Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Rasa Lapar pada Malam Hari Paling Efektif

Sponsors Link

Lapar adalah suatu kondisi yang wajar karena ketika lapar, ini adalah upaya dari tubuh untuk membuat energi bisa seimbang demi melakukan fungsi metabolisme. Rasa lapar bisa datang kapan saja, entah itu malam hari atau tengah malam sekalipun sehingga akhirnya orang-orang memilih untuk ngemil. Ngemil inilah yang kemudian menjadi salah satu kebiasaan penyebab gemuk.

ads

Saat tubuh merasa lapar, hal ini kemudian menjadi pendorong seseorang untuk mencari pelarian, yakni cemilan. Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi akan dengan mudah menaikkan hormon insulin. Padahal makanan-makanan seperti ini tidaklah tahan lama kenyangnya dan malah justru memicu rasa lapar cepat datang, jadi adakah cara menghilangkan rasa lapar pada malam hari yang aman?

(Baca juga: penyebab cepat lapar – cara menahan lapar)

1. Menyembunyikan Cemilan

Masuk akal bukan? Jika Anda merasa sering tergoda untuk makan pada malam hari karena lapar padahal sudah makan malam, sembunyikan cemilan. Jauhkan dari pandangan Anda segala cemilan yang mudah membuat Anda tergiur. Kalaupun tetap ingin ngemil, pastikan bahwa apa yang Anda makan adalah makanan sehat dengan porsi kecil.

2. Tidak Membeli Junk Food

Cemilan berupa junk food adalah musuh setiap orang meski memang akan menemani mereka dan memuaskan rasa lapar ketika malam. Jika memang Anda berniat untuk menghilangkan kebiasaan penyebab kegemukan alias ngemil, maka jangan membeli cemilan supaya berat badan pun tetap terkendali.

(Baca juga: bahaya makan malam sebelum tidur)

3. Minum Air Putih

Anda pasti pernah mendengar yang namanya diet air putih di mana itu artinya Anda bisa memilih untuk minum air putih saja ketika lapar datang di malam hari. Minum beberapa gelas atau cangkir air putih tak hanya akan membantu mencegah bahaya dehidrasi, tapi juga cukup mengganjal perut yang sedang lapar.

4. Minum Teh Herbal

Karena teh manis pun berbahaya karena gulanya bisa membuat gemuk, maka lebih disarankan untuk menikmati teh herbal saja. Mungkin Anda kurang tertarik karena teh herbal memiliki rasa yang pahit atau tidak ada rasanya. Sebaiknya tidak tambahkan gula, tapi gunakan madu murni saja sebagai pemanis sekitar 1 sendok makan. Meminumnya panas-panas akan membantu menekan nafsu makan dan emosi.

5. Mengalihkan Perhatian

Untuk menghilangkan rasa lapar, Anda juga bisa melakukan hal lain yang bisa membuat diri lupa akan rasa lapar tersebut. Menelepon adalah kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari rasa lapar. Ketika tubuh kita aktif, maka rasa lapar pun akan menjadi tak terasa, berbeda dari saat kita menonton TV dan diam saja.

(Baca juga: kebiasaan penyebab gemuk)

Sponsors Link

6. Menunda Makan Malam

Munculnya rasa lapar pada malam hari biasanya dikarenakan adanya celah yang cukup panjang antara waktu tidur dan makan malam. Ketika Anda berencana untuk tidur larut malam, itu artinya Anda perlu mengundur waktu makan malam juga. Ingat bahwa setelah makan malam, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam sebelum akhirnya bisa tidur untuk proses pencernaan.

Kalau Anda terbiasa untuk makan malam jam 6 petang karena biasa tidur jam 10 malam, ganti saja jadwalnya menjadi makan jam setengah 7 malam apabila berencana untuk tidur sekitar jam setengah 12 atau 12 malam. Jarak atau celah tersebut tak akan terlalu panjang dan tetap ada waktu bagi makanan melalui proses pencernaan.

7. Sikat Gigi

Kalau memang merasa terganggu dengan rasa lapar di malam hari, sikat gigilah sesudah makan malam. Cara ini tak hanya akan memberikan perlindungan terhadap gigi saja, tapi hasrat untuk makan atau ngemil karena lapar pun dapat ditangkal secara efektif. Saat mulut sudah dalam kondisi bersih sehabis disikat, maka Anda akan merasa sayang untuk makan karena itu artinya Anda nanti harus menyikat gigi lagi.

(Baca juga: bahaya akibat tidak makan seharian)

8. Tidur

Apabila Anda takut kalau merasa lapar di malam hari, maka tidur adalah cara yang tepat untuk membuat rasa lapar tak menghantui. Kalau memang sudah tak ada kegiatan yang berarti, gunakan waktu yang ada untuk tidur saja karena begadang hanya akan meningkatkan rasa bosan. Rasa bosan adalah pemicu dari rasa lapar.

Sponsors Link

9. Menaruh Rencana Diet di Tempat yang Gampang Terlihat

Menaruh cemilan jauh dari pandangan bisa juga dilakukan bersama dengan menaruh rencana diet di tempat-tempat yang bisa terlihat dengan mudah. Hal ini akan memudahkan Anda untuk merasa termotivasi kembali ketika sudah hampir tergoda untuk makan di malam hari karena lapar. Seberapapun laparnya Anda pada malam hari, godaan untuk makan kiranya dapat tertahan hanya dengan melihat kembali rencana diet yang sudah disusun.

10. Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Jika ingin menghilangkan rasa lapar pada malam hari secara mudah dan aman, Anda bisa mencoba menghindari makanan-makanan yang mengandung kalori tinggi. Berbaliklah untuk mengonsumsi makanan yang rendah kalori saja. Buah ceri, apel, pir, wortel, kacang almond, serta susu hangat yang rendah kalori serta lemak akan jauh lebih aman. Apabila segala cara sudah Anda coba tapi tetap saja rasa lapar tak kunjung hilang dan justru makin menjadi-jadi, cara terakhir ini bisa Anda pakai.

(Baca juga: gemetar saat laparpenyebab nafsu makan meningkat)

Ada pula cara di mana Anda bisa menekan rasa lapar dengan mencoba meminum obat penekan nafsu makan, namun kita tidak pernah tahu apa efek samping dari obat-obat semacam itu. Daripada menggunakan obat-obatan untuk membuat Anda jauh dari rasa lapar, cara-cara menghilangkan rasa lapar pada malam hari yang sudah terekomendasi di atas bisa dicoba dan dibuktikan sendiri hasilnya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 16th, February 2017 / 15:27 Oleh :
Kategori : Tips Diet