Sponsors Link

20 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat – Makanan dan Aktivitas

Sponsors Link

Setiap orang pasti menginginkan berat badan yang ideal. Selain memang menunjukkan bahwa tubuh dalam keadaan yang sehat, berat badan ideal juga mampu memberikan daya tarik bagi siapa saja yang melihat. Meskipun banyak orang yang berusaha keras untuk menurunkan berat badan karena kegemukan, namun ternyata tidak sedikit pula yang memiliki berat badan kurang dari ideal. Terkadang seseorang yang berbadan kurus sudah berusaha keras dan mengkonsumsi berbagai jenis suplemen untuk menaikkan berat badannya namun ternyata usahanya tidak memberikan hasil yang signifikan.

ads

Kebanyakan kasus juga menunjukkan seseorang yang berbadan kurus sudah mengkonsumsi banyak makanan tetapi kenyataannya tidak mampu menaikkan berat badannya secara signifikan. Akibatnya, seseorang yang berbadan kurus akan mengalami stres dan justru semakin menurunkan berat badannya. Tidak hanya seseorang berbadan gemuk saja yang kesulitan mencari ukuran baju yang sesuai. Orang-orang berbadan kurus juga seringkali mengalami kesulitan saat mencari ukuran baju yang sesuai. Bahkan meskipun sudah membeli pakaian dengan ukuran S sekalipun tetap saja ukuran baju tersebut masih harus dirombak agar lebih kecil dan sesuai jika digunakan. Jika Anda sudah mengetahui berapa berat badan ideal Anda, maka sekarang Anda telah memiliki patokan seberapa besar Anda harus menaikkan berat badan Anda. Namun, usahakan agar Anda tidak mengkonsumsi obat penggemuk badan yang beresiko menimbulkan berbagai efek samping bagi tubuh. Lakukanlah beberapa metode sehat dan juga alami berikut ini untuk menaikkan berat badan Anda sehingga mencapai berat badan yang ideal.

  1. Makan Lebih Sering

Cara menambah berat badan pertama adalah dengan lebih sering mengkonsumsi makanan. Seseorang yang memiliki berat badan kurang sering disarankan untuk menambah porsi makan mereka. Namun perlu diketahui, makan dalam jumlah porsi yang terlalu banyak justru tidak baik bagi kesehatan organ pencernaan. Karena itu, makanlah dalam jumlah yang sedikit namun dalam tempo yang relatif sering.

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu pemicu seseorang memiliki berat badan yang kurang adalah karena kekurangan mengkonsumsi air putih. Karena itu, jika ingin berat badan meningkat maka usahakan agar kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi dengan mengkonsumsi air putih secara cukup. Minumlah sebanyak 8 gelas air putih setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Saat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik, sistem pencernaan tubuh akan bekerja dengan lebih baik sehingga mampu menyerap nutrisi makanan dengan lebih optimal.

Metode tersebut sekaligus mampu menaikkan berat badan Anda secara sehat dan alami. Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui, jangan pernah mengkonsumsi minuman beralkohol atau minuman bersoda. Meskipun minuman bersoda memang mampu meningkatkan berat badan, namun dalam minuman bersoda mengandung berbagai zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan juga pencernaan. Karena itu, jika menginginkan kenaikan berat badan secara sehat dan alami, maka minumlah air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Baca : Akibat terlalu banyak minum air putihEfek kekurangan air putihBahaya akibat kurang minum

  1. Meningkatkan Konsumsi Karbohidrat

Meningkatkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat merupakan metode yang dapat meningkatkan berat badan selanjutnya.  Karbohidrat adalah salah satu asupan yang kaya akan kalori yang dapat meningkatkan massa tubuh. Konsumsilah berbagai jenis makanan, seperti sayur, buah, roti, atau jenis nasi yang tinggi karbohidrat. Beberapa jenis makanan berbahan dasar gandum seperti roti dan juga sereal adalah jenis makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat yang mampu menaikkan berat badan secara signifikan.

Baca : Akibat kelebihan karbohidratPenyakit akibat kekurangan karbohidrat

  1. Mencukupi Kebutuhan Protein bagi Tubuh
Sponsors Link

Selain meningkatkan asupan karbohidrat bagi tubuh, Anda juga harus mencukupi kebutuhan protein bagi tubuh jika menginginkan berat badan Anda naik. Untuk jenis makanan sehat yang kaya akan protein seperti ikan laut dan kacang-kacangan sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga efektif untuk meningkatkan berat badan tubuh.

Baca : Akibat kekurangan dan kelebhan proteinPenyakit akibat kekurangan protein

  1. Mengunyah Makanan Sampai Halus

Meskipun terlihat sepele, namun mengunyah makanan sampai halus adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan berat badan Anda. Mengunyah makanan sampai halus akan membantu sistem pencernaan bekerja lebih mudah dan juga membantu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih optimal.

  1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Selain mencukupi kebutuhan protein dan juga karbohidrat bagi tubuh, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh. Beberapa jenis nutrisi seperti mineral, vitamin, dan juga lemak sangat penting untuk dicukupi agar berat badan dapat meningkat secara sehat. Beberapa jenis asupan seperti buah-buahan, susu, keju, sayuran, daging merah, serta kacang-kacangan dapat Anda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan mineral bagi tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin, Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis asupan penting, seperti sayur dan buah. Sayur dan buah mengandung banyak cairan dan juga serat yang dapat meningkatkan berat badan. Selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan lemak bagi tubuh. Meskipun asupan lemak diperlukan, namun usahakan agar Anda selalu mencukupi kebutuhan lemak melalui berbagai jenis asupan yang kaya akan lemak tak jenuh. Beberapa jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh ganda, omega-3, dan omega-6 sangat baik bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat adalah ikan laut, biji kenari, kelapa, biji matahari, jagung, dan minyak zaitun.

Baca : Bahaya akibat kekurangan vitaminAkibat kekurangan vitamin B kompleks

  1. Tidak Minum Sebelum Makan

Minum sebelum makan memang sangat disarankan bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Namun, bagi Anda yang menginginkan kenaikan berat badan usahakan agar Anda tidak minum sebelum makan. Mengkonsumsi air putih atau berbagai jenis minuman lain sebelum makan akan menyebabkan perut terasa kenyang sebelum Anda mengkonsumsi makanan. Akibatnya, asupan makanan akan berkurang karena perut sudah merasa kenyang. Usahakan pula agar Anda tidak makan sambil minum. Proses tersebut akan menyebabkan perut lebih cepat kenyang. Cara menambah berat badan dengan cepat adalah makan setelah itu baru minum.

  1. Jangan Bergadang

Usahakan agar Anda tidak begadang jika memang tidak diperlukan. Begadang akan menyebabkan waktu istirahat Anda kurang. Akibatnya, kondisi kesehatan tubuh akan menurun karena waktu istirahat tidak tercukupi dengan baik. Setelah melakukan aktivitas seharian, tidur malam adalah metode terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh yang lelah akibat aktivitas di siang hari. Karena itu, jangan begadang jika memang tidak diperlukan.

Baca : Penyakit akibat kurang tidur

  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Jika Anda adalah seseorang yang sangat menyukai kopi, maka mulai saat ini Anda harus mengurangi konsumsi kopi jika ingin menaikkan berat badan. Kandungan kafein di dalam kopi ternyata dapat menghambat nafsu makan Anda. Kafein merupakan salah satu asupan yang dapat meningkatkan produksi asam di dalam lambung. Jika asam di dalam lambung meningkat, lambung akan mengalami gangguan dan nafsu makan akan berkurang. Akibatnya, berat badan justru mengalami penurunan.

Baca : Makanan dan minuman yang mengandung kafeinBahaya kafein

  1. Jangan Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang terbukti mampu memberikan berbagai dampak negatif bagi tubuh. Jika Anda ingin menaikkan berat badan, maka mulai sekarang hentikanlah kebiasaan merokok Anda. Efek dari merokok hampir sama dengan efek yang ditimbulkan dengan minum kopi. Salah satu zat yang terkandung di dalam rokok mengandung stimulan yang dapat menekan nafsu makan seseorang. Akibatnya, berat badan bukannya naik, tetapi justru akan semakin menurun.

Baca : Bahaya rokok terhadap otakBahaya rokok bagi jantung

  1. Konsumsi Camilan

Camilan adalah metode meningkatkan berat badan selanjutnya. Akan tetapi jika Anda ingin sering-sering mengkonsumsi camilan usahakan agar jenis camilan yang Anda konsumsi adalah camilan yang sehat. Hindari berbagai jenis camilan yang mengandung banyak MSG karena tidak baik bagi kesehatan tubuh maupun bagi pencernaan.

  1. Rutin Mengonsumsi Susu

Susu adalah salah satu minuman menyehatkan setelah air putih. Minumlah susu secara rutin setiap pagi dan malam hari. Selain mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, susu juga sangat efektif untuk meningkatkan berat badan.

  1. Rutin Berolah Raga

Jika Anda telah melakukan berbagai metode di atas, maka lengkapilah berbagai metode di atas dengan olah raga. Olah raga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, beberapa jenis olah raga juga mampu memicu pembentukan massa otot pada tubuh sehingga mampu meningkatkan berat badan tubuh. Jadi jangan hanya mengidentikkan olah raga dengan proses penurunan berat badan. Olah raga ternyata juga mampu menaikkan berat badan dengan sistematikanya yang menyehatkan.

Baca : Akibat kurang olahragaDampak negatif tidak pernah berolahraga

Makanan untuk Menaikkan Berat Badan

Untuk menaikkan berat badan, Anda membutuhkan makanan yang mengandung kalori dan makanan yang lainnya untuk bisa menaikkan berat badan. Berikut ini makanan yang bisa anda konsumsi untuk menaikkan berat badan:

  1. Daging Merah

Beberapa jenis daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, dan daging kambing memiliki kandungan zat besi dan juga protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi tersebut sangat efektif untuk meningkatkan berat badan. Namun, untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, hendaknya menghindari asupan daging merah tersebut.

Baca : Bahaya konsumsi daging merah berlebihan

  1. Susu Sapi Murni

Bagi Anda yang terbiasa minum susu setiap hari ada baiknya Anda mengganti susu yang Anda minum dengan susu sapi murni. Susu sapi murni kaya akan vitamin D dan juga vitamin A. Kandungan nutrisi dalam susu sapi murni sangat baik untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

Baca : Khasiat susu sapi murni

  1. Selai Kacang

Selai kacang sangat kaya akan kalori dan juga protein. Dalam satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein. Anda bisa mengkonsumsi selai kacang bersama dengan roti atau oatmeal sehingga memberikan hasil yang lebih optimal pada kenaikan berat badan Anda.

  1. Buah-buahan Tropis

Bersyukurlah Anda yang tinggal di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara tropis yang kaya akan jenis buah-buahan tropis. Anda bisa menaikkan berat badan secara alami dengan mengkonsumsi jenis buah-buahan tropis seperti pepaya, pisang, nanas, dan mangga. Beberapa jenis buah-buahan tersebut mengandung gula alami yang dapat memicu kenaikan berat badan.

Baca : Khasiat buah pisang untuk kesehatanBahaya pisang karbit

  1. Alpukat

Jenis buah yang dapat meningkatkan berat badan selanjutnya adalah alpukat. Alpukat sangat kaya akan kalori dan jenis asam lemah yang menyehatkan. Jadi, meskipun alpukat mengandung banyak lemak, Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi alpukat karena jenis lemak yang terkandung dalam alpukat adalah jenis lemak yang baik bagi tubuh.

  1. Roti Gandum

Roti gandum kaya akan serat yang baik bagi kesehatan pencernaan dan juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama bagi perut. Roti gandum juga mengandung beberapa jenis nutrisi yang tidak dimiliki oleh beberapa jenis roti yang lain.

  1. Keju

Keju adalah salah satu jenis olahan susu yang sangat menyehatkan. Selain mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh, keju juga sangat baik bagi sistem pencernaan kita.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk cara menambah berat badan secara sehat dan alami. Tentu saja konsumsi berbagai jenis makanan yang telah disebutkan di atas harus diimbangi dengan pola hidup sehat, salah satunya adalah rutin berolah raga. Beberapa jenis olah raga yang efektif untuk meningkatkan berat badan adalah berenang, bersepeda, senam, jalan cepat, jogging pagi hari, sit up, push up, dan jenis olah raga interval.

Penyebab Berat Badan Susah Naik

Meskipun tidak sebanyak masalah yang dihadapi oleh orang berbadan gemuk, namun kekurangan berat badan juga banyak dialami oleh orang-orang. Baik wanita maupun pria sering merasa bermasalah dengan kondisi tersebut. Intinya, kondisi berat badan yang tidak ideal adalah salah faktor yang mengganggu penampilan. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan berat badan kurang dan sulit naik adalah sebagai berikut :

  1. Faktor Genetik

Faktor keturunan adalah faktor pemicu berat badan kurang yang pertama. Faktor ini biasanya menjadi faktor paling umum yang menyebabkan seseorang kurus dan kesulitan menaikkan berat badannya meskipun berbagai metode telah dilakukan. Faktor genetik atau keturunan adalah faktor yang hampir tidak mungkin untuk dicegah sebagai salah satu faktor pemicu berat badan kurang atau kurus. Biasanya, seseorang yang memiliki orang tua dengan badan yang kurus juga akan mengalami hal yang sama. Meskipun telah mengkonsumsi banyak makanan dan mengkonsumsi banyak suplemen, biasanya seseorang yang memiliki gen kurus tetap kesulitan menaikkan berat badannya.

  1. Kekurangan Asupan Gizi

Kekurangan asupan gizi merupakan faktor selanjutnya yang menyebabkan berat badan kurang. Jika seseorang memiliki badan kurus karena kekurangan asupan gizi maka bagi orang tersebut masih sangat mungkin untuk menaikkan berat badannya. Tentu saja dengan cara mencukupi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun di beberapa negara terbelakang dan juga berkembang, kondisi semacam itu bisa sangat mungkin merajalela. Tingkat ekonomi yang rendah atau bahkan kurang menyebabkan suatu keluarga tidak mampu mencukupi kebutuhan pokoknya, termasuk kebutuhan makanan sehingga asupan gizi juga akan kurang. Akibatnya, badan akan kurus dan menderita kekurangan gizi.

  1. Malas atau Kurang Berolah Raga

Aktivitas berolah raga seringkali diidentikkan dengan proses penurunan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa seseorang yang kurang atau malas berolah raga juga akan kesulitan menaikkan berat badannya? Olah raga adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan dan mampu meningkatkan massa otot di dalam tubuh. Seseorang yang jarang berolah raga cenderung memiliki kondisi tubuh yang kurang sehat sehingga menyebabkan kekurangan berat badan/kurus.Jadi, badan tidak sehat tidak hanya identik dengan badan yang gemuk/obesitas saja, badan yang kurus juga bisa menjadi salah satu ciri bahwa badan kurang sehat. Selain itu, proses olah raga yang mampu membentuk massa otot dalam tubuh juga mampu memicu kenaikan berat badan secara sehat dan alami. Karena itu, kekurangan olah raga juga bisa menjadi salah satu pemicu badan kekurangan bobot.

  1. Kurang Tidur

Anda sering mengalami insomnia? Jika ya, maka segera periksakan diri Anda secara medis. Insomnia adalah gangguan kesulitan tidur. Kurang tidur merupakan salah satu pemicu terbesar pada kenaikan berat badan pada sebagian orang. Namun pada beberapa orang, insomnia atau kekurangan tidur juga bisa menjadi pemicu badan menjadi kurus. Tidur merupakan salah satu jenis istirahat paling efektif untuk mengembalikan kondisi kesehatan tubuh. Pada saat tidur, di dalam tubuh kita terjadi proses regenerasi sel. Jadi, sel-sel tubuh yang telah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik akan digantikan pada saat kita tidur. Selain itu, pada saat tidur terjadi proses metabolisme di dalam hati. Proses sekresi di dalam hati oleh pankreas terjadi saat kita tidur di malam hari. Jadi kekurangan tidur pada malam hari akan mengganggu kesehatan dan bisa memicu seseorang kekurangan berat badan.

ads
  1. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Tubuh kekurangan cairan ternyata juga memicu kekurangan berat badan. 60% bagian di dalam tubuh kita terdiri atas cairan. Jadi kekurangan cairan sudah tentu akan memicu kekurangan berat badan. Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih secara cukup, kesehatan tubuh juga lebih terjaga. Mengkonsumsi air putih secara cukup, yakni sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari, mampu meningkatkan sistem kinerja organ di dalam tubuh kita sehingga tubuh lebih sehat. Karena itu, cukupilah kebutuhan cairan tubuh jika menginginkan berat badan yang ideal.

  1. Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berapapun terbukti tidak akan memberikan manfaat apapun. Jika Anda memiliki tubuh yang kurus usahakan agar Anda tidak mengkonsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol dapat memicu kerusakan organ dan juga berbagai kinerja sistem di dalam tubuh manusia. Kerusakan organ itulah yang menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat sehingga memicu pada pengurusan badan.

Baca : Efek bahaya alkohol bagi kesehatan

  1. Stres

Stres merupakan salah satu pemicu menurunnya berat badan seseorang. Pada beberapa kasus, stres memang bisa menjadi pemicu naiknya berat badan seseorang hingga memicu obesitas. Biasanya kondisi tersebut terjadi karena orang yang mengalami stres sering melampiaskan kondisi pikiran yang tidak baik dengan banyak mengkonsumsi makanan. Namun, pada beberapa orang, stres justru memicu suasana pikiran dan hati yang tidak baik. Kondisi semacam itu justru pada beberapa orang menyebabkan penurunan nafsu makan yang diikuti dengan penurunan berat badan.

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu kekurangan berat badan atau kurus. Faktor keturunan dan juga pola hidup yang tidak sehat merupakan faktor utama yang memicu berat badan seseorang menjadi kurang dan tidak ideal.

Mengetahui Berat Badan yang Ideal

Sebelum kita berlanjut pada kiat-kiat untuk meningkatkan berat badan secara alami dan sehat, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui dan menghitung berat badan ideal Anda. Mengetahui berat badan ideal sangat penting karena berat badan ideal adalah patokan untuk mengetahui seberapa besar Anda harus menaikkan atau menurunkan berat badan Anda. Berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk menghitung berat badan ideal Anda.

  1. Berat Badan Ideal untuk Pria

Jika Anda adalah seorang pria, maka Anda bisa menggunakan rumus berikut ini untuk mengukur berat badan yang ideal.

berat badan ideal pria (kg) = (tinggi badan dalam cm – 100) – (10% x (tinggi badan – 100))

Sebagai contoh, seorang pria memiliki tinggi badan 170 cm, maka berat badan idealnya adalah = (170-100) – (10% x (170-100)) = 70 – (10% x 70) = 70-7 = 63 kg

  1. Berat Badan Ideal untuk Wanita

Jika Anda adalah seorang wanita, maka Anda bisa menghitung berat badan ideal Anda menggunakan rumus berikut:

Berat badan ideal wanita = (tinggi badan dalam cm -100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Sebagai contoh, seorang wanita dengan tinggi badan 160 cm, maka berat badan idealnya adalah = (160-100) – (15% x (160-100)) = 60 – (15% x 60) = 60-9 = 51 kg

Itulah berbagai macam cara menambah berat badan menggunakan makanan dan juga aktivitas. Berat badan yang ideal adaah impian setiap orang namun alangkah baiknya jika anda sudah berhasil menaikkan berat badan jangan sampai mmembuat tubuh anda terkena obesitas.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 09th, April 2016 / 12:19 Oleh :
Kategori : Berat Badan