Sponsors Link

25 Penyebab Berat Badan Tidak Turun saat Diet

Sponsors Link

Apakah Anda adalah salah satu dari banyak orang yang tidak mendapatkan hasil dari program diet yang dilakukan? Mungkin Anda sudah mengatur pola makan dengan baik dan sudah mencoba melakukan tips diet sehat, tapi berat badan tak mengalami tanda-tanda adanya penurunan. Cukup menyebalkan bukan? Lalu, apa kira-kira penyebab berat badan tidak turun?

ads

Baca juga:

  1. Fokus Hanya pada Diet

Hampir setiap orang diet hanya dalam jangka pendek dan memang diet jarang ada yang bisa bekerja secara jangka panjang. Jika berfokus terlalu berat pada diet tersebut, malah justru rata-rata orang tidak akan mengalami penurunan berat badan. Cobalah untuk fokus juga pada gizi yang sebenarnya dibutuhkan tubuh dan nantinya berat badan akan ikut turun sebagai efeknya.

  1. Ingin Berat Badan Turun Banyak dengan Cepat

Banyak orang ingin menurunkan berat badan secara banyak dan cepat. Padahal kecepatan maksimal untuk turunnya berat badan per minggunya adalah kurang lebih 1 kg. Terkadang kita juga perlu menjadi realistis ketika hendak melakukan diet dan menurunkan berat badan.

  1. Ingin Sekurus Model-model Profesional

Entah wanita atau pria yang ingin diet, biasanya ada yang ingin langsung sekurus model profesional. Jangan terlalu terobsesi ingin seperti mereka yang memiliki badan bagus tapi tanpa upaya yang berarti. Foto yang kita lihat pada majalah kerap terlihat apik dan sempurna karena tubuh mereka diedit menggunakan Photoshop.

  1. Tidak Tahu Batas Seberapa Berat Badan Bisa Turun

Banyak orang tak tahu bahwa ada batas tentang sejauh mana penurunan berat badan kita bisa terjadi. Pada titik tertentu, ada suatu titik tertentu di mana berat badan akan berhenti dan tak bisa turun lagi namun sebenarnya itu adalah titik berat badan sehat dan membuat tubuh senantiasa nyaman.

(Baca juga: makanan untuk diet cepat – olahraga untuk diet)

  1. Membuat Diri Lapar Terlalu Lama

Ketika menjalani diet terlalu lama, mungkin tadinya berat badan sudah turun cukup banyak dan selama berbulan-bulan, namun kemudian berat badan tak lagi bisa turun selama diet diteruskan. Ini karena sudah terlalu lama Anda melaparkan diri dan telah mencapai puncak.

  1. Kurang “Istirahat”

Masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya, sebenarnya Anda butuh istirahat dari diet dan ini bisa dilakukan selama kurang lebih 1-2 bulan saja sebelum masuk ke program diet lagi. Anda juga sebaiknya meningkatkan asupan kalori dengan tidur lebih, mengangkat beban, dan beberapa ratus kalori setiap harinya supaya bisa menaikkan massa otot.

  1. Ketagihan Junk Food

Kecanduan makanan seperti junk food juga bisa menjadi alasan mengapa berat badan tak bisa turun atau malah bisa-bisa naik. Ini kemungkinan adalah karena Anda sudah kecanduan dengan makanan-makanan tak sehat ini. Mengubah diet Anda adalah solusi terbaik dan bisa juga konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

  1. Kondisi Medis Tertentu

Ketika berat badan tak turun juga walau sudah diet atau melakukan berbagai upaya, kemungkinan ini disebabkan oleh adanya kondisi medis tertentu di dalam tubuh Anda sehingga berat badan bukannya turun malah terdorong naik. Hipotiroidisme dan apnea tidur (sleep apnea) adalah contoh gangguan kesehatan yang dimaksud.

(Baca juga: dampak negatif tidak pernah berolahragabahaya olahraga yang berlebihan)

Sponsors Link

  1. Efek Samping Obat Tertentu

Ketika Anda merasa bahwa berat badan sulit turun, ini bisa jadi dikarenakan Anda mengalami suatu penyakit dan harus mengonsumsi obat tertentu. Obat-obat tertentu mampu menjadi penyebab naiknya berat badan atau paling tidak mempersulit untuk penurunannya. Jadi untuk hal ini, silakan tanyakan langsung pada dokter supaya lebih aman.

  1. Minum Minuman Beralkohol

Mungkin pola makan sudah benar dengan porsi kecil atau makanan yang bernutrisi tinggi, namun bila kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol masih dipertahankan, maka jangan heran kalau berat badan tak kunjung turun. Anggur, bir serta minuman alkohol lainnya yang rasanya manis akan sangat tinggi kalori.

  1. Jarang Minum Air Putih

Banyak orang yang sukses menurunkan berat badan dengan banyak mengonsumsi air putih, jadi ketika Anda jarang minum air putih, tentu akan lebih sulit mengalami penurunan berat badan. Sebuah studi menyatakan bahwa 44% berat badan akan hilang ketika seseorang minum ½ liter air setengah jam sebelum makan.

(Baca juga: bahaya akibat kurang minum air putihbahaya dehidrasi)

  1. Frekuensi Makan Terlalu Sering

Ketika mencoba menjalani metode diet atau pola makan yang sering tapi sedikit, mungkin ini berlaku dan berguna bagi beberapa orang, namun bagi beberapa lainnya tak begitu efektif. Justru makan terlalu sering untuk sebagian orang sangat tak membantu dan akan jauh lebih baik untuk mulai belajar melakukan puasa.

ads
  1. Asupan Karbohidrat Berlebihan

Banyak orang yang masih belum sadar bahwa konsumsi karbohidrat terlalu berlebihan dapat menghambat penurunan berat badan ketika memang sedang ingin diet. Jika ingin cepat berat badan turun, berdiet rendah karbohidrat adalah kuncinya dan justru hasil penurunan berat badan bisa 2-3 kali dari turunnya berat badan dari efek diet rendah lemak pada umumnya.

  1. Tidak Cukup Tidur

Ditunjukkan oleh sebuah studi bahwa tidur yang kurang bisa menjadi penyebab obesitas, maka bisa jadi ketika berat badan Anda tak turun-turun juga, ini karena kurang tidur. Setiap hari, pastikan untuk istirahat dan tidur cukup 8-9 jam karena itulah yang paling baik.

(Baca juga: makanan penurun berat badan akibat kekurangan kalori)

  1. Mengonsumsi Minuman Sehat tapi Berkandungan Gula

Mungkin Anda pikir bahwa minuman-minuman sehat seperti air vitamin adalah yang paling baik. Namun sebenarnya, apapun bentuk minuman kemasan yang Anda konsumsi, di dalamnya sebenarnya terkandung banyak gula. Ingat bahwa gula adalah salah satu alasan mengapa berat tak mudah turun.

  1. Mengonsumsi Jus Buah Manis

Bukankah buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan? Ya, memang benar, namun mengonsumsi jus buah yang teramat manis apalagi dengan tambahan gula cukup banyak adalah sumber atau penyebab mengapa berat badan tak turun juga. Jika ingin lebih aman, minumlah jus buah tanpa ditambah pemanis atau gula.

  1. Tidak Olahraga

Berdiet tapi tak diimbangi dengan olahraga tentu akan menyebabkan berat badan sulit turun. Apakah Anda tipe yang jarang, malas dan kurang olahraga? Maka faktor satu ini dapat menjadi penyebab tidak turunnya berat badan, jadi silakan mulai pilih latihan kardio yang paling sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

  1. Makan Makanan Sehat Berlebihan

Sekalipun yang dikonsumsi adalah makanan-makanan sehat, namun jika berlebihan maka ini akan menjadi faktor penghambat turunnya berat badan. Ingat juga bahwa di dalam makanan sehat pun masih ada banyak kandungan kalori sehingga sebaiknya lebih diperhatikan.

(Baca juga: makanan untuk dietcara diet yang benar)

Penyebab/Alasan Lain Mengapa Berat Badan Tidak Turun

Ada sejumlah penyebab atau alasan-alasan lain tentang tidak turunnya berat badan Anda dengan mudah, dan berikut ini yang perlu disimak:

  • Tidak angkat berat.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi.
  • Mengonsumsi makanan-makanan olahan.
  • Mengonsumi makanan yang mengandung nutrisi rendah.
  • Kurang asupan protein.
  • Tidak terlalu memerhatikan apa yang dimakan sehari-hari.
  • Timbangan belum berkurang (berat badan bisa saja tak turun, namun lemak pada dasarnya sudah berkurang dan lingkar pinggang sudah mengecil).

Baca juga:

Itulah serangkaian penyebab berat badan tidak turun meski mungkin pola makan kiranya sudah benar menurut Anda. Dengan memerhatikan penyebab-penyebab ini, kiranya akan lebih mudah bagi Anda menurunkan berat badan ke depannya.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 29th, June 2017 / 10:16 Oleh :
Kategori : Berat Badan