13 Efek Samping Madu Diet Bagi Kesehatan

Madu diet kaya manfaaat untuk kesehatan tubuh dan diolah  serta dikemas untuk tujuan peningkatan atas  keberhasilan program melangsingkan tubuh dan untuk upaya mempertahankan bentuk ideal tubuh agar tidak kembali mengalami kegemukan (Obesitas).

Madu diet mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi jaringan tubuh dari serangan radikal bebas yang dihasilkan dari polusi udara dan makanan yang dikonsumsi. sehingga ketika seseorang sedang terlibat program penurunkan berat badan maka tingkat keberhasilan untuk lebih langsing akan cepat terwujud.

Baca juga:

Kandungan Nutrisi pada Madu Diet Bagi Tubuh

  1. Memiliki kandungan asam yang menyehatkan 

Asam glutamat, asam asetat, asam butirat, asam format, asam sukrinat, asam glikolat, asam malat, asam proglutamat, asam sitrat  dan asam piruvat. (Baca Juga: Asam Glutamat , Zat Asam Sitrat)

  1. Memiliki beberapa vitamin dan mineral

Natrium, aluminium, besi, fosfor, kalsium, kalium, magnesium thiamin, riboflavin, asam askorbat, piridoksin, niasin, asam pantotenat, mangan, vitamin K, asam folat, biotin. (Baca Juga: Efek Samping Asam Folat)

  1. Memiliki enzim enzim yang menguntungkan tubuh
  • Enzim peroksidase, yang dapat membantu mempercepat proses oksidase metabolisme agar organ tubuh terhindar dari serangan radikal bebas.
  • Enzim Inventase, yang dapat memproduksi beberapa senyawa atau molekul sukrosa menjadi bentukan gula dan fruktosa
  • Enzim Diastase, yang dapat mengatur, mengiontrol dan mengubah bentukan karbohidrat komplek menjadi karbohidrat yang sudah siap nutrisinya diserap oleh tubuh.

Madu asli yang telah dikemas dan diolah menjadi madu diet maka memiliki banyak kebaikan untuk orang oraang yang sedang menjalani program penurunan berat badan atau untuk mempertahankan bentuk tubuh yang ideal agar tidak meningkat kembali.

Komposisi Pembuatan Madu Diet

  1. Madu asli

Madu yang diambil dari persulingan hasil pertenakan madu lebah dan madu yang dihasilkan dari bunga bunga yang ada dihutan atau bunga yang ada pada perkebunan khusus untuk pembudidayaan madu. (Baac Juga: Manfaat Madu Bagi Penderita Asam Lambung)

  1. Daun jati cina

Daun jati cina  mampu menurunkan berat badan dan mempertahankan bentuk tubuh ideal agar tidak mudah meningkat kembali. daun jati cina mamapuy menstabilkan lemak dalam darah jika digabungkan dengan nutrisi yang ada pada madu. (Baca juga: Bahaya Teh Daun Jati)

  1. Kemuning tua

Kemuning tua yang dipercaya dapat membantu mempercepat penurunan berat badan secara cepat

  1. Rimpang bangle

Rimpang Bangle yang mengandung tanin dan falvonoid yang mampu mempercepat proses penghancuran lemak yang ada dijaringan perut. kinerja rimpang bangle sangat cepat jika seseorang mengimbanginya dengan rajin berolaharaga, tidak perlu olahraga yang berat, cukup berjalan kaki cepat atau berlari santai selama 30 menit. (Baca Juga: Obat Herbal Panas Dalam)

  1. Lidah buaya

Lidah buaya yang menagndung zat saponin dan laktasit yang dapat mengatasi buang air besar agar tetap normal dan terhindar dari serangan sembelit serta melindungi usus dari serangan bakteri dan membersihkannya dari sisa sisa limbah makanan. (Baca Juga: Khasiat Lidah Buaya untuk Kulit)

Namun madu yang diolah khusus diformulasikan untuk penurunann berat badan dan untuk mempertahankan/ menjaga berat badan yang ideal yang diolah dengan memberikan ekstrak dari beberapa bahan bahan herbal bermutu tinggi. Hal itu ditujukan untuk peningkatan nutrisi agar pencapaian bentuk tubuh yang ideal akan selalu terjaga. Ekstrak berkhasiat tersebut dapat twrbuat dari ekstrak bangle, Jahe, kencur, lempuyang. (Baca Juga:  Efek Samping Jahe , Perbedaan Sakit Maag Dan Asam Lambung)

Namun madu diet dapat menyebabkan keluhan kesehatan yang cukup meresahkan jika dikonsumsi secara berlebihan atau tanpa aturan yang benar. Inilah efek samping madu diet yang diterima tubuh apabila dikonsumsi dengan takaran yang melewati batas moderat (wajar).

Efek Mengkonsumsi Madu Diet Secara Berlebihan

  1. Asam lambung naik

Madu bersifat panas dan tajam bagi lambung yang sensitif karena dapat mencederai dinding lambung dan meningkatkan asam lambung ketika seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan. (Baca Juga: Tanda-tanda Asam Lambung)

  1. Sering buang air kecil

Enzim pada madu bisa mengganggu kaandung kemih dan membuat tekanan pada kantung air seni merasa terdorong dengan penekanan akibat aktifitas enzim yang terlalu berlebihan. mengkonsumsi madu diet dengan berlewbihan dapat mengakibatkan sering buang air kecil. (Baca Juga: Sering Buang Air Kecil)

  1. Sering buang air besar

Enzim pada madu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkaan terganggunya proses pembuangan feses disaluran anus. cairan yang ada didalam saluran pembuangan akan terjadi peningkatan dan membuat seseorang menjadi sering meraskan mulas dan ingin buang air besar terus menerus. (Baca Juga: Bahaya Menahan Buang Air Besar)

  1. Mengakibatkan dehidrasi

Madu memang baik bagi kesehatan tetapi jika diminum terlalu banyak dan tidak menggunakan campuran air maka akan mengakibatkan tubuh dehindrasi karena madu dapat mengikat dan meresap cairan tubuh. (Baca Juga: Akibat Dehidrasi , Gejala Dehidrasi)

  1. Kepala pusing pusing

Beberapa enzim yang ada pada madu diet dapat menghambat aliran darah menuju kepala dimana seseorang dapat terserang pegal pegal disekitar leher dan pusing pusing pada kepala secara berkesinambungan (Berulang).

  1. Meningkatkan rasa malas

madu dapat menenangkan pikiran , mengubah suasana hati menjadi lebih tenang dan bertindak sebagai pereda ketegangan bagi orang orang yang terserang stres atau depresi. kondisi ini dapat meningkatkan rasa malas bagi seseorang yang kurang tidur atau orang orang yang sedang menjalani program pemulihan pada luka akibta bedah operasi.

  1. Mengakibatkan kram perut

Bagi seseoraang yang mempunyai penyakit maag atau peradangan tukak lambung akibat alergi, sebaiknya mengkonsumsi madu dihentikan dulu, karena dapat mengakibatkaan kram perut . perut mengalami ketegangan otot akibat saraf saraf disekitar perut mengalami penekanan akibat adanya peradangan tukak lambung dan kondisi maag yang sedang tidak stabil. (Baca Juga: Gejala Kram Perut , Penyebab Kram Perut Bagian Bawah)

  1. Mual dan muntah

Terlalu banyak mengkonsumsi madu diet  dapat mengganggu jaringan perut , mengganggu kinerja enzim pencernaan dan mengganggu aktifitas enzim disekitar ulu hati, sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada sekitar perut. perut akan menderita mual lalu timbul muntah muntah. (Baca Juga: Bahaya Kebiasaan Memuntahkan Makanan Setelah Makan)


  1. Mengakibatkan demam

terlalu banyak mengkonsumsi madu diet dalam keadaan tubuh kekurangan gizi seimbang akibat sedang melakukan program diet yang salah maka tubuh akan mengalami gangguan keseimbangan tubuh yang dapat mengakibatkan munculnya demam. (Baca juga: Buah Penurun Panas , Tubuh Menggigil tanpa Demam)

  1. Mengakibatkan keracunan

Bagi orang orang yang melakukan program diet dan memiliki penyakit maag maka mengkonsumsi madu secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan dan tubuh menjadi lemas dan dapat mengakibatkan menurunnya kesadaran seseorang.

  1. Menyebabkan diare

Bagi seseorang yang sedang mengalami gangguan pencernaan atau kambuh penyakit maagnya, maka hindarilah mengkonsumsi minuman madu diet untuk sementara waktu, karena minuman madu dapat mengiritasi lambung mengiritasi dinding pencernaan dan meningkatkan produksi air pada saluran pembuangan yang membuat seseorang terserang diare. (Baca Juga: Penyebab Diare Berkepanjangan)

  1. Mengakibatkan sesak nafas

Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit asma atau secara genetik maka tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman madu diet pada malam hari sebelum tidur karena bahan bahan herbal  yang ada didalamnya akan meningkatkan denyut jantung dan kondisi itu dapat mengganggu saluran pernafasan dan membuat kesulitan tidur. pada sebagian orang yang mudah mengalami alergi pada herbal yang ada pada madu diet, maka seseorang tersebut akan mengalami sesak nafas. (Baca Juga: Gejala Sesak Nafas , Obat Tradisional Sesak Nafas)

  1. Jantung berdebar debar

Madu diet tidak teopat jika dikonsumsi seseorang yang mempunyai penyakit jantung, jantung lemah atau jantung yang mudah berdetak kencng ketika mendengar suara keras, karena enzim enzim dan beberapa herbal pilihan yang ada didalamnya dapat menyebabkan jantung tertekan, terasa terhimpit dan berdebar debar. ini sangat berbahaya karena dapat memicu gagal jantung. (Baca Juga: Penyebab Jantung Berdebar Debar)

Madu diet tidak dianjurkan untuk para ibu hamil, hal ini karena pertimbangan bahan bahan herbal yang ada didalamnya tidak sesuai dengan organ tubuh manusia yang belum berusia 6 tahun. Walaupun madu sangat baik bagi menjaga kesehatan tubuh ibu, tetapi pada janin yang berusia muda ataupun sudah berusia diatas 4 bulan tetap saja sangat rentan untuk terjadi penghancuran organ organ yang sedang akan terbentuk atau yang lebih parah lagi pada ibu hamil yang memiliki rahim yang lemah maka akan mudah mengalami keguguran.

 

, , , , , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 01:03 Oleh :
Kategori : Tips Diet