Sponsors Link

24 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet Sehat Sangat Cepat

Sponsors Link

Nasi putih adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia terutama oleh penduduk kawasan Asia. Masyarakat di Indonesia juga memiliki pola konsumsi nasi yang sangat tinggi. Biasanya penduduk di Indonesia akan makan nasi pada saat makan pagi, makan siang dan juga makan malam. Namun ternyata makan nasi berlebihan bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit kronis seperti diabetes. Hal ini disebabkan karena butiran beras yang menjadi nasi memiliki nilai indek glikemik halus yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kadar gula darah sangat tinggi.

ads

Dengan berbagai resiko penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi nasi berlebihan maka sekarang banyak orang memiliki makanan pengganti nasi untuk diet sehat dan sangat cepat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pengganti yang bisa dikonsumsi secara rutin seperti ketika makan nasi.

1. Barley

barleyApakah Anda pernah menemukan minuman yang memiliki bahan campuran berupa barley? Ya, barley termasuk dalam golongan biji-bijian yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti beras atau nasi. Barley mengandung jumlah serat yang lebih tinggi dibandingkan beras merah. Selain itu barley juga mengandung protein dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Barley yang sudah dikupas ketika dimasak akan memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya sedikit pedas. Bentuknya ketika dimasak akan menjadi seperti nasi merah.

Manfaat Barley

  • Barley bisa membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh sehingga mengkonsumsi barley seperti makan nasi sama sekali tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi barley sangat baik untuk mengelola diabetes.
  • Barley mengandung serat dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan usus serta membantu membakar lemak dalam tubuh. Barley bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk diet.
  • Barley mengandung asam butirat yang bisa menjaga agar sel-sel usus bisa bekerja dengan baik, membuat penyerapan nutrisi dalam usus menjadi lebih cepat dan membantu pergerakan kotoran di dalam usus besar. Jadi barley juga bisa mengatasi wasir dan kanker usus.
  • Barley yang kaya dengan serat juga bisa mengurangi sekresi asam dari empedu yang secara otomatis akan meningkatkan produksi insulin dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Jadi barley juga bisa mencegah penyakit batu empedu terutama untuk wanita.
  • Barley mengandung fosfor dan tembaga yang bisa mendukung kepadatan tulang dan gigi. Barley juga banyak mengandung kalsium,mangan dan vitamin B kompleks yang bisa membuat tubuh terhindar dari anemi. Barley sangat efektif untuk mencegah osteoporosis.
  • Barley mengatasi tubuh dari berbagai serangan penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah. Barley mengandung vitamin C yang lebih besar dibandingkan buah seperti pada jeruk dan apel sehingga bisa mengatasi penyakit influenza dan membantu ginjal agar bisa berfungsi dengan baik.
  • Barley membantu tubuh mengatasi anemis karena mengandung zat tembaga yang bisa mendukung pembentukan sel-sel darah merah dan hemoglobin.

Cara Konsumsi

Barley bisa dimakan dengan cara dibuat bubur seperti ketika Anda masak bubur nasi. Anda bisa mencampur dengan buah, sayuran dan ikan agar rasanya semakin lezat.

2. Quinoa

QuinoaQuinoa mungkin menjadi salah satu bahan makanan yang asing di Indonesia. Quinoa tergolong sebagai tanaman biji-bijian namun lebih cenderung berbentuk biji. Bentuknya memang mirip seperti sereal. Quinoa sering dimasak seperti gandum dan memiliki jenis nutrisi yang sama. Beberapa ilmuwan menyimpulkan bahwa sebenarnya quinoa adalah golongan dari lobak, bayam atau bit. Quinoa mengandung paket nutrisi yang sangat lengkap seperti serat, protein, mineral, lemak dan vitamin. Quinoa sering menjadi solusi makanan untuk negara yang mengalami bencana kelaparan. Namun quinoa hanya bisa disimpan selama enam bulan saja di dalam kulkas atau mesin pendingin makanan.

Manfaat Quinoa

  • Quinoa membantu menurunkan kadar gula darah karena kandungan protein alami yang sangat tinggi. Selain itu quinoa juga mengandung serat larut yang membantu tubuh untuk memecah karbohidrat dalam tubuh menjadi glukosa. Karena itu quinoa sangat baik untuk penderita diabetes.
  • Quinoa juga mencegah semua jenis penyakit karena peradangan atau inflamasi karena mengandung senyawa asam fenolik, vitamin E, dan polisakarida.
  • Quinoa juga membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi karena mengandung serat yang bisa mencegah produksi asam empedu dan mengurangi kolesterol buruk dalam tubuh.
  • Quinoa membantu mengatur sistem tekanan darah karena mengandung magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.
  • Quinoa sama sekali tidak berpengaruh untuk berat badan sehingga sangat baik untuk makanan orang yang sedang diet. Quinoa mengandung serat yang bisa membantu kesehatan usus.

Jenis Quinoa

  • Quinoa putih adalah jenis quinoa yang paling umum dan mudah ditemukan. Berwarna putih bersih dan rasanya lebih segar.
  • Quinoa merah adalah jenis quinoa yang memiliki warna merah, bulirnya akan memiliki bentuk yang lebih menarik setelah dimasak.
  • Quinoa hitam memiliki rasa yang lebih manis dan biasanya sering dicampur dengan jenis quinoa merah dan coklat.

Cara Konsumsi

  • Masak setiap satu cup quinoa dengan 2 cup air seperti ketika Anda memasak nasi.
  • Anda bisa mencampur sayuran dan kacang-kacangan untuk hidangan quinoa.
Sponsors Link

3. Oat

Oat atau lebih dikenal dengan nama oatmeal adalah pengganti nasi yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Oat pertama kali populer di Eropa sebagai bahan bubur makanan yang memang mengandung nutrisi yang sangat tinggi. oat memiliki bentuk seperti bulir gandum yang tipis dan sudah terkelupas dari kulit luarnya. Oat paling banyak disukai karena rasanya yang lebih lezat, padat dan bisa memberikan efek mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama.

Manfaat Oat

  • Membantu menurunkan kolesterol karena oat mengandung serat larut dalam jumlah yang sangat tinggi. Dalam setiap satu cup oat setidaknya mengandung lebih dari lima gram serat. Karena itu oat sangat baik untuk mengendalikan berat badan.
  • Oat bisa mengurangi resiko penyakit tekanan darah tinggi yang berarti juga mengurangi potensi penyakit stroke dan jantung. Wanita dan pria yang sudah masuk dalam skala lanjut usia harus lebih sering makan oat dibandingkan nasi.
  • Oat mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang sering disebut dengan nama avenanthramide. Ini adalah senyawa antioksidan yang mampu mengurangi kolesterol buruk dan mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Oat juga sangat baik untuk mencegah pembentukan plak pada arteri. Kandungan senyawa antioksidan dalam oat bisa membantu menghancurkan kolesterol yang telah menumpuk dalam arteri.
  • Membantu menjaga agar gula darah tetap stabil. Kandungan serat dalam oat sangat baik untuk menjaga agar gula darah tetap stabil dan bahkan serat juga menurunkan resiko kanker. Jadi oat juga sangat baik untuk menurunkan resiko penyakit diabetes.
  • Oat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung beta glukan yang bisa menjaga sel-sel tubuh agar tidak mengalami kerusakan dan mencegah semua serangan bakteri, virus dan kuman.
  • Oat juga bisa menjadi makanan yang sangat baik untuk diet Anda. Oat mengandung serat dalam jumlah yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan sistem viskositas dalam perut. Kemudian oat akan membantu perut agar bisa kenyang lebih lama.

Cara Konsumsi

  • Pilih jenis oat yang sudah dibuka dari bulirnya sehingga bisa langsung dimakan tanpa membutuhkan pengolahan yang panjang.
  • Anda bisa menuang satu atau beberapa sendok ke dalam mangkok kemudian tambahkan air panas secukupnya. Bila Anda tidak suka dengan air panas maka tambahkan susu rendah lemak.
  • Masukkan campuran buah ke dalam bubur oat seperti apel, strobery, jeruk dan semua jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi.

4. Kembang Kol

Kembang kol adalah jenis sayuran yang bisa menjadi pengganti nasi. Kembang kol juga tidak termasuk dalam golongan biji-bijian tapi tetap bisa menjadi pengganti nasi. Kembang kol termasuk dalam kelompok sayur persilangan seperti brokoli, sawi atau kubis. Rasanya manis dan sedikit tawar namun ternyata memikiki efek mengenyangkan dalam waktu yang sangat lama. Kembang kol penuh dengan nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, karbohidrat lembut, dan tanpa lemak.

Manfaat Kembang Kol

  • Kembang kol mengandung senyawa glukosinates yang bisa menurunkan resiko tubuh dari penyakit kanker, termasuk untuk semua jenis kanker. Glukosinates membantu tubuh menghalangi pembentukan karsinogen yang berasal dari berbagai sumber. Bahkan glukosinates juga bisa membuat hormon dalam tubuh mampu melawan sel penyebab kanker.
  • Kembang kol mengandung vitamin C yang bisa membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh. Kembang kol akan membantu melindungi pembuluh darah, memperkuat tulang dan kulit.
  • Kembang kol mengandung vitamin K yang bisa membantu perkembangan tulang tubuh, menjaga sel tulang agar bisa menyerap protein dan vitamin sehingga mencegah kerapuhan.
  • Kembang kol juga bisa membantu mengatasi pembekuan darah karena kandungan vitamin K yang bisa menghalangi senyawa kimia pembentuk pembekuan darah dalam tubuh.

Cara Konsumsi

  • Kembang kol bisa dicampur dengan jenis sayuran lain menjadi sup, namun perhatikan untuk merebus hanya sebentar saja.
  • Gunakan kembang kol yang masih segar dan kembang kol organik untuk mendapatkan manfaat terbaik.
  • Masak menjadi bubur kembang kol dengan mengukusnya dalam waktu yang singkat dan jadikan sebagai camilan.

5. Jagung

ads

Jagung juga bisa menjadi makanan pengganti nasi dan sangat menyehatkan untuk tubuh. Butiran jagung banyak mengandung serat larut yang sangat baik untuk tubuh. Jagung juga bisa ditemukan disepanjang musim. Jagung juga bisa menjadi makanan pengganti sereal dan nasi namun sama sekali tidak menyebabkan resiko. Jagung mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, B dan vitamin E. Selain itu jagung juga mengandung semua kelompok mineral.

Manfaat Jagung

  • Jagung mengandung kalori sehat yang cukup tinggi yaitu sekitar 345 setiap 100 gram. Karena itu jagung bisa menjadi pengganti nasi yang tidak akan menambah berat badan. Kalori dalam jagung mudah diterima oleh tubuh (baca : makanan yang mengandung kalori).
  • Kandungan serat dalam jagung bisa membantu mengatasi penyakit wasir dan kanker usus, ia merupakan makanan kaya serat. Serat bisa membuat usus bekerja lebih baik dan membantu merangsang gerakan peristaltic yang bisa membuat produsi asam empedu dan lambung menjadi lebih baik.
  • Kandungan tiamin dan niacin dalam jagung sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem syaraf.
  • Jagung mengandung asam pantotenat tang bisa mendukung sistem metabolisme tubuh dan menjaga janin agar tumbuh sehat di dalam rahim.
  • Jagung mengandung vitamin E yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit (baca : Makanan yang mengandung vitamin E).
  • Jagung mengandung mineral yang lengkap seperti fosfor, mangan, besi, magnesium dan tembaga yang bisa membantu pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan fungsi ginjal.
  • Jagung mengandung bahan antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam menurunkan resiko penyakit kanker.
  • Jagung akan membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara mencegah pembentukan kolesterol, dan mengurangi resiko penyakit stroke.
  • Jagung sangat baik untuk penderita anemia karena bisa meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah (Baca : makanan yang mengandung zat besi).

Cara Konsumsi

  • Usahakan untuk selalu memilih jenis jagung yang masih segar dan baru dipetik, jagung tidak tahan lama jika disimpan karena mudah ditumbuhi oleh jamur.
  • Masak jagung dengan cara di kukus dan bisa ditambahkan dengan sedikit garam.
  • Jadikan jagung sebagai bahan sup yang bisa dicampur dengan bawang putih, kembang kol, wortel dan seledri.

6. Kentang

Kentang sering menjadi makanan pengganti nasi yang biasa banyak dipilih oleh penderita diabetes. Kentang mengandung nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin B kompleks, fosfor, kalium dan juga vitamin C. Kentang memiliki efek mengenyangkan dalam jangka panjang sehingga sering menjadi pilihan makanan diet.

Manfaat Kentang

  • Kentang mengandung vitamin B komplek yang bisa membantu pembentukan sel darah merah sehingga membantu mengatasi penderita anemia.
  • Kentang mengandung kalium yang bisa membantu mengelola kesehatan jantung. Bahkan kalium juga bisa membuat kerja saraf dan otot tubuh menjadi lebih terjaga.
  • Kentang membantu mengelola kadar gula dalam tubuh karena mengandung protein dan kadar kalori yang cukup rendah.

Cara Konsumsi

  • Kukus kentang tanpa di kupas kulitnya karena mengupas kulit akan mengurangi kandungan protein alami dalam kentang.
  • Anda juga bisa memanggang kentang untuk mendapatkan nutrisi alami tanpa rusak akibat merebus kentang yang terlalu lama.

Jadi mengkonsumsi makanan pengganti nasi ternyata memang sangat menyehatkan tubuh. Anda bisa mulai untuk mengkonsumsi beberapa makanan pengganti nasi, dan sesekali masih bisa makan nasi meskipun hanya dua sendok saja.

Selain makanan penganti nasi untuk diet di atas, ada berbagai makanan lain yang dapat anda gunakan untuk diet tanpa memakan nasi. berikut di antaranya.

Sayuran

  1. Daun ubi
  2. caisim
  3. Bayam
  4. Labu air
  5. Buah bit
  6. Labu

Buah buahan

  1. Buah apel
  2. Buah naga
  3. Buah pir
  4. Buah pepaya
  5. Buah semangka
  6. Buah alpukat

Makanan Lain

  1. Ubi ungu
  2. Ubi jalar
  3. Singkong
  4. Bahan olahan gandum
  5. Yoghurt
  6. Agar agar

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 11th, November 2015 / 04:24 Oleh :
Kategori : Tips Diet