah dan juga sesak pada bagian pernapasan. Hal ini disebabkan karena pada malam hari, kadar oksigen di dalam udara menjadi berkurang dan sedikit. Hal ini membuat tubuh kita, yang ketika melakukan olahraga berenang membutuhkan banyak sekali asupan oksigen, menjadi kekurangan oksigen.

Sponsors Link

Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan keletihan dan juga kelelahan atau yang sering kita istilahkan dengan nama engap. Kondisi kekurangan oksigen ini juga bisa berakibat pada :

3. Kemungkinan mengalami rematik

Bahaya lainnya yang kemungkinan dapat muncul dari kondisi melakukan olahraga yang dilakukan pada malam hari adalah rematik. Hal ini sama dengan bahaya mandi malam hari yang sering kali dilakukan. Dengan kebiasaan seperti ini maka bukan tidak mungkin anda akan mengalami gejala – gejala rematik tersebut, dimana tulang dan juga persendian anda akan terasa sangat sakit dan juga nyeri.

Kondisi rematik ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan lain seperti :

4. Kedinginan yang bisa menyebabkan masuk angin, demam dan  hipotermia

Malam hari pada umumnya memiliki suhu udara yang rendah, alias dingin. Dengan kondisi suhu udara yang rendah dan dingin ini, ditambah dengan suhu dari air yang juga dingin, maka hal ini pastinya akan menyebabkan kedinginan. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit karena kedinginan, seperti masuk angin dan juga demam. Dampak bahaya terburuknya dari kondisi ini adalah mengalami hipotermia, dimana tubuh akan terasa sangat dingin dan juga lemas, sehingga tidak bisa melakukan apa apa, yang dapat membuat anda menjadi pingsan.

Bahaya kedinginan ini bisa terjadi karena banyak hal, termasuk pada :

5. Mengganggu jam biologis

sponsored links

Bahaya berenang pada malam hari lainnya yang dapat muncul dari bahaya olahraga pada malam hari adalah dapat menyebabkan jam tidur dan juga jam biologis kita menjadi terganggu. Malam hari adalah waktu kita untuk tidur, sesuai dengan jam biologis. Namun demikian, apabila ternyata kita malah melakukan olahraga renang pada malam hari, maka jam biologis pasti akan terganggu. Jam tidur akan bergeser dan berubah, sehingga kemungkinan besar dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Gangguan terhadap aktivitas biologis ini juga terjadi karena :

6. Insomnia

Bahaya lainnya yang mungkin dapat muncul dari kebiasaan melakukan olahraga berenang pada malam hari adalah mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Jam biologis yang berubah dan juga tubuh yang terasa segar setelah terkena air yang dingin, maka hal ini kemungkinan besar dapat menyebabkan terjadinya gangguan insomnia. Dimana tubuh tidak dapat tidur dalam waktu yang cukup lama.

Berikut ini pemicu insomnia lainnya yakni :

Manfaat Olahraga Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang spesial dan membutuhkan keahlian tubuh. Semua orang mungkin saja bisa menendang bola atau mengayunkan raket, namun tidak semua orang mampu untuk sekedar melakukan teknik dasar dari olahraga berenang, yaitu mengambang. Yap, memang tidak semua orang bisa mengikuti olahraga yang satu ini, karena membutuhkan, teknik dan juga latihan, agar seseorang minimal bisa mengambang di air.

Meskipun memang tidak semua orang bisa mempelajari teknik dasar berenang dengan baik, namun demikian, berenang pada dasarnya adaalh salah satu olahraga yang memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari berenang yang dapat diperoleh apabila melakukan kegiatan berenang dengan rutin dan teratur :

  • dapat membantu menambah tinggi badan
  • menurunkan berat badan
  • membentuk otot-otot tubuh
  • meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh
  • menyegarkan tubuh
  • melepaskan stress dan depresi

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda peroleh apabila anda dapat melakukan olahraga renang dengan rutin dan juga teratur. Namun memang beberapa bahaya bagi kesehatan juga dapat muncul ketika anda melakukan olahraga berenang tiap malam hari.

Apabila anda tidak sempat untuk melakukan olahraga dan hanya punya waktu malam hari, lakukanlah olahraga yang ringan saja. Jenis olahraga yang bisa anda lakukan di dalam rumah, karena melakukan olahraga berat, seperti berenang pada malam hari dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh anda, apalagi terlalu sering dilakukan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, September 2015 / 05:29 Oleh :
Kategori : Tips Olahraga