Sponsors Link

11 Makanan Penambah Massa Otot Super Cepat

Sponsors Link

Tubuh yang berotot merupakan dambaan bagi kaum laki-laki. Bahkan tidak jarang kaum perempuan juga menginginkan hal yang sama. Namun banyak orang yang tidak mengetahui metode yang tepat untuk meningkatkan massa otot sehingga memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Sebenarnya ada banyak metode untuk meningkatkan massa otot, di antaranya dengan rutin melakukan olah raga, istirahat yang cukup, dan juga mengatur pola makan. Namun nyatanya tidak semua orang tahu jenis makanan apa saja yang sesuai untuk meningkatkan massa otot di dalam tubuh.

ads

Sebagai panduan bagi anda yang ingin meningkatkan massa otot, berikut ini beberapa daftar makanan yang bisa meningkatkan massa otot dengan cepat.

1. Makanan dengan Kandungan Protein

Jenis makanan yang dapat membantu pembentukan otot dalam tubuh adalah makanan yang mengandung banyak protein. Seperti yang kita tahu, protein memiliki peranan penting di dalam tubuh untuk membentuk jaringan otot. Tanpa adanya protein, massa otot di dalam tubuh tidak akan terbentuk dengan optimal. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein maka asam amino dari protein akan membantu pembentukan dan perbaikan jaringan otot yang mengalami kerusakan. Ada berbagai jenis asupan makanan yang mengandung banyak protein, di antaranya daging tanpa lemak, putih telur, susu protein, olahan kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan masih banyak lagi.

(Baca juga: makanan yang mengandung protein tinggi)

2. Kalori

Makanan yang mengandung kalori cukup juga sangat penting untuk pembentukan massa otot di dalam tubuh. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kalori bisa menyebabkan berat badan meningkat tajam bahkan bisa menyebabkan obesitas. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab untuk beraktivitas tubuh tetap membutuhkan kalori sebagai sumber energi. Hanya saja asupan kalori berlebih tanpa diimbangi pola hidup sehat seperti olah raga dan istirahat cukup maka asupan kalori tersebut justru bisa menyebabkan obesitas. Terlepas dari itu semua, bagi anda yang ingin meningkatkan massa otot dengan cepat maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori. Namun tetap saja anda harus memperhatikan pola asupan kalori tersebut dan mengimbangi dengan olah raga dan juga menerapkan pola hidup sehat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori akan membantu memperbaiki serat otot yang rusak menjadi serat otot yang baru. Tingkatkan asupan kalori untuk mempercepat peningkatan massa otot. Tentu saja hal tersebut juga harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai.

(Baca juga: makanan yang mengandung kalori tinggi)

3. Asupan Multivitamin

Asupan multivitamin juga penting untuk meningkatkan massa otot dalam tubuh. Saat ini sudah banyak produk di pasaran yang menjual multivitamin. Sangat dianjurkan bagi anda yang ingin meningkatkan massa otot untuk mengkonsumsi multivitamin yang tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh. Ada beberapa jenis multivitamin yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan massa otot, di antaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan beberapa jenis mineral lain seperti yodium, selenium, kalsium, dan juga magnesium. Ada baiknya bagi anda yang ingin meningkatkan massa otot untuk menghindari asupan makanan yang mengandung banyak zat besi, terutama bagi anda kaum laki-laki.

Sponsors Link

4. Makanan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan juga memegang peranan penting untuk meningkatkan massa otot. Antioksidan bisa anda peroleh dari berbagai jenis makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. teh juga merupakan asupan yang kaya akan kandungan antioksidan. Anda juga bisa memperoleh antioksidan dari berbagai macam jenis nutrisi vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, glutamin, selenium, dan juga gluthathione. Selain membantu meningkatkan massa otot, antioksidan juga sangat penting untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan juga mencegah penuaan dini.

5. Air Putih

Mengkonsumsi air putih secara cukup juga dapat membantu menambah massa otot. Minumlah air putih setidaknya 8 gelas sehari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membantu otot-otot di dalam tubuh terhidrasi dengan baik. Keberadaan cairan di dalam tubuh akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Jika keberadaan cairan di dalam tubuh kurang maka proses metabolisme akan terganggu. Selain itu, ketika seseorang sedang berolah raga maka ia harus memenuhi kebutuhan cairan agar proses pembentukan massa otot juga lebih optimal.

(Baca juga: bahaya dehidrasi)

6. Keju

Keju merupakan salah satu asupan makanan yang kaya akan kandungan lemak. Ada pendapat yang menyatakan bahwa keju bisa menyebabkan peningkatan berat badan dengan cepat.  Namun anggapan tersebut tidak selalu benar, sebab kandungan nutrisi di dalam keju ternyata bisa membantu meningkatkan massa otot, tentu saja hal tersebut harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan juga rutin melakukan olah raga. Sebagai informasi tambahan, keju merupakan salah satu asupan makanan yang kaya akan kandungan protein. Dalam 30 gram keju terkandung 7 gram protein yang tentunya akan membantu pembentukan massa otot.

7. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan juga bisa membantu pembentukan massa otot. Alasannya cukup jelas, kacang-kacangan kaya akan kandungan protein yang akan membantu proses pembentukan dan perbaikan jaringan otot yang rusak. Kacang-kacangan juga kaya akan kandungan vitamin E dan juga antioksidan yang baik bagi pembentukan otot. Salah satu jenis kacang-kacangan yang baik untuk meningkatkan massa otot adalah kacang almond. Kacang almond memiliki kandungan vitamin E, protein, dan juga jenis lemak yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga jaringan otot.

8. Bayam

Jika anda pernah menonton tayangan kartun Popeye maka anda pasti akan sependapat bahwa bayam bisa membantu proses pembentukan massa otot. Bukan sekedar tontonan semata, mengkonsumsi bayam memang bisa membantu meningkatkan massa otot dengan lebih optimal. Bahkan menurut penelitian, mengkonsumsi 1 kg bayam setiap hari mampu meningkatkan massa otot sebanyak 20%. Selain itu, mengkonsumsi bayam juga efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga baik untuk mengobati dan juga mencegah anemia.

(Baca juga: bahaya sayur bayam yang dihangatkan)

9. Telur

Apakah anda mengkonsumsi telur setiap hari? Jika ya maka beruntunglah anda karena telur memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang sedang berusaha meningkatkan massa otot maka telur bisa menjadi pilihan tepat, terutama bagian putih telur. Perlu anda tahu, bagian putih telur merupakan bagian yang kaya akan kandungan protein. Selain itu, putih telur merupakan bagian dari telur yang tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga baik anda konsumsi untuk meningkatkan massa otot. Namun sebelum mengkonsumsi telur ada baiknya anda memperhatikan kondisi kesehatan, apakah anda menderita alergi telur atau tidak.

Sponsors Link

10. Nanas

Siapa sangka buah yang satu ini juga memiliki peran meningkatkan massa otot. Nanas memang tidak memiliki peran langsung untuk meningkatkan massa otot di dalam tubuh. Namun kandungan nutrisi di dalam buah nanas yang bernama bromelin akan membantu proses pemecahan protein di dalam tubuh sehingga sangat efektif untuk membantu proses pembentukan dan perbaikan jaringan otot oleh protein.

11. Yogurt

Jenis asupan makanan selanjutnya yang efektif untuk meningkatkan massa otot adalah yogurt. Adapun kandungan nutrisi di dalam yogurt yang berguna untuk membantu meningkatkan massa otot adalah vitamin B6. Vitamin B6 merupakan nutrisi yang berguna untuk melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh. Untuk meningkatkan massa otot, para ahli menyarankan agar mengkonsumsi jenis yogurt yang tawar. Yogurt tawar memiliki kandungan vitamin B6 dan protein yang lebih tinggi dibandingkan yogurt yang memiliki rasa.

(Baca juga: kandungan vitamin B6 pada makanan)

Itulah 11 jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan massa otot di dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan di atas tidak serta merta akan meningkatkan massa otot secara drastis. Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan rutin melakukan olah raga, tidak merokok, mengkonsumsi cairan secara cukup, dan juga mengatur pola makan.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 22nd, March 2017 / 04:50 Oleh :
Kategori : Tips Fitness